Soal Penilaian Harian K13 kelas 5 Semester 2 (Tema 6-7-8-9)

Soal Penilaian Harian K13 kelas 5 Semester 2 (Tema 6-7-8-9)

Soal Penilaian Harian K13 kelas 5 Semester 2 (Tema 6-7-8-9) - Penilaian merupakan bagian penting dari sistem pembelajaran di sekolah. Penilaian merupakan suatu alat ukur untuk mengumpulkan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil belajar mengajar yang telah   dilaksanakan.
Soal Penilaian Harian K13 kelas 5 Semester 2 (Tema 6-7-8-9)
Soal Penilaian Harian K13 kelas 5 Semester 2 (Tema 6-7-8-9) 
Penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan pendidik dapat dijadikan umpan balik proses pembelajaran baik bagi pendidik untuk memperbaiki cara dan strategi mengajar maupun bagi siswa untuk memperbaiki cara belajar.

Penilaian yang dilakukan oleh guru harus memperhatikan kompetensi yang diukur, metode pembelajaran yang digunakan, sarana prasarana yang tersedia serta kemampuan siswa. Selain itu teknik penilaian manapun yang digunakan guru perlu diinformasikan secara terbuka baik kepada siswa maupun orang tua siswa.

Hasil analisis penilaian bahkan dapat pula digunakan sebagai masukan bagi peningkatan mutu pendidikan secara umum oleh pengambil keputusan termasuk kepala sekolah, dinas pendidikan dan komite sekolah. Sehingga dapat dilakukan perencanaan program pembelajaran selanjutnya yang lebih baik.

Hasil dari setiap kegiatan penilaian hasil belajar dicantumkan dalam buku daftar nilai. Unsur penilaian hasil belajar yang dicantumkan dalam buku daftar nilai adalah sebagai berikut:
  • Ulangan Harian
  • Ulangan Tengah Semester
  • Tugas (seperti Penugasan, produk, pengamatan)
  • Ulangan Akhir Semester
  • Ulangan Kenaikan Kelas

Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik untuk menilai/mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih. Ulangan Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Bentuk Ulangan harian selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk. Frekuensi dan bentuk ulangan harian dalam satu semester ditentukan oleh pendidik sesuai dengan keluasan dan kedalaman materi.

Sebagai tindak lanjut ulangan harian, yang diperoleh dari hasil tes tertulis, pengamatan, atau tugas diolah dan dianalisis oleh pendidik. Hal ini dimaksudkan agar ketuntasan belajar siswa pada setiap kompetensi dasar lebih dini diketahui oleh pendidik. Dengan demikian ulangan ini dapat diikuti dengan program tindak lanjut baik remedial atau pengayaan, sehingga perkembangan belajar siswa dapat segera diketahui sebelum akhir semester. 

Download juga:

Dalam rangka memperoleh nilai tiap mata pelajaran selain dengan ulangan harian dapat dilengkapi dengan tugas-tugas lain seperti PR, proyek, pengamatan dan  produk.  Tugas-tugas tersebut dapat didokumentasikan dalam bentuk portofolio. Ulangan harian ini juga berfungsi sebagai diagnosis terhadap kesulitan belajar siswa.

Untuk materi soal silahkan download link di bawah ini:
  1. Soal_Ulangan_Harian_Kelas_5_Tema_6_Subtema_1.DOC 
  2. Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 6 Subtema 1.pdfSoal_Ulangan_Harian_Kelas_5_Tema_6_Subtema_2.DOC 
  3. Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 6 Subtema 2.pdfSoal_Ulangan_Harian_Kelas_5_Tema_6_Subtema_3.DOC 
  4. Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 6 Subtema 3.pdfSoal_Ulangan_Harian_Kelas_5_Tema_7_Subtema_1.DOC 
  5. Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 7 Subtema 1.pdfSoal_Ulangan_Harian_Kelas_5_Tema_7_Subtema_2.DOC 
  6. Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 7 Subtema 2.pdfSoal_Ulangan_Harian_Kelas_5_Tema_8_Subtema_1.DOC 
  7. Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 8 Subtema 1.pdfSoal_Ulangan_Harian_Kelas_5_Tema_8_Subtema_2.DOC 
  8. Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 8 Subtema 2.pdfSoal_Ulangan_Harian_Kelas_5_Tema_8_Subtema_3.DOC 
  9. Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 8 Subtema 3.pdfSoal_Ulangan_Harian_Kelas_5_Tema_9_Subtema_1.DOC 
  10. Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 1.pdfSoal_Ulangan_Harian_Kelas_5_Tema_9_Subtema_2.DOC 
  11. Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 2.pdfSoal_Ulangan_Harian_Kelas_5_Tema_9_Subtema_3.DOC 
  12. Soal Ulangan Harian Kelas 5 Tema 9 Subtema 3.pdf 
  13. SOAL KELAS V TEMATIK SEMESTER 1 K13.rar

Demikian ulasan singkat Soal Penilaian Harian K13 kelas 5 Semester 2 (Tema 6-7-8-9)  kami berharap referensi dalam menyusun soal, Bapak/Ibu Guru bisa klik tautan di bawah ini untuk mengunduh kisi-kisi soal termasuk pemetaan KD dan soal penilaian harian.

RPP PJOK Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2

RPP merupakan salah satu berkas perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki setiap guru, tak terkecuali untuk guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan RPP PJOK Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk semester 1 dan 2.

Rekan guru bisa mengunduh RPP tersebut melalui artikel ini dengan mudah, karena kami juga telah menyusunnya supaya RPP tersebut

Download Aplikasi RKAS BOS Otomatis Terbaru Versi 2019


Download
Aplikasi RKAS BOS Otomatis Terbaru Versi 2019 - Selamat datang di blog
kami dan apa kabar pembaca semua, admin harap semua pembaca artikel ini
dalam keadaan sehat.terkhusus para bendahara BOS mari segera
merapat,karena postingan kali ini berkaitan dengan dana BOS.

 

Download Aplikasi RKAS BOS Otomatis Terbaru Versi 2019




Komponen Pembiayaan BOS Reguler SMP Tahun 2019

Yaitu

RPP PAI Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2

Belum sempat membuat RPP? tak perlu khawatir karena melalui blog ini rekan guru bisa mengunduh semua RPP secara gratis, akan tetapi pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP PAI Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2, jika rekan guru membutuhkan RPP untuk mata pelajaran yang lain bisa dicari melalui blog ini.

Dengan mengunduhnya melalui artikel ini, rekan-rekan guru juga

RPP Matematika Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2

RPP merupakan salah satu berkas perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki oleh setiap guru, untuk itu kali ini saya akan membagikan RPP Matematika Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 semester 1 dan 2 yang bisa diunduh secara gratis.

Dengan mengunduhnya melalui artikel ini, rekan guru tidak akan kesulitan karena saya juga telah menyusunnya supaya bisa diunduh dengan mudah oleh semua rekan guru,

RPP IPA Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2

Halo rekan-rekan guru, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan berkas RPP IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 semester 1 dan 2 yang bisa diunduh semuanya secara gratis.

Dengan mengunduhnya melalui artikel ini, rekan guru bisa mengunduh RPP tersebut dengan mudah dan gratis, karena di sini kami juga telah menyusun RPP tersebut supaya bisa diunduh oleh semua rekan guru yang

RPP Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2

RPP merupakan salah satu berkas perangkat pembelajaran yang perlu dimiliki oleh setiap guru, nah oleh karena itu kali ini kami akan membagikan RPP Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 semester 1 dan 2.

Rekan guru bisa mengunduh RPP tersebut dengan mudah, karena kami juga telah menyusunnya supaya semua rekan guru yang membutuhkan berkas tersebut bisa mendapatkannya dengan

RPP IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2

Seperti yang telah kita ketahui, RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan salah satu berkas penting yang perlu dimiliki oleh setiap guru. Oleh karena itu kali ini kami akan membagikan file RPP IPS Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018 semester 1 dan 2.

Dengan mengunduhnya melalui artikel ini, rekan guru bisa mengunduhnnya dengan mudah dan gratis, karena kami juga telah menyusunnya supaya

RPP Kelas 6 SD/MI Tema 6,7,8,9 K13 Terbaru

RPP Kelas 6 SD/MI Tema 6,7,8,9 K13 Terbaru

RPP Kelas 6 SD/MI Tema 6,7,8,9 K13 Terbaru - Proses Pembelajaran merupakan suatu sistem yang mana untuk pencapaian standar proses untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dimulai dengan merencanakan program pengajaran lebih baik, terperinci dan terencana. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan salah satu alat penunjang keberhasilan pembelajaran di kelas yang berisi mengenai informasi proses pembelajaran di kelas. 
RPP Kelas 6 SD/MI Tema 6,7,8,9 K13 Terbaru
RPP Kelas 6 SD/MI Tema 6,7,8,9 K13 Terbaru
Dalam pelaksanaanya memang kurikulum 2013 telah banyak mengalami revisi, sehingga RPP Kurikulum 2013 pun menjadi sasaran revisi tersebut menyangkut hal:

Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan karakter (PPK) dalam pembelajarannya, dan karakter yang diperkuat menyangkut 5 karakter yaitu; 
1) Relegius; 
2) Nasionalis; 
3) Mandiri; 
4) gotong Royong; dan 
5) Integritas.

Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah. Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, adalah sebagai berikut:
  1. Identitas
  2. Kompetensi Inti/KI
  3. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (KD-IPK)
  4. Tujuan Pembelajaran 
  5. Materi Pembelajaran
  6. Metode Pembelajaran 
  7. Media Pembelajaran
  8. Sumber Belajar
  9. Langkah-langkah Pembelajaran
  10. Penilaian Hasil Belajar
  11. Lampiran-Lampiran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) setelah direvisi dan yang disusun harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. 

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. 

Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Beberapa penjelasan di atas tujuannya adalah supaya kita sebagai pendidik dapat menselaraskan tujuan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah dituangkan dalam berbagai peraturannya. Sebagai kelengkapan silahkan download materi yang kami maksud pada menu di bawah ini.
Download: RPP Kelas 6 Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera.doc 
Download: RPP Kelas 6 Tema 7 Kepemimpinan.doc 
Download: RPP Kelas 6 Tema 8 Bumiku.doc 
Download: RPP Kelas 6 Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar.doc
Demikian semoga materi RPP Kelas 6 SD/MI Tema 6,7,8,9 K13 Terbaru dapat bermanfaat khususnya untuk melengkapi administrasi bapak dan ibu guru dalam proses belajar mengajar di kelasnya. mohon maaf atas segala kekurangan kami. Apabila materi ini bermanfaat silahkan bagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkannya.

RPP Kelas 6 SD/MI Tema 9 K13 Terbaru

RPP Kelas 6 SD/MI Tema 9 K13 Terbaru

RPP Kelas 6 SD/MI Tema 9 K13 Terbaru - Proses Pembelajaran merupakan suatu sistem yang mana untuk pencapaian standar proses untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dimulai dengan merencanakan program pengajaran lebih baik, terperinci dan terencana. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan salah satu alat penunjang keberhasilan pembelajaran di kelas yang berisi mengenai informasi proses pembelajaran di kelas. 
RPP Kelas 6 SD/MI Tema 9 K13 Terbaru
RPP Kelas 6 SD/MI Tema 9 K13 Terbaru
Dalam pelaksanaanya memang kurikulum 2013 telah banyak mengalami revisi, sehingga RPP Kurikulum 2013 pun menjadi sasaran revisi tersebut menyangkut hal:

Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan karakter (PPK) dalam pembelajarannya, dan karakter yang diperkuat menyangkut 5 karakter yaitu; 
1) Relegius; 
2) Nasionalis; 
3) Mandiri; 
4) gotong Royong; dan 
5) Integritas.

Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah. Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, adalah sebagai berikut:
  1. Identitas
  2. Kompetensi Inti/KI
  3. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (KD-IPK)
  4. Tujuan Pembelajaran 
  5. Materi Pembelajaran
  6. Metode Pembelajaran 
  7. Media Pembelajaran
  8. Sumber Belajar
  9. Langkah-langkah Pembelajaran
  10. Penilaian Hasil Belajar
  11. Lampiran-Lampiran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) setelah direvisi dan yang disusun harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. 

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. 

Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Beberapa penjelasan di atas tujuannya adalah supaya kita sebagai pendidik dapat menselaraskan tujuan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah dituangkan dalam berbagai peraturannya. Sebagai kelengkapan silahkan download materi yang kami maksud pada menu di bawah ini.
File Download: RPP Kelas 6 Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar.doc
Demikian semoga materi RPP Kelas 6 SD/MI Tema 9 K13 Terbaru dapat bermanfaat khususnya untuk melengkapi administrasi bapak dan ibu guru dalam proses belajar mengajar di kelasnya. mohon maaf atas segala kekurangan kami. Apabila materi ini bermanfaat silahkan bagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkannya.