RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 Tentang Volume Bangun Ruang Semester 2

RPP Kurikulum 2013 Matematika Kelas 5 Tentang Volume Bangun Ruang Semester 2

Bapak dan ibu guru yang mengajar di Sekolah Dasar/Madrasah dan kebetulan juga telah menggunakan Kurikulum 2013, saat ini kami bagikan materi RPP khusus mata Pelajaran Matematika pada semester 2 yang telah kami sesuaikan dengan petunjuk penyususnan RPP (Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016). Dan sebagai gambaran silahkan simak kilasan di bawah ini.

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017
RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 Tentang Volume Bangun Ruang Semester 2
RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 Tentang Volume Bangun Ruang Semester 2

Satuan Pendidikan
:
SD/MI ................................
Mata Pelajaran
:
Matematika
Kelas /Semester
:
V /Genap
Tahun Pelajaran
:
2017/2018
Materi Pokok
:
Volume Bangun Ruang
Alokasi Waktu
:
18 JP (6 Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran mengamati, menanya, mengeksplorasi, menganalisis dan mengkomunikasikan peserta didik diharapkan dapat
  • Siswa dapat mengenal bagian-bagian kubus
  • Siswa dapat menghitung volum kubus.
  • Siswa dapat mengenal bagian-bagian balok.
  • Siswa dapat menghitung volum balok

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.5  Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.
3.5.1      Memahami satuan volume
3.5.2      Menganalisis unsur dan volume kubus
3.5.3      Menganalisis unsur dan volume balok
3.5.4      Memahami cara menentukan volume kubus dan balok
4.5  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga.
4.5.1      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume
4.5.2      Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume

C.     MateriPembelajaran
1. Fakta:
ª  Contoh-contoh gambar balok dan kubus
2     2. Konsep
ª  Kubus adalah balok atau prismasiku-siku khusus.
ª  Balok disebut prisma siku-siku.  Balok mempunyai 6 sisi, masing-masing berbentuk persegi panjang.
       3. Prinsip
ª  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan)
       4. Prosedur
ª  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume
ª  Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume

D.  Metode Pembelajaran
~ Pendekatan                  :  Scientific Learning
~ Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

E.  Media Pembelajaran
~ Media LCD projector,
~ Laptop,
~ Bahan Tayang

F.  Sumber Belajar
~ Buku Guru dan Siswa MATEMATIKA Kelas V Revisi 2017
~ Buku Petunjuk Guru MATEMATIKA Kelas V
~ Modul/bahan ajar,
~ Internet,
~ Sumber lain yang relevan

Untuk materi lengkapnya tentang RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 Tentang Volume Bangun Ruang Semester 2 silahkan download di sini

 RPP Kurikulum 2013 Kelas 5 Tentang Volume Bangun Ruang Semester 2
Terima kasih kami ucapkan bagi pengunjung yang telah dapat menemukan blog kami ini di pencarian google, dan kebetulan materi ini juga pas dicari, sehingga saat dan waktu yang tepat anda berkunjung, senantiasa kami tunggu kunjungan berikutnya.

Baca juga yang lainnya:
Perangkat Akreditasi PAUD, TK Tahun 2018
Perangkat Akreditasi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK 2018
RPP PJOK Kelas 1 s/d 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Promes Matematika Kelas 4 SD Semester 2 K-2013
Buku Agenda Harian Kelas 5 Semester 2
Kisi-Kisi Penilaian K13 Kelas 4 Semester 2
Soal Penilaian/Ulangan Harian Kelas 5 Semester 2
RPP K13 Kelas 5 Edisi 2017
Semoga bermanfaat.

RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru

RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru

RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi TerbaruSesuai pedoman/juknis bahwa susunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 disusun berdasarkan Permendikbud Nomor : 22 Tahun 2016. Hal ini berlaku untuk semua susunan RPP, dimana dalam mata pelajaran Matematika untuk Kelas 4, Kelas 5, dan kelas 6 disajikan secara terpisah dengan pembelajaran tematik terpadu.
RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru
RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru
  
Berikut salah satu contoh RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA


Satuan Pendidikan      : ................................
Kelas / Semester        :  4 /2
Pelajaran                     : Pengolahan Data
Sub Pelajaran             :   Data
Pertemuan                  : 1
Alokasi waktu              : 90 menit


A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
  1. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  2. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
Kompetensi Dasar
Indikator
3.11. Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang

3.11.1. memahami pengertian data.
4.11. Mengumpulkan data diri peserta didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang 
4.11.1. Menjelaskan makna data.

C.   TUJUAN
  1. Dengan bimbingan guru siswa mampu memahami makna data
  2. Dengan bimbingan guru siswa mampu mengetahui cara mendapatkan data
  3. Dengan bimbingan guru siswa mampu membaca data

D.   MATERI
  1. Data

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
  1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Religius dan Integritas)
  3. Untuk menjaga semangat nasionalisme menyanyikan salah satu lagu wajib atau nasional.
  4. Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan sebelumnya
  5. Guru mengulas tugas belajar dirumah bersama orangtua yang telah dilakukan. (Mandiri)
  6. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10 menit
Kegiatan
Inti
A.    Mengamati
  1. Siswa mengamati penjelasan guru tentang arti data, cara mengambil data dan cara membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram batang

  1. Siswa mengamati cara mendapatkan data. . (Critical Thinking and Problem Solving)
B.    Menanya
  1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan oleh guru. (Critical Thinking and Problem Solving)
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di pahami
  3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa
C.   Menalar
  1. Siswa membaca dan  berdiskusi tentang data. (literasi)
  2. Siswa membaca dan  berdiskusi tentang membaca data. (literasi)
  3. Guru membimbing dan mengarahkan pada siswa.
  4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan

D.   Mencoba
  1. Guru memberikan beberapa soal kepada siswa berlatih
  2. Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal tersebut  

E.    Mengkomunikasikan
  1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya hasil diskusi dan hasil latihan yang dilakukan dikelompoknya masing-masing . (komunikasi)
  2. Siswa menyampaikan manfaat belajar data dan diagram yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru.
   65 menit

Kegiatan
Penutup
  1. Guru memberikan penguatan materi tentang bangun datar
  2. Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi untuk menambah semangat belajar siswa
  3. Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, (Mandiri)
  4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan Nasionalisme, Persatuan, dan Toleransi.
  5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. (Religius)

    15 menit



G.   PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian sebagai berikut;
Butir soal;
H.   SUMBER DAN  MEDIA
1.    Buku Pedoman Guru Tema 4  Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2.    BSE KTSP
3.    Papan tulis
4.    Software Pengajaran  kelas 4 SD/MI dari  SCI Media

Catatan Guru
1. Masalah                  :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial       :………….

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………,    ...............
Guru Matematika Kelas 4  ,



………………………………
NIP………………………….


Selengkapnya tentang RPP (Data) K13 Matematika Revisi Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi Terbaru seperti di bawah ini:


Semoga materi yang kami bagikan saat ini dapat bermanfaat.
Link Download lainnya:


Terima kasih atas kunjungannya, kami tunggu kunjungan berikutnya.

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD/MI Edisi Revisi

Dalam Surat Edaran disebutkan bahwa:

Dengan hormat kami kirimkan dokumen Panduan Penilaian di Sekolah Dasar Edisi Revisi tahun 2016, menggantikan Panduan Penilaian yang diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah pada Desember 2015. Panduan Penilaian Edisi Revisi ini mengakomodasi beberapa hal, antara lain: (1). Perkembangan kebijakan dalam bidang pendidikan, khususnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menegah dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian; (2).Hasil pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah pelaksana; dan (3). Masukan dari berbagai pihak dalam proses revisi dan uji coba dokumen Panduan Penilaian.

Mengingat dalam waktu dekat umumnya sekolah pelaksana Kurikulum 2013 akan melaksanakan pembagian rapor, kami informasikan bahwa format rapor dalam Dokumen Panduan Penilaian Edisi Revisi ini tidak berubah dari edisi sebelumnya: format rapor tetap sama dengan format rapor dalam Dokumen Panduan Penilaian Edisi Desember 2015. Dokumen Panduan Penilaian Edisi Revisi dapat dipergunakan sebagai acuan pelaksanaan proses penilaian mulai semester genap tahun ajaran 2016/2017.
Panduan Penilaian SD/MI Edisi Revisi
Panduan Penilaian SD/MI Edisi Revisi

Pada Bulan Desember 2015, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan) telah menyusun dan menerbitkan Panduan Penilaian pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, di antaranya adalah Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD).

Panduan penilaian tersebut dipergunakan sebagai rambu-rambu bagi para pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, juga menjadi pedoman untuk merencanakan, melaksanakan, mengolah, dan membuat laporan hasil penilaian secara akuntabel dan informatif.

Seiring dengan perkembangan, terdapat perubahan kebijakan dalam bidang pendidikan khususnya Kurikulum 2013 yang mengatur standar-standar di dalamnya, kebijakan terkait dengan penilaian antara lain: (1). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah; (2). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah; (3). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah; (4). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan; (5). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Selain untuk menyesuaikan dengan perkembangan dan perubahan kebijakan, mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak serta hasil pemantauan dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar melaksanakan review dan revisi pada panduan penilaian yang diterbitkan sebelumnya, dengan harapan buku panduan penilaian dapat lebih memenuhi kebutuhan pengguna, yaitu para pendidik dan satuan pendidikan agar dapat melaksanakan penilaian dengan baik dan benar.

Ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan kepada semua pihak atas peran sertanya dalam menyusun panduan ini, khususnya kepada Tim Penyusun dan Tim Ujicoba Lapangan yang telah bekerja keras sehingga panduan ini dapat diselesaikan dengan baik. Namun demikian, masukan dan saran terutama dari kepala sekolah, pendidik, dan orangtua peserta didik sangat diharapkan agar panduan ini dapat terus disempurnakan di masa yang akan datang.


Demikian ulasan singkat tentang Panduan Penilaian SD/MI Edisi Revisi semoga bermanfaat.


Aplikasi Cetak Rapot K13 Kelas 2 SD Semester 2

Aplikasi Cetak Rapot K13 Kelas 2 SD Semester 2

Aplikasi Cetak Rapot K13 Kelas 2 SD Semester 2 - Kurikulum pembelajaran baru tahun 2013 (K13)  yang telah dimulai dari tahun ajaran pelajaran 2013/2014 yaitu kurikulum yang menyempurnakan kurikulum sebelunya adalah kurikulum 2006 (K2006). Tetapi sayangnya banyak pengajar yang masih kesulitan atau belum dapat mengimplementasi kurikulum 2013 dalam pelaporan poin, perencanaan, pengolahan, pengerjaan, dan pemanfaatan yang ada di kurikulum 2013. Tidak hayal banyak pendidik ialah para pendidik yang mengeluh mengenai kurikulum 2013 ini.
Aplikasi Cetak Rapot K13 Kelas 2 SD Semester 2
Aplikasi Cetak Rapot K13 Kelas 2 SD Semester 2
Pendidik/guru  kebanyakan masih mengeluh mengenai tahap perencanaan penilaian, dalam hal ini para pendidik merasa kesulitan untuk bisa merumuskan indikator instrumen mengenai pengukuran dan juga teknik untuk pengevaluasian yang sesuai supaya dapat pantas dengan Kompetensi Dasar yang dipakai dalam kurikulum 2013. Selain itu para pendidik juga merasa kesulitan pada tahap akhir penilaian pengajaran karena para pendidik hanya memiliki waktu yang terbatas untuk menjalankan pengevaluasian sikap dan teknik lainnya.
Kesulitan yang lebih fatal lagi dikarenakan dari pemangku kepentingan dalam hal ini dinas pendidikan yang berpusat pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang masih juga hanya menerbitkan contoh laporan pendidikan atau cetak laporan pendidikan (Raport), sehingga masih banyak pendidik yang selalu mencari berbagai perbandingan aplikasi untuk mencetak Raport peserta didiknya. Alhasil raport di masing-masing daerah selalu tidak sama formatnya maupun diskripsinya.
Nah itulah penjelasan singkat mengenai kurikulum 2013, kembali ke topik mengenai aplikasi Raport K13 SD 2018/2019 pada semester 2. langsung saja silahkan bagi kau terutamanya bapak atau ibu pendidik pengejar SD/MI yang sedang mencari Aplikasi Raport K13 semester 2 bisa unduh langsung di link-link yang kami bagikan di bawah ini yang telah dilengkapi dengan tutorial cara pengisiannya.
Master Aplikasi Raport K13 Kelas 2 Smtr 2 Super.xlsm 
Master Aplikasi Raport K13 SD Semester 2 Revisi 2018 Kelas 1 s-d 6 Tutorial.mp4
Demikian ulasan singkat materi Aplikasi Cetak Rapot K13 Kelas 2 SD Semester 2 semoga bermanfaat, dan mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi. Silahkan dibagikan kepada rekan-rekan apabila materi ini bermanfaat.

Perlu diketahui, bahwa aplikasi ini dikembangkan oleh shahabat pendidik pula yang telah mahir dalam membuat terobosan dalam menyusun/membuat aplikasi khususnya dalam aplikasi pendidikan beliau adalah "Kang Martho" yang telah dikembangkan pula pada website beliau yaitu : www.kangmartho.com

Aplikasi Praktis Rekap Nilai Ijazah KK 2016 & KK 2013 Update Terbaru

Aplikasi Praktis Rekap Nilai Ijazah KK 2016 & KK 2013


Bapak/ibu serta pengunjung di kesempatan kali ini kami bagikan link download Aplikasi Praktis Rekap Nilai Ijazah KK 2016 & KK 2013  yang dapat dipergunakan sebelum menulis ijazah dengan tujuan menghindari kesalahan. Bagi yang berminat silahkan klik menu download berikut:

  1. Aplikasi cetak Nilai Ijazah Kurikulum 2006 [ download ]
  2. Aplikasi cetak Nilai Ijazah Kurikulum 2013 [ download ]

Demikian ulasan singkat tentang materi Aplikasi Praktis Rekap Nilai Ijazah KK 2016 & KK 2013  semoga bermanfaat.

Link yang tidak kalah pentingnya:
Semoga bermanfaat, Salam buat Guru Indonesia

Aplikasi Cetak Rapot K13 Kelas 1 SD Semester 2

Aplikasi Cetak Rapot K13 Kelas 1 SD Semester 2

Aplikasi Cetak Rapot K13 Kelas 1 SD Semester 2 - Kurikulum pembelajaran baru tahun 2013 (K13)  yang telah dimulai dari tahun ajaran pelajaran 2013/2014 yaitu kurikulum yang menyempurnakan kurikulum sebelunya adalah kurikulum 2006 (K2006). Tetapi sayangnya banyak pengajar yang masih kesulitan atau belum dapat mengimpletasi kurikulum 2013 dalam pelaporan poin, perencanaan, pengolahan, pengerjaan, dan pemanfaatan yang ada di kurikulum 2013. Tidak hayal banyak pendidik ialah para pendidik yang mengeluh mengenai kurikulum 2013 ini.
Aplikasi Cetak Rapot K13 Kelas 1 SD Semester 2
Aplikasi Cetak Rapot K13 Kelas 1 SD Semester 2
Pendidik/guru  kebanyakan masih mengeluh mengenai tahap perencanaan penilaian, dalam hal ini para pendidik merasa kesulitan untuk bisa merumuskan indikator instrumen mengenai pengukuran dan juga teknik untuk pengevaluasian yang sesuai supaya dapat pantas dengan Kopetensi Dasar yang dipakai dalam kurikulum 2013. Selain itu para pendidik juga merasa kesulitan pada tahap akhir penilaian pengajaran karena para pendidik hanya memiliki waktu yang terbatas untuk menjalankan pengevaluasian sikap dan teknik lainnya.

Kesulitan yang lebih fatal lagi dikarenakan dari pemangku kepentingan dalam hal ini dinas pendidikan yang berpusat pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang masih juga hanya menerbitkan contoh laporan pendidikan atau cetak laporan pendidikan (Raport), sehingga masih banyak pendidik yang selalu mencari berbagai perbandingan aplikasi untuk mencetak Raport peserta didiknya. Alhasil raport di masing-masing daerah selalu tidak sama formatnya maupun diskripsinya.
Nah itulah penjelasan singkat mengenai kurikulum 2013, kembali ke topik mengenai aplikasi Raport K13 SD 2018/2019 pada semester 2. langsung saja silahkan bagi kau terutamanya bapak atau ibu pendidik pengejar SD/MI yang sedang mencari Aplikasi Raport K13 semester 2 bisa unduh langsung di link-link yang kami bagikan di bawah ini yang telah dilengkapi dengan tutorial cara pengisiannya.
Master Aplikasi Raport K13 Kelas 1 Smtr 2 Super.xlsm 
Master Aplikasi Raport K13 SD Semester 2 Revisi 2018 Kelas 1 s-d 6 Tutorial.mp4
Demikian ulasan singkat materi Aplikasi Cetak Rapot K13 Kelas 1 SD Semester 2 semoga bermanfaat, dan mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi. Silahkan dibagikan kepada rekan-rekan apabila materi ini bermanfaat.

Perlu diketahui, bahwa aplikasi ini dikembangkan oleh shahabat pendidik pula yang telah mahir dalam membuat terobosan dalam menyusun/membuat aplikasi khususnya dalam aplikasi pendidikan beliau adalah "Kang Martho" yang telah dikembangkan pula pada website beliau yaitu : www.kangmartho.com

Contoh SK Bendahara BOS Reguler Tahun 2019 Terbaru

Contoh SK Bendahara BOS Reguler Tahun 2019 Terbaru

Contoh SK Bendahara BOS Reguler Tahun 2019 Terbaru - Administrasi Bantuan Operasional sekolah yaitu Surat Keputusan untuk Bendahara Sekolah/madrasah untuk tahun 2019. Bagi Anda yang merupakan Bapak dan Ibu Kepala Sekolah yang pada saat ini sedang mencari contoh file SK yang baik dan benar untuk pemegang tugas sebagai Bendahara BOS baik pada jenjang SD.
Contoh SK Bendahara BOS Reguler Tahun 2019 Terbaru
Contoh SK Bendahara BOS Reguler Tahun 2019 Terbaru
Bantuan Operasional Sekolah Reguler yang selanjutnya disingkat BOS Reguler adalah program Pemerintah Pusat untuk penyediaan pendanaan biaya operasi personalia dan nonpersonalia bagi Sekolah yang bersumber dari dana alokasi khusus nonfisik.

Surat Keputusan (SK) bendahara ini amat sangat penting diperlukan sebagai dasar hukum terhadap pengelolaan dana BOS Reguler tahun Anggaran 2019, sekaligus dipergunakan sebagai pertanggungjawaban penggunaan dana. Penggunaan dana BOS untuk berbagai kebutuhan operasional sekolah yang berkaitan dengan kelancaran pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan.
Baca juga: SK Tim Manajemen BOS Tahun 2019
Tugas bendahara BOS tidak hanya mengelola dana BOS dari rekening sekolah melainkan membuat Rencana Penggunaan Dana (RPD), Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS), laporan pertanggungjawaban, membuat pajak pembelian, membuat administrasi pencairan dana tiap triwulan, konsultasi dengan pihak Provinsi, pihak BP2MK tentang penggunaan dana tersebut.

Itulah sekilas yang dapat Admin bahas mengenai surat keputusan untuk bendahara bantuan operasional sekolah, lebih lengkap mengenai SK tersebut dapat Bapak dan Ibu unduh pada link berikut ini.
Download file: SK Bendahara BOS 2019.xlsx
Demikian penjelasan singkat materi Contoh SK Bendahara BOS Reguler Tahun 2019 Terbaru yang secara sederhana kami jelaskan hanya semata dan sebatas kemampuan kami untuk menjelaskan, sehingga masih terdapat berbagai kesalahan, kekurangan oleh sebab itulah kiranya pembaca/pengunjung sudilah untuk memberi maaf kepada diri kami pribadi yang sekaligus sebagai penulis ini.

SK TIM BOS Reguler Tahun Anggaran 2019

SK TIM BOS Reguler Tahun Anggaran 2019

SK TIM BOS Reguler Tahun Anggaran 2019 - Salah satu adiministrasi yang harus dimiliki oleh sekolah berkenaan dengan penggunaan dana BOS adalah SK Tim Manajeman BOS Reguler. Perubahan peraturan yang mendasari penggunaan dana BOS menjadi salah satu alasan mengapa SK Tim BOS Reguler harus diperbaharui.
SK TIM BOS Reguler Tahun Anggaran 2019
SK TIM BOS Reguler Tahun Anggaran 2019
Hal tersebut berfungsi untuk mengelola dana BOS yang diterima lembaga, kepala sekolah wajib membuat SK TIM Manajemen BOS Reguler. Surat keputusan ini menjadi dasar bagi personil yang tercantum di dalamnya untuk mengambil (mencairkan), mengelola, dan membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS.

SK TIM BOS berlaku selama satu tahun anggaran. Biasanya dibuat di awal tahun dan berlaku sampai akhir tahun. Disepakati dalam rapat bersama antara kepala sekolah, guru, komite, perwakilan orang tua, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan (stakeholder).

Istilah “Tim BOS Reguler” ini diambil dari juknis BOS terbaru yaitu Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019. Seperti kita tahu, permendikbud ini berisi juknis terbaru pengelolaan dana BOS menggantikan juknis sebelumnya yaitu Permendikbud Nomor 8 Tahun 2017.

Download juga:
Aplikasi Cetak MAP Perangkat Akreditasi Terkini
Berita acara dan Laporan Akhir Tahun Pelajaran
Aplikasi KKM/KBM K2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI
Persyaratan PPDB SD/MI
Dalam lampiran 2 Permendikbud Nomor 3 Tahun 2019, disebutkan bahwa Kepala Sekolah membentuk tim BOS Reguler Sekolah dengan susunan keanggotaan yang terdiri atas:
a. Penanggung Jawab : kepala Sekolah
b. Anggota :
1) bendahara;
2) 1 (satu) orang dari unsur guru;
3) 1 (satu) orang dari unsur Komite Sekolah; dan
4) 1 (satu) orang dari unsur orang tua/wali peserta didik di luar Komite Sekolah yang dipilih oleh kepala Sekolah dan Komite Sekolah dengan mempertimbangkan kredibilitas dan menghindari terjadinya konflik kepentingan.

Masing-masing mempunyai tugas tertentu, yang bertujuan untuk pengelolaan keuangan dengan akuntabel dan transparansi penggunaannya. Lebih lengkapnya mengenai SK Tim BOS Reguler Sekolah Tahun 2019, silahkan mengunduhnya melalui link di bawah ini:
SK Bendahara BOS 2019.xlsx 
SK Tim Manajemen BOS.doc
Demikian ulasan singkat materi SK TIM BOS Reguler Tahun Anggaran 2019 semoga bermanfaat.