Kisi-Kisi USBN K-13 SMPLB Tuna Daksa Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN K-13 SMPLB Tuna Daksa Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN K-13 SMPLB Tuna Daksa Tahun 2019 - Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang berstandar nasional. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang berstandar nasional.
Hasil USBN akan menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, sehingga soal USBN diharapkan memenuhi syarat instrumen yang baik dan memberikan informasi yang valid serta objektif. Soal USBN yang kurang baik akan memberikan informasi yang tidak sesuai dengan capaian peserta didik.

Hal tersebut tentu dapat merugikan peserta didik dan memberikan informasi yang tidak tepat untuk pengambil keputusan. Penulisan soal USBN menjadi kritikal karena ditulis oleh guru pada masing-masing satuan pendidikan.

Di dalam usaha meningkatkan kualitas soal USBN perlu dijelaskan tahapan yang harus dilalui dalam penulisan soal serta kaidah penulisan soal. Pelaksanaan USBN untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan seluruh mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pada tiap satuan pendidikan. Penilaian melalui USBN merupakan penilaian yang terstandar. Untuk penilaian terstandar, maka harus ada acuan yang sama, baik dalam penyusunan soal maupun dalam pelaksanaan ujian.


Kisi-Kisi USBN  SMPLB Ketunaan Autis Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
Bahasa Indonesia
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Matematika 
Pendidikan Kewarganegaraan

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Matematika 
Pendidikan Kewarganegaraan

Kisi-Kisi USBN  SMPLB Tuna Grahita Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
Bahasa Indonesia
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Matematika 
Pendidikan Kewarganegaraan

Kisi-Kisi USBN  SMPLB Tuna Netra Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Matematika 
Pendidikan Kewarganegaraan

Kisi-Kisi USBN  SMPLB Tuna Rungu Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Matematika 
Pendidikan Kewarganegaraan

Kisi-kisi USBN berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun. Kisi-kisi ini akan menjadi pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.

Sebuah kisi-kisi soal yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain dapat mewakili isi silabus atau materi secara tepat dan proporsional. Dengan demkian, hendaknya dapat dibuat soal yang mewakili isi silabus dan komponen-komponennya bisa diuraikan secara jelas agar mudah dipahami.

Fungsi kisi-kisi USBN adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Kisi-kisi USBN disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Kisi-kisi USBN disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi pada Kurikulum 2013 (K13).

Kebijakan USBN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN pada tahun 2018. Perbedaan adalah pada jumlah peserta dan jadwal ujian. Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Selain itu, masih ada soal dari Pusat sebanyak 20 – 25 persen.
Dengan adanya Kisi-Kisi USBN K-13 SMPLB Tuna Daksa Tahun 2019 ini, diharapkan guru pada masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran sebagai bentuk persiapan ujian.

Download file:


Yang tak kalah pentingnya juga bahwa format kisi-kisi USBN terdiri dari kolom level kognitif dan kolom ruang lingkup untuk tiap mata pelajaran yang diujikan. Pada kolom level kognitif terbagi menjadi tiga, yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. 

Sedangkan kolom ruang lingkup disesuaikan dengan pembagian ruang lingkup untuk masing-masing mata uji. Satuan pendidikan yang wajib menyelenggarakan UASBN adalah SDLB, SMPLB, dan SMALB. Guru-guru pada tingkat satuan pendidikan tersebut diharapkan dapat membuat soal USBN sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan.

Demikian informasi mengenai Kisi-Kisi USBN K-13 SMPLB Tuna Daksa Tahun 2019. Semoga bermanfaat untuk membantu guru dan peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi USBN pada tahun pelajaran 2018/2019.

Kisi-Kisi USBN K-13 SMPLB Tuna Autis Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN K-13 SMPLB Tuna Autis Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN K-13 SMPLB Tuna Autis Tahun 2019 - Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang berstandar nasional. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang berstandar nasional.
Hasil USBN akan menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, sehingga soal USBN diharapkan memenuhi syarat instrumen yang baik dan memberikan informasi yang valid serta objektif. Soal USBN yang kurang baik akan memberikan informasi yang tidak sesuai dengan capaian peserta didik.

Hal tersebut tentu dapat merugikan peserta didik dan memberikan informasi yang tidak tepat untuk pengambil keputusan. Penulisan soal USBN menjadi kritikal karena ditulis oleh guru pada masing-masing satuan pendidikan.

Di dalam usaha meningkatkan kualitas soal USBN perlu dijelaskan tahapan yang harus dilalui dalam penulisan soal serta kaidah penulisan soal. Pelaksanaan USBN untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan seluruh mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pada tiap satuan pendidikan. Penilaian melalui USBN merupakan penilaian yang terstandar. Untuk penilaian terstandar, maka harus ada acuan yang sama, baik dalam penyusunan soal maupun dalam pelaksanaan ujian.


Kisi-Kisi USBN  SMPLB Ketunaan Autis Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
Bahasa Indonesia
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Matematika 
Pendidikan Kewarganegaraan

Kisi-Kisi USBN  SMPLB Tuna Daksa Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Matematika 
Pendidikan Kewarganegaraan

Kisi-Kisi USBN  SMPLB Tuna Grahita Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
Bahasa Indonesia
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Matematika 
Pendidikan Kewarganegaraan

Kisi-Kisi USBN  SMPLB Tuna Netra Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Matematika 
Pendidikan Kewarganegaraan

Kisi-Kisi USBN  SMPLB Tuna Rungu Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Matematika 
Pendidikan Kewarganegaraan

Kisi-kisi USBN berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun. Kisi-kisi ini akan menjadi pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.

Sebuah kisi-kisi soal yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain dapat mewakili isi silabus atau materi secara tepat dan proporsional. Dengan demkian, hendaknya dapat dibuat soal yang mewakili isi silabus dan komponen-komponennya bisa diuraikan secara jelas agar mudah dipahami.

Fungsi kisi-kisi USBN adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Kisi-kisi USBN disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Kisi-kisi USBN disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi pada Kurikulum 2013 (K13).

Kebijakan USBN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN pada tahun 2018. Perbedaan adalah pada jumlah peserta dan jadwal ujian. Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Selain itu, masih ada soal dari Pusat sebanyak 20 – 25 persen.

Dengan adanya kisi-kisi USBN SMPLB Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini, diharapkan guru pada masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran sebagai bentuk persiapan ujian.

Yang tak kalah pentingnya juga bahwa format kisi-kisi USBN terdiri dari kolom level kognitif dan kolom ruang lingkup untuk tiap mata pelajaran yang diujikan. Pada kolom level kognitif terbagi menjadi tiga, yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sedangkan kolom ruang lingkup disesuaikan dengan pembagian ruang lingkup untuk masing-masing mata uji. Satuan pendidikan yang wajib menyelenggarakan UASBN adalah SDLB, SMPLB, dan SMALB. 
Guru-guru pada tingkat satuan pendidikan tersebut diharapkan dapat membuat soal USBN sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan. Berikut link download untuk mendapatkan file Kisi-Kisi USBN SMPLB Tuna Autis Tahun 2019;

  1. KISI-KISI USBN-SMPLB-Autis-IPA-K2013.pdf 
  2. KISI-KISI USBN-SMPLB-Autis-Pendidikan Kewarganegaraan-K2013.pdf 
  3. KISI-KISI USBN-SMPLB-Autis-IPS-K2013.pdf 
  4. KISI-KISI USBN-SMPLB-Autis-Matematika-K2013.pdf 
  5. KISI-KISI USBN-SMPLB-Autis-Bahasa Indonesia-K2013.pdf

Demikian informasi mengenai Kisi-Kisi USBN K-13 SMPLB Tuna Autis Tahun 2019. Semoga bermanfaat untuk membantu guru dan peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi USBN pada tahun pelajaran 2018/2019.

Persiapan Cut-Off BOS 2019: Verifikasi Dapodik Semester 1 Tahun Ajaran 2018/2019

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyampaikan pengumuman melalui situs resminya pada (03/01/19) terkait verifikasi data Dapodik Semester 1 Tahun ajaran 2018/2019 dalam rangka persiapan Cut-Off BOS tahun 2019.

Sinkronisasi aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.b masih bisa dilakukan sampai 31 Januari 2019.

Dalam pengumuman tersebut juga ada himbauan kepada para rekan-rekan guru

Super Lengkap Kisi-Kisi USBN K13 SDLB Tahun 2019

Super Lengkap Kisi-Kisi USBN SDLB Kurikulum 2013 Tahun 2019

Super Lengkap Kisi-Kisi USBN K13 SDLB Tahun 2019 - Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang Berstandar Nasional. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang Berstandar Nasional.
Hasil USBN akan menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, sehingga soal USBN diharapkan memenuhi syarat instrumen yang baik dan memberikan informasi yang valid serta objektif. Soal USBN yang kurang baik akan memberikan informasi yang tidak sesuai dengan capaian peserta didik.

Hal tersebut tentu dapat merugikan peserta didik dan memberikan informasi yang tidak tepat untuk pengambil keputusan. Penulisan soal USBN menjadi kritikal karena ditulis oleh guru pada masing-masing satuan pendidikan.

Di dalam usaha meningkatkan kualitas soal USBN perlu dijelaskan tahapan yang harus dilalui dalam penulisan soal serta kaidah penulisan soal. Pelaksanaan USBN untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan seluruh mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pada tiap satuan pendidikan. Penilaian melalui USBN merupakan penilaian yang terstandar. Untuk penilaian terstandar, maka harus ada acuan yang sama, baik dalam penyusunan soal maupun dalam pelaksanaan ujian.

Kisi-Kisi USBN SDLB Autis Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
  1. Bahasa Indonesia
  2. Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial
  4. Matematika 
  5. Pendidikan Kewarganegaraan
Download materinya sebagai berikut:
Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Daksa Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
  1. Bahasa Indonesia
  2. Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial
  4. Matematika 
  5. Pendidikan Kewarganegaraan
Download materinya sebagai berikut:
Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Grahita Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
  1. Bahasa Indonesia
  2. Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial
  4. Matematika 
  5. Pendidikan Kewarganegaraan
Download materinya sebagai berikut:
Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Netra Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
  1. Bahasa Indonesia
  2. Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial
  4. Matematika 
  5. Pendidikan Kewarganegaraan
Download materinya sebagai berikut:
Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Rungu Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
  1. Bahasa Indonesia
  2. Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial
  4. Matematika 
  5. Pendidikan Kewarganegaraan
Download materinya sebagai berikut:

Kisi-kisi USBN berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun. Kisi-kisi ini akan menjadi pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.

Sebuah kisi-kisi soal yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain dapat mewakili isi silabus atau materi secara tepat dan proporsional. Dengan demikian, hendaknya dapat dibuat soal yang mewakili isi silabus dan komponen-komponennya bisa diuraikan secara jelas agar mudah dipahami.

Fungsi kisi-kisi USBN adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Kisi-kisi USBN disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Kisi-kisi USBN disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi pada Kurikulum 2013 (K13).

Kebijakan USBN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN pada tahun 2018. Perbedaan adalah pada jumlah peserta dan jadwal ujian. Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Selain itu, masih ada soal dari Pusat sebanyak 20 – 25 persen.
Dengan adanya kisi-kisi USBN SDLB Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini, diharapkan guru pada masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran sebagai bentuk persiapan ujian.

Yang tak kalah pentingnya juga bahwa format kisi-kisi USBN terdiri dari kolom level kognitif dan kolom ruang lingkup untuk tiap mata pelajaran yang diujikan. Pada kolom level kognitif terbagi menjadi tiga, yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sedangkan kolom ruang lingkup disesuaikan dengan pembagian ruang lingkup untuk masing-masing mata uji. Satuan pendidikan yang wajib menyelenggarakan UASBN adalah SDLB, SMPLB, dan SMALB. Guru-guru pada tingkat satuan pendidikan tersebut diharapkan dapat membuat soal USBN sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan.

Demikian informasi mengenai Kisi-kisi USBN K13 SDLB Tahun Pelajaran 2018/2019. Semoga bermanfaat untuk membantu guru dan peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi USBN pada tahun pelajaran 2018/2019 yang akan datang.

Kisi-Kisi USBN SDLB K13 Tuna Rungu Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN SDLB K13 Tuna Rungu Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN SDLB K13 Tuna Rungu Tahun 2019 - Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Rungu Tahun 2019 Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang Berstandar Nasional. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang Berstandar Nasional.
Hasil USBN akan menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, sehingga soal USBN diharapkan memenuhi syarat instrumen yang baik dan memberikan informasi yang valid serta objektif. Soal USBN yang kurang baik akan memberikan informasi yang tidak sesuai dengan capaian peserta didik.

Hal tersebut tentu dapat merugikan peserta didik dan memberikan informasi yang tidak tepat untuk pengambil keputusan. Penulisan soal USBN menjadi kritikal karena ditulis oleh guru pada masing-masing satuan pendidikan.

Di dalam usaha meningkatkan kualitas soal USBN perlu dijelaskan tahapan yang harus dilalui dalam penulisan soal serta kaidah penulisan soal. Pelaksanaan USBN untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan seluruh mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pada tiap satuan pendidikan. Penilaian melalui USBN merupakan penilaian yang terstandar. Untuk penilaian terstandar, maka harus ada acuan yang sama, baik dalam penyusunan soal maupun dalam pelaksanaan ujian.

Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Rungu Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
  • Bahasa Indonesia
  • Ilmu Pengetahuan Alam
  • Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Matematika 
  • Pendidikan Kewarganegaraan
Link download materinya seperti di bawah ini:
Kisi-kisi USBN berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun. Kisi-kisi ini akan menjadi pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.

Sebuah kisi-kisi soal yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain dapat mewakili isi silabus atau materi secara tepat dan proporsional. Dengan demikian, hendaknya dapat dibuat soal yang mewakili isi silabus dan komponen-komponennya bisa diuraikan secara jelas agar mudah dipahami.

Fungsi kisi-kisi USBN adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Kisi-kisi USBN disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Kisi-kisi USBN disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi pada Kurikulum 2013 (K13).

Kebijakan USBN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN pada tahun 2018. Perbedaan adalah pada jumlah peserta dan jadwal ujian. Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Selain itu, masih ada soal dari Pusat sebanyak 20 – 25 persen.

Dengan adanya kisi-kisi USBN SDLB Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini, diharapkan guru pada masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran sebagai bentuk persiapan ujian.

Yang tak kalah pentingnya juga bahwa format kisi-kisi USBN terdiri dari kolom level kognitif dan kolom ruang lingkup untuk tiap mata pelajaran yang diujikan. Pada kolom level kognitif terbagi menjadi tiga, yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sedangkan kolom ruang lingkup disesuaikan dengan pembagian ruang lingkup untuk masing-masing mata uji. Satuan pendidikan yang wajib menyelenggarakan UASBN adalah SDLB, SMPLB, dan SMALB. Guru-guru pada tingkat satuan pendidikan tersebut diharapkan dapat membuat soal USBN sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan.

Download juga:
Demikian informasi mengenai Kisi-Kisi USBN SDLB K13 Tuna Rungu Tahun 2019 Semoga bermanfaat untuk membantu guru dan peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi USBN pada tahun pelajaran 2018/2019.

Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Netra Kurikulum 2013 Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Netra Kurikulum 2013 Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Netra Kurikulum 2013 Tahun 2019 - Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Netra Tahun 2019 Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang Berstandar Nasional. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang Berstandar Nasional.
Hasil USBN akan menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, sehingga soal USBN diharapkan memenuhi syarat instrumen yang baik dan memberikan informasi yang valid serta objektif. Soal USBN yang kurang baik akan memberikan informasi yang tidak sesuai dengan capaian peserta didik.

Hal tersebut tentu dapat merugikan peserta didik dan memberikan informasi yang tidak tepat untuk pengambil keputusan. Penulisan soal USBN menjadi kritikal karena ditulis oleh guru pada masing-masing satuan pendidikan.

Di dalam usaha meningkatkan kualitas soal USBN perlu dijelaskan tahapan yang harus dilalui dalam penulisan soal serta kaidah penulisan soal. Pelaksanaan USBN untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan seluruh mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pada tiap satuan pendidikan. Penilaian melalui USBN merupakan penilaian yang terstandar. Untuk penilaian terstandar, maka harus ada acuan yang sama, baik dalam penyusunan soal maupun dalam pelaksanaan ujian.

Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Netra Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
  1. Bahasa Indonesia
  2. Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial
  4. Matematika 
  5. Pendidikan Kewarganegaraan

Sebagai kelengkapannya silahkan download materi di bawah ini:

  1. KISI-KISI USBN-SDLB-Netra-IPA-K2013.pdf 
  2. KISI-KISI USBN-SDLB-Netra-Pendidikan Kewarganegaraan-K2013.pdf 
  3. KISI-KISI USBN-SDLB-Netra-Matematika-K2013.pdf 
  4. KISI-KISI USBN-SDLB-Netra-IPS-K2013.pdf 
  5. KISI-KISI USBN-SDLB-Netra-Bahasa Indonesia-K2013.pdf

Kisi-kisi USBN berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun. Kisi-kisi ini akan menjadi pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.

Sebuah kisi-kisi soal yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain dapat mewakili isi silabus atau materi secara tepat dan proporsional. Dengan demikian, hendaknya dapat dibuat soal yang mewakili isi silabus dan komponen-komponennya bisa diuraikan secara jelas agar mudah dipahami.

Fungsi kisi-kisi USBN adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Kisi-kisi USBN disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Kisi-kisi USBN disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi pada Kurikulum 2013 (K13).

Kebijakan USBN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN pada tahun 2018. Perbedaan adalah pada jumlah peserta dan jadwal ujian. Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Selain itu, masih ada soal dari Pusat sebanyak 20 – 25 persen.

Dengan adanya kisi-kisi USBN SDLB Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini, diharapkan guru pada masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran sebagai bentuk persiapan ujian.

Yang tak kalah pentingnya juga bahwa format kisi-kisi USBN terdiri dari kolom level kognitif dan kolom ruang lingkup untuk tiap mata pelajaran yang diujikan. Pada kolom level kognitif terbagi menjadi tiga, yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sedangkan kolom ruang lingkup disesuaikan dengan pembagian ruang lingkup untuk masing-masing mata uji. Satuan pendidikan yang wajib menyelenggarakan UASBN adalah SDLB, SMPLB, dan SMALB. Guru-guru pada tingkat satuan pendidikan tersebut diharapkan dapat membuat soal USBN sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan.

Demikian informasi mengenai Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Netra Kurikulum 2013 Tahun 2019 Semoga bermanfaat untuk membantu guru dan peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi USBN pada tahun pelajaran 2018/2019.

Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Grahita Kurikulum 2013 Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Grahita Kurikulum 2013 Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Grahita Kurikulum 2013 Tahun 2019 - Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Grahita Tahun 2019 Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang Berstandar Nasional. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang Berstandar Nasional.
Hasil USBN akan menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, sehingga soal USBN diharapkan memenuhi syarat instrumen yang baik dan memberikan informasi yang valid serta objektif. Soal USBN yang kurang baik akan memberikan informasi yang tidak sesuai dengan capaian peserta didik.

Hal tersebut tentu dapat merugikan peserta didik dan memberikan informasi yang tidak tepat untuk pengambil keputusan. Penulisan soal USBN menjadi kritikal karena ditulis oleh guru pada masing-masing satuan pendidikan.

Di dalam usaha meningkatkan kualitas soal USBN perlu dijelaskan tahapan yang harus dilalui dalam penulisan soal serta kaidah penulisan soal. Pelaksanaan USBN untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan seluruh mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pada tiap satuan pendidikan. Penilaian melalui USBN merupakan penilaian yang terstandar. Untuk penilaian terstandar, maka harus ada acuan yang sama, baik dalam penyusunan soal maupun dalam pelaksanaan ujian.

  • Bahasa Indonesia
  • Ilmu Pengetahuan Alam
  • Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Matematika 
  • Pendidikan Kewarganegaraan
Untuk mempunyai filenya, silahkan download di bawah ini:
Kisi-kisi USBN berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun. Kisi-kisi ini akan menjadi pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.

Sebuah kisi-kisi soal yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain dapat mewakili isi silabus atau materi secara tepat dan proporsional. Dengan demikian, hendaknya dapat dibuat soal yang mewakili isi silabus dan komponen-komponennya bisa diuraikan secara jelas agar mudah dipahami.

Fungsi kisi-kisi USBN adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Kisi-kisi USBN disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Kisi-kisi USBN disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi pada Kurikulum 2013 (K13).

Kebijakan USBN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN pada tahun 2018. Perbedaan adalah pada jumlah peserta dan jadwal ujian. Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Selain itu, masih ada soal dari Pusat sebanyak 20 – 25 persen.

Dengan adanya kisi-kisi USBN SDLB Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini, diharapkan guru pada masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran sebagai bentuk persiapan ujian.
Yang tak kalah pentingnya juga bahwa format kisi-kisi USBN terdiri dari kolom level kognitif dan kolom ruang lingkup untuk tiap mata pelajaran yang diujikan. Pada kolom level kognitif terbagi menjadi tiga, yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sedangkan kolom ruang lingkup disesuaikan dengan pembagian ruang lingkup untuk masing-masing mata uji. Satuan pendidikan yang wajib menyelenggarakan UASBN adalah SDLB, SMPLB, dan SMALB. Guru-guru pada tingkat satuan pendidikan tersebut diharapkan dapat membuat soal USBN sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan.

Demikian informasi mengenai Kisi-kisi USBN SDLB Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Semoga bermanfaat untuk membantu guru dan peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi USBN pada tahun pelajaran 2018/2019.

Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Daksa K-13 Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Daksa K-13 Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Daksa K-13 Tahun 2019 - Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang Berstandar Nasional. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang Berstandar Nasional.
Hasil USBN akan menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, sehingga soal USBN diharapkan memenuhi syarat instrumen yang baik dan memberikan informasi yang valid serta objektif. Soal USBN yang kurang baik akan memberikan informasi yang tidak sesuai dengan capaian peserta didik.

Hal tersebut tentu dapat merugikan peserta didik dan memberikan informasi yang tidak tepat untuk pengambil keputusan. Penulisan soal USBN menjadi kritikal karena ditulis oleh guru pada masing-masing satuan pendidikan.
Di dalam usaha meningkatkan kualitas soal USBN perlu dijelaskan tahapan yang harus dilalui dalam penulisan soal serta kaidah penulisan soal. Pelaksanaan USBN untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan seluruh mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pada tiap satuan pendidikan. Penilaian melalui USBN merupakan penilaian yang terstandar. Untuk penilaian terstandar, maka harus ada acuan yang sama, baik dalam penyusunan soal maupun dalam pelaksanaan ujian.

Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Daksa Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
  1. Bahasa Indonesia
  2. Ilmu Pengetahuan Alam
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial
  4. Matematika 
  5. Pendidikan Kewarganegaraan
Link Download materi sbb:
  1. KISI-KISI USBN-SDLB-Daksa-Bahasa Indonesia-K2013.pdf 
  2. KISI-KISI USBN-SDLB-Daksa-Pendidikan Kewarganegaraan-K2013.pdf 
  3. KISI-KISI USBN-SDLB-Daksa-Matematika-K2013.pdf 
  4. KISI-KISI USBN-SDLB-Daksa-IPS-K2013.pdf 
  5. KISI-KISI USBN-SDLB-Daksa-IPA-K2013.pdf
Kisi-kisi USBN berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun. Kisi-kisi ini akan menjadi pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.

Sebuah kisi-kisi soal yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain dapat mewakili isi silabus atau materi secara tepat dan proporsional. Dengan demikian, hendaknya dapat dibuat soal yang mewakili isi silabus dan komponen-komponennya bisa diuraikan secara jelas agar mudah dipahami.

Fungsi kisi-kisi USBN adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Kisi-kisi USBN disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Kisi-kisi USBN disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi pada Kurikulum 2013 (K13).

Kebijakan USBN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN pada tahun 2018. Perbedaan adalah pada jumlah peserta dan jadwal ujian. Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Selain itu, masih ada soal dari Pusat sebanyak 20 – 25 persen.

Dengan adanya kisi-kisi USBN SDLB Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini, diharapkan guru pada masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran sebagai bentuk persiapan ujian.

Yang tak kalah pentingnya juga bahwa format kisi-kisi USBN terdiri dari kolom level kognitif dan kolom ruang lingkup untuk tiap mata pelajaran yang diujikan. Pada kolom level kognitif terbagi menjadi tiga, yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sedangkan kolom ruang lingkup disesuaikan dengan pembagian ruang lingkup untuk masing-masing mata uji. Satuan pendidikan yang wajib menyelenggarakan UASBN adalah SDLB, SMPLB, dan SMALB. Guru-guru pada tingkat satuan pendidikan tersebut diharapkan dapat membuat soal USBN sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan.

Demikian informasi mengenai Kisi-kisi USBN SDLB Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Semoga bermanfaat untuk membantu guru dan peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi USBN pada tahun pelajaran 2018/2019.

Kisi-Kisi USBN SDLB Ketunaan Autis Kurikulum 2013 Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN SDLB Autis Kurikulum 2013 Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN SDLB Autis Kurikulum 2013 Tahun 2019 - Kisi-Kisi USBN SDLB Tuna Autis Tahun 2019 Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang Berstandar Nasional. Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi ujian akhir dari satuan pendidikan yang Berstandar Nasional.
Kisi-Kisi USBN SDLB Ketunaan Autis Kurikulum 2013 Tahun 2019
Kisi-Kisi USBN SDLB Ketunaan Autis Kurikulum 2013 Tahun 2019
Hasil USBN akan menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, sehingga soal USBN diharapkan memenuhi syarat instrumen yang baik dan memberikan informasi yang valid serta objektif. Soal USBN yang kurang baik akan memberikan informasi yang tidak sesuai dengan capaian peserta didik.

Hal tersebut tentu dapat merugikan peserta didik dan memberikan informasi yang tidak tepat untuk pengambil keputusan. Penulisan soal USBN menjadi kritikal karena ditulis oleh guru pada masing-masing satuan pendidikan.

Di dalam usaha meningkatkan kualitas soal USBN perlu dijelaskan tahapan yang harus dilalui dalam penulisan soal serta kaidah penulisan soal. Pelaksanaan USBN untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan seluruh mata pelajaran dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk pada tiap satuan pendidikan. Penilaian melalui USBN merupakan penilaian yang terstandar. Untuk penilaian terstandar, maka harus ada acuan yang sama, baik dalam penyusunan soal maupun dalam pelaksanaan ujian.

Sedangkan Kisi-Kisi USBN SDLB Kurikulum 2013 Tahun 2019 terdiri dari:

Kisi-Kisi USBN SDLB Autis Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini terdiri dari:
Bahasa Indonesia
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Matematika 
Pendidikan Kewarganegaraan

KISI-KISI USBN-SDLB-Autis-Bahasa Indonesia-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SDLB-Autis-Pendidikan Kewarganegaraan-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SDLB-Autis-Matematika-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SDLB-Autis-IPS-K2013.pdf 
KISI-KISI USBN-SDLB-Autis-IPA-K2013.pdf

Kisi-kisi USBN berbentuk format atau matrik yang memuat kriteria soal-soal yang akan disusun. Kisi-kisi ini akan menjadi pedoman dalam penulisan soal ujian yang akan dimunculkan, sehingga nantinya akan dihasilkan soal yang sesuai dengan tujuannya.

Sebuah kisi-kisi soal yang baik harus memenuhi persyaratan, antara lain dapat mewakili isi silabus atau materi secara tepat dan proporsional. Dengan demikian, hendaknya dapat dibuat soal yang mewakili isi silabus dan komponen-komponennya bisa diuraikan secara jelas agar mudah dipahami.

Fungsi kisi-kisi USBN adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Kisi-kisi USBN disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. Kisi-kisi USBN disusun dengan mempertimbangkan lingkup materi pada Kurikulum 2013 (K13).

Kebijakan USBN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN pada tahun 2018. Perbedaan adalah pada jumlah peserta dan jadwal ujian. Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Selain itu, masih ada soal dari Pusat sebanyak 20 – 25 persen.

Dengan adanya kisi-kisi USBN SDLB Kurikulum 2013 Tahun 2019 ini, diharapkan guru pada masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran sebagai bentuk persiapan ujian.

Yang tak kalah pentingnya juga bahwa format kisi-kisi USBN terdiri dari kolom level kognitif dan kolom ruang lingkup untuk tiap mata pelajaran yang diujikan. Pada kolom level kognitif terbagi menjadi tiga, yaitu pengetahuan dan pemahaman, aplikasi, dan penalaran. Sedangkan kolom ruang lingkup disesuaikan dengan pembagian ruang lingkup untuk masing-masing mata uji. Satuan pendidikan yang wajib menyelenggarakan UASBN adalah SDLB, SMPLB, dan SMALB. Guru-guru pada tingkat satuan pendidikan tersebut diharapkan dapat membuat soal USBN sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan.
Demikian informasi mengenai Kisi-kisi USBN SDLB Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Semoga bermanfaat untuk membantu guru dan peserta didik dalam mempersiapkan diri menghadapi USBN pada tahun pelajaran 2018/2019.

Berikut Ini Kisi-Kisi USBN Mata Pelajaran Keagamaan Tahun 2019

Berikut Ini Kisi-Kisi USBN Mata Pelajaran Keagamaan Tahun 2019

Secara umum bahwa kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat kriteria tentang soal-soal yang diperlukan atau    yang hendak disusun. Kisi-kisi juga dapat diartikan test blue-print atau table of specification merupakan deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan. Wujudnya adalah sebuah tabel yang memuat tentang perperincian materi dan tingkah laku beserta imbangan/proporsi yang dikehendaki oleh penilai. Tiap kotak diisi dengan bilangan yang menunjukkan jumlah soal.
Berikut Ini Kisi-Kisi USBN Mata Pelajaran Keagamaan Tahun 2019
Berikut Ini Kisi-Kisi USBN Mata Pelajaran Keagamaan Tahun 2019
Selain itu, Kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk  menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes. Kisi-kisi berisi ruang lingkup dan isi materi yang akan diujikan. Tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis soal.

Fungsi khusus dari kisi-kisi USBN antara lain:
  1. Panduan/pedoman dalam penulisan soal  yang hendak disusun Pedoman penulisan soal meurupakan aspek tepenting ketika guru hendak memberikan soal kepada siswa, pedoman tersebut akan menjadi acuan bagi guru dalam penulisan soal sehingga akan memudahkan dalam pembuatan soal.
  2. Penulis soal akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes. Tes merupakan bahan evaluasi guru terhadap keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran yang disampaikan, guru dalam mengevalusi peserta didik akan memberikan soal tes evaluasi yang bermacam-macam sesuai dengan tujuan pencapaian evalusi terhadap pembelajaran tertenu. Dalam pembuatan soal yang menggunakan kisi-kisi, penulis akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.
  3. Penulis soal yang berbeda akan menghasilkan perangkat soal yang relatif sama, dari segi tingkat kedalamannyas segi cakupan materi yang ditanyakan. Penulisan kisi-kisi berfungsi untuk menselaraskan perangkat soal, sehingga hal ini juga akan mempermudah dalam proses evaluasi.

Syarat Kisi-Kisi
  1. Kisi-kisi harus dapat mewakili isi silabus/kurikulum atau materi yang telah diajarkan  secara tepat dan proporsional.
  2. Komponen-komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami.
  3. Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya.

Manfaat Kisi-Kisi

Manfaat kisi-kisi yaitu sebagai pedoman dalam penulisan soal atau dalam merakit soal menjadi suatu tes. Manfaat lain dari kisi-kisi ialah untuk menjamin sampel soal yang baik, dalam arti mencakup semua pokok bahasan secara proporsional. Agar item-item atau butir-butir tes mencakup keseluruhan materi (pokok bahasan atau sub pokok bahasan) secara proporsional, maka sebelum menulis butir-butir tes terlebih dahulu kita harus membuat kisi-kisi sebagai pedoman. Sebuah kisi-kisi memuat jumlah butir yang harus dibuat untuk setiap bentuk soal dan setiap pokok bahasab serta untuk setiap aspek kemampuan yang hendak diukur.
Dengan uraian di atas berikut disampaikan materi Kisi-Kisi USBN Mata Pelajaran Keagamaan Tahun 2019.

  1. Kisi-Kisi USBN SD PA Islam K-2013.pdf
  2. Kisi-Kisi USBN SD PA Islam K-2006.pdf
  3. Kisi Kisi USBN SDTK Pengetahuan Alkitab.pdf
  4. Kisi Kisi USBN SD PA Kristen.pdf
  5. Kisi-Kisi USBN SMA-SMK PA Islam K-2013.pdf
  6. Kisi-Kisi USBN SMA-SMK PA Islam K-2006.pdf
  7. Kisi-Kisi Ujian Nasional PA Hindu 2019.pdf
  8. Kisi Kisi USBN SMTK Pengetahuan Alkitab.pdf
  9. Kisi Kisi USBN SMTK PA Kristen K-2013.pdf
  10. Kisi Kisi USBN SMTK PA Kristen K-2006.pdf
  11. Kisi Kisi USBN SMTK Keagamaan.pdf
  12. Kisi Kisi USBN SMPT Sejarah Gereja.pdf
  13. Kisi Kisi USBN SMP PA Kristen K-2013.pdf
  14. Kisi Kisi USBN SMP PA Kristen K-2006.pdf
  15. Kisi Kisi USBN SMP PA Katolik dan Budi Pekerti SMP K-2013.pdf
  16. Kisi Kisi USBN SMP PA Katolik dan Budi Pekerti K-2006.pdf
  17. Kisi-Kisi USBN SMP PA Islam K-2013.pdf
  18. Kisi-Kisi USBN SMP PA Islam K-2006.pdf
  19. Kisi Kisi USBN SMAK Sejarah Gereja Agama Katolik K-2013.pdf
  20. Kisi Kisi USBN SMAK Sejarah Gereja Agama Katolik K-2006.pdf
  21. Kisi Kisi USBN SMAK Pastoral Katekese Agama Katolik K-2013.pdf
  22. Kisi Kisi USBN SMAK Pastoral Katekese Agama Katolik K-2006.pdf
  23. Kisi Kisi USBN SMAK Liturgi Agama Katolik K-2013.pdf
  24. Kisi Kisi USBN SMAK Liturgi Agama Katolik K-2006.pdf
  25. Kisi Kisi USBN SMAK Kitab Suci Agama Katolik K-2013.pdf
  26. Kisi Kisi USBN SMAK Kitab Suci Agama Katolik K-2006.pdf
  27. Kisi Kisi USBN SMAK Doktrin Gereja Katolik dan Moral Kristiani K-2013.pdf
  28. Kisi Kisi USBN SMA PA Katolik dan Budi Pekerti K-2006.pdf
  29. Kisi Kisi USBN SMA PA Katolik dan Budi Pekerti K-2013.pdf

Demikian semoga materi Kisi-Kisi USBN Mata Pelajaran Keagamaan Tahun 2019 dapat bermanfaat. Mohon maaf atas segala kekurangan.