Revisi Terbaru RPP K-2013 Kelas 4 Semester 2 Tema 6

Revisi Terbaru RPP K-2013 Kelas 4 Semester 2 Tema 6

Mohon maaf atas kekurangan, kesalahan yang pernah kami perbuat, karena pada tempo yang lalu telah kami bagikan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) Kelas 4 Semester 2, namun hal itu materi kurang sesuai, hingga akhirnya dengan berbagai pembenahan pada waktu ini baru saja kami bagikan materi yang sama yaitu RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 2 Tema 6 yang telah kami adakan perubahan.

Untuk meyakinkan pengunjung silahkan simak salah satu contoh di bawah ini, dan perlu diketahui materi ini telah kami kemas dalam 1 (satu) file untuk 1 (satu) tema yang terdiri dari 3 (tiga) subtema. 

Revisi Terbaru RPP K-2013 Kelas 4 Semester 2 Tema 6
Berikut salah satu contoh Revisi Terbaru RPP K-2013 Kelas 4 Semester 2 Tema 6, dan untuk materi lengkapnya dapat didownload pada akhir contoh ini.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Tema
Sub Tema
Muatan Terpadu
Pembelajaran ke
Alokasi waktu
: SD / MI
: 4 (Empat) 2 (Dua)
: 6. Cita-citaku
: 1. Aku dan Cita-citaku
: Bahasa Indonesia, IPA
: 1 (Satu)
: 1 hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
   
BAHASA INDONESIA
                     Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisandan tulis dengan tujuan untukkesenangan.
3.6.1  Mengidentifikasi ciri-ciri puisi dengan benar
4.6 Melisankan puisi hasil karyapribadi dengan lafal, intonasi,dan ekspresi yang tepat sebagaibentuk ungkapan diri
4.6.1  menyimpulkan ciri-ciri puisi beserta memberi contoh dengan benar dengan bahasanya sendiri
IPA
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
3.2.1 mengidentifikasi tahapan-tahapan dalam hidup hewan ( metamorphosis )
4.2 Membuat skema siklus hidupbeberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya
4.2.1  membuat skema hidup kucing , ayam dan manusia

C.  TUJUAN
  1. Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
  2. Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.
  3. Melalui kegiatan  melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
  4. Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.

D.  MATERI
  1. Ciri-ciri puisi
  2. Siklus makhluk hidup

E.   PENDEKATAN & METODE
Pendekatan
Strategi
Teknik
Metode
: Scientific
: Cooperative Learning
: Example Non Example
: Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Pembukaan
1.       Guru memberikan salam
2.       Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3.       Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4.       Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.       Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·      Apa yang tergambar pada sampul buku.
·      Apa judul buku
·      Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·      Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini

6.       Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
7.       Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
8.       Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
9.       Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

Kegiatan inti:
1.       Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 tentang seorang anak yang sedang membayangkan cita-citanya. Dengan bimbingan guru siswa membahas tentang berbagai pekerjaan yang menjadi cita-cita antara lain menjadi seorang guru, arsitek, dokter hewan, penyanyi, dan pilot.
2.       Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku
3.       Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku.
Pertanyaan:
  • Apakah yang dimaksud dengan cita-cita?
  • Apakah kamu memiliki cita-cita?
  • Apakah cita-citamu?
4.       Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan  berbagai profesi. Siswa lalu mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh profesi tersebut sesuai dengan bidangnya. Siswa menuliskan keahlian-keahlian tersebut di kolom yang tersedia pada setiap gambar.
5.       Siswa kemudian menuliskan pada kolom yang terdapat pada halaman 3 tentang pekerjaan yang menjadi cita-citanya serta menuliskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan profesi  yang dipilihnya tersebut.
Ayo Membaca
1.       Siswa membaca teks puisi berjudul “Cita-citaku”. Dengan bimbingan guru, siswa mencoba mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Gurumembimbing siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk menemukan ciri-ciri puisi.
a.       Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 – 4 siswa.
b.      Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memperhatikan temannya membaca puisi.
c.       Perhatikan bagian-bagian yang teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
·           Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
·           Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
·           Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!
·           Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?
d.    Tunjukkan keteraturan itu!

2.       Siswa menyajikan hasil pengamatannya dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang ciri-ciri puisi.
3.       Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang ciri-ciri puisi (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)
Ciri-ciri puisi adalah sebagai berikut:
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................

HASIL YANG DIHARAPKAN
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati tekks puisi, kemampuan dan ketrampilan siswa dalam mengidentifikasi ciri-ciri puisi

Ayo Berlatih
1.       Siswa mengamati bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5. Siswa lalu menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi dan menuliskannyapada kolom yang terdapat pada halaman yang sama.
2.       Siswa membaca dan memahami teks informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter hewan. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang  profesi menjadi seorang dokter hewan serta tugas-tugas seorang dokter hewan.
Guru dapat memberikan pertanyaan:
  • Adakah di antara kalian yang bercita-cita menjadi dokter hewan?
  • Apakah tugas utama seorang dokter hewan?

Ayo Mengamati
1.       Siswa mengamati beberapa gambar hewan peliharaan yang terdapat pada halaman 6. Siswa mengamati gambar anak-anak hewan dan hewan yang sudah dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan.
Guru dapat memberikan pertanyaan:
·      Apakah kalian memiliki hewan peliharaan?
·      Apakah hewan peliharaanmu mempunyai anak?
·      Bagaimanakah tahapan-tahapan pertumbuhan hewan yang kamu ketahui?

Ayo Berdiskusi
1.       Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa. Secara berkelompok siswa mengamati beberapa gambar tahapan pertumbuhan hewan yang terdapat pada halaman 8. Siswa lalu menyusun gambar-gambar tahapan pertumbuhan hewan tersebut menjadi tahapan pertumbuhan hewan yang benar. Setiap kelompok kemudian berdiskusi dan menuliskan kesimpulan hasil diskusinya tentang tahapan pertumbuhan hewan tersebut pada kolom yang terdapat pada halaman 9. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas.
HASIL YANG DIHARAPKAN
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati gambar tahapan perkembangan hewan, kemampuan dan ketrampilan siswa dalam mengidentifikasi siklus hidup mahkluk hidup

Kegiatan Penutup:

A.     Ayo Renungkan
·     Sikap apakah yang perlu dibangun untuk menentukan cita-citamu?
·    Manfaat apakah yang dapat kamu berikan kepada orang lain dengan menggapai cita-citamu?
·  Sikap apakah yang perlu ditunjukkan untuk memelihara hewan peliharaan?

Sebagai kegiatan penutup, guru memimpin diskusi kelas dan membantu siswa dalam membuat kesimpulan besar tentang kegiatan-kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan pada hari tersebut. Siswa diminta untuk merefleksikan:
·         Sikap apa saja yang perlu mereka bangun dalam menggapai cita-cita.
·         Manfaat apa yang akan mereka berikan kepada orang lain dengan cita-cita yang mereka miliki tersebut.

Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap makhluk hidup yang ada disekitarnya, sikap apa saja yang perlu ditunjukkan dalam memelihara hewan peliharaan.

B.     Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa mengamati hewan-hewan peliharaan yang ada di sekitar rumahnya, siswa bersama dengan orang tuanya di rumah berdiskusi tentang tahapan-tahapan pertumbuhan yang terjadi pada hewan-hewan tersebut.

Salam dan do’a penutup.


G. 
SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
  2. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
  3. Video/slide.
  4. Gambar hewan dan tumbuhan,
  5. Contoh-contoh puisi.
  6. Lingkungan sekitar.

H.  PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

2.    Membuat Kesimpulan dari Pengamatan dan Diskusi
Bentuk penilaian      : Penugasan
Instrumen Penilaian : rubrik 
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6


Tujuan Kegiatan Penilaian: 
·         Mengukur pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi ciri-ciri puisi.
Ciri-ciri puisi adalah sebagai berikut:
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................


Aspek
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Pendampingan
4
3
2
1
Pengetahuan tentang ciri-ciri puisi
Menyebutkan dengan benar semua ciri puisi
Menyebutkan 3 ciri puisi dengan benar
Menyebutkan 2 ciri puisi dengan benar
Hanya menyebutkan 1 ciri puisi
Ketrampilan menuliskan hasil kesimpulan pengamatan dan diskusi tentang ciri-ciri puisi dengan benar dan bahasa yang runtut
Menyebutkan semua ciri-ciri puisi dengan benar yang runtut
Menuliskan 3 ciri-ciri bahasa yang runtut
Menuliskan dengan benar 2 ciri-ciri puisi dan bahasa kurang runtut
Menuliskan dengan benar 1 ciri-ciri puisi dengan bahasa kurang runtut


Catatan Guru
1. Masalah                  :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial       :………….


Mengetahui
Kepala Sekolah,




........................................
NIP. .......................................
..............., ............................. 2018
Guru Kelas IV,




.......................................
NIP. ...................................


Berikut file lengkapnya;  Download Filenya >>>  RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Tema 6 Lengkap.doc
Demikian semoga ateri yang kami bagikan saat ini dapat menjadikan kelengkapan administrasi rekan-rekan guru semuanya.

Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi


Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi - Secara umum bahwa kegunaan kisi-kisi soal adalah gambaran nyata untuk menyusun soal yang akan dijadikan sebagai pedoman dalam menyusun soal.
  1. Pengertian kisi-kisi
    Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.
  2.  Syarat kisi-kisi
Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:
  1. Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
  2. Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
  3. Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.




Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013
Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013


3. Komponen kisi-kisi
Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Langkah-langkah menyusun kisi-kisi:

  1. menentukan KD yang akan diukur;
  2. memilih materi yang esensial;
  3. merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan materi dan level kognitif.

Kisi-Kisi-PAS-Mat-5-TP-2017-2018.docx


Demikian semoga Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi ini dapat bermanfaat.

Downnload Program Tahunan Kelas 4 Lengkap

Downnload Program Tahunan Kelas 4 Lengkap

Di awal tahu  pelajaran semua guru harus membuat sebuah program tahunan dan sebuah program semester baik semster 1 maupun semester 2 untuk setiap tahun pelajaran yang akan dilaksanakan. Apabali seorang guru mengajar tidak menggunakan atau membuat, merencanakan program secara matang maka seorang guru tersebut dalam menyampaikan materi kepada peserta didik/ atau siswa akan menghadapi kendala dengan tidak mempunyai batasan pembelajaran dan arah pembelajaran yang tidak menentu, yang pada akhirnya seorang guru tersebut akan mengalami hambatan dengan mengajar tanpa arah, siapa yang dirugikan ? Tentunya semuanya, tang paling fatal yaitu peserta didik sebagai generasi yang akan datang. Karena mungkin akan terjadi maal praktek terhadap mainseet memori siswa itu sendiri. Maka kami sarankan kepada semua guru, silahkan rancang dulu semuanya dengan matang agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, termasuk Prota dan Promes yang akan kami bagikan ini.

Prota, Promes dan KKM SD/MI Kelas 4 Semua Mata Pelajaran semester 1 dan 2 Yang Mudah dan lengkap- Pada kesempatan ini, Melanjutkan postingan yang sudah lalu, belajarmengajar akan membagikan Program tahunan (PROTA) dan Program semester (PROMES) terbaru Yang lengkap dan mudah dan di tambahi dengan Kriteria Ketuntasan Minimsal (KKM), sehingga memudahkan dalam penyesuaian data sekolah bapak/ibu yang memerlukan perangkat kurikulum 2013 pada  revisi 2017.

Bagi Bapa/Ibu yang menjadi pendidik, sudah seharusnya mempunyai planning dan gambaran bagaimana nanti anak-anak didik dapat mengikuti pembelajaran disekolah sesuai dengan apa yang sudah menjadi peraturan Negara mengenai kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, belajar mengajar mencoba memberi sedikit contoh plan yang akan dibuat oleh Bapak/Ibu untuk peserta didiknya.
Guru merupakan kunci dari kualitas pendidikan. Guru harus mempunyai niat dan tekad yang kuat agar tercapainya sebuah tujuan pendidikan di Indonesia. Selain itu guru harus dapat menyiapkan materi pembelajaran serta menguasainya yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau sering di sebut RPP.

Selain RPP dan silabus,  Dalam Bahasa Keguruan ada  istilah yang dinamakan Prota (Program Tahunan) yaitu rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. selain dari itu, ada juga istilah Promes (Program Semester) yaitu satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan seperti kegiatan mid semester, ujian semester dan sebagainya Selain Prota dan Promes, ada juga KKM  yang dijadikan Sebagai acuan bagi seorang guru untuk menilai kompetensi peserta didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK).
Prota, Promes dan KKM SD/MI Kelas 4 Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 Yang Mudah dan lengkap
Program Tahunan. Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.

Program Semester. Program Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan. Satu semester terdiri dari 19 minggu kerja termasuk penyelenggaraan tatap muka, mid semester dan ujian semester.

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum MGMP secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.

Dengan adanya syarat-syarat diatas, maka anda dapat men-Download RPP, KKM, Silabus, Prota, Promes SDS/MI Kelas 4 Semua Mata Pelajaran Semester 1 dan 2 tahun 2017  secara gratis dibawah ini:
Prota, Promes dan KKM SD/MI Kelas  4 Semua Mata Pelajaran semester 1 dan 2 Yang Mudah dan lengkap

Program Tahunan PAI.zip
Program Tahunan PKn.zip
Program Tahunan Bhs Indonesia.zip
Program Tahunan Matematika.zip
Program Tahunan IPA.zip
Program Tahunan IPS.zip
Program Tahunan SBK.zip
Program Tahunan PJOK.zip
Program Tahunan TIK.zip
Program Tahunan Bhs Inggris.zip

Demikian  yang bis kami bagikan tentang Downnload Program Tahunan Kelas 4 Lengkap semoga bermanfaat





Juknis BOS SD, SMP, SMA, SMK, SDLB, SMPLB, SMALB, SLB Tahun 2018

Juknis BOS SD, SMP, SMA, SMK, SDLB, SMPLB, SMALB, SLB Tahun 2018

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nomor 18 tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah. Dana BOS dialokasikan untuk penyelenggaraan pendidikan pada: 
  • SD;
  • SMP;
  • SMA;
  • SMK; dan 
  • SDLB/SMPLB/SMALB/SLB.

Tujuan BOS pada SD/SDLB/SMP/SMPLB:
  • membantu penyediaan pendanaan biaya operasi non personil sekolah, akan tetapi masih ada beberapa pembiayaan personil yang masih dapat dibayarkan dari dana BOS; 
  • membebaskan pungutan biaya operasi sekolah bagi peserta didik SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat atau pemerintah daerah; 
  • meringankan beban biaya operasi sekolah bagi peserta didik SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh masyarakat; dan/atau 
  • membebaskan pungutan peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu pada SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh masyarakat. 

Tujuan BOS pada SMA/SMALB/SMK:
  • membantu penyediaan pendanaan biaya operasi non personil sekolah, akan tetapi masih ada beberapa pembiayaan personil yang masih dapat dibayarkan dari dana BOS; 
  • meningkatkan angka partisipasi kasar; 
  • mengurangi angka putus sekolah; 
  • mewujudkan keberpihakan Pemerintah Pusat (affimative action) bagi peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu dengan membebaskan (fee waive) dan/atau membantu (discount fee) tagihan biaya sekolah dan biaya lainnya di SMA/SMALB/SMK sekolah; 
  • memberikan kesempatan yang setara (equal opportunity) bagi peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu; dan/atau 
  • meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah. 

Juknis BOS SD, SMP, SMA, SMK, SDLB, SMPLB, SMALB, SLB Tahun 2018
Juknis BOS SD, SMP, SMA, SMK, SDLB, SMPLB, SMALB, SLB Tahun 2018
BOS yang diterima oleh SD/SDLB/SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK, dan SLB dihitung berdasarkan jumlah peserta didik pada sekolah yang bersangkutan, dengan besar satuan biaya sebagai berikut: 
  1. SD sebesar Rp.800.000,00 (delapan ratus ribu rupiah) per 1 (satu) peserta didik per 1 (satu) tahun; 
  2. SMP sebesar Rp.1.000.000,00 (satu juta rupiah) per 1 (satu) peserta didik per 1 (satu) tahun; 
  3. SMA dan SMK sebesar Rp.1.400.000,00 (satu juta empat ratus ribu rupiah) per 1 (satu) peserta didik per 1 (satu) tahun; 
  4. SDLB/SMPLB/SMALB/SLB sebesar Rp.2.000.000,00 (dua juta rupiah) per 1 (satu peserta didik per 1 (satu) tahun. 
Baca juga: Kelengkapan administrasi Kurikulum 2013 Guru Kelas SD/MI
Lebih lanjut dapat didownload dan sekaligus dapat dipergunakan sebagai bahan pembelajaran dalam menggunakan dana BOS.
Juknis Bantuan Operasional Sekolah tahun 2018 link download
Demikian ulasan singkat tentang juknis BOS tahun 2018 semoga bermanfaat.

Download Contoh RPP PJOK Kelas 1, 2, 4, dan 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP PJOK Kelas 1, 2, 4, dan 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP PJOK Kelas 1, 2, 4, dan 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Mata Pelajaran PJOK atau (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesahatan) merupakan mata pelajaran yang secara khusus diampu oleh guru olahraga serta terpisah dari tugas wajib guru kelas SD/MI, membahas terpisah tentu saja sama juga seperti Mata pelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Khusus pada mata pelajaran tersebut mempunyai tujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan sosial, keterampilan berfikir kritis, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup yang sehat dan praktik pengenalan lingkungan bersih melalui pembekalan pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani terpilih yang dilaksanakan secara sistematis yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Download Contoh RPP PJOK Kelas 1, 2, 4, dan 5 SD Kurikulum 2013
Download Contoh RPP PJOK Kelas 1, 2, 4, dan 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 sebagai berikut:
  1. KI dan KD sesuai dengan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016
  2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru
  3. Format RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016
  4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS


Baca juga: Pedoman Pemilihan Guru SD Berprestasi Tingkat Nasional
Dalam impelementasi kurikulum 2013, Kompetensi Dasar mata pelajaran PJOK ini sama seperti pembelajaran mata pelajaran k13 yang lainnya, yakni meliput KD, sikap (spiritulan dan sosial), pengetahuan dan keterampilan. Berikut di bawah ini adalah contoh RPP PJOK Kelas 1, 2, 4, dan 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download: RPP Kurikulum 2013 Kelas 3 SD
Berikut ini telah kami siapkan contoh RPP PJOK Kelas 1, 2, 4, dan 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dapat dipergunakan sebagai pedoman dalam menyusun RPP pada materi-materi yang lain.


Semoga materi yang kami bagikan ini bermanfaat.

Contoh Surat Keterangan Kepala Sekolah Terbaru

Contoh Surat Keterangan Kepala Sekolah Terbaru

Contoh Surat Keterangan Kepala Sekolah Terbaru - Salah satu contoh tugas seorang kepala Sekolah adalah membuat berbagai bentuk surat yang dipergunakan dalam kebutuhan tertentu. Dan berikut ini adalah telah kami bagikan link download untuk mendapatkan berbagai bentuk Surat Keterangan.
Contoh Surat Keterangan Kepala Sekolah Terbaru
Contoh Surat Keterangan Kepala Sekolah Terbaru

Link Download Contoh Surat Keterangan Kepala Sekolah Terbaru:


Sekian ulasan tentang Contoh Surat Keterangan Kepala Sekolah Terbaru semoga bermanfaat. Saran kami materi ini hanya sebatas contoh dan bapak dan ibu khususnya Kepala Sekolah dapat membuat yang lebih sempurna, dan apabila bermaksud untuk hasil karya bapak dan ibu serta pengunjung diposkan pada blog ini hasil karya dapat di kirim kepada kami melalui email pribadi : wigunadharma11@gmail.com, semoga karya -karya dapat membuat rekan kita menikatinya.

Download Free Materi Pesantren Kilat Tahun 1440 H-2019 M

Download Free Materi Pesantren Kilat Tahun 1440 H-2019 M

Download Free Materi Pesantren Kilat Tahun 1440 H-2019 M - Pengertian Umum Pesantren kilat adalah mengandung dua kata kunci, yaitu pesantren dan kilat. Pengertian pesantren secara umum, yaitu suatu lembaga pendidikan Islam yang di dalamnya terdapat kiyai yang bertugas mendidik dan mengajar para santri dengan menggunakan sarana masjid, madrasah, dan didukung adanya pondok tempat tinggal santri. Kilat karena dilakukan dalam waktu yang relatif singkat.
Download Free Materi Pesantren Kilat Tahun 1440 H-2019 M
Download Free Materi Pesantren Kilat Tahun 1440 H-2019 M
Beberapa nilai yang terkandung dalam tata cara kehidupan pesantren kilat, antara lain:
  1. Adanya suasana kebersamaan dan kesederhanaan;
  2. Adanya suasana kekerabatan dan kekeluargaan;
  3. Adanya peningkatan pengalaman, penghayatan, dan praktik dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Khusus Pesantren kilat adalah salah satu wahana alternatif kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka memantapkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Bagi siswa yang beragama Islam dengan pola dan tata cara kehidupan pesantren yang dilakukan di dalam lingkungan sekolah.
Download juga: Jurnal Mengajar K13 SD/MI Kelas 1 sampai dgn Kelas 6
Tujuan Dilaksanakan Pesantren Kilat

Dengan adanya pelaksanaan  Pesantren kilat bagi siswa diharapkan dapat:
  1. Meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan siswa tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;
  2. Memperdalam, memantapkan, dan meningkatkan penghayatan ajaran agama Islam khususnya tentang keimanan, ibadah, akhlak, dan Al quran;
  3. Menerapkan dan mengamalkan ajaran Islam dam kehidupan sehari-hari dalam rangka membentuk mental spiritual yang tangguh, kokoh, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan negatif, baik yang datang dari dirinya pribadi maupun dari luar dirinya.

Berikut materi yang dapat dipergunakan dalam pelaksanaan Pesantren Kilat Ramadhan yang telah kami lengkapi dengan beberapa materi dan kelengkapan lainnya;

Demikian ulasan singkat materi Download Free Materi Pesantren Kilat Tahun 1440 H-2019 M semoga bermanfaat bagi kita semuanya, mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi

Jurnal Mengajar Kelas 1 s/d 6 Jenjang SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Jurnal Mengajar Kelas 1 s/d 6 Jenjang SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 

Jurnal Mengajar Kelas 1 s/d 6 Jenjang SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018  - Jurnal Harian guru kelas SD/MI merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan komponen pelaksanaan pembelajaran setiap tema dilengkapi sub tema mencakup Muatan Mapel Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi.
Jurnal Mengajar Kelas 1 s/d 6 Jenjang SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Jurnal Mengajar Kelas 1 s/d 6 Jenjang SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 
Jurnal guru dimaksudkan untuk menjadikan catatan khusus bagi guru yang berisi tentang sejauh mana proses pengajaran yang telah dilakukan. jurnal ini selalu dibawa oleh guru yang bersangkutan dan termasuk salah satu perangkat pembelajaran yang harus selalu di isi sesuai hasil dari proses KBM yang dilakukan.  Dengan jurnal ini guru bisa melakukan cross check terhadap siapa saja siswa yang masuk kelas atau yang tidak mengikuti KBM

Jurnal mengajar juga merupakan tugas harian seorang guru kelas pada tingkat SD dibuat setiap hari pada saat kegiatan belajar mengajar di mulai sampai berakhirnya proses belajar pada hari itu dan merupakan komponen penting yang tidak bisa di kesampingkan dari tugas guru sehari-hari dalam pembelajaran 

Jurnal mengajar pada Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.

Salah satu perangkat pembelajaran yang harus dibuat, dimiliki serta dikerjakan oleh seorang guru. Jurnal harian atau biasanya ada juga yang menyebut agenda harian. Setiap Guru dalam semua jenjang pendidikan tentunya wajib memiliki file tersebut karena fungsi dari jurnal yang itu mencatatkan kegiatan yang dilaksanakan secara rinci. Membantu Bapak dan Ibu dalam pembuatan perangkat pembelajaran tersebut Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan file jurnal harian dalam bentuk doc pada jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah SD/MI.

Jurnal ini kami khususkan untuk Kelas 1 s/d 6 jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyan (SD/MI) yang telah kami siapkan dengan jelas dan telah secara rinci mulai dari Hari/tanggal, Tema, Sub tema, Pembelajaran, Kompetensi Dasar, Materi, Pokok, Kegiatan Pemelajaran, dan Penilaian Pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 terutama pada tahun pelajaran 2018-2019.

Jurnal Pelaksanaan pembelajaran Kelas 1 s/d 6 jenjang SD/MI Kurikulum 2013 Revisi terbaru ini berbentuk tabel di dalam muatan mapel sudah terdapat mata pelajaran dapat digunakan untuk tahun pelajaran 2018-2019. Selain itu juga jurnal kelas revisi terbaru itu juga sudah dilengkapi hari/tanggal, tema, kelas/semester, dan alokasi waktu; Untuk lebih jelasnya berikut ini salah satu contoh Jurnal Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018.

Jurnal atau agenda harian ini dibuat sesuai dengan revisi 2017 dan 2018 di sesuaikan dengan Buku pegangan Guru dan Siswa juga peraturan permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses. Selengkapnya mengenai file tersebut dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini 1 (satu) file untuk semester 2.

Demikian materi Jurnal Mengajar Kelas 1 s/d 6 Jenjang SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Mohon maaf atas segala kilaf kami.

Super lengkap Administrasi PBM KTSP Kelas 1-6 SD/MI