RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI

RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI

RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI - Perangkat pembelajaran RPP Akidah Akhlak yang kami bagikan ini terdiri dari semester 1 dan semester 2. Di samping itu file ini telah kami bentuk dengan format wors yang telah dikemas tanpa menggunakan paswods. Kami membagikan dengan berbagai kemudahan ini bermaksud untuk memudahkan anda dalam menggunakan file ini dalam proses pelaksanan pembelajaran di kelas. 
RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI
RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI
File RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI yang berhasil anda download nanti sudah terbagi  menjadi semester 1 dan 2 yang terdiri dari:
Baca juga: RPP K13 Bahasa Arab Kelas 1 hingga 6 MI
1. RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI Semester 1:
RPP KLS 3 SEMESTER 1 KD 1.1.docx
RPP KLS 3 SEMESTER 1 KD 1.2.docx
RPP KLS 3 SEMESTER 1 KD 1.3.docx
RPP KLS 3 SEMESTER 1 KD 1.4.docx
RPP KLS 3 SEMESTER I KD 1.5.docx
2. RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI Semester 2:
RPP KELAS 3 SEMESTER II KD 1.1.docx
RPP KELAS 3 SEMESTER II KD 1.2.docx
RPP KELAS 3 SEMESTER II KD 1.3.docx
RPP KELAS 3 SEMESTER II KD 1.4.docx
RPP KELAS 3 SEMESTER II KD 1.5.doc
RPP KELAS 3 SEMESTER II KD 1.5.doc
Demikian kilas balik materi RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI semoga menambah pencerahan bapak dan ibu semuanya.

RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi

RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi

RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi - Bapak dan ibu guru selamat jumpa lagi dengan admin Documen Guru yang selalu berbagi dokumen pendidikan dan kemudahan serta kelengkapan administrasi bapak dan ibu sekalian. Dan untuk melanjutkan berbagi saat ini telah kami persiapkan materi RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi dengan salah satu contohnya di bawah ini.
RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi
RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Sekolah/Madrasah
:
MI
Mata Pelajaran
:
Akidah Akhlak
Kelas/Semester
:
II/1
Materi Pokok
:
Kalimat Thayyibah (Hamdalah)
Alokasi Waktu
:
2 Jp

A.  KOMPETENSI INTI

KI-1:
Menerima dan menjalankan ajaran  agama yang dianutnya.
KI-2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,  teman dan guru
KI-3:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara  mengamati, menanya dan  mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang   dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI-4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

A.  KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

1.1 Menyakini Allah SWT melalui kalimat thayyibah(Hamdalah).
3.1Mengetahui kalimat thayyibah (Hamdalah).
            3.1.1 Menjelaskan arti kalimat Thayyibah   (Hamdalah)
3.1.2 Menjelaskan waktu yang tepat mengucapkan  kalimat Thayyibah (Hamdalah)
3.1.3 Menyebutkan manfaat mengucapkan kalimat   Thayyibah (Hamdalah)
4.1Melafalkan kalimat thayyibah(Hamdalah).
            4.1.1Melafalkan kalimat toyyibah (Hamdalah)
4.1.2 Menulis bunyi kalimat thayyibah (Hamdalah)

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. Melalui pemberian uswah,peserta didik dapat menunjukkan sikap meyakini Allah melalui kalimat thayyibah (Hamdalah)
  2. Melalui pengamatan dan pemberian contoh, peserta didik dapat membiasakan mengucap kalimat thayyibah (Hamdalah) dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan syar’i 
  3. Melalui ceramah dan tanyajawab , peserta didik dapat menjelaskan arti kalimat thayyibah (Hamdalah) denga tepat
  4. Melalui diskusi kelompok,peserta didik dapat menjelaskan waktu yang tepat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  5. Melalui inkuiri (menggali, menemukan, merumuskan) dan resitasi (penugasan), peserta didik dapat/mampu menyebutkan manfaat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  6. Melalui Drill, peserta didik dapat melafalkan kalimat thayyibah (Hamdalah)dengan baik dan benar.

RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi

D.MATERI PEMBELAJARAN
  • Ucapan alhamdulillah ( اْلحَÙ…ْــدُ Ù„َله) disebut bacaan tahmid
  • Lafaz alhamdulillah ( اْلحَÙ…ْــدُ Ù„َله) artinya segala puji bagi Allah
  • Lafaz Alhamdulillah ( اْلحَÙ…ْــدُ Ù„َله) diucapkan ketika menyelesaikan suatu   pekerjaan dan ketika mendapat nikmat dari Allah

E. METODE PEMBELAJARAN 

Pendekatan scientific
Metode: Uswah, pengamatan, ceramah, tanyajawab, inkuiri, resitasi, dan Drill

F.MEDIA, ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
  • Media: kaligrafi, video, laptop, LCD
  • Alat/Bahan: kertas karton, spidol
  • Sumber Pembelajaran: Buku paket, lingkungan alam sekitar, pengalaman siswa, internet.

G.LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

a. Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
  • Guru memulai pembelalajaran dengan dan doa bersama
  • Guru memeriksa kehadiran,kerapian berpakaian,posisi dan tempat duduk
  • Guru menyapa peserta didik dengan menanyakan kabar  atau  kesehatan kepada peserta didik
  • Guru mengadakan tes kemampuan awal melalui pertanyaan singkat
  • Guru mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik melalui senam otak/nyanyi
  • Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi serta kompetensi yang akan dicapai
  • Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan selama proses pembelajaran
  • Guru membentuk kelompok diskusi
b. Kegiatan Inti ( 50 menit)

·  Mengamati
  • Peserta didik mengamatigambar dalam buku teks
  • Peserta didik menyimakpenjelasan guru tentang makna dan manfaat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Peserta didik membaca waktu yang tepat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Guru mengajak peserta didik untuk menyanyikan gubahan dari lagu anak-anak naik-naik ke puncak gunung.

Sgala puji bagimu Allah
Atas sgala nikmatmu 2 x
Setlah solat,awal akhir doa
Jangan lupa ucapkan
Setlah makan setlah belajar
Mari ucap hamdalah
·  Menanya
  • Melalui stimulus guru, peserta didik menanyakan tentang sebab mengucapkan mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Peserta didik memberi umpan balik tentang manfaat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Peserta didik diminta mengemukakan isi gambar secara bergantian.
·   Eksplorasi/eksperimen
  • Peserta didik melalui kelompoknya, berdiskusi tentang lafal mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah) dan manfaat membacanya
  • Masing-masing kelompok menggali makna kalimat thayyibah (Hamdalah) dari sumber lain

·  Mengasosiasi
  • Masing-masing kelompok merumuskan makna, manfaat dan waktu yang tepat mengucapkan kalimat thayyibah (Hamdalah)
  • Masing-masing kelompok membuat peta konsep tentang kalimat thayyibah (Hamdalah)

·      Mengkomunikasikan
  • Secara bergantian, masing-masing kelompok menempelkan hasil peta konsep dilanjutkan dengan mempresentasikanhasil diskusinya

c. Penutup ( 10 menit):
  • Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
  • Guru mengajak peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
  • Guru mengadakan tes tulis
  • Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
  • Guru memberikan pesan-pesan moral kepada peserta didik
  • Guru mengajak berdoa akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan

H .Penilaian
1.Penilaian diri (Sikap Spiritual)
No
Uraian
ya
tidak
1
Saya yakin dengan mengucap hamdalah kita akan disayang Allah


2
Saya yakin mengucap hamdalah akan mendapat pahala


3
Dengan mengucap alhamdulillah saya yakin hati menjadi tenang


4
Saya yakin dengan ucapan alhamdulillah maka Allah akan menambah nikmat kepada kita



Skor  ya : 2,5

Tidak  : 0 
skor nilai  =  perolehan nilai x 4
  Skor maksimal

2. Penilaian Pengetahuan dengan tes tulis
Soal
  1. Ketika mendapat nikmat mengucapkan ….
  2. Selesai makan membaca…
  3. Alhamdulillah artinya segala puji bagi …
  4. Bunyi lafal tahmid adalah …
  5. Sebaik-baik do`a adalah bacaan ....

Kunci Jawaban
  1. Alhamdulillah
  2. Alhamdulillah
  3. Allah
  4. Alhamdulillah
  5. Alhamdulillah

Pedoman pensekoran
Setiap soal memiliki nilai 20
Skor maksimal  5 x 20 = 100
skor nilai  =  perolehan nilai x 4
  Skor maksimal
3.Penilaian sikap Ketrampilan
No
Uraian
ya
tidak
1
Setelah bekerja aku mengucapkan  اَÙ„ْØ­َÙ…ْدُ Ù„ِÙ„ّÙ‡ِ


2
Selesai belajar aku mengucapkan اَÙ„ْØ­َÙ…ْدُ Ù„ِÙ„ّÙ‡ِ


3
Setelah selesai makan  aku mengucapkan اَÙ„ْØ­َÙ…ْدُ Ù„ِÙ„ّÙ‡ِ


4
Setelah bangun tidur aku mengucapkan اَÙ„ْØ­َÙ…ْدُ Ù„ِÙ„ّÙ‡ِ


Skor  ya : 2,5

Tidak  : 0 
skor nilai  =  perolehan nilai x 4
  Skor maksimal

Selengkapnya tentang RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi silahkan download di bawah ini:


Semoga materi RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi amat sangat bermanfaat.

Baca juga:


Terima kasih telah berkunjung semoga materi yang anda butuhkan sesuai dengan apa yang telah kami bagikan ini, dan apabila kurang sesuai silahkan diperbaiki kembali, Mohon maaf yang sebesar-besarnya.

RPP Pembelajaran Akidah Akhlak K13 Kelas 1 MI Revisi

RPP Pembelajaran Akidah Akhlak K13 Kelas 1 MI Revisi

RPP Pembelajaran Akidah Akhlak K13 Kelas 1 MI Revisi - Hai .... Bapak dan ibu guru semuanya yang kebetulan mengajar di satuan pendidikan Madrasah, untuk di kesempatan yang baik ini kami sebagai admin blog "Documen Guru" membagikan link download materi yang paling dan sangat dicari oleh kaum pendidik terutama di satuan pendidikan Madrasah, materi yang special kali ini telah kami kemas dengan menggunakan judul "RPP Pembelajaran Akidah Akhlak K13 Kelas 1 MI Revisi" yang artinya memang berbagi materi ini kami mulai dari kelas 1 (satu).
RPP Pembelajaran Akidah Akhlak K13 Kelas 1 MI Revisi
RPP Pembelajaran Akidah Akhlak K13 Kelas 1 MI Revisi
Namun sebetulnya materi RPP Pembelajaran Akidah Akhlak K13 untuk MI Revisi telah kami persiapkan untuk semua kelas yaitu mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 secara lengkap atau materi semester Ganjil dan Semester Genap.

Secara ilmiah apakah yang dimaksud dengan rencana itu?

Rencana adalah sebuah gagasan awal sebelum melakukan kegiatan, sehingga apabila dikupas dari materi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Akidah Akhlak ini adalah persiapan yang dilakukan/disusun oleh seorang pendidik sebelum melaksanakan proses pembelajaran kepada peserta didik di depan kelas, dan sekaligus sebagai barang bukti seorang guru telah menyampaiakan sebuah ajaran kompetensi kepada peserta didiknya.

Adapun dalam menyusun RPP Akidah Akhlak ini mengacu pada pedoman penyusunan RPP yang telah diluncurkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan kebudayaan RI dengan sistematika sebagai berikut:
  1. Memuat identitas mata pelajaran (satuan pendidikan, mata pelajaran, kelas, semester, jumlah pertemuan dan alokasi waktu) . 
  2. Memuat Standar kompetensi yang ingin dicapai. 
  3. Memuat kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik.
  4. Memuat indikator kompetensi.
  5. Memuat tujuan pembelajaran.
  6. Memuat materi ajar yang mencakup prinsip, konsep, fakta, dan prosedur yang relevan.
  7. Memuat sumber belajar yang  didasarkan pada SK dan KD, materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator.
  8. Memuat alokasi waktu. 
  9. Memuat model/metode / pendekatan pembelajaran.
  10. Memuat kegiatan pembelajaran, terdiri dari: a) pendahuluan/kegiatan awal dalam pertemuan pembelajaran,b) Inti/proses pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai kompetensi dasar, c) Penutup/kegiatan yang dilakukan guna mengakhiri proses pembelajaran dalam kelas. 
  11. Memuat penilaian hasil belajar siswa.
Sekarang tahukah anda bahwa RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 untuk MI yang anda susun telah memenuhi berbagai komponen di atas tersebut? jawabnya hanya pada materi yang telah kami bagikan dan telah kami pesrsiapkan pada menu download di bawah ini:

  1. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 1 KD 1.1. Rukun Iman.docx
  2. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 1 KD 1.2. Dua Kalimat Syahadat.docx
  3. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 1 KD 1.3. Adab belajar bermain, Makan-Minum.docx
  4. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 1 KD 1.4. Ramah-Sopan Santun.docx
  5. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 1 KD 1.5. Akhlak Tercela.docx
  6. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 1 KD 1.6. Adab Mandi-Pakaian.docx
  7. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 2 KD 1.2. Sifat Alloh.docx
  8. RPP K13 Akidah Akhlak Kelas 1 Smt 2 KD 1.2. Kalimat Thoyyibah Basmalah.docx

Kiranya hanya seperti itulah yang dapat kami uraikan untuk memperjelas materi RPP Pembelajaran Akidah Akhlak K13 Kelas 1 MI Revisi yang kami bagikan saat ini, dengan harapan dapat memperjelas bapak dan ibu gru dalam memahami bagaimana pentingnya kita menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran pada pelaksanaan Kurikulum 2013 yang telah direvisi hingga tahun 2017 itu. 

Jangan dilupakan , karena masih terdapat link download yang lebih penting seperti:
Buku Guru dan Siswa K13 untuk SD/MI semua kelas (1 sampai 6)
RPP Bahasa Arab K13 Khusus untuk jenjang Madrasah lengkap
Silabus Bahasa Arab untuk MI lengkap
RPP Al-qur'an Hadist jenjang Madrasah
Kurang dan lebihnya mohon maaf dan apabila berkenan silahkan tulis pesan dan kesan sebagai komentar serta kritik, saran dan masukan dapat dikirim ke email kami yaitu "wigunadharma11@gmail.com " insya alloh setiap saat email tersebut akan kami bukan dan secara langsung dapat kami balas yang bersifat permohonan balasan.

Download Aplikasi KKM Bhs Ind SMP, MTs Kurikulum 2013 Kelas 7, 8, dan 9

Download Aplikasi KKM Bhs Ind SMP, MTs Kurikulum 2013 Kelas 7, 8, dan 9

Aplikasi KKM Bhs Ind SMP, MTs Kurikulum 2013 Kelas 7, 8, dan 9 ini merupakan perangkat terbaru yang mungkin anda butuhkan dalam membuat Kriteria Ketuntasan Minimal pada mata pelajaran yang anda ampu. Dengan format KKM ini anda tidak perlu mengkalkulasi tiap indikator untuk menjadi KKM mata pelajaran karena format ini dibuat dari Aplikasi KKM Format Excel yang telah diberi rumus untuk memudahkan anda dalam penjumlahan nilai KKM. Format KKM  SMP ini bisa anda download secara gratis melalui link yang sudah disediakan.
KKM Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013
Aplikasi KKM bahasa Indonesia kelas 7-8-9 SMP/MTs
Format KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Excel ini kami sediakan khusus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.
KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan dalam belajar. KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum MGMP secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.

Salah satu prinsip penilaian pada kurikulum berbasis kompetensi adalah menggunakan acuan kriteria, yakni menggunakan kriteria tertentu dalam menentukan kelulusan peserta didik. Kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan dinamakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 

Dalam menentukan KKM adalah dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas kompetensi, serta kemampuan sumber daya pendukung meliputi warga sekolah/madrasah, sarana dan prasarana dalam menyelenggarakan.
Demikian semoga materi yang kami bagikan ini bermanfaat