Download Kisi-Kisi USBN Kejar Paket C K-2006 Tahun 2019

Download Kisi-Kisi USBN Kejar Paket C K-2006 Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN Kejar Paket C K-2006 Tahun 2019 - Pelaksanaan Ujian Nasional akan kembali diselenggarakan pada tahun 2019 untuk tahun pelajaran 2018/2019. Dan Badan Standar Nasional Pendidikan Indonesia Indnonesia (BSNP Indoensia) telah mengeluarkan kisi-kisi USBN Kejar Paket A, Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA/MA/K) untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dapat digunakan sebagai acuan belajar dalam mempersiapkan ujian nasional tahun 2019.
Download Kisi-Kisi USBN Kejar Paket C K-2006 Tahun 2019
Download Kisi-Kisi USBN Kejar Paket C K-2006 Tahun 2019
Kisi-kisi secara nyata berfungsi sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal Ujian Nasional UN. Dan kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Kebijakan pelaksanaan kegiatan Ujian Nasional UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan kebijakan UN pada tahun 2018 yang lalu.
Download juga: POS UN dan USBN Tahun 2019
Bentuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat, dan penerapan soal UN berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dalam hal ini diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian.

Terkait dengan pelaksanaan Ujiaan Nasional UN, BSNP akan segera merilis POS UN dan USBN dengan ketentuan mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut  merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional UN dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Berbagai macam persiapan dilakukan oleh pihak penyelenggara dengan harapan sukses pelaksanaan dan sekses hasil Ujian Nasional. Meskipun hasil Ujian Nasional – UN sudah tidak menjadi penentu kelulusan, namun kegagalan dalam Ujian Nasional akan menjatuhkan nama penyelenggara kegiatan, oleh sebab itu pihak Penyelenggara tetap berusaha agar nilai hasil Ujian Nasinal (UN) sangat memuaskan.

Suatu hal yang lazim dilakukan oleh sekolah agar nilai UN-nya memuaskan adalah dengan mengadakan tambahan jam pelajaran atau les. Peserta didik diberi materi tambahan terutama latihan-latihan soal Ujian Nasional (UN) sesuai jenjang pendidikannya.

Bermacam-macam latihan soal diberikan oleh guru, misalnya dengan berlatih mengerjakan soal Ujian Nasional (UN) tahun yang lalu.

Tujuan dari bedah kisi-kisi Ujian Nasional-UN adalah untuk mengetahui sejauh mana materi esensial yang dimungkinkan muncul menjadi soal UN. Jadi kegiatan ini bertujuan untuk mencari celah-celah materi yang dapat dijadikan bahan untuk pembelajaran di sekolah.

Dengan demikian tambahan jam pelajaran dapat dilakukan dengan terarah sesuai kisi-kisi Ujian Nasional-UN.

Namun sayangnya sekolah terkadang melupakan kegiatan yang sama untuk mata pelajaran Ujian Sekolah- US dan USBN. Padahal dalam kenyataan yang terjadi saat ini adalah Nilai US dan USBN yang digunakan sebagai dasar penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Dengan demikian dapat pula diambil garis besarnya bahwa:
-Kisi-kisi disusun berdasar tujuan penggunaan tes.
-Melalui kisi-kisi dapat diketahui arah dan tujuan setiap soal.

Selain itu kisi-kisi juga dapat diartikan test blue-print yaitu deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan. Wujudnya kisi-kisi merupakan sebuah tabel yang memuat tentang perperincian materi dan tingkah laku beserta proporsi yang dikehendaki oleh penilai.

Kisi-kisi yang baik minimal harus mengacu pada kurikulum yang berlaku, komponennya jelas, dan dapat dibuat soal. Sedangkan tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup materi dan sebagai petunjuk dalam menulis soal.

Kisi-kisi digunakan sebagai pedoman dalam penulisan soal sehingga mampu menghasilkan soal sesuai dengan tujuan tes. Sebagai pedoman dalam perakitan butir soal hingga terhimpun menjadi perangkat tes yang siap digunakan, sedangkan komponen yang harus ada dalam kisi-kisi terbagi dalam dua kelompok.

Pertama, kelompok identitas meliputi jenis lembaga pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran, kurikulum acuan, bentuk soal dan jumlah soal.

Kedua, berupa matrik yang terdiri atas kolom kompetensi dasar, materi esensial, indikator dan nomor soal.

Mata Pelajaran pada Ujian sekolah Berstandar Nasional maupun Ujian Nasional (UN) pada jenjang Paket dikategorikan menjadi:

1. Paket A: (Kurikulum 2006) ➤ DOWNLOAD DI SINI
  1. Bahasa Indonesia, 
  2. Ilmu Pengetahuan Alam, 
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial, 
  4. Matematika, dan 
  5. Pendidikan Kewarganegaraan

2. Paket B: (Kurikulum 2006) ➤ DOWNLOAD DI SINI
  1. Pendidikan Kewarganegaraan, 
  2. Bahasa Indonesia, 
  3. Matematika, 
  4. Ilmu Pengetahuan Alam, 
  5. Ilmu Pengetahuan Sosial, dan 
  6. Bahasa Inggris.

3. Paket C: (Kurikulum 2006) DOWNLOAD DI SINI

Mata Pelajaran Bhs Indonesia, Program Studi IPA/IPS
Mata Pelajaran Bhs Inggris, Program Studi IPA/IPS
Mata Pelajaran Biologi, Program Studi IPA
Mata Pelajaran Fisika, Program Studi IPA
Mata Pelajaran Kimia, Program Studi IPA
Mata Pelajaran Matematika, Program Studi IPA
Mata Pelajaran Ekonomi, Program Studi IPS
Mata Pelajaran Geografi, Program Studi IPS
Mata Pelajaran Matematika, Program Studi IPS
Mata Pelajaran Sosiologi, Program Studi IPS
Mata Pelajaran PKn, Program Studi IPA/IPS
Mata Pelajaran Sejaran Indonesia, Program Studi IPA/IPS

Materi secara lengkap tersebut di atas terdapat pada link download berikut ini:

  1. Kisi-Kisi USBN Paket C IPS-Ekonomi Kurikulum 2006.pdf
  2. Kisi-Kisi USBN Paket C Sejarah Indonesia-IPA-IPS Kurikulum 2006.pdf
  3. Kisi-Kisi USBN Paket C PKn-IPA-IPS Kurikulum 2006.pdf
  4. Kisi-Kisi USBN Paket C IPS-Matematika Kurikulum 2006.pdf
  5. Kisi-Kisi USBN Paket C IPS-Sosiologi Kurikulum 2006.pdf
  6. Kisi-Kisi USBN Paket C IPS-Geografi Kurikulum 2006.pdf
  7. Kisi-Kisi USBN Paket C IPA-Kimia Kurikulum 2006.pdf
  8. Kisi-Kisi USBN Paket C IPA-Fisika Kurikulum 2006.pdf
  9. Kisi-Kisi USBN Paket C IPA-Matematika Kurikulum 2006.pdf
  10. Kisi-Kisi USBN Paket C IPA-Biologi Kurikulum 2006.pdf
  11. Kisi-Kisi USBN Paket C Bhs Inggris-IPA-IPS Kurikulum 2006.pdf
  12. Kisi-Kisi USBN Paket C Bhs Indonesia-IPA-IPS Kurikulum 2006.pdf

Demikian ulasan singkat materi Download Kisi-Kisi USBN Kejar Paket C K-2006 Tahun 2019 semoga bermanfaat. Dan mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam membagikan materi ini.

NB: gunakan menu “LABEL” untuk mencari materi yang akan dibutuhkan dengan tujuan menyingkat waktu. Terima kasih.

Kisi-Kisi USBN Kejar Paket B K-2006 Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN Kejar Paket B K-2006 Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN Kejar Paket B K-2006 Tahun 2019 - Pelaksanaan Ujian Nasional akan kembali diselenggarakan pada tahun 2019 untuk tahun pelajaran 2018/2019. Dan Badan Standar Nasional Pendidikan Indonesia Indnonesia (BSNP Indoensia) telah mengeluarkan kisi-kisi USBN Kejar Paket A, Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA/MA/K) untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dapat digunakan sebagai acuan belajar dalam mempersiapkan ujian nasional tahun 2019.
Kisi-Kisi USBN Kejar Paket B K-2006 Tahun 2019
Kisi-Kisi USBN Kejar Paket B K-2006 Tahun 2019
Kisi-kisi secara nyata berfungsi sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan juga Ujian Nasional UN. Dan kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Kebijakan pelaksanaan kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan kebijakan UN pada tahun 2018 yang lalu.

Bentuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat, dan penerapan soal UN berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dalam hal ini diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian.

Terkait dengan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujiaan Nasional UN, BSNP akan segera merilis POS UN dan USBN dengan ketentuan mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut  merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional UN dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Berbagai macam persiapan dilakukan oleh pihak penyelenggara dengan harapan sukses pelaksanaan dan sekses hasil Ujian Nasional. Meskipun hasil Ujian Nasional – UN sudah tidak menjadi penentu kelulusan, namun kegagalan dalam Ujian Nasional akan menjatuhkan nama penyelenggara kegiatan, oleh sebab itu pihak Penyelenggara tetap berusaha agar nilai hasil Ujian Nasinal (UN) sangat memuaskan.

Suatu hal yang lazim dilakukan oleh sekolah agar nilai UN-nya memuaskan adalah dengan mengadakan tambahan jam pelajaran atau les. Peserta didik diberi materi tambahan terutama latihan-latihan soal Ujian Nasional (UN) sesuai jenjang pendidikannya.

Bermacam-macam latihan soal diberikan oleh guru, misalnya dengan berlatih mengerjakan soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN) tahun yang lalu.

Tujuan dari bedah kisi-kisi Ujian Nasional-UN adalah untuk mengetahui sejauh mana materi esensial yang dimungkinkan muncul menjadi soal UN. Jadi kegiatan ini bertujuan untuk mencari celah-celah materi yang dapat dijadikan bahan untuk pembelajaran di sekolah.

Dengan demikian tambahan jam pelajaran dapat dilakukan dengan terarah sesuai kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional-UN.

Namun sayangnya sekolah terkadang melupakan kegiatan yang sama untuk mata pelajaran Ujian Sekolah- US dan USBN. Padahal dalam kenyataan yang terjadi saat ini adalah Nilai US dan USBN yang digunakan sebagai dasar penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Dengan demikian dapat pula diambil garis besarnya bahwa:
- Kisi-kisi disusun berdasar tujuan penggunaan tes.
- Melalui kisi-kisi dapat diketahui arah dan tujuan setiap soal.

Selain itu kisi-kisi juga dapat diartikan test blue-print yaitu deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan. Wujudnya kisi-kisi merupakan sebuah tabel yang memuat tentang perperincian materi dan tingkah laku beserta proporsi yang dikehendaki oleh penilai.
Baca juga: Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019
Kisi-kisi yang baik minimal harus mengacu pada kurikulum yang berlaku, komponennya jelas, dan dapat dibuat soal. Sedangkan tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup materi dan sebagai petunjuk dalam menulis soal.

Kisi-kisi digunakan sebagai pedoman dalam penulisan soal sehingga mampu menghasilkan soal sesuai dengan tujuan tes. Sebagai pedoman dalam perakitan butir soal hingga terhimpun menjadi perangkat tes yang siap digunakan, sedangkan komponen yang harus ada dalam kisi-kisi terbagi dalam dua kelompok.

Pertama, kelompok identitas meliputi jenis lembaga pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran, kurikulum acuan, bentuk soal dan jumlah soal.

Kedua, berupa matrik yang terdiri atas kolom kompetensi dasar, materi esensial, indikator dan nomor soal.

Mata Pelajaran pada Ujian sekolah Berstandar Nasional maupun Ujian Nasional (UN) pada jenjang Paket dikategorikan menjadi:

1. Paket A: (Kurikulum 2006)
  • Bahasa Indonesia, 
  • Ilmu Pengetahuan Alam, 
  • Ilmu Pengetahuan Sosial, 
  • Matematika, dan 
  • Pendidikan Kewarganegaraan

Untuk materi Kisi-Kisi USBN Kejar Paket A K-2006 Tahun 2019 download DI SINI
2. Paket B: (Kurikulum 2006)
  • Pendidikan Kewarganegaraan, 
  • Bahasa Indonesia, 
  • Matematika, 
  • Ilmu Pengetahuan Alam, 
  • Ilmu Pengetahuan Sosial, dan 
  • Bahasa Inggris.

Materi Kisi-Kisi USBN Kejar Paket B K-2006 Tahun 2019 tersebut di atas secara lengkapnya terdapat pada link download berikut ini:



3. Paket C: (Kurikulum 2006)
  1. Mata Pelajaran Bhs Indonesia, Program Studi IPA/IPS
  2. Mata Pelajaran Bhs Inggris, Program Studi IPA/IPS
  3. Mata Pelajaran Biologi, Program Studi IPA
  4. Mata Pelajaran Fisika, Program Studi IPA
  5. Mata Pelajaran Kimia, Program Studi IPA
  6. Mata Pelajaran Matematika, Program Studi IPA
  7. Mata Pelajaran Ekonomi, Program Studi IPS
  8. Mata Pelajaran Geografi, Program Studi IPS
  9. Mata Pelajaran Matematika, Program Studi IPS
  10. Mata Pelajaran Sosiologi, Program Studi IPS
  11. Mata Pelajaran PKn, Program Studi IPA/IPS
  12. Mata Pelajaran Sejarah Indonesia, Program Studi IPA/IPS

Demikian ulasan singkat materi Kisi-Kisi USBN Kejar Paket B K-2006 Tahun 2019 semoga bermanfaat. Dan mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam membagikan materi ini.

Ingin lebih mudah mencari materi di setiap website/blog silahkan gunakan menu “LABEL” untuk mencari materi yang akan dibutuhkan dengan tujuan menyingkat waktu. Terima kasih.

Kisi-Kisi USBN Kejar Paket A Tahun 2019 Lengkap

Kisi-Kisi USBN Kejar Paket A Tahun 2019 Lengkap

Kisi-Kisi USBN Kejar Paket A Tahun 2019 Lengkap - Pelaksanaan Ujian Nasional akan kembali diselenggarakan pada tahun 2019 untuk tahun pelajaran 2018/2019. Dan Badan Standar Nasional Pendidikan Indonesia Indnonesia (BSNP Indoensia) telah mengeluarkan kisi-kisi USBN Paket A,  Paket B (setara SMP) dan Paket C (setara SMA/MA/K) untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 yang dapat digunakan sebagai acuan belajar dalam mempersiapkan ujian nasional tahun 2019.
Kisi-Kisi USBN Kejar Paket A Tahun 2019 Lengkap
Kisi-Kisi USBN Kejar Paket A Tahun 2019 Lengkap
Kisi-kisi secara nyata berfungsi sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal Ujian Nasional UN. Dan kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Kebijakan pelaksanaan kegiatan Ujian Nasional UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan kebijakan UN pada tahun 2018 yang lalu.

Bentuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat, dan penerapan soal UN berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dalam hal ini diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian.

Terkait dengan pelaksanaan Ujiaan Nasional UN, BSNP akan segera merilis POS UN dan USBN dengan ketentuan mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut  merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan Ujian Nasional UN dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Berbagai macam persiapan dilakukan oleh pihak penyelenggara dengan harapan sukses pelaksanaan dan sekses hasil Ujian Nasional. Meskipun hasil Ujian Nasional – UN sudah tidak menjadi penentu kelulusan, namun kegagalan dalam Ujian Nasional akan menjatuhkan nama penyelenggara kegiatan, oleh sebab itu pihak Penyelenggara tetap berusaha agar nilai hasil Ujian Nasinal (UN) sangat memuaskan.

Suatu hal yang lazim dilakukan oleh sekolah agar nilai UN-nya memuaskan adalah dengan mengadakan tambahan jam pelajaran atau les. Peserta didik diberi materi tambahan terutama latihan-latihan soal Ujian Nasional (UN) sesuai jenjang pendidikannya.

Bermacam-macam latihan soal diberikan oleh guru, misalnya dengan berlatih mengerjakan soal Ujian Nasional (UN) tahun yang lalu.

Tujuan dari bedah kisi-kisi Ujian Nasional-UN adalah untuk mengetahui sejauh mana materi esensial yang dimungkinkan muncul menjadi soal UN. Jadi kegiatan ini bertujuan untuk mencari celah-celah materi yang dapat dijadikan bahan untuk pembelajaran di sekolah.

Dengan demikian tambahan jam pelajaran dapat dilakukan dengan terarah sesuai kisi-kisi Ujian Nasional-UN.

Namun sayangnya sekolah terkadang melupakan kegiatan yang sama untuk mata pelajaran Ujian Sekolah- US dan USBN. Padahal dalam kenyataan yang terjadi saat ini adalah Nilai US dan USBN yang digunakan sebagai dasar penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Dengan demikian dapat pula diambil garis besarnya bahwa:
-Kisi-kisi disusun berdasar tujuan penggunaan tes.
-Melalui kisi-kisi dapat diketahui arah dan tujuan setiap soal.

Selain itu kisi-kisi juga dapat diartikan test blue-print yaitu deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan. Wujudnya kisi-kisi merupakan sebuah tabel yang memuat tentang perperincian materi dan tingkah laku beserta proporsi yang dikehendaki oleh penilai.

Kisi-kisi yang baik minimal harus mengacu pada kurikulum yang berlaku, komponennya jelas, dan dapat dibuat soal. Sedangkan tujuan penyusunan kisi-kisi adalah untuk menentukan ruang lingkup materi dan sebagai petunjuk dalam menulis soal.

Kisi-kisi digunakan sebagai pedoman dalam penulisan soal sehingga mampu menghasilkan soal sesuai dengan tujuan tes. Sebagai pedoman dalam perakitan butir soal hingga terhimpun menjadi perangkat tes yang siap digunakan, sedangkan komponen yang harus ada dalam kisi-kisi terbagi dalam dua kelompok.

Pertama, kelompok identitas meliputi jenis lembaga pendidikan, mata pelajaran, kelas/semester, tahun pelajaran, kurikulum acuan, bentuk soal dan jumlah soal.

Kedua, berupa matrik yang terdiri atas kolom kompetensi dasar, materi esensial, indikator dan nomor soal.

Mata Pelajaran pada Ujian sekolah Berstandar Nasional maupun Ujian Nasional (UN) pada jenjang Paket dikategorikan menjadi:

1. Paket A: (Kurikulum 2006)

Bahasa Indonesia, 
Ilmu Pengetahuan Alam, 
Ilmu Pengetahuan Sosial, 
Matematika, dan 
Pendidikan Kewarganegaraan

2. Paket B: (Kurikulum 2006)

Pendidikan Kewarganegaraan, 
Bahasa Indonesia, 
Matematika, 
Ilmu Pengetahuan Alam, 
Ilmu Pengetahuan Sosial, dan 
Bahasa Inggris.

3. Paket C: (Kurikulum 2006)

Mata Pelajaran Bhs Indonesia, Program Studi IPA/IPS
Mata Pelajaran Bhs Inggris, Program Studi IPA/IPS
Mata Pelajaran Biologi, Program Studi IPA
Mata Pelajaran Fisika, Program Studi IPA
Mata Pelajaran Kimia, Program Studi IPA
Mata Pelajaran Matematika, Program Studi IPA
Mata Pelajaran Ekonomi, Program Studi IPS
Mata Pelajaran Geografi, Program Studi IPS
Mata Pelajaran Matematika, Program Studi IPS
Mata Pelajaran Sosiologi, Program Studi IPS
Mata Pelajaran PKn, Program Studi IPA/IPS
Mata Pelajaran Sejaran Indonesia, Program Studi IPA/IPS

Download juga:
  1. Cara Pendataan Calon Peserta UN Tahun 2019-SD-MI,SMP-MTs,Paket B dan C
  2. Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019
  3. POS UN dan USBN Tahun 2019
  4. Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru dan Siswa MA Kelas XII
  5. Buku K2013 PAI Bahasa Arab Guru MTs Kelas 7-8-9
  6. Buku Bahasa Arab K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12
  7. Buku Siswa MI K2013 SKI Kelas 3,4,5,6 MI

Hal tersebut di atas secara lengkapnya terdapat pada link download berikut ini:


Demikian ulasan singkat materi Kisi-Kisi USBN Kejar Paket A Tahun 2019 Lengkap semoga bermanfaat. Dan mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam membagikan materi ini.

Download Free - RPP Kelas 4 Tema 8 Kurikulum 2013 Semester 2 Hasil Revisi

RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema 8 Semester 2 Hasil Revisi  ini merupakan materi yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan pendidik di jenjang sekolah dasar, dikarenakan tahun pelajaran semester 2 sudah akan berakhir, namun masih juga kita selaku pendidik mesti mempunyai arsip sebagai barang bukti pelaksanaan pembelajaran di kelas 4 pada khususnya.


Apabila belum mempunya RPP tema 6 dan tema 7 silahkan klik DI SINI SAJA

Dengan segala kerendahan hati dan penuh kesabaran file ini kami susun untuk mempermudah bapak/ibu melengkapi administrasi pembelajarannya.

1.1. RPP Tema 8 Sub 1 IPA, Bahasa Indonesia.doc
1.2. RPP Tema 8 Sub 1 IPA, Bahasa Indonesia, SBdP.doc
1.3. RPP Tema 8 Sub 1 PPKn, Bahasa Indonesia, IPS.doc
1.4. RPP Tema 8 Sub 1 PPKn, Bahasa Indonesia, IPS 1.doc
1.5. RPP Tema 8 Sub 1 PPKn, Bahasa Indonesia, SBdP.doc
1.6. RPP Tema 8 Sub 1 Bahasa Indonesia, SBdP.doc

2.1. RPP Tema 8 Sub 2 IPA, Bahasa Indonesia.doc
2.2. RPP Tema 8 Sub 2 IPA, Bahasa Indonesia, SBdP.doc
2.3. RPP Tema 8 Sub 2 PPKn, Bahasa Indonesia, IPS.doc
2.4. RPP Tema 8 Sub 2 PPKn, Bahasa Indonesia, IPS 1.doc
2.5. RPP Tema 8 Sub 2 PPKn, Bahasa Indonesia, SBdP.doc
2.6. RPP Tema 8 Sub 2 SBdP, Bahasa Indonesia.doc

3.1. RPP Tema 8 Sub 3 IPA, Bahasa Indonesia.doc
3.2. RPP Tema 8 Sub 3 IPA, Bahasa Indonesia, SBdP.doc
3.3. RPP Tema 8 Sub 3 PPKn, Bahasa Indonesia, IPS.doc
3.4. RPP Tema 8 Sub 3 PPKn, Bahasa Indonesia, IPS 1.doc
3.5. RPP Tema 8 Sub 3 PPKn, Bahasa Indonesia, SBdP.doc
3.6. RPP Tema 8 Sub 3 SBdP, Bahasa Indonesia.doc

4.1. RPP Tema 8 Sub 3 Kegiatan Pembiasaan Literasi 1.doc
4.2. RPP Tema 8 Sub 3 Kegiatan Pembiasaan Literasi 2.doc
4.3. RPP Tema 8 Sub 3 Kegiatan Pembiasaan Literasi 3.doc
4.4. RPP Tema 8 Sub 3 Kegiatan Pembiasaan Literasi 4.doc
4.5. RPP Tema 8 Sub 3 Kegiatan Pembiasaan Literasi 5.doc
4.6. RPP Tema 8 Sub 3 Kegiatan Pembiasaan Literasi 6.doc

Semoga dokumen RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Tema 8 Semester 2 Hasil Revisi dapat dimanfaatkan bapak/ibu semuanya secara maksimal, kurang dan lebihnya mohon maaf...

RPP Kurikulum 2013 Tema 9 - Sub Tema 1-4 Hasil Revisi Terbaru

RPP KURIKULUM 2013 TEMA 9 - SUB TEMA 1-4

RPP Kurikulum 2013 Tema 9 - Sub Tema 1-4 dengan pilihan menu download berikut ini:

RPP tema 9 Sub Tema 1:



RPP tema 9 Sub Tema 2:



RPP tema 9 Sub Tema 4:



RPP tema 9 Sub Tema 4:



Berbahagialah bagi pengunjung yang telah berkunjung di blog kami yang sederhana ini dengan harapan RPP Kurikulum 2013 Tema 9 - Sub Tema 1-4 yang kami bagikan ini dapat dimanfaatkan untuk mendidik anak bangsa.

RPP Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II





RPP Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II
RPP Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II -
RPP KTSP Kelas 4 Semester Ganjil
RPP KTSP Kelas 4 Semester Genap

RPP Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II

Cara Praktis Pendataan Calon Peserta UN Tahun 2019-SD-MI,SMP-MTs,Paket B dan C

Cara Praktis Pendataan Calon Peserta UN Tahun 2019 - SD/MI, SMP/MTs, Paket B dan C

Cara Praktis Pendataan Calon Peserta UN Tahun 2019 - Manual Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional 2018/2019 SD/MI
Cara Praktis Pendataan Calon Peserta UN Tahun 2019-SD-MI,SMP-MTs,Paket B dan C
Cara Praktis Pendataan Calon Peserta UN Tahun 2019-SD-MI,SMP-MTs,Paket B dan C
Pusat Penilaian Pendidikan mengembangkan sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah/Madrasah 2019 SD/MI berawal pada pelaksanaan US/M tahun ajaran 2017/2018 yang mana masih terkendala dalam penyelengaraan pendataan baik teknis maupun non-teknis. Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah Madrasah pada tahun 2019 telah mengalami perubahan untuk tercapainya kualitas data demi terwujudnya Satu Data yang mengacu kepada peraturan Pendataan Calon Peserta Ujian Sekola/Madrasah yang berlaku.

Dengan melihat kepada permasalahan yang ada, kami merasa perlu merubah metode pendataan yang biasa di gunakan dan melakukan peningkatan sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah/Madrasah 2019 SD/MI. Karena hal tersebut kami membuat “Panduan Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah Madrasah daring 2018” untuk mempermudah penggunaannya.

Panduan ini merupakan gabungan dari beberapa modul Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah Madrasah secara daring 2019, yang khusus membahas pendataan calon peserta secara online. 

Kami berharap “Panduan Penggunaan Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah Madrasah daring 2019” ini dapat bermanfaat sebagai pegangan atau referensi bagi tenaga-tenaga teknis komputerisasi US/M di seluruh Indonesia untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam mengoperasikan program yang kami buat.

Spesifikasi Hardware

Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi komputer yang akan digunakan untuk melakukan proses pengentrian ke dalam sistem Pendataan online. Dimana spesifikasi tersebut akan dibagi menjadi 2 yaitu sepesifikasi perangkat keras (Hardware) dan spesifikasi perangkat lunak (Software). Untuk perangkat keras sebaiknya komputer yang digunakan tidak akan terasa lambat dalam menjalankan aplikasi atau lainnya yang disebabkan oleh perangkat keras ataupun sistem operasinya. Berikut Rekomendasi untuk Perangkat Keras dan Perangkat Lunak.

1. Perangkat Keras

Sebaiknya menggunakan komputer dengan spesifikasi minimum :
Prosesor : Pentium III dan diatasnya (atau AMD Athlon XP)
Memori : 128 MB
Adapter : VGA 16 Bit (32 Mb) dengan resolusi 1024 x 800
Printer : Laser jet / Deskjet (printer tinta atau laser)

2. Perangkat Lunak

Dalam hal ini lebih menunjuk ke dalam sistem operasi (OS) yang digunakan minimum Windows XP Home / Profesional Edition

Spesifikasi Software

Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi aplikasi yang harus tersedia atau terinstall di dalam komputer user yang berhubungan dengan proses pengentryan data.

1. Browser Internet

Merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman web yang berhubungan dengan proses pengentrian data, pengolahan atau pengeditan data. Browser ini sangat diperlukan karena modul-modul dalam sistem Pendataan Calon Peserta US/M daring adalah berupa halaman web yang diletakkan pada situs World Wide Web (www). Sehingga memungkinkan user melakukan proses entry pendaftaran siswa melalui jaringan internet tanpa harus menggunakan aplikasi khusus.

Detail spesifikasi browser yang disarankan adalah :
Nama Browser : Mozilla Firefox Versi Terbaru
Produksi : Mozilla

2. Microsoft Excel

Merupakan suatu aplikasi keluaran Microsoft Corporation yang digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk spreadsheet.

Aplikasi ini dibutuhkan untuk mendukung sistem Pendataan Calon Peserta US/M daring karena Laporan yang dihasilkan ada dalam bentuk xls (entension dari microsoft excel). Sehingga dengan bantuan atau fitur-fitur yang tersedia di microsoft excel memungkinkan Anda untuk mempercantik bentuk tampilan laporan sebelum Anda mencetaknya.

Detail spesifikasi minimum yang diminta adalah:
Nama : Microsoft Excel versi 2000 atau diatasnya
Produksi : Microsoft
Untuk lebih jelas dan lengkapnya panduan pendataan calon peserta ujian nasional tahun pelajaran 2018/2019 dapat di baca setelah didownload di dokumen berikut ini:

Demikian ulasan singkat materi Cara Praktis Pendataan Calon Peserta UN Tahun 2019-SD-MI,SMP-MTs,Paket B dan C semoga membawa kelancaran dalam mendata siswa/siswi kita dalam mempersiapkan calon peserta ujian mendatang.

Download free Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019

Download free Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019 - BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) selaku penyelenggara Ujian Nasional secara resmi telah merilis kisi-kisi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK, serta paket A, B dan paket C tahun 2019 mendatang. Pengumuman kisi-kisi UN dan USBN 2019 ini disampaikan pihak Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Republik Indonesia melalui akun instagram @kemdikbud.ri pada (4/12/2018) atau juga secara lengkap dapat pula dilihat  di http://bsnp-indonesia.org
Download free Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019
Download free Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019
Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sangat, karena kamu jadi bisa belajar secara lebih efektif dan juga menghemat waktu. Dengan memahami kisi-kisi UN dan USBM 2019 kamu akan lebih mengetahui materi apa saja yang harus dipelajari. So, sudah siap memulai persiapan UN dan USBM 2019? Yuk, lihat semua kisi-kisinya secara lengkap dengan klik link di bawah ini ya!

Kisi-kisi USBN tahun 2018 atau dalam pelaksanaan tahun pelajaran 2018/2019 ini terdiri dari:

  1. USBN Kurikulum 2006, 
  2. USBN Kurikulum 2013, 
  3. USBN Mata Pelajaran Agama, 
  4. USBN (Pendidikan Khusus-Layanan Khusus) PKLK Kurikulum 13, 
  5. USBN Pondok Pesantren Salafiyah dan USBN SD (Irisan).

Baca kembali POS UN dan USBN Tahun 2019 Lengkap
BSNP merupakan lembaga khusus yang ditunjuk sebagai pelenggara Ujian Nasional (UN) dengan tanggungjawab:
1. Menelaah dan menetapkan kisi-kisi UN
2. Menyusun dan menetapkan Pedoman Operasional Standar UN;
3. Menetapkan naskah soal UN;
4. Melakukan koordinasi persiapan dan pengawasan pelaksanaan UN secara nasional
5. Melakukan pemantauan, evaluasi, dan menyusun rekomendasi perbaikan pelaksanaan UN kepada Menteri.

Perlu diketahui bahwa, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang SD/MI tahun 2018/2019 ini masih juga menerapkan USBN dengan istilah "IRISAN" yang artinya materi tersebut telah dikombinasikan antara Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013.

Dari beberapa keterangan di atas secara khusus dapat kami kemas untuk Kisi-Kisi USBN jenjang SD/MI Tahun 2018/2019 sebagai berikut:
Kisi-Kisi USBN SD Matematika Kur 2006-2013 Irisan.pdf
Kisi-Kisi USBN SD IPA Kur 2006-2013 Irisan.pdf
Kisi-Kisi USBN SD Bahasa Indonesia Kur 2006-2013 Irisan.pdf
Demikian uraian singkat materi Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019 semoga dengan uraian ini dapat menambah wawasan bagi pengunjung yang membutuhkannya.

Mohon maaf atas segala keterbatasan kami dan apabila bermaksud mengunjungi materi lengkapnya dapat dilihat dari sumber utama di: http://bsnp-indonesia.org

POS UN dan USBN Tahun 2019

POS UN dan USBN Tahun 2019

POS UN dan USBN Tahun 2019 - Ujian Sekolah Bersatandar Nasional (USBN) merupakan kegiatan pengukuran ketercapaian kompetensi siswa yang dilaksanakan sekolah untuk mata pelajaran tertentu dengan acuan pada Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) untuk mendapatkan pengakuan prestasi belajar siswa. 
POS UN dan USBN Tahun 2019
POS UN dan USBN Tahun 2019
Dengan demikian akhirnya pada tahun 2018 Pemerintah kembali akan melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) pada tahun 2019. Sehubungan dengan hal tersebut, melalui surat edaran nomor 0101/SDAR/BSNP/XI/2018, pada hari Kamis (29/11/2018), BSNP menetapkan POS Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Penetapan POS tersebut dimuat dalam Keputusan BSNP Nomor 0048/P/BSNP/XI/2018 untuk POS USBN dan Nomor 0047/P/BSNP/XI/2018 untuk POS UN.

POS USBN dan Ujian Nasional (UN) adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Secara umum, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 tidak jauh berbeda dengan kebijakan tahun 2018. Perbedaan pada jadwal pelaksanaan dan proyeksi jumlah peserta.

“Kebijakan USBN dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada proyeksi jumlah peserta dan jadwal ujian”, ucap Bambang Suryadi Ketua BSNP.

Terkait dengan soal, tambah Bambang, untuk USBN ada soal Pilihan Ganda (PG) sebanyak 90 persen dan soal uraian sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen. Sisanya, 75-80 persen soal USBN disusun oleh masing-masing guru di satuan pendidikan yang dikonsolidasikan oleh MGMP/KKG/Forum Tutor/Pokja Pondok Pesantren Salafiyah.

Soal UN 100 persen disiapkan oleh Pusat. Semua soal dalam bentuk pilihan ganda, kecuali soal Matematika SMA/MA, SMK/MAK dan Paket C/Ulya yang terdiri atas pilihan ganda dan isian singkat. Demikian juga soal yang berorientasi pada penalaran tingkat tinggi (HOTS), masih diterapkan dalam UN 2019.
“Waktu pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2019 sedikit bergeser ke depan dibandingkan tahun 2018. Ujian Nasional (UN) tahun 2018 dimulai pada bulan April, sedangkan Ujian Nasional (UN) tahun 2019 dimulai pada bulan Maret. Pergeseran ini karena menyesuaikan waktu puasa Ramadhan yang diproyeksikan mulai tanggal 5 Mei 2019”, ujar Ketua BSNP.

Ujian Nasional (UN) SMK/MAK tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 25-28 Maret 2019, sedangkan UN SMA/MA pada tanggal 1,2, 4, dan 8 April 2019. Ujian Nasional (UN) Program Paket C/Ulya pada tanggal 12-16 April 2019. Ujian Nasional (UN) SMP/MTs pada tanggal 22-25 April 2019, sedangakn UN Program Paket B/Wustha pada tanggal 10-13 Mei 2019.

Lebih lanjut Bambang mengatakan bahwa moda pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2019 adalah dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sesuai dengan hasil rapat koordinasi dengan Balitbang dan Direktorat terkait di Kemendikbud dan Kementerian Agama, untuk SMA/MA, SMK, dan Paket C ditargetkan 100 persen UNBK. Sedangkan untuk jenjang SMP ditargetken 85 persen UNBK, dan jenjang MTs serta Paket B ditargetkan 100 persen UNBK.

Selain itu, POS UN 2019 juga memuat kebijakan pelaksanaan UN di daerah terdampak gempa, yaitu daerah Lombok dan Sulawesi Tengah. Ada kebijakan khusus untuk pelaksanaan UN di daerah terkena dampak gempa. Secara teknis, Direktorat terkait dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah dan akan terus berkoordinasi dengan daerah terdampak gempa.

Secara terpisah, Kiki Yuliati Sekretaris BSNP mengatakan bahwa POS USBN dan UN telah diedarkan ke Dinas Pendidikan Provinsi, LPMP, Kanwil Kemenag, Balitbang, dan Direktorat terkait di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama. Selanjutnya BSNP bersama Balitbang akan melaksanakan sosialisasi kebijakan USBN dan UN 2019. 

POS USBN dan POS Ujian Nasional dapat di unduh melalui laman berikut: 
Demikian penjelasan singkat materi POS UN dan USBN Tahun 2019, semoga bermanfaat dalam pelaksanaan kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) di tahun pelajaran 2018/2019 saat ini.


Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru dan Siswa MA Kelas XII

Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru dan Siswa MA Kelas XII

Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru dan Siswa MA Kelas XII - Secara umum fungsi pendidikan agama khususnya pendidikan Agama Islam untuk membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama, dan ditujukan untuk berkembangnya kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. 
Untuk merespons beragam kebutuhan masyarakat modern, seluruh elemen dan komponen bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh melalui beragam ikhtiyar komprehensif. Hal ini dilakukan agar seluruh potensi generasi dapat tumbuh kembang menjadi hamba Allah yang dengan karakteristik beragama secara baik, memiliki cita rasa religiusitas, mampu memancarkan kedamaian dalam totalitas kehidupannya. 

Aktivitas beragama bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat dengan mata, tetapi juga aktivitas yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam beragam dimensinya. Sebagai ajaran yang sempurna dan fungsional, agama Islam harus diajarkan dan diamalkan dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang damai dan tenteram. 

Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA) ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikemas menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linier akan dipelajari menurut jenjangnya. 

Pengemasan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan Madrasah dikelompokkan sebagai berikut; diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya, serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi; a) Al-Qur’an-Hadis b) Akidah Akhlak c) Fikih d) Sejarah Kebudayaan Islam. Pada jenjang Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a) Tafsir- Ilmu Tafsir b) Hadis-Ilmu Hadis c) Fikih-Ushul Fikih d) Ilmu Kalam dan e) Akhlak. 

Untuk mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab. Sebagai panduan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Madrasah, Kementerian Agama RI telah menyiapkan model Silabus Pembelajaran PAI di Madrasah dan menerbitkan Buku Pegangan Siswa dan Buku Pedoman Guru. 

Kehadiran buku bagi siswa ataupun guru menjadi kebutuhan pokok dalam menerapkan Kurikulum 2013 di Madrasah. Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, mala yatimmu al-wajibu illa bihi fahuwa wajibun, (suatu kewajiban tidak menjadi sempurna tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). Atau menurut kaidah Ushul Fikih lainnya, yaitu al-amru bi asy-syai’i amrun bi wasailihi (perintah untuk melakukan sesuatu berarti juga perintah untuk menyediakan sarananya). 

Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyedikan sarana pendukungnya, salah satu diantaranya Buku Ajar. Karena itu, Buku Pedoman Guru dan Buku Pegangan Siswa ini disusun dengan Pendekatan Saintifik, yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. 
Keberadaan Buku Ajar dalam penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan, karena dengan Buku Ajar, siswa ataupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri, mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan dengan buku akan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi masa depan. 

Buku yang ada di hadapan pembaca ini merupakan cetakan pertama, tentu masih terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu sangat terbuka untuk terus-menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. 
Sebagai contoh ataupun langsung dapat dipergunakan sebagai pedoman bagi guru dan siswa, berikut link download untuk memperolehnya:


Kami berharap kepada berbagai pihak untuk memberikan saran, masukan dan kritik konstruktif untuk perbaikan dan penyempurnaan di masa-masa yang akan datang. Atas perhatian, kepedulian, kontribusi, bantuan dan budi baik dari semua pihak yang terlibat dalam penyusunan dan penerbitan buku-buku ini, kami mengucapkan terima kasih. Jazakumullah Khairan Kasiran.

Demikian ulasan singkat materi Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru dan Siswa MA Kelas XII dengan harapan untuk menambah pengayaan materi penjelas dan dapat dipergunakan pula sebagai pengayaan referensi. Mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan di setiap materi di blog ini. Sudilah kiranya kritik, saran serta masukan senantiasa kami tunggu untuk meningkatkan kualitas blog kami di masa yang akan datang.