5 macam Administrasi PBM Guru Kelas 2 K-2013 Terbaru

Administrasi PBM Guru Kelas 2 K-2013 Terbaru

Administrasi PBM Guru Kelas 2 K-2013 Terbaru - Administrasi/Perangkat Pembelajaran K13 SD/MI Kelas 2 SD/MI kami bagikan secara lengkap yang dapat anda gunakan sebagai referensi dalam pembuatan perangkat pembelajaran tahun pelajaran 2018/2019. Secara umum perangkat pembelajaran terdiri dari RPP, KKM, KI dan KD, Promes, Prota, Silabus, Silabus,  buku guru buku siswa serta administrasi pengembangan lainnya.
5 macam Administrasi PBM Guru Kelas 2 K-2013 Terbaru
5 macam Administrasi PBM Guru Kelas 2 K-2013 Terbaru
Perlu bapak dan Ibu pendidik ketahui bersama bahwa, Perangkat Pembelajaran Kelas 2 SD/MI kurikulum 2013 yang kami bagikan ini sebenarnya perangkat pembelajaran Kelas 2 SD/MI kurikulum 2013 revisi 2017, namun dapat pula anda gunakan sebagai referensi/contoh untuk pembuatan perangkat pembelajaran Kelas 2 SD/MI kurikulum 2013 untuk tahun pelajaran 2018/2019. Hal tersebut dikarenakan administrasi ini telah kami revisi secara menyeluruh.

Sebagaimana kita ketahui bersama, di tahun pelajaran 2018/2019 perangkat pembelajaran wajib di miliki dan disusun oleh guru kelas 2 SD/MI. Perlu diketahui bahwa perangkat Pembelajaran Kelas II jenjang SD Kurikulum 2013 ini di simpan pada format doc.

Download materi lainnya:
Download Instrumen Lengkap PKKS Tahun 2018 Terbaru
Buku Bahasa Inggris Untuk Kelas 1 Sampai Kelas 6 SD/MI
Download RKT, RKJM dan EDS SD/MI Format Terbaru
RPP Bahasa Arab K-2013 Kelas 6 MI Semester 1 dan 2
Perangkat kelas 2 tersebut di buat dengan menggunakan format word dan format excel. Selengkapnya, bagi bapak/ ibu guru kelas 2 yang belum memiliki Administrasi/ perangkat pembelajaran Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.


Demikian ulasan tentang Administrasi PBM Guru Kelas 2 K-2013 Terbaru semoga dapat segera dipergunakan untuk melengkapi administrasi bapak dan ibu, sehingga apabila diadakan supervisi baik dari kepala Sekolah maupun Pengawas sekolah kita sudah bisa bernafas dengan lega. Betuuuul ... ?

Inilah Soal Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 5 SD/MI

Soal Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 5 SD/MI

Soal Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 5 SD/MI - Secara umum mata pelajaran Muatan lokal (Mulok) digolongkan menjadi 3 (tiga) macam yaitu mulok Provinsi, Mulok Kabupaten, dan mulok pilihan sekolah atau sering disebut mulok Kecamatan. Sehingga di masing-masing Provinsi sudah barang tentu mata pelajaran muatan lokalnya juga berbeda, begitu juga masing-masing Kabupaten di seluruh Indonesia juga berbeda, apalagi di tingkat Kecamatan juga sudah pasti berbeda jauh banget.
Suatu misal Mata Pelajaran Muatan lokal Bahasa Jawa yang hanya dipakai oleh wilayah Provinsi Jawa Tengah dan sebagian Provinsi Jawa Timur. Namun dari masing-masing daerah tersebut telah dipersiapkan juga masing-masing materi Mata Pelajaran Muatan Lokal.
Pada kesempatan kali ini kami sengaja mengangkat sebuah materi yang dapat dipergunakan sebagai bahan materi tambahan referensi bagi bapak/ibu guru Sekolah dasar dan madrasah (SD/MI) yaitu Soal-soal Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Kurikulum untuk kelas SD/MI yang terdiri dari;

  1. Soal Penialian 1 Mulok Bhs Jawa Kelas 5.doc
  2. Soal Penialian 2 Mulok Bhs Jawa Kelas 5.doc
  3. Soal Penialian 3 Mulok Bhs Jawa Kelas 5.doc
  4. Soal Penialian 4 Mulok Bhs Jawa Kelas 5.doc
  5. Soal Penialian 5 Mulok Bhs Jawa Kelas 5.doc
  6. Soal UTS Mulok Bhs Jawa Kelas 5 Semester 2.docx
  7. Soal Penilaian UKK Mulok Bhs Jawa Kelas 5.doc

Demikian ulasan singkat semoga materi Soal Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 5 SD/MI dapat bermanfaat dengan maksimal. Dan terima kasih atas kunjungannya untuk memperoleh, mencari materi yang diperlukan dalam dunia pendidikan, semoga setelah berkunjung di blog kami anda tidak keberatan untuk berkomentar atau tinggalkan email anda pada kotak yang telah kami persiapkan, sehingga anda akan selalu memperoleh materi terbaru dari kami langsung masuk email anda semua.

Download Pedoman Pelaksanaan Penilaian PKG

Pedoman Pelaksanaan Penilaian PKG

Pedoman Pelaksanaan Penilaian PKG - Menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009, PK GURU adalah penilaian dari tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan pengetahuan, penerapan pengetahuan dan keterampilan, sebagai kompetensi yang dibutuhkan sesuai amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Penguasaan kompetensi dan penerapan pengetahuan serta keterampilan guru, sangat menentukan tercapainya kualitas proses pembelajaran atau pembimbingan peserta didik, dan pelaksanaan tugas tambahan yang relevan bagi sekolah/madrasah, khususnya bagi guru dengan tugas tambahan tersebut. 
Pedoman Pelaksanaan Penilaian PKG
Download Pedoman Pelaksanaan Penilaian PKG
Sistem PK GURU adalah sistem penilaian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya melalui pengukuran penguasaan kompetensi yang ditunjukkan dalam unjuk kerjanya.

PK GURU memiliki 2 fungsi utama sebagai berikut.

1. Untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Dengan demikian, profil kinerja guru sebagai gambaran kekuatan dan kelemahan guru akan teridentifikasi dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru, yang dapat dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB.

2. Untuk menghitung angka kredit yang diperoleh guru atas kinerja pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang dilakukannya pada tahun tersebut. Kegiatan penilaian kinerja dilakukan setiap tahun sebagai bagian dari proses pengembangan karir dan promosi guru untuk kenaikan pangkat dan jabatan fungsionalnya.

Hasil PK GURU diharapkan dapat bermanfaat untuk menentukan berbagai kebijakan yang terkait dengan peningkatan mutu dan kinerja guru sebagai ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan dalam menciptakan insan yang cerdas, komprehensif, dan berdaya saing tinggi. PK GURU merupakan acuan bagi sekolah/madrasah untuk menetapkan pengembangan karir dan promosi guru. Bagi guru, PK GURU merupakan pedoman untuk mengetahui unsur-unsur kinerja yang dinilai dan merupakan sarana untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan individu dalam rangka memperbaiki kualitas kinerjanya.

PK GURU dilakukan terhadap kompetensi guru sesuai dengan tugas pembelajaran, pembimbingan, atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Khusus untuk kegiatan pembelajaran atau pembimbingan, kompetensi yang dijadikan dasar untuk penilaian kinerja guru adalah kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian, sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Nomor 16 Tahun 2007. Keempat kompetensi ini telah dijabarkan menjadi kompetensi guru yang harus dapat ditunjukkan dan diamati dalam berbagai kegiatan, tindakan dan sikap guru dalam melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan.

Sementara itu, untuk tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah, penilaian kinerjanya dilakukan berdasarkan kompetensi tertentu sesuai dengan tugas tambahan yang dibebankan tersebut (misalnya; sebagai kepala sekolah/madrasah, wakil kepala sekolah/madrasah, pengelola perpustakaan, dan sebagainya sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009).

Persyaratan penting dalam sistem PK GURU adalah:

1. Valid

Sistem PK GURU dikatakan valid bila aspek yang dinilai benar-benar mengukur komponen-komponen tugas guru dalam melaksanakan pembelajaran, pembimbingan, dan/atau tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.

2. Reliabel

Sistem PK GURU dikatakan reliabel atau mempunyai tingkat kepercayaan tinggi jika proses yang dilakukan memberikan hasil yang sama untuk seorang guru yang dinilai kinerjanya oleh siapapun dan kapan pun.

3. Praktis

Sistem PK GURU dikatakan praktis bila dapat dilakukan oleh siapapun dengan relatif mudah, dengan tingkat validitas dan reliabilitas yang sama dalam semua kondisi tanpa memerlukan persyaratan tambahan. Salah satu karakteristik dalam desain PK GURU adalah menggunakan cakupan kompetensi dan indikator kinerja yang sama bagi 4 (empat) jenjang jabatan fungsional guru (Guru Pertama, Guru Muda, Guru Madya, dan Guru Utama).

C. Prinsip Pelaksanaan PK GURU

Prinsip-prinsip utama dalam pelaksanaan PK GURU adalah sebagai berikut.

1. Berdasarkan ketentuan

PK GURU harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan mengacu pada peraturan yang berlaku.

2. Berdasarkan kinerja

Aspek yang dinilai dalam PK GURU adalah kinerja yang dapat diamati dan dipantau, yang dilakukan guru dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari, yaitu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, pembimbingan, dan/atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.

3. Berlandaskan dokumen PK GURU

Penilai, guru yang dinilai, dan unsur yang terlibat dalam proses PK GURU harus memahami semua dokumen yang terkait dengan sistem PK GURU. Guru dan penilai harus memahami pernyataan kompetensi dan indikator kinerjanya secara utuh, sehingga keduanya mengetahui tentang aspek yang dinilai serta dasar dan kriteria yang digunakan dalam penilaian.

4. Dilaksanakan secara konsisten

PK GURU dilaksanakan secara teratur setiap tahun diawali dengan penilaian formatif di awal tahun dan penilaian sumatif di akhir tahun dengan memperhatikan hal-hal berikut.

a) Obyektif

Penilaian kinerja guru dilaksanakan secara obyektif sesuai dengan kondisi nyata guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

b) Adil

Penilai kinerja guru memberlakukan syarat, ketentuan, dan prosedur standar kepada semua guru yang dinilai.

c) Akuntabel

Hasil pelaksanaan penilaian kinerja guru dapat dipertanggungjawabkan.

d) Bermanfaat

Penilaian kinerja guru bermanfaat bagi guru dalam rangka peningkatan kualitas kinerjanya secara berkelanjutan dan sekaligus pengembangan karir profesinya.

e) Transparan

Proses penilaian kinerja guru memungkinkan bagi penilai, guru yang dinilai, dan pihak lain yang berkepentingan, untuk memperoleh akses informasi atas penyelenggaraan penilaian tersebut.

f) Praktis

Penilaian kinerja guru dapat dilaksanakan secara mudah tanpa mengabaikan prinsip-prinsip lainnya.

g) Berorientasi pada tujuan

Penilaian dilaksanakan dengan berorientasi pada tujuan yang telah ditetapkan.

h) Berorientasi pada proses

Penilaian kinerja guru tidak hanya terfokus pada hasil, namun juga perlu memperhatikan proses, yakni bagaimana guru dapat mencapai hasil tersebut.

i) Berkelanjutan

Penilaian kinerja guru dilaksanakan secara periodik, teratur, dan berlangsung secara terus menerus selama seseorang menjadi guru.

j) Rahasia

Hasil PK GURU hanya boleh diketahui oleh pihak-pihak terkait yang berkepentingan.

D. Aspek yang dinilai dalam PK GURU

Guru sebagai pendidik profesional mempunyai tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Selain tugas utamanya tersebut, guru juga dimungkinkan memiliki tugas-tugas lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Oleh karena itu, dalam penilaian kinerja guru beberapa subunsur yang perlu dinilai adalah sebagai berikut. Dan silahkan langsung download dokumennya di bawah ini.

DOWNLOAD PEDOMAN PELAKSANAAN PENILAIAN PKG

Demikian ulasan singkat dengan tujuan untuk memperjelas materi yang kami bagikan saat ini tentang Download Pedoman Pelaksanaan Penilaian PKG semoga bermanfaat.

Inilah Soal Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 4 SD/MI

Inilah Soal Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 4 SD/MI

Inilah Soal Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 4 SD/MI - Secara umum mata pelajaran Muatan lokal (Mulok) digolongkan menjadi 3 (tiga) macam yaitu mulok Provinsi, Mulok Kabupaten, dan mulok pilihan sekolah atau sering disebut mulok Kecamatan. Sehingga di masing-masing Provinsi sudah barang tentu mata pelajaran muatan lokalnya juga berbeda, begitu juga masing-masing Kabupaten di seluruh Indonesia juga berbeda, apalagi di tingkat Kecamatan juga sudah pasti berbeda jauh banget.
Suatu misal Mata Pelajaran Muatan lokal Bahasa Jawa yang hanya dipakai oleh wilayah Provinsi Jawa Tengah dan sebagian Provinsi Jawa Timur. Namun dari masing-masing daerah tersebut telah dipersiapkan juga masing-masing materi Mata Pelajaran Muatan Lokal.
Pada kesempatan kali ini kami sengaja mengangkat sebuah materi yang dapat dipergunakan sebagai bahan materi tambahan referensi bagi bapak/ibu guru Sekolah dasar dan madrasah (SD/MI) yaitu Soal-soal Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Kurikulum untuk kelas SD/MI yang terdiri dari;
Demikian ulasan singkat semoga materi Soal Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 4 SD/MI dapat bermanfaat dengan maksimal. Dan terima kasih atas kunjungannya untuk memperoleh, mencari materi yang diperlukan dalam dunia pendidikan, semoga setelah berkunjung di blog kami anda tidak keberatan untuk berkomentar atau tinggalkan email anda pada kotak yang telah kami persiapkan, sehingga anda akan selalu memperoleh materi terbaru dari kami langsung masuk email anda semua. 

Download Soal Penilaian Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 3 SD/MI3 SD/MI

Download Soal Penilaian Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 3 SD/MI

Soal Penilaian Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 3 SD/MI - Secara umum mata pelajaran Muatan lokal (Mulok) digolongkan menjadi 3 (tiga) macam yaitu mulok Provinsi, Mulok Kabupaten, dan mulok pilihan sekolah atau sering disebut mulok Kecamatan. Sehingga di masing-masing Provinsi sudah barang tentu mata pelajaran muatan lokalnya juga berbeda, begitu juga masing-masing Kabupaten di seluruh Indonesia juga berbeda, apalagi di tingkat Kecamatan juga sudah pasti berbeda jauh banget.
Suatu misal Mata Pelajaran Muatan lokal Bahasa Jawa yang hanya dipakai oleh wilayah Provinsi Jawa Tengah dan sebagian Provinsi Jawa Timur. Namun dari masing-masing daerah tersebut telah dipersiapkan juga masing-masing materi Mata Pelajaran Muatan Lokal.
Pada kesempatan kali ini kami sengaja mengangkat sebuah materi yang dapat dipergunakan sebagai bahan materi tambahan referensi bagi bapak/ibu guru Sekolah dasar dan madrasah (SD/MI) yaitu Soal-soal Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Kurikulum untuk kelas SD/MI yang terdiri dari;
Soal Penilaian Mulok Bhs Jawa Kelas 3.doc
Soal UTS Mulok Bhs Jawa Kelas 3 Semester 2.docx
Demikian ulasan singkat semoga materi Download Soal Penilaian Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 3 SD/MI dapat bermanfaat dengan maksimal. Dan terima kasih atas kunjungannya untuk memperoleh, mencari materi yang diperlukan dalam dunia pendidikan, semoga setelah berkunjung di blog kami anda tidak keberatan untuk berkomentar atau tinggalkan email anda pada kotak yang telah kami persiapkan, sehingga anda akan selalu memperoleh materi terbaru dari kami langsung masuk email anda semua. 

Download Soal Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 2 SD/MI

Download Soal Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 2 SD/MI

Download Soal Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 2 SD/MI - Secara umum mata pelajaran Muatan lokal (Mulok) digolongkan menjadi 3 (tiga) macam yaitu mulok Provinsi, Mulok Kabupaten, dan mulok pilihan sekolah atau sering disebut mulok Kecamatan. Sehingga di masing-masing Provinsi sudah barang tentu mata pelajaran muatan lokalnya juga berbeda, begitu juga masing-masing Kabupaten di seluruh Indonesia juga berbeda, apalagi di tingkat Kecamatan juga sudah pasti berbeda jauh banget.
Suatu misal Mata Pelajaran Muatan lokal Bahasa Jawa yang hanya dipakai oleh wilayah Provinsi Jawa Tengah dan sebagian Provinsi Jawa Timur. Namun dari masing-masing daerah tersebut telah dipersiapkan juga masing-masing materi Mata Pelajaran Muatan Lokal.

Pada kesempatan kali ini kami sengaja mengangkat sebuah materi yang dapat dipergunakan sebagai bahan materi tambahan referensi bagi bapak/ibu guru Sekolah dasar dan madrasah (SD/MI) yaitu Soal-soal Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Kurikulum untuk kelas SD/MI yang terdiri dari;
Soal Penilaian 2 Mulok Bhs Jawa Kelas 2.doc
Soal UTS Mulok Bhs Jawa Kelas 2 Semester 2.docx
Demikian ulasan singkat semoga materi Download Soal Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 2 SD/MI dapat bermanfaat dengan maksimal. 

Link Dwnload lainnya:
RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi
Instrumen Lengkap PKKS Tahun 2018 Terbaru
Buku Paket Pelajaran TIK Kelas 1-6 SD/MI
RPP Kurikulum 2013 Akidah Akhlak Kelas 3 MI
Buku Bahasa Inggris Untuk Kelas 1 Sampai Kelas 6 SD/MI
Soal Penilaian Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 1 SD/MI
KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013
Dan terima kasih atas kunjungannya untuk memperoleh, mencari materi yang diperlukan dalam dunia pendidikan, semoga setelah berkunjung di blog kami anda tidak keberatan untuk berkomentar atau tinggalkan email anda pada kotak yang telah kami persiapkan, sehingga anda akan selalu memperoleh materi terbaru dari kami langsung masuk email anda semua.

Soal Penilaian Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 1 SD/MI

Soal Penilaian Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 1 SD/MI

Soal Penilaian Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 1 SD/MI - Secara umum mata pelajaran Muatan lokal (Mulok) digolongkan menjadi 3 (tiga) macam yaitu mulok Provinsi, Mulok Kabupaten, dan mulok pilihan sekolah atau sering disebut mulok Kecamatan. Sehingga di masing-masing Provinsi sudah barang tentu mata pelajaran muatan lokalnya juga berbeda, begitu juga masing-masing Kabupaten di seluruh Indonesia juga berbeda, apalagi di tingkat Kecamatan juga sudah pasti berbeda jauh banget.
Suatu misal Mata Pelajaran Muatan lokal Bahasa Jawa yang hanya dipakai oleh wilayah Provinsi Jawa Tengah dan sebagian Provinsi Jawa Timur. Namun dari masing-masing daerah tersebut telah dipersiapkan juga masing-masing materi Mata Pelajaran Muatan Lokal.
Pada kesempatan kali ini kami sengaja mengangkat sebuah materi yang dapat dipergunakan sebagai bahan materi tambahan referensi bagi bapak/ibu guru Sekolah dasar dan madrasah (SD/MI) yaitu Soal-soal Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Kurikulum untuk kelas SD/MI yang terdiri dari;
Soal Penilaian Mulok Bhs Jawa Kelas 1.doc
Soal UTS Mulok Bhs Jawa Kelas 1 Semester 2.docx
Demikian ulasan singkat semoga materi Soal Penilaian Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 1 SD/MI dapat bermanfaat dengan maksimal. Dan terima kasih atas kunjungannya untuk memperoleh, mencari materi yang diperlukan dalam dunia pendidikan, semoga setelah berkunjung di blog kami anda tidak keberatan untuk berkomentar atau tinggalkan email anda pada kotak yang telah kami persiapkan, sehingga anda akan selalu memperoleh materi terbaru dari kami langsung masuk email anda semua. Terima kasih ......

KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013

KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013

KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013 - Dengan diberlakukannya Permendikbud No. 24 Tahun  2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 ini maka ketentuan yang mengatur tentang Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Muatan Pembelajaran dalam Struktur Kurikulum, Silabus, Pedoman Mata Pelajaran, dan Pembelajaran Tematik Terpadu.
KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013
KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013
Dalam kurikulum 2013 tentu kita sering melihat dan mendengar tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar atau disingkat KI, KD. Nah tahukah anda sebenarnya apa itu KI dan KD? nah pada kesempatan kali ini kita akan mengulas pengertiannya.

Sebelumnya kita tahu bersama bahwa kurikulum sekarang yang banyak digunakan dan berlaku adalah kurikulum 2013 revisi 2017 yang artinya sudah ada penyempurnaan dari tahun - tahun sebelumnya. Meskipun demikian, tak bisa dipungkiri bahwa masih juga banyak sekolah yang memakai kurikulum lama seperti KTSP.

Nah apa perbedaan mendasar antara KTSP dan Kurikulum 2013 atau K13? Secara sedeharana jika di KTSP yang menjadi pusat dalam pembelajaran adalah Guru, sedangkan di K13 adalah Siswa. Jadi seperti ini, di KTSP guru dianggap sebagai sentral pembelajaran jadi semua sumber pembelajaran berasal dari guru dan dalam prakteknya kebanyakan siswa hanya pasif mendengarkan materi yang disampaikan guru. Sedangkan di K13 sebaliknya, siswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran, bisa mencari materi selain dari guru dan juga tidak hanya pasif mendengarkan artinya siswa diharapkan terus aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut.

Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan siswa untuk mencapai suatu Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat, kelas atau program. Sedangkan, Kompetensi Dasar adalah kemampuan siswa untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. KD terdiri dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotorik ). 

Atau dengan istilah lain bahwa Kompetensi Dasar adalah kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar merupakan konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhati-kan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran, mengingat standar kompetensi lulusan harus dicapai pada akhir jenjang.

DOWNLOAD MATERI LAINNYA:
Download Instrumen Lengkap PKKS Tahun 2018 Terbaru
Download Buku Paket Pelajaran TIK Kelas 1-6 SD/MI
Buku Bahasa Inggris Untuk Kelas 1 Sampai Kelas 6 SD/MI
Download RKT, RKJM dan EDS SD/MI Format Terbaru
RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi
Rumusan Kompetensi Inti dalam buku ini menggunakan notasi: 1) KI-1 untuk Kompetensi Inti sikap spiritual, 2) KI-2 untuk Kompetensi Inti sikap sosial, 3) KI-3 untuk Kompetensi Inti pengetahuan (pemahaman konsep), 4) KI-4 untuk kompetensi inti keterampilan. Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Berikut ini adalah link download materi KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013 sesuai dengan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016.

Demikian penjelasan singkat materi KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013 semoga dengan penjelasan ini dapat menambah sedikit referensi rekan-rekan pendidik, dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan kami dalam menjelaskan. Kami siap menerima kritikan, saran serta masukan dari berbagai pihak dengan cara berkomentar yang sesuai dengan materi serta dengan kata sopan serta membangun.

Buku Matematika Kelas 4 K2013 Revisi 2018 Gratis

Buku Matematika Kelas 4 K2013 Revisi 2018 Gratis

Buku Matematika Kelas 4 K2013 Revisi 2018 Gratis - Tujuan penyusunan Buku Guru pada kurikulum 2013 ini adalah memberikan acuan atau pedoman bagi guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran matematika di SD/MI kelas IV. 
Dalam buku ada bagian penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu kegiatan pembelajaran, penilaian, pengayaan dan remedial, serta interaksi guru dengan orang tua peserta didik. Untuk memudahkan dalam penggunaan, seperti di buku siswanya buku ini terbagi ke dalam enam pelajaran sebagai berikut.

Materi Pelajaran 1 Pecahan

Pelajaran ini memuat materi pecahan, yang meliputi pengertian pecahan, pecahan senilai, pecahan sederhana, membandingkan dan mengurutkan pecahan, berbagai bentuk pecahan, pembulatan bilangan, dan menaksir operasi hitung dua bilangan.

Materi Pelajaran 2  Konsep Faktor dan Kelipatan Bilangan

Pelajaran ini memuat materi konsep faktor dan kelipatan bilangan, yang meliputi faktor dan kelipatan bilangan, bilangan prima, FPB dan KPK, dan permasalahan yang berkaitan dengan FPB dan KPK.

Materi Pelajaran 3 Pengukuran Panjang dan Berat 

Pelajaran ini memuat materi pengukuran panjang dan berat. Materi pengukuran panjang meliputi satuan baku panjang, operasi hitung yang melibatkan satuan panjang, dan pembulatan dan menaksir hasil pengukuran panjang ke satuan terdekat. Adapun materi pengukuran berat meliputi satuan baku berat, operasi hitung yang melibatkan satuan berat, dan pembulatan dan penaksiran hasil pengukuran berat ke satuan terdekat.

Materi Pelajaran 4 Keliling dan Luas Bangun Datar

Pelajaran ini memuat materi keliling dan luas bangun datar, yang meliputi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan, keliling dan luas bangun datar (persegi, persegi panjang, dan segitiga), dan hubungan antargaris.

Materi Pelajaran 5  Statistika

Pelajaran ini memuat materi statistika, yang meliputi mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menafsirkan sajian data.

Materi Pelajaran 4 Pengukuran Sudut Pelajaran ini memuat materi pengukuran sudut yang meliputi mengenal, membandingkan dan mengukur sudut, selanjutnya mengukur sudut pada bangun datar dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut.
Untuk lebih jelasnya materi tersebut dapat didownloa di bawah ini:

Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4

Demikian dan terima kasih telah berkunjung semoga materi Buku Matematika Kelas 4 K2013 Revisi 2018 Gratis dapat bermanfaat, sedangkan untuk materi kelanjutnya silahkan ikuti terus update kami berikutnya. Atau dapat dengan mudah mendapatkan update tinggalkan email di kotak tersedia.

Prosem PJOK K2013 SD/MI Kelas 1 Sampai 6 Terkini

Prosem PJOK K2013 SD/MI Kelas 1 Sampai 6 Terkini

Prosem PJOK K2013 SD/MI Kelas 1 Sampai 6 Terkini - Guru merupakan kunci dari kualitas pendidikan. Guru harus mempunyai niat dan tekad yang kuat agar tercapainya sebuah tujuan pendidikan di Indonesia. Selain itu guru harus dapat menyiapkan materi pembelajaran serta menguasainya yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau sering di sebut RPP.
Prosem PJOK K2013 SD/MI Kelas 1 Sampai 6 Terkini
Prosem PJOK K2013 SD/MI Kelas 1 Sampai 6 Terkini
Selain RPP dan silabus,  Dalam Bahasa Keguruan ada  istilah yang dinamakan Prota (Program Tahunan) yaitu rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. selain dari itu, ada juga istilah Promes (Program Semester) yaitu satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan seperti kegiatan mid semester (Penilaian Tengan Semester), ujian semester dan sebagainya.
Baca juga: Silabus PJOK SD/MI Kelas 1 - Kelas 6
Selain Prota dan Promes, ada juga KKM  yang dijadikan Sebagai acuan bagi seorang guru untuk menilai kompetensi peserta didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK).

Program Tahunan. 

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.

Program Semester. 

Program Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan. Satu semester terdiri dari 19 minggu kerja termasuk penyelenggaraan tatap muka, mid semester dan ujian semester.

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). 

adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum MGMP secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.

Download Prosem PJOK K2013 SD/MI Kelas 1 Sampai 6 Terkini sebagai berikut:
Program Semester PJOK SD Kelas 1 Revisi 2017.docx
Program Semester PJOK SD Kelas 2 Revisi 2017.docx
Program Semester PJOK SD Kelas 3 Revisi 2017.docx
Program Semester PJOK SD Kelas 4 Revisi 2017.docx
Program Semester PJOK SD Kelas 5 Revisi 2017.docx
Program Semester PJOK SD Kelas 6 Revisi 2017.docx
Demikian uraian singkat materi Prosem PJOK K2013 SD/MI Kelas 1 Sampai 6 Terkini yang dengan mudah dan lengkap semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan pendidik semua.