PERANGKAT
ADMINISTRASI RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 -
Perangkat pembelajaran merupakan alat atau perlengkapan untuk
melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik
melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan
bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium
atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No.
PERANGKAT
ADMINISTRASI RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 -
Perangkat pembelajaran merupakan alat atau perlengkapan untuk
melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik
melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan
bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium
atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. Guru Sayang Agustus 27, 2018 CB Blogger Indonesia
PERANGKAT ADMINISTRASI RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7 KURIKULUM 2013 REVISI 2017
RPP Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
![]() |
| RPP Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi |
- Perbedaan individual peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/Semester;
- Materi Pokok;
- Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
- Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
- Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
- Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
- Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- Penilaian Hasil Pembelajaran.
- Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
- Mengintegrasikan literasi;
- Mengintegrasikan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
- Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill.
- a. pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
- b. pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
- c. pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
- Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
- Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
- Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
RPP Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
- RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 4 Kurikulum 2013
- RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 4 K-2013 Edisi Revisi
- KI dan KD K2013 SD/MI Edisi Revisi Terbaru
- RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 4 K-2013 Edisi Revisi
- RPP K-2013 Edisi 2018 Kelas 1 Tema 1 Komplit
- RPP Kelas 1 Tema 2 K-2013 Edisi Terbaru
- RPP K2013 Kelas 1 Tema 3 Edisi Terbaru
- RPP K2013 Kelas 1 Tema 4 Edisi Terbaru
- Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru
- Administrasi K-2013 Terbaru
RPP Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
![]() |
| RPP Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi |
- Perbedaan individual peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/Semester;
- Materi Pokok;
- Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
- Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
- Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
- Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
- Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- Penilaian Hasil Pembelajaran.
- Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
- Mengintegrasikan literasi;
- Mengintegrasikan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
- Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill.
- a. pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
- b. pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
- c. pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
- Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
- Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
- Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
RPP Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
- RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 4 Kurikulum 2013
- RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 4 K-2013 Edisi Revisi
- KI dan KD K2013 SD/MI Edisi Revisi Terbaru
- RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 4 K-2013 Edisi Revisi
- RPP K-2013 Edisi 2018 Kelas 1 Tema 1 Komplit
- RPP Kelas 1 Tema 2 K-2013 Edisi Terbaru
- RPP K2013 Kelas 1 Tema 3 Edisi Terbaru
- RPP K2013 Kelas 1 Tema 4 Edisi Terbaru
- Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru
- Administrasi K-2013 Terbaru
Buku Guru Dan Siswa Semua Mata Pelajaran Kelas X SMA/MA/SMK Revisi 2017 -
Buku ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk
memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga
digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran
(activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi
dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar Guru Sayang Agustus 27, 2018 CB Blogger Indonesia
Buku Guru Dan Siswa Semua Mata Pelajaran Kelas X SMA/MA/SMK Revisi 2017
Buku Guru Dan Siswa Semua Mata Pelajaran Kelas X SMA/MA/SMK Revisi 2017 -
Buku ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk
memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga
digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran
(activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi
dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar
Buku Guru Dan Siswa KK 2013 Semua Mata Pelajaran Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
Buku
ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk
memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga
digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran
(activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi
dengan contoh-contoh lembar Guru Sayang Agustus 27, 2018 CB Blogger Indonesia
Buku Guru Dan Siswa KK 2013 Semua Mata Pelajaran Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
Buku Guru Dan Siswa KK 2013 Semua Mata Pelajaran Kelas VII SMP/MTs Revisi 2017
Buku
ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk
memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga
digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran
(activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi
dengan contoh-contoh lembar
Tugas
Mandiri Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur di sini kami
telah membagikan format dan bentuk yang sudah jadi dalam format office
Words, barangkali yang membutuhkan silahkan dipilih pada menu berikut
ini:
Untuk
mempermudah dalam mendokumentasikan kegiatan tersebut sebaiknya guru
membuat formatnya, berikut contoh format tugas terstruktur dan kegiatan
mandiri tidak Guru Sayang Agustus 27, 2018 CB Blogger Indonesia
Format Tugas Mandiri Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur
Tugas
Mandiri Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur di sini kami
telah membagikan format dan bentuk yang sudah jadi dalam format office
Words, barangkali yang membutuhkan silahkan dipilih pada menu berikut
ini:
Untuk
mempermudah dalam mendokumentasikan kegiatan tersebut sebaiknya guru
membuat formatnya, berikut contoh format tugas terstruktur dan kegiatan
mandiri tidak
Di sini kami juga telah menyusunnya dengan sedemikian rupa agar Bapak dan Ibu guru bisa mendownloadnya dengan mudah.
Seperti yang telah kita ketahui, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang biasa Guru Sayang Agustus 27, 2018 CB Blogger Indonesia
RPP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018 (Semua Tema)
Halo Bapak dan Ibu guru, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1 dan 2 untuk semua tema dan sub tema yang bisa di unduh secara gratis.
Di sini kami juga telah menyusunnya dengan sedemikian rupa agar Bapak dan Ibu guru bisa mendownloadnya dengan mudah.
Seperti yang telah kita ketahui, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau yang biasa
Download Contoh Format SK Komite Sekolah SD SMP SMA SMK - Dengan
adanya bantuan operasional sekolah dari pemerintah pusat tentunya para
guru serta kepala sekolah haruslah lebih transparan dalam membelanjakan
dana bantuan operasional sekolah dari pemerintah pusat agar nantinya
tidak ada penyelewengan dana dari pemerintah pusat oleh sekolah, maka
dari itu peran serta masyarakat dilingkungan Guru Sayang Agustus 27, 2018 CB Blogger Indonesia
Download Format SK Komite Sekolah SD SMP SMA SMK
Download Contoh Format SK Komite Sekolah SD SMP SMA SMK - Dengan
adanya bantuan operasional sekolah dari pemerintah pusat tentunya para
guru serta kepala sekolah haruslah lebih transparan dalam membelanjakan
dana bantuan operasional sekolah dari pemerintah pusat agar nantinya
tidak ada penyelewengan dana dari pemerintah pusat oleh sekolah, maka
dari itu peran serta masyarakat dilingkungan
Buku Guru Dan Buku Siswa Kelas 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Baru
- Senang rasanya berjumpa kembali bersama - sama kawan - kawan guru
diseluruh Indonesia dan pada pertemuan kali ini kami akan memberikan
sebuah file yang dimana sangatlah penting sekali buat kawan - kawan
terutama guru kelas 1 karena file ini kami tujukan khusus guru kelas 1
sekolah dasar diseluruh Indonesia dan file itu Guru Sayang Agustus 27, 2018 CB Blogger Indonesia
Buku Guru Dan Buku Siswa Kelas 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Baru
Buku Guru Dan Buku Siswa Kelas 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Baru
- Senang rasanya berjumpa kembali bersama - sama kawan - kawan guru
diseluruh Indonesia dan pada pertemuan kali ini kami akan memberikan
sebuah file yang dimana sangatlah penting sekali buat kawan - kawan
terutama guru kelas 1 karena file ini kami tujukan khusus guru kelas 1
sekolah dasar diseluruh Indonesia dan file itu
Sesuai dengan Peraturan
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No 55 Tahun 2017 tentang
Pendidikan Profesi Guru, PPG Dalam Jabatan diselenggarakan sebanyak 24
SKS. PPG Dalam Jabatan dilaksanakan dengan moda Hybrid Learning, dimana
mata kegiatan Pedagogik dan Profesi sebanyak 10 SKS, dilaksanakan dalam
bentuk pembelajaran daring dan sisanya, 14 SKS dilaksaakan dalam bentuk
Guru Sayang Agustus 27, 2018 CB Blogger Indonesia
Pengumuman Hasil Pembelajaran Daring Hybrid Learning PPG Dalam Jabatan Gelombang 1
Sesuai dengan Peraturan
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No 55 Tahun 2017 tentang
Pendidikan Profesi Guru, PPG Dalam Jabatan diselenggarakan sebanyak 24
SKS. PPG Dalam Jabatan dilaksanakan dengan moda Hybrid Learning, dimana
mata kegiatan Pedagogik dan Profesi sebanyak 10 SKS, dilaksanakan dalam
bentuk pembelajaran daring dan sisanya, 14 SKS dilaksaakan dalam bentuk
Aplikasi Pembuat ID Card
| Semua karyawan termasuk guru pasti membutuhkan ID Card sebagai tanda
atau kartu identitas. Dalam membuat Kartu ID Card ada yang menggunakan
secara manual. Admin membagikan Aplikasi Pembuat ID Card ini agar
memudahkan dalam membuat kartu ID Card. Aplikasi ini bsa di unduh dengan
mudah sehingga dapat membantuk rekan-rekan dalam pembuatan Kartu ID
Card.
Guru Sayang Agustus 27, 2018 CB Blogger Indonesia
Unduh Aplikasi Pembuat ID Card
Aplikasi Pembuat ID Card
| Semua karyawan termasuk guru pasti membutuhkan ID Card sebagai tanda
atau kartu identitas. Dalam membuat Kartu ID Card ada yang menggunakan
secara manual. Admin membagikan Aplikasi Pembuat ID Card ini agar
memudahkan dalam membuat kartu ID Card. Aplikasi ini bsa di unduh dengan
mudah sehingga dapat membantuk rekan-rekan dalam pembuatan Kartu ID
Card.
