Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12

Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12

Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12 - Bahasa Arab merupakan mata pelajaran wajib di Madrasah. Semua siswa Madrasah dari tingkat Ibtidaiyah, Sanawiyah, dan ‘Aliyyah mempelajari bahasa yang menjadi bagian dari agama Islam ini. Akan tetapi, kemampuan siswa madrasah dalam bidang bahasa Arab belum mencapai tujuan yang diharapkan. Bagi siswa, bahasa Arab ini sepertinya menjadi mata pelajaran yang membosankan. Benarkah begitu?
Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12
Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12
Saat ini para siswa Madrasah, sudah saatnya untuk menyatakan bahwa anggapan pelajaran bahasa Arab itu membosankan itu salah. Buku ini berikhtiar untuk menyajikan pelajaran bahasa Arab yang menyenangkan dan mengikis habis anggapan yang salah itu.

Dalam buku ini pembekalan kosakata disajikan dengan gambar, agar memudahkan Anda menghafal kosakata dan menguatkan ingatan Anda terhadap kosakata tersebut. Anda pun diharuskan aktif membuka kamus untuk menemukan makna kosakata baru. Bagian yang paling menarik adalah Anda dan teman-teman Anda harus melakukan percakapan dengan bahasa Arab di depan kelas.

Mudah-mudahan buku ini menjadi “magnet kecil” yang menarik siswa madrasah kelas X untuk mencintai bahasa Arab. “Magnet-magnet besar” yang menarik kaum muslimin pada umumnya untuk mempelajari bahasa Arab ialah karena Al-Qur’an berbahasa Arab, dan perkataan Umar bin Khattab,” bersemangatlah belajar bahasa Arab karena ia merupakan bagian dari agamamu.”

Buku ini disusun menurut fungsi fragmatis bahasa, topik pembicaraan, dan ketatabahasaan. Materi yang disajikan buku ini dilandaskan pada pendekatan komunikatif (madkhalul ittishal). Prinsip pendekatan ini adalah mengedepankan pemakaian bahasa dalam berbagai situasi dan beragam kebutuhan sebagai tujuan komunikasi. Gramatika dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menunjang pemaknaan dari kebutuhan dan tujuan komunikasi tersebut.

Pembelajaran aspek mendengar (istima’) dalam buku ini ialah latihan dengan cara mendengarkan rekaman dari CD audio. Dalam aspek berbicara, siswa didorong untuk melakukan percakapan dengan temannya dan memahami teks percakapan. Dalam aspek membaca, siswa dimotivasi dan dibimbing untuk dapat membaca dengan baik. Pada aspek menulis, siswa dilatih untuk mengekspresikan pikirannya dalam bentuk tulisan sesuai dengan tema yang ada.

Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa Arab ini untuk menindaklanjuti program-program prioritas yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan dalam rangka memenuhi Rencana Strategis Kementerian Agama Republik Indonesia 2010-2014.
Baca juga: Buku Fikih Untuk Siswa MA kelas 10-11-12 K2013
Buku Pelajaran Bahasa Arab ini ditulis dengan pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa bab untuk disampaikan kepada peseta didik dalam usaha agar dapat membantu peserta didik dalam memahami sumber dari ajaran agama  yang berbahasa Arab, yaitu Al Qur’an dan Hadits.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peseta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam sekitar.

Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka untuk terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Buku Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas 10.pdf
Buku Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas 11.pdf
Buku Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas 12.pdf
Ucapan terimakasih dan penghargaan disampaikan kepada Bapak Menteri Agama dan Tim Nara Sumber, Tim Internal, Tim Teknis, dan Tim Pengembang yang telah meluangkan waktu untuk menulis dan memberikan kontribusi pemikiran yang komprehensif dalam mewujudkan Buku Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah 2013. Penghargaan yang sama juga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan masukan baik secara tertulis, melalui media elektronik dan cetak, maupun secara lisan guna penyempurnaan penulisan buku Bahasa Arab Madrasah Aliyah 2013.

Bagi Bapak/Ibu Guru dan Siswa Kelas X,XI, dan XII yang membutuhkan Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12 dapat mendownload buku ini secara Gratis tanpa biaya dan dengan mudah bisa didownload oleh siapa saja karena Cara Download sangat mudah.

Buku Fikih K2013 Siswa MA Kelas X XI XII

Buku Fikih K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12

Buku Fikih K2013 Siswa MA Kelas X XI XII - Secara umum fungsi pendidikan agama khususnya pendidikan Agama Islam untuk membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama, dan ditujukan untuk berkembangnya kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Buku Fikih K2013 Siswa MA Kelas X XI XII
Buku Fikih K2013 Siswa MA Kelas X XI XII
Untuk merespons beragam kebutuhan masyarakat modern, seluruh elemen dan komponen bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh melalui beragam ikhtiyar komprehensif. Hal ini dilakukan agar seluruh potensi generasi dapat tumbuh kembang menjadi hamba Allah yang dengan karakteristik beragama secara baik, memiliki cita rasa religiusitas, mampu memancarkan kedamaian dalam totalitas kehidupannya.

Aktivitas beragama bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat dengan mata, tetapi juga aktivitas yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam beragam dimensinya. Sebagai ajaran yang sempurna dan fungsional, agama Islam harus diajarkan dan diamalkan dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang damai dan tenteram.

Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA) ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikemas menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linier akan dipelajari menurut jenjangnya.

Pengemasan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan Madrasah dikelompokkan sebagai berikut; diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya, serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi; a) Al-Qur’an-Hadis b) Akidah Akhlak c) Fikih d) Sejarah Kebudayaan Islam. Pada jenjang Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a) Tafsir- Ilmu Tafsir b) Hadis-Ilmu Hadis c) Fikih-Ushul Fikih d) Ilmu Kalam dan e) Akhlak.

Untuk mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab. Sebagai panduan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Madrasah, Kementerian Agama RI telah menyiapkan model Silabus Pembelajaran PAI di Madrasah dan menerbitkan Buku Pegangan Siswa dan Buku Pedoman Guru.

Kehadiran buku bagi siswa ataupun guru menjadi kebutuhan pokok dalam menerapkan Kurikulum 2013 di Madrasah. Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, mala yatimmu al-wajibu illa bihi fahuwa wajibun, (suatu kewajiban tidak menjadi sempurna tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). Atau menurut kaidah Ushul Fikih lainnya, yaitu al-amru bi asy-syai’i amrun bi wasailihi (perintah untuk melakukan sesuatu berarti juga perintah untuk menyediakan sarananya).

Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyedikan sarana pendukungnya, salah satu diantaranya Buku Ajar. Karena itu, Buku Pedoman Guru dan Buku Pegangan Siswa ini disusun dengan Pendekatan Saintifik, yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.

Link Downoad Penting lainnya:
Buku K2013 Pelajaran Matematika Kelas 1-6 SD/MI
Administrasi PBM K-2013 Guru Kelas 6
KI dan KD SMP/MTs Kurikulum 2013 Terkini
Standar Kompetensi Guru SD/MI Terkini
Buku Siswa MI K2013 Al-Qur'an dan Hadist Kelas 1.2,3,4,5,6 MI
Buku Siswa MI K2013 Aqidah Akhlak Kelas 1.2,3,4,5,6 MI
Buku Siswa K13 Bahasa Arab MI Kelas 1.2,3,4,5,6
Buku Siswa K13 Fikih Kelas 1.2,3,4,5,6 MI
Buku Siswa MI K2013 SKI Kelas 3,4,5,6 MI
Keberadaan Buku Ajar dalam penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan, karena dengan Buku Ajar, siswa ataupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri, mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan dengan buku akan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi masa depan.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini merupakan cetakan pertama, tentu masih terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu sangat terbuka untuk terus-menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan.

Sebagai contoh ataupun langsung dapat dipergunakan sebagai pedoman bagi guru dan siswa, berikut link download untuk memperolehnya:
Buku Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 10.pdf
Buku Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 11.pdf
Buku Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 12.pdf
Kami berharap kepada berbagai pihak untuk memberikan saran, masukan dan kritik konstruktif untuk perbaikan dan penyempurnaan di masa-masa yang akan datang. Atas perhatian, kepedulian, kontribusi, bantuan dan budi baik dari semua pihak yang terlibat dalam penyusunan dan penerbitan buku-buku ini, kami mengucapkan terima kasih. Jazakumullah Khairan Kasiran.

Demikian ulasan singkat materi Buku Fikih K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12 dengan harapan untuk menambah pengayaan materi penjelas dan dapat dipergunakan pula sebagai pengayaan referensi. Mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan di setiap materi di blog ini. Sudilah kiranya kritik, saran serta masukan senantiasa kami tunggu untuk meningkatkan kualitas blog kami di masa yang akan datang.

Kisi-Kisi Soal USBN SD/MI Tahun 2018/2019 ( Matematika ) Irisan KTSP dan KK 2013


Badan Standar
Nasional Pendidikan (BSNP) merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar
Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Keputusan ini
ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018
untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN.









Fungsi
Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan
naskah soal

Aplikasi Raport K13 SD Semester 1 Revsi Terbaru Kelas 1


Kegiatan
proses beajar mengajar pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 akan
segera berakhir, dan dengan berakhirnya pembellajaran tersebut guru
disibukkan dengan kegiatan mencetak laporan pendidikan/cetak raport.
Untuk mencetak raport pada kurikulum 2013 diperlukan ketelitian dan
kejelian dalam meaksanakan penilaiannya. Sedangkan laporan pendidikan
pada kurikulum 2006 buku laporan

Buku Siswa MI K2013 SKI Kelas 3,4,5,6 Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Buku Siswa MI K2013 SKI Kelas 3,4,5,6 Madrasah Ibtidaiyah (MI)

Buku Siswa MI K2013 SKI Kelas 3,4,5,6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) - Buku yang kami bagikan saat ini terdiri daftar buku untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang meliputi 5 (lima) Mata pelajaran Al Quran Hadits, Mata pelajaran Akidah Akhlak, Mata Pelajaran Fikih, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), serta Mata Pelajaran Bahasa Arab. Buku Pendidikan Agama Islam (PAI dan Bahasa Arab telah disusun untuk pegangan siswa dan guru dengan tujuan untuk mempermudah guru dan siswa memahami materi pelajaran khususnya pada penerapan kurikulum 2013.
Buku-buku yang telah disusun oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama ini merupakan implementasi pemberlakuan Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada jenjang sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Dengan selesainya buku Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah ini diharapkan dapat memudahkan peserta didik dan pendidik dalam memahami, mengerti dan sekaligus menyampaikan ilmu yang dimilikinya. Kementerian Agama sebagai salah satu lembaga pemerintah memiliki tanggungjawab dalam membentuk masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, mandiri dan sejahtera lahir-batin sebagaimana ditegaskan dalam visinya. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam utamanya Direktorat Pendidikan madrasah. Madrasah sebagai lembaga pendidikan berciri khas Islam konsen terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

DOWNLOAD PULA:
Bagi bapak dan ibu guru, serta siswa, mapun orangtua siswa yang membutuhkannya dapat mendownload secara langsung dan bersifat gratis. Dokumen buku kurikulum 2013 atau dengan sebutan kurtilas mata pelajaran PAI tersebut telah diprogran dalam format PDF yang selanjutnya dapat dicetak ulang maupun dibuka langsung dengan menggunakan software PDF Reader atau sofware lainnya dengan memanfaatkan Link download tersedia di bawah.
Demikian ulasan singkat materi Buku Siswa MI K2013 SKI Kelas 3,4,5,6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) sehingga dengan adanya pembagian dokumen materi tersebut dapat mempermudah/membantu kemudahan dalam pencarian materi-materi yang sering dicari oleh bapak dan ibu guru khususnya di jenjang MI. Mohon maaf atas segala kekuranganh kami dalam membagikan dan menjelaskan materi pada blog kami ini, sehingga kami senantiasa menunggu kritik, saran serta masukan dari berbagai pihak demi memajukan media ini untuk membagikan berbagai materi pendidikan.

Buku Siswa K13 Fikih Kelas 1.2,3,4,5,6 MI

Buku Siswa K13 Fikih Kelas 1.2,3,4,5,6 MI

Buku Siswa K13 Fikih Kelas 1.2,3,4,5,6 MI - Kurikulum 2013 merupakan hasil rekonseptualisasi secara teoritik kurikulum berbasis kompetensi. Teori mengenai kompetensi dan kurikulum berbasis kompetensi diarahkan kepada pikiran pokok bahwa konten kurikulum 2013 adalah kompetensi, dan kompetensi tersebut diartikan sebagai kemampuan melakukan sesuatu (ability to perform) berdasarkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. 
Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai agamadan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah c. q. Kementerian Agama telah melakukan penyesuaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi(SI) pada mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah. Kurikulum 2013 sudah tidak lagi menggunakan standar kompetensi (SK) sebagai acuan dalam mengembangkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun kompetensi inti (KI). 

Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program (PP No. 32/2013). Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar. Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan akhlak mulia menjadi perhatian utama. Tujuan penyusunan Buku Pegangan Guru ini adalah untuk memberikan panduan bagi Guru PAI madrasah pada pembelajaran Mata Pelajaran Fikih dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran. 

Pembelajaran Mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis Mata Pelajaran Fikih dengan benar, serta hafalan terhadap surat-surat pendek dalam Mata Pelajaran Fikih, pengenalan arti atau makna secara sederhana dari surat-surat pendek tersebut dan hadis-hadis tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladan dan pembiasaan. 

Dalam buku ini terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedi, dan interaksi guru dengan orang tua peserta didik. 

Dengan demikian, tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt., berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

DOWNLOAD:
Dari kilasan uraian di atas, maka guna mendukung kelancaran pembelajaran siswa madrasah Ibtidaiyah berikut buku pendukung yang diperuntukkan siswa.
Buku Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 1.pdf 
Buku Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 2.pdf 
Buku Siswa Mata Pelajaran Fikih Kelas 3.pdf 
Buku Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 4.pdf 
Buku Siswa Mata Pelajaran Fikih Kelas 5.pdf 
Buku Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 6.pdf
Demikian ulasan singkat materi berserta dokumen Mata Pelajaran Fikih yang diformat dengan pendukung aplikasi pdf, semoga akan membawa kemudahan bapak dan ibu guru semuanya. Mohon maaf atas segala kekurangannya.

Buku Siswa K13 Bahasa Arab MI Kelas 1.2,3,4,5,6

Buku Siswa K13 Bahasa Arab MI Kelas 1.2,3,4,5,6

Buku Siswa K13 Bahasa Arab MI Kelas 1.2,3,4,5,6 - Buku yang kami bagikan saat ini terdiri daftar buku untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang meliputi 5 (lima) Mata pelajaran Al Quran Hadits, Mata pelajaran Akidah Akhlak, Mata Pelajaran Fikih, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), serta Mata Pelajaran Bahasa Arab. Buku Pendidikan Agama Islam (PAI dan Bahasa Arab telah disusun untuk pegangan siswa dan guru dengan tujuan untuk mempermudah guru dan siswa memahami materi pelajaran khususnya pada penerapan kurikulum 2013.
Buku-buku yang telah disusun oleh Direktorat Pendidikan Madrasah Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama ini merupakan implementasi pemberlakuan Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada jenjang sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Dengan selesainya buku Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di madrasah ini diharapkan dapat memudahkan peserta didik dan pendidik dalam memahami, mengerti dan sekaligus menyampaikan ilmu yang dimilikinya. Kementerian Agama sebagai salah satu lembaga pemerintah memiliki tanggungjawab dalam membentuk masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas, mandiri dan sejahtera lahir-batin sebagaimana ditegaskan dalam visinya. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam utamanya Direktorat Pendidikan madrasah. Madrasah sebagai lembaga pendidikan berciri khas Islam konsen terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Untuk itu pada pada kesempatan kali ini kami akan sedikit share tentang Buku Kurikulum 2013 MI Kelas 1-6 Mapel Bahasa Arab Revisi 2016, untuk lebih jelas serta lengkapnya anda dapat langsung mendownloadnya secara gratis dan aman melalui tautan yang telah kami sediakan di bawah ini:

Bagi bapak dan ibu guru, serta siswa, mapun orangtua siswa yang membutuhkannya dapat mendownload secara langsung dan bersifat gratis. Dokumen buku kurikulum 2013 atau dengan sebutan kurtilas mata pelajaran PAI tersebut telah diprogran dalam format PDF yang selanjutnya dapat dicetak ulang maupun dibuka langsung dengan menggunakan software PDF Reader atau sofware lainnya dengan memanfaatkan Link download tersedia di bawah.
Demikian ulasan singkat materi Buku Siswa MI K2013 Bahasa Arab Kelas 1.2,3,4,5,6 MI sehingga dengan adanya pembagian dokumen materi tersebut dapat mempermudah/membantu kemudahan dalam pencarian materi-materi yang sering dicari oleh bapak dan ibu guru khususnya di jenjang MI. Mohon maaf atas segala kekuranganh kami dalam membagikan dan menjelaskan materi pada blog kami ini, sehingga kami senantiasa menunggu kritik, saran serta masukan dari berbagai pihak demi memajukan media ini untuk membagikan berbagai materi pendidikan.

Buku Siswa MI K2013 Aqidah Akhlak Kelas 1.2,3,4,5,6 MI

Buku Siswa MI K2013 Aqidah Akhlak Kelas 1.2,3,4,5,6 MI

Buku Siswa MI K2013 Aqidah Akhlak Kelas 1.2,3,4,5,6 MI - Kurikulum 2013 merupakan hasil rekonseptualisasi secara teoritik kurikulum berbasis kompetensi. Teori mengenai kompetensi dan kurikulum berbasis kompetensi diarahkan kepada pikiran pokok bahwa konten kurikulum 2013 adalah kompetensi, dan kompetensi tersebut diartikan sebagai kemampuan melakukan sesuatu (ability to perform) berdasarkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. 
Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai agamadan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah c. q. Kementerian Agama telah melakukan penyesuaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Standar Isi(SI) pada mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah. Kurikulum 2013 sudah tidak lagi menggunakan standar kompetensi (SK) sebagai acuan dalam mengembangkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun kompetensi inti (KI). 

Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program (PP No. 32/2013). Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar. Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan akhlak mulia menjadi perhatian utama. Tujuan penyusunan Buku Pegangan Guru ini adalah untuk memberikan panduan bagi Guru PAI madrasah pada pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran. 

Pembelajaran Mata pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Ibtidaiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dengan benar, serta hafalan terhadap surat-surat pendek dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak, pengenalan arti atau makna secara sederhana dari surat-surat pendek tersebut dan hadis-hadis tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladan dan pembiasaan. 

Dalam buku ini terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedi, dan interaksi guru dengan orang tua peserta didik. 

Dengan demikian, tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt., berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.
Dari kilasan uraian di atas, maka guna mendukung kelancaran pembelajaran siswa madrasah Ibtidaiyah berikut buku pendukung yang diperuntukkan siswa.

Download Gratis Buku Siswa MI K2013 Al-Qur'an dan Hadist Kelas 1.2,3,4,5,6 MI

Download Gratis Buku Siswa MI K2013 Al-Qur'an dan Hadist Kelas 1.2,3,4,5,6 MI

Buku Siswa MI K2013 Al-Qur'an dan Hadist Kelas 1.2,3,4,5,6 MI - Kurikulum 2013 merupakan hasil rekonseptualisasi secara teoritik kurikulum berbasis kompetensi. Teori mengenai kompetensi dan kurikulum berbasis kompetensi diarahkan kepada pikiran pokok bahwa konten kurikulum 2013 adalah kompetensi, dan kompetensi tersebut diartikan sebagai kemampuan melakukan sesuatu (ability to perform) berdasarkan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. 
Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah c. q. Kementerian Agama telah melakukan penyesuaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL)dan Standar Isi(SI) pada mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab di Madrasah. Kurikulum 2013 sudah tidak lagi menggunakan standar kompetensi (SK) sebagai acuan dalam mengembangkan kompetensi dasar (KD). Sebagai gantinya, Kurikulum 2013 telah menyusun kompetensi inti (KI). 

Kompetensi inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap kelas atau program (PP No. 32/2013). Kompetensi Inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam Kompetensi Dasar. Perubahan perilaku dalam pengamalan ajaran agama dan akhlak mulia menjadi perhatian utama. Tujuan penyusunan Buku Pegangan Guru ini adalah untuk memberikan panduan bagi Guru PAI madrasah pada pembelajaran Al-Quran Hadis dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran. 

Pembelajaran Mata pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Ibtidaiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis Al- Quran dan Hadis dengan benar, serta hafalan terhadap surat-surat pendek dalam Al- Quran, pengenalan arti atau makna secara sederhana dari surat-surat pendek tersebut dan hadis-hadis tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladan dan pembiasaan. Dalam buku ini terdapat lima hal penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu: proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedi, dan interaksi guru dengan orang tua peserta didik. 
Dengan demikian, tujuan pembelajaran diharapkan dapat tercapai secara optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt., berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dari kilasan uraian di atas, maka guna mendukung kelancaran pembelajaran siswa madrasah Ibtidaiyah berikut buku pendukung yang diperuntukkan siswa.
Demikian ulasan singkat materi berserta dokumen Download Gratis Buku Siswa MI K2013 Al-Qur'an dan Hadist Kelas 1.2,3,4,5,6 MI yang diformat dengan pendukung aplikasi pdf, semoga akan membawa kemudahan bapak dan ibu guru semuanya. Mohon maaf atas segala kekurangannya.

Download Free Standar Kompetensi Guru SD/MI Terkini

Download Free Standar Kompetensi Guru SD/MI Terkini

Download Free Standar Kompetensi Guru SD/MI Terkini - Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (UU No 20 Tahun 2003.
Standar Kompetensi Guru SD/MI Terkini
Download Free Standar Kompetensi Guru SD/MI Terkini
Tujuan pendidikan merupakan sesuatu yang ingin dicapai pada kegiatan pendidikan, terdapat beberapa tujuan dalam sistem pendidikan nasional di Indoneisa antara lain adalah:
1. Pendidikan Nasional 
2. Institusional, 
3. Kurikuler 
4. Instruksional 

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dalam melaksanakan pendidikan nasional salah satu komponen yang berperan penting adalah pendidik atau guru.

Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar,dan pendidikan menengah (UU Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen). 

Sebagai seorang pendidik yang profesional, seorang pendidik harus memiliki standar kompetensi yang harus dicapai. Standar Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan. Standar Kompetensi ini ditentukan oleh pemerintah yang tercantum pada UU Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Dalam Pasal 8 di jelaskan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Kualifikasi akademik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 diperoleh melalui pendidikan tinggi program sarjana atau program diploma empat. Sedangkan kompetensi guru yang  dimaksud meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

Di bawah ini adalah Standar Kompetensi Guru SD/MI terbaru, semoga bermanfaat.
Standar Kompetensi Guru Kelas SD-MI.docx
Demikian ulasan singkat tentang materi yang kami maksudkan, semoga materi Standar Kompetensi Guru Kelas SD/MI Terkini bermanfaat bagi rekan-rekan guru. Mohon maaf apabila tewrdapat kekurangan.