RPP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 : Semua Mata Pelajaran

Hal Bapak dan Ibu guru, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan file Rencana Pelaksanaan pembelajaran atau RPP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 semester 1 dan 2 untuk semua mata pelajaran.

Dengan mengunduhnya melalui artikel ini, rekan guru dapat mengunduhnya dengan mudah dan gratis, karena kami sudah menyusunnya supaya bisa diunduh dengan mudah oleh semua rekan-rekan guru yang mungkin

RPP Prakarya Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2

RPP adalah salah satu berkas perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh setiap guru, tak terkecuali guru Prakarya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan RPP Prakarya Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk semester 1 maupun semester 2.

Dengan mengunduhnya melalui artikel ini rekan guru bisa mengunduh RPP tersebut dengan mudah dan gratis, di sini kami juga telah

RPP PPKn Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2

Seperti yang telah kita ketahui bersama, RPP merupakan salah satu berkas perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh setiap guru, termasuk guru mata pelajaran PPKn. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan RPP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2.

Melalui artikel ini rekan guru bisa mengunduh RPP tersebut  secara gratis dan mudah, karena memang kami telah menyusunnya

Soal Penilaian Harian K13 Kelas 4 Tema 6

Soal Penilaian Harian K13 Kelas 4 Tema 6

Soal Penilaian Harian K13 Kelas 4 Tema 6 - Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar Peserta Didik. Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Penilaian dapat dilakukan selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) dan setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil/produk).
Soal Penilaian Harian K13 Kelas 4 Tema 6
Soal Penilaian Harian K13 Kelas 4 Tema 6 
Penilaian Hasil Belajar oleh pendidik memiliki fungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Berdasarkan fungsinya penilaian hasil belajar oleh pendidik meliputi:
  1. Formatif yaitu memperbaiki kekurangan hasil belajar peserta didik dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada setiap kegiatan penilaian selama proses pembelajaran dalam satu semester, sesuai dengan prinsip Kurikulum 2013 agar peserta didik tahu, mampu dan mau. Hasil dari kajian terhadap kekurangan peserta didik digunakan untuk memberikan pembelajaran remedial dan perbaikan RPP serta proses pembelajaran yang dikembangkan guru untuk pertemuan berikutnya;
  2. Sumatif yaitu menentukan keberhasilan belajar peserta didik pada akhir suatu semester, satu tahun pembelajaran, atau masa pendidikan di satuan pendidikan. Hasil dari penentuan keberhasilan ini digunakan untuk menentukan nilai rapor, kenaikan kelas dan keberhasilan belajar satuan pendidikan seorang peserta didik.

Tujuan Penilaian sebagai berikut:
  1. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remedial dan pengayaan.
  2. Menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi bagi mereka yang diidentifikasi sebagai peserta didik yang lambat atau cepat dalam belajar dan pencapaian hasil belajar.
  3. Menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi belajar peserta didik ditetapkan harian, satu semesteran, satu tahunan, dan masa studi satuan pendidikan.
  4. Memperbaiki proses pembelajaran pada pertemuan dan/atau semester berikutnya.
  5. Memetakan mutu satuan pendidikan.

Jenis-jenis Penilaian Kurikulum 2013

Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria mengenai mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik. Penilaian pendidikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik mencakup: penilaian otentik, penilaian diri, penilaian projek, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah/madrasah, yang diuraikan sebagai berikut:
  1. Penilaian otentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses,dan keluaran (output) pembelajaran.
  2. Penilaian diri merupakan penilaian yang dilakukan sendiri oleh peserta didik secara reflektif untuk membandingkan posisi relatifnya dengan kriteria yang telah ditetapkan.
  3. Penilaian Projek adalah penilaian masing-masing peserta didik atas proses dan hasil pengerjaan projek yang dilakukan secara kelompok;
  4. Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk menilai kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih.
  5. Ulangan tengah semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan tengah semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.
  6. Ulangan akhir semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
  7. Ujian Tingkat Kompetensi yang selanjutnya disebut UTK merupakan kegiatan pengukuran yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengetahui pencapaian tingkat kompetensi. Cakupan UTK meliputi sejumlah Kompetensi Dasar yang merepresentasikan Kompetensi Inti pada tingkat kompetensi tersebut.
  8. Ujian Mutu Tingkat Kompetensi yang selanjutnya disebut UMTK merupakan kegiatan pengukuran yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengetahui pencapaian tingkat kompetensi. Cakupan UMTK meliputi sejumlah Kompetensi Dasar yang merepresentasikan kompetensi inti pada tingkat kompetensi tersebut.
  9. Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN merupakan kegiatan pengukuran kompetensi tertentu yang dicapai peserta didik dalam rangka menilai pencapaian Standar Nasional Pendidikan, yang dilaksanakan secara nasional.
  10. Ujian Sekolah/Madrasah merupakan kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi di luar kompetensi yang diujikan pada UN, dilakukan oleh satuan pendidikan.

Download juga: Jurnal Mengajar K13 kelas 4 Semester 2
Sebagian dari penjelasan di atas secara langsung dapat dilaksanakan dengan penerapan penilaian dengan terlebih dahulu menyusun kisi-kisi soalnya, dan akhirnya ersusunlah sebuah soal penilaian yang telah kami persiapkan berikut ini:

Demikian ulasan singkat materi  Soal Penilaian Harian K13 Kelas 4 Tema 6  dengan harapan segera dapat dipergunakan dalam kemudahan bapak dan ibu guru 

Agenda Harian K13 Guru Kelas 4 Semester 2

Agenda Harian K13 Guru Kelas 4 Semester 2

Agenda Harian K13 Guru Kelas 4 Semester 2Jurnal Harian Kelas merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan komponen pelaksanaan pembelajaran setiap tema dilengkapi sub tema mencakup Muatan Mapel Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi.
Agenda Harian K13 Guru Kelas 4 Semester 2
Agenda Harian K13 Guru Kelas 4 Semester 2
Jurnal guru dimaksudkan untuk menjadikan catatan khusus bagi guru yang berisi tentang sejauh mana proses pengajaran yang telah dilakukan. jurnal ini selalu dibawa oleh guru yang bersangkutan dan termasuk salah satu perangkat pembelajaran yang harus selalu di isi sesuai hasil dari proses KBM yang dilakukan.  Dengan jurnal ini guru bisa melakukan cross check terhadap siapa saja siswa yang masuk kelas atau yang tidak mengikuti KBM

Jurnal mengajar juga merupakan tugas harian seorang guru kelas pada tingkat SD dibuat setiap hari pada saat kegiatan belajar mengajar di mulai sampai berakhirnya proses belajar pada hari itu dan merupakan komponen penting yang tidak bisa di kesampingkan dari tugas guru sehari-hari dalam pembelajaran

Jurnal mengajar pada Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.

Salah satu perangkat pembelajaran yang harus dibuat, dimiliki serta dikerjakan oleh seorang guru. Jurnal harian atau biasnya ada juga yang menyebut aganda harian. Setiap Guru dalam semua jenjang pendidikan tentunya wajib memiliki file tersebut karena fungsi dari jurnal yang itu mencatatkan kegiatan yang dilaksanakan secara rinci. Membantu Bapak dan Ibu dalam pembuatan perangkat pembelajaran tersebut Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan file jurnal harian dalam bentuk doc pada jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah SD/MI.

Jurnal ini kami khususkan untuk Kelas 4 jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyan (SD/MI) yang telah kami siapkan dengan jelas dan telah secara rinci mulai dari Hari/tanggal, Tema, Sub tema, Pembelajaran, Kompetensi Dasar, Materi, Pokok, Kegiatan Pemelajaran, dan Penilaian Pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 terutama pada tahun pelajaran 2018-2019.

Jurnal Pelaksanaan pembelajaran Kelas 4 jenjang SD/MI Kurikulum 2013 Revisi terbaru ini berbentuk tabel didalam muatan mapel sudah terdapat mata pelajaran dapat digunakan untuk tahun pelajaran 2018-2019. Selain itu juga jurnal kelas revisi terbaru itu juga sudah dilengkapi hari/tanggal, tema, kelas/semester, dan alokasi waktu; Untuk lebih jelasnya berikut ini salah satu contoh Jurnal Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Download juga:
RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 6-7-8-9 Edisi Revisi
Silabus Matematika K13 Kelas 4 Semester 2
Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester 2
Program Semester Matematika K13 Kelas 4 Semester 2
Program Tahunan Matematika K13 Kelas 4 Semester 2
Jurnal atau agenda harian ini dibuat sesuai dengan revisi 2017 dan 2018 di sesuaikan dengan Buku pegangan Guru dan Siswa juga peraturan permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses. Selengkapnya mengenai file tersebut dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini 1 (satu) file untuk semester 2 lengkap.
Demikian materi Agenda Harian K13 Guru Kelas 4 Semester 2 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Mohon maaf atas segala kilaf kami.

Silabus KTSP Kelas 4 SD/MI

Silabus KTSP Kelas 4 SD/MI

Silabus KTSP Kelas 4 SD/MI - Pengembangan dan penyusunan silabus pada dasarnya ditujukan kepada guru dan kelompok guru mata pelajaran di sekolah/madrasah, musyawarah guru mata pelajaran, dan dinas pendidikan. Sejalan dengan itu maka tujuan pengembangan silabus adalah membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya  dalam menjabarkan Kompetensi Dasar menjadi sebuah perencanaan pembelajaran yang lainnya pula.

Fungsi pengembangan silabus secara umum adalah:
  1. Sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti (1) pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran baik secara klasikal, kelompok kecil maupun pembelajaran secara individual; (2) penyusunan materi ajar; (3)  pengembangan sistem penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi, yaitu sistem penilaiaan yang selalu mengacu kepada Strandar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan indikator   pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.
  2. Dalam hal ini silabus merupakan sumber pokok  dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kom petensi Dasar (Abdul Majid, 2009: 40).
  3. Hasil pengembangan silabus dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran.

Silabus KTSP Kelas 4 SD/MI
Silabus KTSP Kelas 4 SD/MI
Dengan tersusunnya rancangan pembelajaran yang runtut, maka seorang guru akan lebih terarah dalam penyajian materi ajar atau pengalaman-pengalaman belajar, sehingga dapat menumbuh kembangkan minat dan motivasi belajar peserta didik.

Berikut materi yang kami maksud:

  1. Silabus KTSP Kelas 4 Seemster 1.doc
  2. Silabus KTSP Kelas 4 Seemster 2.doc

Demikian sekilas ulasan yang dapat kami sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan, harapan kami semoga pengunjung yang telah berkunjung dapat menjadikan mitra kerja kami, demi kemajuan, kelancaran dunia pendidikan kita.

Semoga materi Silabus KTSP Kelas 4 SD/MI ini dapat menyelesaikan masalah kelengkapan administrasi pembelajaran di sekolah bapak dan ibu semuanya, terima kasih atas kunjungannya kami siap menerima kunjungan anda berikutnya.

Silabus Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Silabus Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Silabus Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru - Silabus merupakan bagian dari rencana pembelajaran dalam suatu kelompok Mata Pelajaran tertentu yang mencakup Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber bahan atau alat belajar.

Pada Silabus Matematika Kelas 4 SD/MI Semester 2 juga merupakan penjabaran dari Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi sampai dengan pada kegiatan penilaian.

Karena pelaksanaan pembelajaran di SD/MI dilakukan dengan pendekatan pembelajaran tematik-terpadu kecuali untuk Mata Pelajaran (Mapel) Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) bagian dari Mata Pelajaran yang mandiri untuk kelas 4, 5, dan Kelas 6 SD/MI. Sedangkan untuk Silabus Tematik Terpadu SD/MI telah tersusun secara terpisah dengan dokumen yang kami bagikan saat ini. Oleh sebab itu bagi guru yang ingin menyusun administrasi pembelajaran dapat menggunakan dokumen Silabus Mata Pelajaran Matematika SD/MI yang saat ini kami bagikan.
Silabus Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013
Silabus Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Pada Perumusan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran (Mapel) Matematika jenjang SD/MI menggunakan kompetensi Matematika secara umum dan pertimbangan kompetensi yang dapat dicapai siswa setelah belajar matematika. Sedangkan Kompetensi hasil belajar matematika di SD/MI tertuang dalam peta kompetensi pada setiap jenjang pendidikan tertentu.

Kompetensi Dasar pada Mata Pelajaran Matematika saat ini (Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017) merupakan penyempurnaan dari Kompetensi Dasar sebelumnya yang terdiri dari; (1) perubahan redaksi kalimat agar lebih jelas, (2) penyederhanaan, (3) penyesuaian dan penataan rumusan Kompetensi Dasar, (4) pengintegrasi ke dalam Kompetensi Dasar lainnya, serta (5) tidak lagi memuat Kompetensi Dasar untuk dimensi sikap spiritual maupun sikap sosial.

Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Silabus Kelas 4 Matematika Semester 2.rtf
Demikian materi Silabus Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yang dapat kami bagikan pada  semoga bermanfaat, kurang dan lebihnya mohon maaf.


Terima kasih atas kunjungannya dan kami selalu berusaha yang terbaik untuk anda.

Soal Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Bahasa Inggris Kelas 1, 2, 3, 4, 5 SD/MI

Soal Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Bahasa Inggris Kelas 1, 2, 3, 4, 5 SD/MI

Perlu kita sadari bahwa naik kelas adalah dambaan seorang siswa, orang tua serta Guru yang bersangkutan, namun tinggal kelas pada pelaksanaan kurikulum 2013 sudah tidak diberlakukan kembali atau dengan singkat penjelasan, bahwa dalam kurikulum 2013 semua siswa yang menduduki kelas pada saat akhir tahun pelajaran dipastikan tidak diperbolehkan untuk tinggal kelas.
Soal Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Bahasa Inggris Kelas 1, 2, 3, 4, 5 SD/MI
Soal Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Bahasa Inggris Kelas 1, 2, 3, 4, 5 SD/MI
Untuk mengejar prestasi siswa seorang guru diperlukan kompetensi yang memadahui sesuai dengan arah dan Tujuan pendidikan Nasional, oleh karena itulah materi yang kami bagikan dan siap didownload pada tautan menu di bawah ini merupakan salah satu unsur kegigihan soerang guru untuk mencapai prestasi siswanya.

Soal Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Bahasa Inggris Kelas 1, 2, 3, 4, 5 SD/MI

Soal UKK/PAS Kelas 1 Sebagai Berikut:
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 1 (1).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 1 (2).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 1 (3).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 1 (4).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 1 (5).rar
Soal UKK/PAS Kelas 2 Sebagai Berikut:
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 2 sd (1).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 2 sd (2).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 2 sd (3).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 2 sd (4).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 2 sd (5).rar
Soal UKK/PAS Kelas 3 Sebagai Berikut:
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 3 sd (1).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 3 sd (2).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 3 sd (3).rar 
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 3 sd (4).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 3 sd (5).rar
Soal UKK/PAS Kelas 4 Sebagai Berikut:
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 4 sd (1).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 4 sd (2).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 4 sd (3).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 4 sd (4).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 4 sd (5).rar
Soal UKK/PAS Kelas 5 Sebagai Berikut:
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 5 (1).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 5 (2).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 5 (3).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 5 (4).rar
Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 5 (5).rar

Demikian semoga materi Soal Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Bahasa Inggris Kelas 1, 2, 3, 4, 5 SD/MI yang kami bagikan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal dan apabila terdapat yang kurang benar itulah manusia. yang tak luput dari hal kekurangan, kesalahan dan ketidak sempurnaan.

Terima kasih atas pastisipasinya, dan semoga bapak, ibu serta pengunjung senantiasa memanfaatkan blog kami ini sebagai pencari materi pelanggan tetap atau ketik email apabila bertujuan untuk selalu memperoleh update otomatis dari blog ini masuk secara otomatis di enali anda semua. Makasih ...

Sumber utama : www.jagoanbahasainggris.com

Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG

Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG 

Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG - Portofolio, PLPG merupakan salah satu cara atau langkah untuk seorang guru memperoleh tunjangan sertifikasi, namun dengan catatan guru tersebut telah memiliki jenjang ijazah S-1.


Langkah berikutnya adalah guru mendaftarkan melalui SIM PKB yang terlebih dahulu mengikuti PKG online dengan nilai yang telah ditentukan pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.


Menyikapi materi saat ini telah kami bagikan link download yang dapat dipergunakan untuk menuju kesuksesan pelaksaan PLPG bapak dan ibu semuanya.


Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG
Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG 
Berikut Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG 


Semoga Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG  bermanfaat

Jurnal Agenda Mengajar Harian K13 Kelas 5 Semester 2 Lengkap

Jurnal Agenda Mengajar Harian K13 Kelas 5 Semester 2 Lengkap

Jurnal Agenda Mengajar Harian K13 Kelas 5 Semester 2 Lengkap - Jurnal Harian Kelas merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan komponen pelaksanaan pembelajaran setiap tema dilengkapi sub tema mencakup Muatan Mapel Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi.
Jurnal Agenda Mengajar Harian K13 Kelas 5 Semester 2 Lengkap
Jurnal Agenda Mengajar Harian K13 Kelas 5 Semester 2 Lengkap
Jurnal guru dimaksudkan untuk menjadikan catatan khusus bagi guru yang berisi tentang sejauh mana proses pengajaran yang telah dilakukan. jurnal ini selalu dibawa oleh guru yang bersangkutan dan termasuk salah satu perangkat pembelajaran yang harus selalu di isi sesuai hasil dari proses KBM yang dilakukan.  Dengan jurnal ini guru bisa melakukan cross check terhadap siapa saja siswa yang masuk kelas atau yang tidak mengikuti KBM

Jurnal mengajar juga merupakan tugas harian seorang guru kelas pada tingkat SD dibuat setiap hari pada saat kegiatan belajar mengajar di mulai sampai berakhirnya proses belajar pada hari itu dan merupakan komponen penting yang tidak bisa di kesampingkan dari tugas guru sehari-hari dalam pembelajaran

Jurnal mengajar pada Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.

Salah satu perangkat pembelajaran yang harus dibuat, dimiliki serta dikerjakan oleh seorang guru. Jurnal harian atau biasnya ada juga yang menyebut aganda harian. Setiap Guru dalam semua jenjang pendidikan tentunya wajib memiliki file tersebut karena fungsi dari jurnal yang itu mencatatkan kegiatan yang dilaksanakan secara rinci. Membantu Bapak dan Ibu dalam pembuatan perangkat pembelajaran tersebut Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan file jurnal harian dalam bentuk doc pada jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah SD/MI.

Jurnal ini kami khususkan untuk Kelas 5 jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyan (SD/MI) yang telah kami siapkan dengan jelas dan telah secara rinci mulai dari Hari/tanggal, Tema, Sub tema, Pembelajaran, Kompetensi Dasar, Materi, Pokok, Kegiatan Pemelajaran, dan Penilaian Pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 terutama pada tahun pelajaran 2018-2019.
Download juga; Soal Penilaian Harian kelas 5 Semester 2 K13 Revisi
Jurnal Pelaksanaan pembelajaran Kelas 5 jenjang SD/MI Kurikulum 2013 Revisi terbaru ini berbentuk tabel didalam muatan mapel sudah terdapat mata pelajaran dapat digunakan untuk tahun pelajaran 2018-2019. Selain itu juga jurnal kelas revisi terbaru itu juga sudah dilengkapi hari/tanggal, tema, kelas/semester, dan alokasi waktu; Untuk lebih jelasnya berikut ini salah satu contoh Jurnal Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Jurnal atau agenda harian ini dibuat sesuai dengan revisi 2017 dan 2018 di sesuaikan dengan Buku pegangan Guru dan Siswa juga peraturan permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses. Selengkapnya mengenai file tersebut dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini file untuk semester 2.
DOWNLOAD FILE:
Demikian materi Jurnal Agenda Mengajar Harian K13 Kelas 5 Semester 2 Lengkap yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Mohon maaf atas segala kilaf kami.