RPP Akidah Akhlak Kelas 6 MI Kurikulum 2013 Revisi

RPP Akidah Akhlak Kelas 6 MI Kurikulum 2013 Revisi

RPP Akidah Akhlak Kelas 6 MI Kurikulum 2013 Revisi - Sebagai persiapan menghadapi tahun pelajaran baru terutama untuk Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI), kami bagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam format Word (docx) secara gratis dan siap untuk dicetak.
RPP Akidah Akhlak Kelas 6 MI Kurikulum 2013 Revisi
RPP Akidah Akhlak Kelas 6 MI Kurikulum 2013 Revisi
RPP Akidah Akhlak ini dapat bermanfaat secara maksimal apabila bapak dan ibu guru setelah mengunduh file ini diteliti terlebih dahulu dan dengan mengkondisikan situasi pada sekolah, sehingga diperlukan kejelian serta ketelitian dalam mengedit file ini. Berikut menu download untuk mendapatkan file/dokumennya.
RPP Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 1 KD 1. 1.doc
RPP Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 1 KD 1. 2.doc
RPP Akidah Akhlak Kelas 6 Semester 2 KD 2.4.docx
Demikian materi RPP Akidah Akhlak Kelas 6 MI Kurikulum 2013 Revisi kami bagikan, semoga bapak dan ibu guru madrasah merasa senang serta akan memberikan kabar baik kepada temannya untuk membagikan link download ini serta sudilah kiranya untuk meninggalkan email anda semua, guna selalu memperoleh kiriman terbaru dari blog kami ini.

Dapatkan pula materi terdahulu kami:
RPP Akidah Akhlak Kelas 1 MI Kurikulum 2013 Revisi Download di sini
RPP Akidah Akhlak Kelas 2 MI Kurikulum 2013 Revisi Download di sini
RPP Akidah Akhlak Kelas 3 MI Kurikulum 2013 Revisi Download di sini
RPP Akidah Akhlak Kelas 4 MI Kurikulum 2013 Revisi Download di sini
RPP Akidah Akhlak Kelas 5 MI Kurikulum 2013 Revisi Download di sini
Mohon maaf atas segaa kekurang kami dalam membagikan materi-materi.

RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Revisi

RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Revisi

RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Revisi - Kurikulum 2013 juga diberlakukan bagi sekolah Madrasah, misalnya MI, MTs, dan MA, sehingga dalam menyusun administrasi pembelajarannyapun juga terdapat perbedaan dan juga akan bertambah banyak dalam membuat/menyusun administrasi pembelajarannya.
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Revisi
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Revisi
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 ini kami khususkan bagi jenjang satuan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI), sehingga bagi guru-guru madrasah perlu dipahami secara seksama.

Perangkat pembelajaran RPP Akidah Akhlak yang kami bagikan ini lengkap mulai dari semester 1 dan semester 2. File/dokumen yang telah kami bagikan ini telah disusun dengan format wors dan telah dikemas tanpa menggunakan paswods. dengan berbagai kemudahan ini dimaksudkan untuk memudahkan anda dalam menggunakan file ini dalam proses pelaksanan pembelajaran di kelas akan berjalan dengan lancar. File yang berhasil anda download nantinya telah terbagi  menjadi 2 (dua) semester yaitu; semester 1 dan semester 2.

Link download RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Revisi terdapat di bawah ini.


Demikian semoga materi RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 5 MI Revisi bermanfaat untuk melengkapi berbagai administrasi bapak dan ibu semua.

Baca juga:
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 1 MI Revisi
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 2 MI Revisi
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 3 MI Revisi
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 4 MI Revisi
Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk mendapatkan materi-materi yang telah kami bagikan pada blog ini.

RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 4 MI Revisi

RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 4 MI Revisi

RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 4 MI Revisi - Guru diwajibkan untuk menyusun sebuah Rencana sebelum melaksanakan pelaksanaan pembelajaran atau yang sering disebut mengajar.
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 4 MI Revisi
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 4 MI Revisi
Perlu diketahui bahwa dalam menyusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) perlu memperhatikan komponen-komponen yang diperlukan seperti:
  1. Nama Satuan Pendidikan
  2. Kelas/ Semester
  3. Materi Pokok
  4. Alokasi Waktu
  5. Kompetensi Inti (KI)
  6. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi
  7. Tujuan Pembelajaran
  8. Materi Pembelajaran
  9. Metode Pembelajaran
  10. Media, Alat, dan Sumber Belajar
  11. Langkah-langkan kegiatan pembelajaran
  12. Penilaian
RPP Fikih Kurikulum 2013 ini kami bagikan khususkan kepada guru-guru yang termasuk dalam mapel diatas, dan di sini kami telah tersedia RPP 4 mapel tersebut, namun tetap kami bagikan secara berkala demi kenyamanan para pencari materi, berikut adalah materi RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 4 MI Revisi dengan rincian link download sebagai berikut:


Dememikian semoga materi RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 4 MI Revisi dapat bermanfaat.

Baca juga:
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 1 MI Revisi
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 2 MI Revisi
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 3 MI Revisi
RPP Bahasa Arab Kurikulum 2013 Kelas 1-6 MI Revisi
Terima ksih kunjungan dan kepercayaan anda untuk selalu berkunjung di blog kami ini, semoga anda merasa puas dan nyaman, ada kekurangan mohon dimaafkan ya ?



RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI

RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI

RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI - Perangkat pembelajaran RPP Akidah Akhlak yang kami bagikan ini terdiri dari semester 1 dan semester 2. Di samping itu file ini telah kami bentuk dengan format wors yang telah dikemas tanpa menggunakan paswods. Kami membagikan dengan berbagai kemudahan ini bermaksud untuk memudahkan anda dalam menggunakan file ini dalam proses pelaksanan pembelajaran di kelas. 
RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI
RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI
File RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI yang berhasil anda download nanti sudah terbagi  menjadi semester 1 dan 2 yang terdiri dari:
Baca juga: RPP K13 Bahasa Arab Kelas 1 hingga 6 MI
1. RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI Semester 1:
RPP KLS 3 SEMESTER 1 KD 1.1.docx
RPP KLS 3 SEMESTER 1 KD 1.2.docx
RPP KLS 3 SEMESTER 1 KD 1.3.docx
RPP KLS 3 SEMESTER 1 KD 1.4.docx
RPP KLS 3 SEMESTER I KD 1.5.docx
2. RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI Semester 2:
RPP KELAS 3 SEMESTER II KD 1.1.docx
RPP KELAS 3 SEMESTER II KD 1.2.docx
RPP KELAS 3 SEMESTER II KD 1.3.docx
RPP KELAS 3 SEMESTER II KD 1.4.docx
RPP KELAS 3 SEMESTER II KD 1.5.doc
RPP KELAS 3 SEMESTER II KD 1.5.doc
Demikian kilas balik materi RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI semoga menambah pencerahan bapak dan ibu semuanya.

RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi

RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi

RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi - Bapak dan ibu guru selamat jumpa lagi dengan admin Documen Guru yang selalu berbagi dokumen pendidikan dan kemudahan serta kelengkapan administrasi bapak dan ibu sekalian. Dan untuk melanjutkan berbagi saat ini telah kami persiapkan materi RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi dengan salah satu contohnya di bawah ini.
RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi
RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah/Madrasah
:
MI
Mata Pelajaran
:
Akidah Akhlak
Kelas/Semester
:
II/1
Materi Pokok
:
Kalimat Thayyibah (Hamdalah)
Alokasi Waktu
:
2 Jp

A.  KOMPETENSI INTI

KI-1:
Menerima dan menjalankan ajaran  agama yang dianutnya.
KI-2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,  teman dan guru
KI-3:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara  mengamati, menanya dan  mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang   dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

A.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1 Menyakini Allah SWT melalui kalimat thayyibah(Hamdalah).
3.1Mengetahui kalimat thayyibah (Hamdalah).
            3.1.1 Menjelaskan arti kalimat Thayyibah   (Hamdalah)
3.1.2 Menjelaskan waktu yang tepat mengucapkan  kalimat Thayyibah (Hamdalah)
3.1.3 Menyebutkan manfaat mengucapkan kalimat   Thayyibah (Hamdalah)
4.1Melafalkan kalimat thayyibah(Hamdalah).
            4.1.1Melafalkan kalimat toyyibah (Hamdalah)
4.1.2 Menulis bunyi kalimat thayyibah (Hamdalah)

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Melalui pemberian uswah,peserta didik dapat menunjukkan sikap meyakini Allah melalui kalimat thayyibah (Hamdalah)
  2. Melalui pengamatan dan pemberian contoh, peserta didik dapat membiasakan mengucap kalimat thayyibah (Hamdalah) dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan syar’i 
  3. Melalui ceramah dan tanyajawab , peserta didik dapat menjelaskan arti kalimat thayyibah (Hamdalah) denga tepat
  4. Melalui diskusi kelompok,peserta didik dapat menjelaskan waktu yang tepat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  5. Melalui inkuiri (menggali, menemukan, merumuskan) dan resitasi (penugasan), peserta didik dapat/mampu menyebutkan manfaat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  6. Melalui Drill, peserta didik dapat melafalkan kalimat thayyibah (Hamdalah)dengan baik dan benar.

RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi

D.MATERI PEMBELAJARAN
  • Ucapan alhamdulillah ( اْلحَÙ…ْــدُ Ù„َله) disebut bacaan tahmid
  • Lafaz alhamdulillah ( اْلحَÙ…ْــدُ Ù„َله) artinya segala puji bagi Allah
  • Lafaz Alhamdulillah ( اْلحَÙ…ْــدُ Ù„َله) diucapkan ketika menyelesaikan suatu   pekerjaan dan ketika mendapat nikmat dari Allah

E. METODE PEMBELAJARAN 

Pendekatan scientific
Metode: Uswah, pengamatan, ceramah, tanyajawab, inkuiri, resitasi, dan Drill

F.MEDIA, ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
  • Media: kaligrafi, video, laptop, LCD
  • Alat/Bahan: kertas karton, spidol
  • Sumber Pembelajaran: Buku paket, lingkungan alam sekitar, pengalaman siswa, internet.

G.LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

a. Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
  • Guru memulai pembelalajaran dengan dan doa bersama
  • Guru memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi dan tempat duduk
  • Guru menyapa peserta didik dengan menanyakan kabar  atau  kesehatan kepada peserta didik
  • Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan singkat
  • Guru mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik melalui senam otak/nyanyi
  • Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi serta kompetensi yang akan dicapai
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan selama proses pembelajaran
  • Guru membentuk kelompok diskusi
b. Kegiatan Inti ( 50 menit)

·  Mengamati
  • Peserta didik mengamatigambar dalam buku teks
  • Peserta didik menyimakpenjelasan guru tentang makna dan manfaat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Peserta didik membaca waktu yang tepat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan gubahan dari lagu anak-anak naik-naik ke puncak gunung.

Sgala puji bagimu Allah
Atas sgala nikmatmu 2 x
Setlah solat,awal akhir doa
Jangan lupa ucapkan
Setlah makan setlah belajar
Mari ucap hamdalah
·  Menanya
  • Melalui stimulus guru, peserta didik menanyakan tentang sebab mengucapkan mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Peserta didik memberi umpan balik tentang manfaat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Peserta didik diminta mengemukakan isi gambar secara bergantian.
·   Eksplorasi/eksperimen
  • Peserta didik melalui kelompoknya, berdiskusi tentang lafal mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah) dan manfaat membacanya
  • Masing-masing kelompok menggali makna kalimat thayyibah (Hamdalah) dari sumber lain

·  Mengasosiasi
  • Masing-masing kelompok merumuskan makna, manfaat dan waktu yang tepat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Masing-masing kelompok membuat peta konsep tentang kalimat thayyibah (Hamdalah)

·      Mengkomunikasikan
  • Secara bergantian, masing-masing kelompok menempelkan hasil peta konsep dilanjutkan dengan mempresentasikanhasil diskusinya

c. Penutup ( 10 menit):
  • Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
  • Guru mengajak peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
  • Guru mengadakan tes tulis
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
  • Guru memberikan pesan-pesan moral kepada peserta didik
  • Guru mengajak berdoa akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan

H .Penilaian
1.Penilaian diri (Sikap Spiritual)
No
Uraian
ya
tidak
1
Saya yakin dengan mengucap hamdalah kita akan disayang Allah


2
Saya yakin mengucap hamdalah akan mendapat pahala


3
Dengan mengucap alhamdulillah saya yakin hati menjadi tenang


4
Saya yakin dengan ucapan alhamdulillah maka Allah akan menambah nikmat kepada kita



Skor  ya : 2,5

Tidak  : 0 
skor nilai  =  perolehan nilai x 4
  Skor maksimal

2. Penilaian Pengetahuan dengan tes tulis
Soal
  1. Ketika mendapat nikmat mengucapkan ….
  2. Selesai makan membaca…
  3. Alhamdulillah artinya segala puji bagi …
  4. Bunyi lafal tahmid adalah …
  5. Sebaik-baik do`a adalah bacaan ....

Kunci Jawaban
  1. Alhamdulillah
  2. Alhamdulillah
  3. Allah
  4. Alhamdulillah
  5. Alhamdulillah

Pedoman pensekoran
Setiap soal memiliki nilai 20
Skor maksimal  5 x 20 = 100
skor nilai  =  perolehan nilai x 4
  Skor maksimal
3.Penilaian sikap Ketrampilan
No
Uraian
ya
tidak
1
Setelah bekerja aku mengucapkan  اَÙ„ْØ­َÙ…ْدُ Ù„ِÙ„ّÙ‡ِ


2
Selesai belajar aku mengucapkan اَÙ„ْØ­َÙ…ْدُ Ù„ِÙ„ّÙ‡ِ


3
Setelah selesai makan  aku mengucapkan اَÙ„ْØ­َÙ…ْدُ Ù„ِÙ„ّÙ‡ِ


4
Setelah bangun tidur aku mengucapkan اَÙ„ْØ­َÙ…ْدُ Ù„ِÙ„ّÙ‡ِ


Skor  ya : 2,5

Tidak  : 0 
skor nilai  =  perolehan nilai x 4
  Skor maksimal

Selengkapnya tentang RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi silahkan download di bawah ini:


Semoga materi RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi amat sangat bermanfaat.

Baca juga:


Terima kasih telah berkunjung semoga materi yang anda butuhkan sesuai dengan apa yang telah kami bagikan ini, dan apabila kurang sesuai silahkan diperbaiki kembali, Mohon maaf yang sebesar-besarnya.