Contoh Program Kerja PAUD, TK, RA, dan TPA Terbaru

Contoh Program Kerja PAUD, TK, RA, dan TPA Terbaru

Pengembangan Pendidikan PAUD khususnya Taman Kanak-Kanak dewasa ini semakin pesat untuk diperlukan penanganannya secara professional demi kemajuan lembaga. Dengan meningkatkan mutu dan layanan pada anak didik akan mampu mengembangkan potensi anak didik seoptimal mungkin. Keberhasilan pendidikan PAUD, TK, RA, dan TPA memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Untuk itu Kepala PAUD, TK, RA, dan TPA harus mempunyai program kerja agar didalam pelaksanaan tugasnya sudah mempunyai pedoman dan arah demi kemajuan selmabaga yang dipimpinnya dengan cara : 
  1. Merumuskan visi dan misi PAUD, TK, RA, dan TPA
  2. Membuat perencanaan program jangka panjang dan jangka pendek dengan melibatkan unsur guru dan orang tua.
  3. Mengorganisasikan semua kegiatan di PAUD, TK, RA, dan TPA
  4. Memberi motivasi kepada guru dan tenaga pelaksana 
  5. Melakukan supervisi secara kesinambungan 
  6. Melakukan kegiatan Evaluasi Program 
  7. Melaporkan semua kegiatan 


Contoh Program Kerja PAUD, TK, RA, dan TPA Terbaru
Contoh Program Kerja PAUD, TK, RA, dan TPA Terbaru
Baca juga: Lembar kerja Siswa (LKS) Kelas 5 SD
Landasan Hukum 
  1. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 1999, tentang Pemerintah daerah. 
  2. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003, tentang system Pendidikan.
  3. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2006, tentang Guru dan Dosen 
  4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 39 tahun 1992, tentang Peran Serta Masyarakat Dalam Pendidikan Nasional  
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2000,tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.

Tentang materi tersebut lebih jelasnya silahkan DOWNLOD 
Demikian semoga materi yang kami bagikan ini dapat bermanfaat, dan semoga bagi yang telah memperoleh materi ini silahkan dibagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkan.

Format Kisi-Kisi USBN SMA-MA Umum 2019

Kisi-Kisi USBN SMA-MA Umum 2019

Kisi-Kisi USBN SMA-MA Umum 2019 - Sebagian besar murid SMA tingkat akhir kelasnya mungkin masih menganggap Ujian Nasional (UN) atau juga Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai momok yang menakutkan. Padahal, untuk kali kini Ujian Nasional (UN) bukan lagi menjadi satu-satunya penentu kelulusan sekolah.
Format Kisi-Kisi USBN SMA-MA Umum 2019
Format Kisi-Kisi USBN SMA-MA Umum 2019
Salah satu hal yang sepertinya masih menjadi beban bagi para murid adalah banyaknya materi yang harus mereka pelajari. Tidak hanya materi kelas XII, mereka juga harus kembali me-review berbagai materi dari kelas X dan XI dalam waktu yang bisa dikatakan cukup singkat.

Itulah akhirnya Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mengeluarkan kisi-kisi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Berstandar Nasional (USBN) untuk dipelajari. Setiap tahun, kisi-kisi tersebut disesuaikan oleh kurikulum yang diterapkan pada sistem pendidikan Indonesia dan satuan pendidikan sebagai pengguna kurikulum yang berlaku.

Ujian Nasional (UN) merupakan ujian yang bersifat evaluasi, berbeda lagi dengan tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang termasuk dalam tipe ujian seleksi. Ujian evaluasi bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa selama menempuh jenjang sekolah.

Sedangkan, ujian seleksi bertujuan untuk menyaring siswa/peserta terbaik berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Karena fungsinya untuk menguji penguasaan materi, maka materi yang diujikan pada Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) berdasarkan pada kisi-kisi yang telah disusun oleh lembaga khusus.

Kisi-kisi Ujian inilah yang nantinya akan membantu siswa dalam belajar menghadapi UN/USBN. Tidak semua materi yang kamu pelajari di sekolah dulu masuk ke daftar kisi-kisi. Nah, untuk tahun pelajaran 2018/2019, kisi-kisi UN dan USBN didasarkan pada Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013 Kurtilas/K13).

Hal tersebut disebabkan oleh penggunaan dua kurikulum pendidikan di Indonesia. Jadi, materi pada soal-soal UN/USBN 2018 merupakan irisan dari dua kurikulum tersebut. Siswa tidak perlu khawatir akan menemui soal yang tidak ada dalam kurikulum di sekolah di mana siswa tersebut menempuh pembelajarannya.

UN dan USBN diadakan sebagai salah satu bentuk evaluasi pembelajaran siswa selama tiga tahun bersekolah di SMA, MA atau satuan pendidikan setingkatnya. Maka, tidak mengherankan apabila materi yang termasuk dalam kisi-kisi merupakan campuran dari materi kelas X hingga XII (khusus jenjang SLTA).

Tapi, tidak mungkin jika siswa harus mempelajari seluruh materi yang telah diberikan selama tiga tahun? Itulah mengapa kisi-kisi UN dan USBN disusun dan diterbitkan.

Download juga:

  1. Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPS 2019
  2. Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPA 2019
  3. Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program Bahasa 2019
  4. Kisi-Kisi USBN SMA-MA Kelompok A-B 2019
  5. Buku PJOK Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI
  6. Instrumen Lengkap PKKS Tahun 2018 Terbaru
  7. RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI
  8. Buku Paket Pelajaran TIK Kelas 1-6 SD/MI
  9. RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi
  10. RPP Akidah Akhlak Kelas 6 MI Kurikulum 2013 Revisi

Kisi-kisi tidak hanya berupa jenis materi yang akan muncul dalam soal-soal Undan USBN, tetapi juga proporsi soal yang diberikan. Sedangkan, soal untuk mata pelajaran non eksak berjumlah sedikit lebih banyak, yakni 50. Dari jumlah tersebut, BSNP juga membagi soal dengan bobot yang berbeda, yakni 10% mudah, 70% sedang, dan 20% sulit. Hal ini berbeda dari bobot tahun lalu yang terdiri dari 10% mudah, 80% sedang, dan 10% sulit.

Terkait dengan Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional khususnya jenjang SMA, MA pada pendidikan Bahasa telah kami siapkan link downloadnya di bawah ini;

USBN Kisi-Kisi SMA,MA Umum Kurikulum 2006 


  1. KISI-KISI USBN-SMA-Seni Budaya (Rupa)-K2006.pdf 
  2. KISI-KISI USBN-SMA-Teknologi Informasi dan Komunikasi-2006.pdf 
  3. KISI-KISI USBN-SMA-Seni Budaya (Teater)-Teori dan Praktik-K2006.pdf 
  4. KISI-KISI USBN-SMA-Seni Budaya (Tari)-Teori dan Praktik-K2006.pdf 
  5. KISI-KISI USBN-SMA-Seni Budaya (Musik)-Teori dan Praktik-K2006.pdf 
  6. KISI-KISI USBN-SMA-Penjasorkes (PJOK)-(Teori-Praktik)-K2006.pdf 
  7. KISI-KISI USBN-SMA-IPA-IPS-BHS-Sejarah Indonesia-K2006.pdf 
  8. KISI-KISI USBN-SMA-IPA-IPS-BHS-Pendidikan Kewarganegaraan-K2006.pdf 
  9. KISI-KISI USBN-SMA-IPA-IPS-BHS-Bahasa Inggris-K2006.pdf

Kisi-Kisi UN dan USBN tidak hanya berfungsi sebagai panduanmu untuk belajar, karena dapat menggunakan kisi-kisi UN/USBN baru untuk dibandingkan dengan kisi-kisi UN/USBN tahun lalu. Sehingga siswa bisa mencari soal-soal UN/USBN tahun lalu untuk dipelajari.

Demikian dan sekian ulasan singkat materi Format Kisi-Kisi USBN SMA-MA Umum 2019 semoga dengan ulasang singkat ini dapat menambah pengetahuan khususnya yang berkepentingan, dan mohon maaf apabila kurang sempurna.

Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPS 2019

Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPS 2019

Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPS 2019 - Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu cara yang digunakan oleh pemerintah untuk menilai kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui ujian nasional (UN), pemerintah akan memiliki data terkait kualitas pendidikan di seluruh daerah di Indonesia. Dan dengan data inilah yang nantinya akan dipergunakan untuk merencanakan kualitas pendidikan yang lebih baik di tahun berikutnya.
Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPS 2019
Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPS 2019
Sedangkan masalah soal Ujian Nasional (UN) dibuat berdasarkan kurikulum sekolah yang berlaku di Indonesia dengan mengacu pada Kisi-Kisi UN maupun USBN di masing-masing satuan pendidikan serta mata pelajaran yang diajarkan. Melihat adanya sekolah yang menggunakan kurikulum berbeda, maka Ujian Nasional serta ujian Sekolah Berstandar Nasional juga akan menyesuaikan dengan kurikulum keduanya. Sehingga, terdapat kurikulum irisan, memuat materi dari kedua kurikulum tersebut, yaitu Kurikulum 2006 (KTS) dan Kurikulum 2013 (Kurtilas).

Dalam hal ini tahun ini pula, pemerintah akan kembali menyelenggarakan Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional sebagai syarat utama untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pemerintah juga mengeluarkan kisi-kisi UN dan USBN yang dapat digunakan sebagai acuan bahan menyusun soal dan akhirnya dapat dipergunakan sebagai materi belajar dalam menghadapi ujian.

Sedangkan masalah soal Ujian Nasional (UN) dibuat berdasarkan kurikulum sekolah yang berlaku di Indonesia dengan mengacu pada Kisi-Kisi UN maupun USBN di masing-masing satuan pendidikan serta mata pelajaran yang diajarkan. Melihat adanya sekolah yang menggunakan kurikulum berbeda, maka Ujian Nasional serta ujian Sekolah Berstandar Nasional juga akan menyesuaikan dengan kurikulum keduanya. Sehingga, terdapat kurikulum irisan, memuat materi dari kedua kurikulum tersebut, yaitu Kurikulum 2006 (KTS) dan Kurikulum 2013 (Kurtilas).

Dalam hal ini tahun ini pula, pemerintah akan kembali menyelenggarakan Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional sebagai syarat utama untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pemerintah juga mengeluarkan kisi-kisi UN dan USBN yang dapat digunakan sebagai acuan bahan menyusun soal dan akhirnya dapat dipergunakan sebagai materi belajar dalam menghadapi ujian.

Pada materi Kisi-kisi UN SMA IPS Kurikulum 2006 Tahun 2019 ini terdiri dari:
Mata Pelajaran Ekonomi Program Studi IPS
Mata Pelajaran Sosiologi Program Studi IPS
Mata Pelajaran Matematika Program Studi IPS
Mata Pelajaran Geografi Program Studi IPS
Mata Pelajaran Bhs Indonesia Program Studi IPS

Kisi-kisi USBN Program Studi SMA IPS Kurikulum 2006 

KISI-KISI USBN-SMA-IPS-Ekonomi-K2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IPS-Sosiologi-K2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IPS-Matematika-K2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IPS-Geografi-K2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IPA-IPS-Bahasa Indonesia-K2006.pdf 


Mata Pelajaran Geografi Program Studi IPS
Mata Pelajaran Sosiologi Program Studi IPS
Mata Pelajaran Sejarah (Peminatan) Program Studi IPS
Mata Pelajaran Ekonomi Program Studi IPS
Download Kisi-Kisi USBN Program Studi SMA IPS Kurikulum 2013

Kisi-kisi USBN Program Studi SMA IPS Kurikulum 2013 

KISI-KISI USBN-SMA-IPS-Geografi-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IPS-Sosiologi-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IPS-Sejarah (Peminatan)-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IPS-Ekonomi-K2013.pdf

Demikianlah pembahasan tentang Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPS 2019. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami, semoga bermanfaat. Dan senantiasa semoga sukses dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPA 2019

Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPA 2019

Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPA 2019 - Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) merupakan salah satu cara yang digunakan oleh pemerintah untuk menilai kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), pemerintah akan memiliki data terkait kualitas pendidikan di seluruh daerah di Indonesia. Dan dengan data inilah yang nantinya akan dipergunakan untuk merencanakan kualitas pendidikan yang lebih baik di tahun berikutnya.
Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPA 2019
Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPA 2019
Sedangkan masalah soal Ujian Nasional (UN) maupun Ujian Sekolah berstandar nasional (USBN) dibuat berdasarkan kurikulum yang dilaksanakan sekolah yang berlaku di Indonesia dengan mengacu pada Kisi-Kisi UN maupun USBN di masing-masing satuan pendidikan serta mata pelajaran yang diajarkan. Melihat adanya sekolah yang menggunakan kurikulum berbeda, maka Ujian Nasional serta Ujian Sekolah Berstandar Nasional juga akan menyesuaikan dengan kurikulum keduanya. Sehingga, terdapat kurikulum irisan, memuat materi dari kedua kurikulum tersebut, yaitu Kurikulum 2006 (KTS) dan Kurikulum 2013 (Kurtilas).

Dalam hal ini tahun pelajaran 2018/2019 pula, pemerintah akan kembali menyelenggarakan Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah Berstandar Nasional sebagai syarat utama untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.
Download juga: Kisi USBN SMA-MA Program Bahasa tahun 2019
Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pemerintah juga mengeluarkan kisi-kisi UN dan USBN yang dapat digunakan sebagai acuan bahan menyusun soal dan akhirnya dapat dipergunakan sebagai materi belajar dalam menghadapi ujian.

Pada materi Kisi-kisi USBN SMA-MA IPA Kurikulum 2006 (KTSP) Tahun 2019 ini terdiri dari:
Mata Pelajaran Biologi Program Studi IPA
Mata Pelajaran Fisika Program Studi IPA
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Program Studi IPA/IPS
Mata Pelajaran Kimia Program Studi IPA
Mata Pelajaran Matematika Program Studi IPA

Kisi-Kisi USBN SMA Program Study IPA Kurikulum 2006 (KTSP) 

KISI-KISI USBN-SMA-IPA-Biologi-K2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IPA-Matematika-K2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IPA-IPS-Bahasa Indonesia-K2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IPA-Kimia -K2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IPA-Fisika-K2006.pdf 

Sedangkan pada materi Kisi-kisi USBN SMA-MA IPA Kurikulum 2013 (K13) Tahun 2019 ini terdiri dari:
Mata Pelajaran Biologi Program Studi IPA
Mata Pelajaran Fisika Program Studi IPA
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Program Studi IPA/IPS
Mata Pelajaran Kimia Program Studi IPA
Mata Pelajaran Matematika Program Studi IPA
Download Kisi-kisi USBN SMA-MA IPA Kurikulum 2013 Tahun 2019 di bawah ini:

Kisi-Kisi USBN SMA Program Study IPA Kurikulum 2013 (Kurtilas/K13) 

KISI-KISI USBN-SMA-MIPA-Biologi-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-MIPA-Matematika (Peminatan)-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-MIPA-Kimia-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-MIPA-Fisika-K2013.pdf

Demikianlah pembahasan tentang Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program IPA 2019. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami, semoga bermanfaat. Dan senantiasa semoga sukses dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program Bahasa 2019

Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program Bahasa 2019

Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program Bahasa 2019 - Ujian Nasional akan kembali diselenggarakan pada tahun 2019 untuk tahun pelajaran 2018/2019. Kisi-kisi UN dan USBN secara nyata berfungsi sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal Ujian Nasional (UN) serta Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).
Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program Bahasa 2019
Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program Bahasa 2019
Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku serta pada masing-masing jenjang pendidikan. Kebijakan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan kebijakan UN/USBN pada tahun yang lampau.

Bentuk soal UN/USBN, 100 persen disiapkan oleh Pusat, dan penerapan soal UN berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. Terkait dengan pelaksanaan Ujiaan Nasional (UN) dan Ujian Sekolah berstandar Nasional (USBN), BSNP telah merilis POS UN dengan tentunya mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut  merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional UN atau USBN.

Berbagai macam persiapan dilakukan oleh pihak penyelenggara dengan harapan sukses pelaksanaan dan sekses hasil Ujian Nasional dan Ujian sekolah Berstandar Nasional (USBN). Meskipun hasil Ujian Nasional – UN sudah tidak menjadi penentu kelulusan, namun kegagalan dalam UN akan menjatuhkan nama Penyelenggara.

Suatu hal yang lazim dilakukan oleh sekolah agar nilai UN-nya memuaskan adalah dengan mengadakan tambahan jam pelajaran atau les. Peserta didik diberi materi tambahan terutama latihan-latihan soal ujian nasional – UN sesuai jenjang pendidikannya.

Pada kesempatan ini kami membagikan Kisi-Kisi Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional USBN) Program Studi Bahasa Kurikulum 2006 (KTSP)  tahun pelajaran 2018/2019.

Tujuan kami membagikan kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana materi esensial yang dimungkinkan muncul menjadi soal USBN. Jadi kegiatan ini bertujuan untuk mencari celah-celah materi yang dapat dijadikan bahan untuk pembelajaran di sekolah. Selain itu tujuan kami adalah untuk memudahkan pencari materi, meskipun materi Kisi-Kisi UN dan USBN telah dirilis oleh BSNP.

Download juga:
Buku Guru K13 Revisi Terbaru Kelas 3 SD/MI Semester 2
Buku Siswa K13 Revisi Terbaru Kelas 3 SD/MI Semester 2
Buku Guru K13 Revisi Terbaru Kelas 6 SD/MI Semester 2
Buku Paket Siswa K13 Revisi 2018 Kelas 6 SD/MI Semester 2
Tujuan kami membagikan kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana materi esensial yang dimungkinkan muncul menjadi soal USBN. Jadi kegiatan ini bertujuan untuk mencari celah-celah materi yang dapat dijadikan bahan untuk pembelajaran di sekolah. Selain itu tujuan kami adalah untuk memudahkan pencari materi, meskipun materi Kisi-Kisi UN dan USBN telah dirilis oleh BSNP.

Secara lengkap materi Kisi-Kisi USBN SMA Program Studi Bahasa Kurikulum 2013  dapat didapat pada menu download di bawah ini:

Kisi-Kisi USBN SMA,MA Program Studi Bahasa Kurikulum 2006 

KISI-KISI USBN-SMA-BHS-Bahasa Jerman Kurikulum 2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-BHS-Sastra Indonesia Kurikulum 2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-BHS-Matematika Kurikulum 2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-BHS-Bhs Indonesia Kurikulum 2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-BHS-Bhs Arab Kurikulum 2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-BHS-Bahasa Perancis Kurikulum 2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-BHS-Bahasa Mandarin Kurikulum 2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-BHS-Bahasa Jepang Kurikulum 2006.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-BHS-Antropologi Kurikulum 2006.pdf 

Kisi-Kisi USBN SMA,MA Program Studi Bahasa Kurikulum 2013 

KISI-KISI USBN-SMA-IBB-Bahasa dan Sastra Inggris (Peminatan)-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IBB-Perancis-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IBB-Mandarin-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IBB-Korea-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IBB-Jerman-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IBB-Jepang-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IBB-Bahasa dan Sastra Indonesia (Peminatan)-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IBB-Arab-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SMA-IBB-Antropologi-K2013.pdf

Demikian ulasan singkat materi Kisi-Kisi USBN SMA-MA Program Bahasa 2019 yang dapat kami jelaskan semoga dapat menjadi tambahan referensi yang menggunakan materi ini, mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan.

Aplikasi Analisis Ulangan Harian Untuk SD/MI

Aplikasi Analisis Ulangan Harian Untuk SD/MI 


Pada kesempatan ini kami akan berbagi sebuah aplikasi yang tentunya sangat membantu rekan guru dalam proses belajar mengajar di sekolah atau madrasah. Aplikasi ini adalah untuk menganalisis nilai ulangan harian yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk meringankan sebagian pekerjaannya dalam materi terkait. Aplikasi ini diperuntukkan untuk sekolah tingkat dasar SD/ MI dan pastinya beberapa instrumen penilaian bisa dikerjakan lebih cepat dan tepat.


Aplikasi Analisis Ulangan Harian Untuk SD/MI
Aplikasi Analisis Ulangan Harian Untuk SD/MI

Aplikasi yang dimaskusud kegunaanya tidak usah diragukan lagi, karena diambil dari sumber terpercaya, dan sudah melalui beberapa proses, menggunakan format Microsoft Office Excel yang akan mempermudah dalam pengoprasian Aplikasi Analisis Nilai Ulangan Harian ini. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga sudah digunakan di sekolah-sekolah atau madrasah yang ada di Indonesia.


Bagi yang memerlukan Aplikasi Analisis Nilai Ulangan Harian SD/ MI rekan-rekan guru bisa langsung mendownlaodnya via tautan yang sudah admin sediakan dibawah ini.
Aplikasi Analisis Ulangan Harian Kelas 4 Semester 1 dan 2 Lengkap dengan Soalnya




Demikian yang bisa admin sajikan mengenai Aplikasi Analisis Nilai Ulangan Harian. Mudah-mudahan artikel/ aplikasi yang sudah admin baikan bisa dijadikan referensi atau kata kunci utama untuk permasalahan analisis nilai ulangan siswa.





Revisi Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013

Revisi Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013

Pengertian Silabus secara umum adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Setelah mengalami beberapa perubahan atau revisi akhirnya pada tahun 2017 Kurikulum 2013 telah berhasil direvisi kembali, bahkan berbagai istilah juga kena dampak revisi tersebut.

Revisi Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013
Revisi Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013 
Sedangkan sesuai dengan materi saat ini dan kebetulan juga telah kami bagikan pada blog ini, merupakan silabus untuk jenjang SMP dan atau MTs sederajad, merupakan silabus hasil revisi tahun 2017, yang artinya bahwa silabus ini adalah silabus jenjang SMP/MTs yang terbaru.

Silahkan pilih link download Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013 Hasil revisi terbaru berikut ini:


Kiranya ulasan kami yang sesingkat ini tidak akan menjadi penghalang atau mengurangi penjelasan yang bapak atau ibu maksudkan, karena memang Revisi Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013 telah banyak dipahami serta dipelajari lebih lanjut oleh bapak atau ibu guru semuanya.

RPP Bahasa Inggris Kelas 4, 5, 6 SD Semester I dan II

RPP Bahasa Inggris Kelas 4, 5, 6 SD Semester I dan II

RPP Bahasa Inggris Kelas 4, 5, 6 SD Semester I dan II - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan syarat utama yang dipersiapkan oleh guru pada saat menyampaikan materi kepada siswa. Dan pada jenjang Sekolah Dasar Mata Pelajaran Bahasa Inggris merupakan materi mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok).
RPP Bahasa Inggris Kelas 4, 5, 6 SD Semester I dan II
RPP Bahasa Inggris Kelas 4, 5, dan 6 SD Semester I dan II
Mata Pelajaran Muatan Lokal pada prinsipnya terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu; (1) Muatan Lokal Tingkat Provinsi yang biasanya mengambil mata pelajaran bahasa Daerah di masing-masing Provinsi, (2) Muatan Lokal (Mulok) Kabupaten yang sreing disebut dengan muatan lokal 2 dengan materi yang diajarkan membahas materi kearifan lokal di masing-masing daerah Kabupaten/Kotamadya, (3) sedangkan Muatan Lokal yang ke tiga adalah Muatan Lokal pilihan masing-masing sekolah.
Berkaitan dengan Muatan lokal Bahasa inggris ini apabila satuan Pendidikan di daerah pedesaan biasanya dimulai dari jenjang kelas 4, kelas 5 dan kelas 6, namun juga banyak sekolah yang berada di daerah perkotaan Mata Pelajaran Bahasa Inggris diajarkan mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6.

Untuk menjawab berbagai kebutuhan Guru Mata Pelajaran di SD yang biasanya juga diajarkan oleh guru kelas masing-masing, maka segala bentuk administrasi pembelajaran juga dipewrsiapkan oleh masing-masing guru kelas tersebut.

Berikut ini merupakan sebagian dari administrasi pembelajaran bapak dan ibu sekalian:


Harapan kami semoga materi RPP Bahasa Inggris Kelas 4, 5, 6 SD Semester I dan II dapat melengkapi administrasi pembelajaran tambahan bagi bapak dan ibu guru kelas SD/MI. Mohon maaf apabila kurang berkenan.


Panduan Penulisan Soal Jenjang SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK Edisi Terbaru

Panduan Penulisan Soal Jenjang SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK Edisi Terbaru

Dalam kaidahnya dalam menyusun soal pada jenjang SD, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK banyak terdapat kesamaan, namun perlu diperhatikan bahwa materi yang kami bagikan ini tidak serta merta hanya dipelajari oleh guru di masing-masing jenjang sekolah.
Panduan Penulisan Soal Jenjang SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK Edisi Terbaru
Panduan Penulisan Soal Jenjang SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK Edisi Terbaru

Diperlukan membaca artikel ini sampai dengan selesai apabila bermaksud memahami dengan benar bagaimana cara menyusun soal yang baik dan benar.
Begini penjelasan yang kami kutip dari salah satu Panduan Penulisan Soal Jenjang SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK Edisi Terbaru.

Bahwa ....

Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik merupakan salah satu kegiatan rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil belajar dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan peserta didik, memonitor perkembangan belajar peserta didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai peserta didik dan menentukan efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut dapat digunakan berbagai bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis sampai saat ini masih merupakan instrumen yang dominan digunakan dalam menilai hasil belajar peserta didik.
Tes tertulis secara umum dapat dibedakan menjadi tes dengan pilihan jawaban (non-constructed response test), peserta didik hanya memilih dari jawaban yang disediakan, dan tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test), peserta didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan jawaban sering dikritik karena dipandang tidak dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan jawaban dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, bila tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.

Oleh karena penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan diharapkan dapat memberikan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut dapat digunakan untuk menilai hasil belajar peserta didik dan memberi informasi yang valid.

Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh karena itu bentuk penilaian lain seperti portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk penilaian tersebut tidak penting.

Yang sering dilakukan oleh guru saat ini saat menyusun soal tes prestasi belajar atau tes prestasi akademik memakai dalam tes bentuk soal Pilihan Ganda (PG) karena tes Pilihan Ganda dinilai sebagai sebuah tes objektif yang paling efisien dipakai dengan jumlah peserta didik yang besar. Oleh sebab itulah, tes menggunakan Pilihan Ganda paling banyak digunakan oleh guru bahkan sekolah sekalipun dalam proses evaluasi belajar, terutama ketika Ujian Semester. Bahkan dalam Ujian Nasional, soal yang digunakan juga Pilihan Ganda.

Untuk menjamin kualitas soal tes yang berkualitas dan terstandar dengan baik, pengembangan tes harus melalui beberapa tahap dalam melakukan penyusunan soal.

Adapun langkah-langkah dalam melakukan penyusunan tes/soal terstandar adalah sebagai berikut:

1. Penyusunan kisi-kisi

Kisi-kisi digunakan sebagai pedoman bagi penulis soal agar diperoleh soal yang sesuai dengan tujuan.

2. Penulisan soal

Soal ditulis oleh beberapa penulis soal berdasarkan kisi-kisi. Soal-soal yang dihasilkan merupakan soal-soal mentah.

3. Review dan Revisi (Telaah dan Perbaikan)

Review adalah menelaah soal mentah secara kualitatif berdasarkan kaidah penulisan soal oleh penelaah soal. Hasil review soal diklasifikasikan menjadi soal baik, soal kurang baik, dan soal ditolak. Soal baik langsung diterima, soal kurang baik perlu diperbaiki sehingga diperoleh soal yang baik, dan soal yang ditolak dikembalikan ke penulis.

4. Perakitan soal

Soal-soal baik selanjutnya dirakit menjadi beberapa paket soal untuk diujicobakan. Pada saat perakitan, dimasukkan beberapa soal yang berfungsi sebagai soal linking antarpaket. Soal-soal linking tersebut diambil dari bank soal yang telah memiliki karakteristik soal.

5. Ujicoba soal

Paket-paket soal diujicobakan kepada peserta didik yang sedang menempuh jenjang pendidikan yang sesuai dengan jenjang pendidikan pada tes tersebut. Misalnya, soal-soal Bahasa Indonesia kelas VIII diujikan kepada peserta didik kelas VIII di akhir tahun pelajaran atau kepada peserta didik kelas IX di awal tahun pelajaran. Peserta didik dalam menjawab soal-soal tes tersebut harus serius seolah-olah ujian yang sebenarnya walaupun pada ujicoba ini yang akan dilihat adalah kualitas soalnya bukan kompetensi peserta didik. Ujicoba soal digunakan untuk mengumpulkan data empirik tentang soal berupa jawaban-jawaban peserta didik terhadap soal.

6. Analisis kuantitatif

Data empirik dari hasil ujicoba dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan program analisis, baik klasik maupun modern. Program analisis secara klasik menggunakan iteman. Hasil iteman meliputi daya beda, tingkat kesukaran, penyebaran option, dan cek kunci. Selanjutnya, soal-soal tersebut dianalisis menggunakan teori tes modern (Item Response Theory). Program yang dapat digunakan antara lain Bigsteps, Winsteps, Quest, Conquestuest, RUMM. Dengan menggunakan analisis teori tes modern dapat diperoleh informasi kesesuaian soal dengan model (fit terhadap model), disamping tingkat kesukaran soal.

7. Seleksi soal

Berdasarkan hasil analisis soal, soal-soal dikelompokkan menjadi soal baik, soal perlu revisi, dan soal ditolak. Berdasarkan teori tes klasik soal-soal baik adalah soal yang memiliki daya beda tinggi, ditunjukkan dengan korelasi point biserial di atas 0,2 dan semua distraktor berfungsi. Berdasarkan teori tes modern, soal yang baik adalah soal yang sesuai (fit) dengan model, ditunjukan oleh statistik fit, seperti infit atau outfit. Soal-soal baik dimasukkan ke dalam bank soal. Soal dengan daya beda rendah dan terdapat distraktor yang tidak berfungsi perlu direvisi. Soal yang tidak mempunyai daya beda dan sebagian distraktor tidak berfungsi ditolak.

Untuk mendapatkan materi Panduan Penulisan Soal Jenjang SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK Edisi Terbaru silahkan download di bawah ini.

  1. Buku Pedoman Penulisan Soal SD.docx
  2. Buku Pedoman Penulisan Soal SD.pdf
  3. Buku Pedoman Penulisan Soal SMP, MTs.docx
  4. Buku Pedoman Penulisan Soal SMP, MTs.pdf
  5. Pedoman Penulisan Soal SMA MA SMK MAK.doc
  6. Pedoman Penulisan Soal SMA MA SMK MAK.pdf

Demikian ulasan singkat materi semoga Panduan Penulisan Soal Jenjang SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK Edisi Terbaru bermanfaat.

Buku Guru-Buku Siswa Kelas 5 Semester I Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Buku Guru dan Siswa Kelas 5 Semester 1 SD/MI

Bagi sekolah tahun pelajaran 2017/2018 ini telah menyelenggarakan Kurikulum 2013 yang barang tentu telah dilaksanakan bagi siswa kelas 1, 2, 4, dan 5. Sebagaimana buku tematik kurikulum 2013 kelas 5 (lima) semester ganjil kemarin pengiriman buku mengalami banyak kendala terutama dalam pengirimannya, sehingga dengan berbagai daya dan upaya kami dan kami sajikan dalam blog kami ini akhirnya pada semester ganjil ini telah kami persiapkan file downloadnya.
Buku Guru-Buku Siswa Kelas 5 Semester I Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Buku Guru-Buku Siswa Kelas 5 Semester I Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Untuk membantu para rekan guru, siswa, dan orang tua siswa dalam mendapatkan soft copy buku Kurikulum 2013 tersebut, kami memberikan kemudahan link download untuk mendapatkan file Download Buku Guru dan Siswa Kelas 5 Semester 1 SD/MI.

Download Buku Guru dan Siswa Kelas 5 Semester 1 SD/MI dapat didownload melalui link di bawah ini.
Download Buku Guru Kelas 5 Kurikulum 2013:
Buku Guru Kelas V Tema 5 Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas V Tema 4 Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas V Tema 2 Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas V Tema 3 Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas V Tema 1 Revisi 2017.pdf
Download Buku Siswa Kelas 5 Kyurikulum 2013:
Buku Siswa Kelas V Tema 5 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 4 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 3 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 2 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 1 Revisi 2017.pdf
Demikian materi Buku Guru dan Siswa Kelas 5 Semester 1 SD/MI semoga bermanfaat.