Buku Prakarya dan Kewirausahaan Kelas 11 Semester 1 / 2 Kurikulum 2013 Pegangan Siswa

Buku prakarya dan kewirausahaan merupakan salah satu buku paket yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengasah keterampilan dan kreativitas siswa kelas 11.

Seperti yang telah kita ketahui, semua buku paket yang diterbitkan oleh pemerintah akan terus diperbarui dan diperbaiki agar sesuai dengan dinamika perubahan zaman.

Buku prakarya dan kewirausahaan yang bisa di

RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 4 K-2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 4 K-2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 4 K-2013 Edisi Revisi - Sering kita dengan istilah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantu dalam mengajar agar sesuai dengan Kompetensi Dasar yang akan dicapai pada hari pelaksanaan pembelajaran tersebut.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perangkat pembelajaran yang wajib disusun dan dimiliki oleh setiap guru dalam persiapan pelaksanaan pembelajaran. RPP Kurikulum 2013 memuat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang di dalam pembelajaran mengandung unsur religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Pada penyusunan RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Sedangkan pada Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. 

RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus pembelajaran.

Berikut ini link download RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi yang dengan mudah ditemukan pada tautan di bawah ini:


Demikian uraian singkat materi RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi semoga bermanfaat bagi anda rekan-rekan pendidik khususnya sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013.

Mohon maaf atas segala kekurang kami dalam menjelaskan, karena keterbatasan kami dalam menyusun kata dan kalimat senantiasa kami menanti kritik saran serta masukan untuk meningkatkan kualitas blog kami.
Jadilah pelanggan kami dengan rutinitas selalu mengunjungi blog ini, atau dengan mengirim/ketik email anada sebagai pengunjung setia kami.

RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 3 K-2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 3 K-2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 3 K-2013 Edisi Revisi - Sering kita dengan istilah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantu dalam mengajar agar sesuai dengan Kompetensi Dasar yang akan dicapai pada hari pelaksanaan pembelajaran tersebut.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perangkat pembelajaran yang wajib disusun dan dimiliki oleh setiap guru dalam persiapan pelaksanaan pembelajaran. RPP Kurikulum 2013 memuat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang di dalam pembelajaran mengandung unsur religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Pada penyusunan RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Sedangkan pada Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. 

RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus pembelajaran.

Demikian uraian singkat materi RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi semoga bermanfaat bagi anda rekan-rekan pendidik khususnya sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013.
Berikut ini link download RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi yang dengan mudah ditemukan pada tautan di bawah ini:

  1. RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 3 Pb 1 Bermain di Lingkungan Sekolah.docx
  2. RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 3 Pb 2 Bermain di Lingkungan Sekolah.docx
  3. RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 3 Pb 3 Bermain di Lingkungan Sekolah.docx
  4. RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 3 Pb 4 Bermain di Lingkungan Sekolah.docx
  5. RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 3 Pb 5 Bermain di Lingkungan Sekolah.docx
  6. RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 3 Pb 6 Bermain di Lingkungan Sekolah.docx

Mohon maaf atas segala kekurang kami dalam menjelaskan materi RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi, karena keterbatasan kami dalam menyusun kata dan kalimat senantiasa kami menanti kritik saran serta masukan untuk meningkatkan kualitas blog kami.
Jadilah pelanggan kami dengan rutinitas selalu mengunjungi blog ini, atau dengan mengirim/ketik email anada sebagai pengunjung setia kami.

RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 2 K-2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 2 K-2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 2 K-2013 Edisi Revisi - Sering kita dengan istilah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantu dalam mengajar agar sesuai dengan Kompetensi Dasar yang akan dicapai pada hari pelaksanaan pembelajaran tersebut.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perangkat pembelajaran yang wajib disusun dan dimiliki oleh setiap guru dalam persiapan pelaksanaan pembelajaran. RPP Kurikulum 2013 memuat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang di dalam pembelajaran mengandung unsur religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Pada penyusunan RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Sedangkan pada Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. 

RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus pembelajaran.

Berikut ini link download RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi yang dengan mudah ditemukan pada tautan di bawah ini:

Download RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 2 K-2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 1 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 2 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 3 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 4 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 5 Bermain di Rumah Teman.docx
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 2 Pb 6 Bermain di Rumah Teman.docx
Demikian uraian singkat materi RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi semoga bermanfaat bagi anda rekan-rekan pendidik khususnya sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013.

Mohon maaf atas segala kekurang kami dalam menjelaskan materi RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 2 K-2013 Edisi Revisi, karena keterbatasan kami dalam menyusun kata dan kalimat senantiasa kami menanti kritik saran serta masukan untuk meningkatkan kualitas blog kami.
Jadilah pelanggan kami dengan rutinitas selalu mengunjungi blog ini, atau dengan mengirim/ketik email anada sebagai pengunjung setia kami. 

RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi - Sering kita dengan istilah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau disingkat RPP, adalah pegangan seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantu dalam mengajar agar sesuai dengan Kompetensi Dasar yang akan dicapai pada hari pelaksanaan pembelajaran tersebut.
RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perangkat pembelajaran yang wajib disusun dan dimiliki oleh setiap guru dalam persiapan pelaksanaan pembelajaran. RPP Kurikulum 2013 memuat Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang di dalam pembelajaran mengandung unsur religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Pada penyusunan RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Sedangkan pada Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan peyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. 

RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus pembelajaran.

Demikian uraian singkat materi RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi semoga bermanfaat bagi anda rekan-rekan pendidik khususnya sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013.

Berikut ini link download RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi yang dengan mudah ditemukan pada tautan di bawah ini:

RPP Kelas 2 Tema 2 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 1 Pb 1 Bermain di Lingkunganku.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 1 Pb 2 Bermain di Lingkunganku.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 1 Pb 3 Bermain di Lingkunganku.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 1 Pb 4 Bermain di Lingkunganku.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 1 Pb 5 Bermain di Lingkunganku.doc
RPP Kelas 2 Tema 2 Sub 1 Pb 6 Bermain di Lingkunganku.doc
Mohon maaf atas segala kekurang kami dalam menjelaskan, karena keterbatasan kami dalam menyusun kata dan kalimat senantiasa kami menanti kritik saran serta masukan untuk meningkatkan kualitas blog kami.
Jadilah pelanggan kami dengan rutinitas selalu mengunjungi blog ini, atau dengan mengirim/ketik email anada sebagai pengunjung setia kami.

RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi - Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, yang disusun oleh guru harus muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramu sebuah RPP dengan baik.
Kurikulum 2013 direvisi mengacu pada unsur keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. 

Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill. 

Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. 

Berikut link download RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 4 Pb 1 Hidup Rukun di Masyarakat.doc
RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 4 Pb 2 Hidup Rukun di Masyarakat.doc
RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 4 Pb 3 Hidup Rukun di Masyarakat.doc
RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 4 Pb 4 Hidup Rukun di Masyarakat.doc
RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 4 Pb 5 Hidup Rukun di Masyarakat.doc
RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 4 Pb 6 Hidup Rukun di Masyarakat.doc
Demikian dan sekian ulasan singkat materi RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi semoga bermanfaat, serta mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi ini.

Link Download lainnya:


Terima kasih semoga bermanfaat. Salam untuk semuanya.

RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi - Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, yang disusun oleh guru harus muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramu sebuah RPP dengan baik.
Kurikulum 2013 direvisi mengacu pada unsur keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. 

RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill. 
Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. 

Berikut link download RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 1 sampai dengan pembelajaran 6 atau RPP yang disampaikan selama 1 (satu) minggu Kurikulum 2013 Edisi Revisi adalah sebagai berikut:
  1. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 3 Pb 1 Hidup Rukun di Sekolah.doc
  2. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 3 Pb 2 Hidup Rukun di Sekolah.doc
  3. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 3 Pb 3 Hidup Rukun di Sekolah.doc
  4. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 3 Pb 4 Hidup Rukun di Sekolah.doc
  5. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 3 Pb 6 Hidup Rukun di Sekolah.doc
  6. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 3 Pb 5 Hidup Rukun di Sekolah.doc
Demikian dan sekian ulasan singkat materi RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi semoga bermanfaat, serta mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi ini.

RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi - Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, yang disusun oleh guru harus muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramu sebuah RPP dengan baik.
Kurikulum 2013 direvisi mengacu pada unsur keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. 

Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill. 

Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. 

Berikut link download RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
  1. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 2 Pb 1 Hidup Rukun di Tempat Bermain.docx
  2. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 2 Pb 2 Hidup Rukun di Tempat Bermain.doc
  3. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 2 Pb 3 Hidup Rukun di Tempat Bermain.doc
  4. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 2 Pb 4 Hidup Rukun di Tempat Bermain.doc
  5. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 2 Pb 5 Hidup Rukun di Tempat Bermain.doc
  6. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 2 Pb 6 Hidup Rukun di Tempat Bermain.doc
Demikian dan sekian ulasan singkat materi RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi semoga bermanfaat, serta mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi ini.

RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi - Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, yang disusun oleh guru harus muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramu sebuah RPP dengan baik.
Kurikulum 2013 direvisi mengacu pada unsur keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. 

Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill. 

Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. 

Berikut link download RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
  1. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 1 Pb 1 Hidup Rukun di Rumah.doc
  2. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 1 Pb 2 Hidup Rukun di Rumah.doc
  3. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 1 Pb 3 Hidup Rukun di Rumah.doc
  4. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 1 Pb 4 Hidup Rukun di Rumah.doc
  5. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 1 Pb 5 Hidup Rukun di Rumah.doc
  6. RPP Kelas 2 Tema 1 Sub 1 Pb 6 Hidup Rukun di Rumah.doc
Demikian dan sekian ulasan singkat materi RPP Kelas 2 Tema 1 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi semoga bermanfaat, serta mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi ini.

Link Download lainnya:
Format Blangko Isian PMP Versi 2018.07
Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Terbaru
RPP K-2013 Edisi 2018 Kelas 1 Tema 1 Komplit
RPP K-2013 Edisi 2018 Kelas 1 Tema 2 Komplit
RPP K-2013 Edisi 2018 Kelas 1 Tema 3 Komplit

RPP K-2013 Edisi 2018 Kelas 1 Tema 4 Komplit
Terima kasih semoga waktu yang anda luangkan untuk berkunjung di blog kami ini bermanfaat.


Format Blangko Isian PMP Versi 2018.07

Format Blangko Isian PMP Versi 2018.07

Format Blangko Isian PMP Versi 2018.07 - Pemerintah melalui instansi terkait telah melakukan pendataan mutu pendidikan dengan fasilitas Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan (PMP) yang sampai saat ini telah merilis versi 2018.07. Adapun pengisian data melibatkan beberapa pihak yang terkait di dalam komponen pendidikan pada satuan pendidikan di masing-masing satuan pendidikan. 
Format Blangko Isian PMP Versi 2018.07
Format Blangko Isian PMP Versi 2018.07

Hal-hal yang terpenting dilakukan adalah sebagai penjelasan berikut:

  • Proses terkait kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis data dan informasi tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan dari mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.
  • Memberikan gambaran kepada berbagai pemangku kepentingan tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan.
Tujuan Pemetaan Mutu Dilakukan?
  1. Salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam menjalankan penjaminan mutu pendidikan baik secara internal maupun eksternal.
  2. Menghasilkan peta mutu pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah, pemerintah daerah, dan pemerintah sebagai acuan dalam perencanaan perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan sesuai kewenangan masing-masing.
Bagaimana Melakukan Pemetaan Mutu Pendidikan?
  1. Mengacu pada standar nasional pendidikan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
  2. Standar nasional pendidikan dijabarkan dalam bentuk indikator mutu (lihat Gambar 3) dan sub-indikator mutu. Variabel pertanyaan dalam instrumen dibangun dari sub-indikator mutu dan didentifikasi sumber data dan informasi yang mendukung.
  3. Bedasarkan sumber data dan informasi, instrumen pemetaan mutu disusun dalam dua jenis yaitu kuesioner pemetaan mutu dan formulir data pokok pendidikan. Data dan informasi untuk formulir data pokok pendidikan diambil dari rekam data sekolah yang ada pada Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Data dan informasi untuk kuesioner pemetaan mutu perlu dihimpun kembali ke sekolah.
  4. Sekolah melakukan kegiatan pemetaan mutu melalui Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan menyampaikan hasil evaluasi tersebut dalam bentuk data dan informasi sesuai dengan instrumen pemetaan mutu yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dengan ketentuan yang ada.
  5. Data dan informasi dikirim ke sistem informasi mutu pendidikan untuk diolah menjadi peta mutu yang memuat capaian pemenuhan terhadap standar nasional pendidikan untuk disampaikan kepada sekolah, pemerintah daerah dan pemerintah pusat.
  6. Peta mutu dianalisa lebih lanjut sehingga dapat digunakan sebagai acuan perencanaan pendidikan oleh sekolah, pemerintah daerah dan pusat sehingga upaya pemenuhan mutu pendidikan berjalan sinergis karena berasal dari sumber data dan informasi yang sama.
Keterlibatan Pemetaan Mutu Pendidikan.

Warga sekolah yang memberikan data dan informasi pada level sekolah yaitu: 
  1. Kepala sekolah melalui login Operator
  2. Pengawas sekolah
  3. Komite sekolah dengan pengisian minimal 3 orang anggota komite
  4. Peserta didik/siswa dari kelas 4-6 masing-masing 5 siswa.
Adapun masing-masing pengisian sebagai kemudahan dalam persiapan sebelum Operator Sekolah melaksanakan infut data terlebih dahulu dilakukan dengan pengisian secara manual pada masing-masing kepentingan pengisian tersebut di atas. Berikut isian data yang dipersiapkan:

Isian data untuk kepala sekolah
Isian data untuk pengawas sekolah
Isian data untuk Guru
Isian data untuk komite sekolah
Isian data untuk peserta didik/siswa
Dalam hal ini seorang pengawas sekolah yang merupakan pembina/manajerial dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner pemetaan mutu pendidikan yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
  1. Pengawas sekolah dan/atau petugas pemetaan mutu yang telah dibina oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan untuk melakukan proses verifikasi dan validasi atas data yang akan disampaikan oleh sekolah.
  2. Petugas pemetaan mutu atau operator Dapodikdasmen dapat dilibatkan untuk membantu sekolah dalam merekam dan mengirimkan data dan informasi pemetaan mutu melalui aplikasi pengumpulan data yang ada di sekolah.
  3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dibantu oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengkoordinir agar seluruh sekolah dapat terpetakan mutunya.
Dimana Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Dilaksanakan?
  1. Pemetaan mutu dilaksanakan di sekolah melalui kegiatan Evaluasi Diri Sekolah.
  2. Pemetaan mutu pada level kewilayahan dilakukan oleh pemerintah daerah dan pusat dengan menghimpun hasil evaluasi diri sekolah melalui instrumen pemetaan mutu yang dikembangkan oleh pemerintah pusat dengan bantuan aplikasi pengumpulan data terpadu berbasis komputer yang ada di sekolah (Dapodikdasmen) dan dikirim ke sistem informasi mutu pendidikan.
  3. Pengolahan dan penyajian hasil pemetaan mutu dilakukan oleh sistem informasi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Dilaksanakan?
  1. Pengumpulan data dan informasi dilakukan selama kurang lebih 4 bulan (Juni – September).
  2. Peta mutu pendidikan sebagai hasil pengolahan data dan informasi yang dihimpun dilakukan dan disajikan pada sistem informasi mutu pendidikan setelah proses pengumpulan data dan informasi selesai.
Kuesioner Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP)
  1. Sekolah dapat membentuk tim yang terdiri atas pihak-pihak relevan agar dapat mengawal proses pengumpulan data dan informasi pemetaan mutu berjalan optimal.
  2. Kepala sekolah dan tim yang terlibat dalam pengisian hendaknya mempelajari secara seksama setiap butir pernyataan pada masing-masing komponen dengan membaca bagian panduan teknis pengisian kuesioner yang dijabarkan pada bagian setelahnya.
  3. Kepala sekolah dan tim dapat berkonsultasi dengan pengawas sekolah atau petugas pemetaan mutu daerah atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan untuk memperoleh informasi dan klarifikasi lebih lengkap terhadap setiap butir pertanyaan pada instrumen.
  4. Seluruh butir pertanyaan harus dijawab dan diisi sesuai dengan keadaan sebenarnya dengan mengacu pada bukti fisik dan non-fisik yang ada di sekolah.
  5. Jawaban untuk setiap butir pertanyaan perlu diteliti kembali secara seksama sebelum dikirimkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Pemberian jawaban untuk pilihan angka dilakukan dengan memilih salah satu angka, untuk pilihan bertanda *) dilakukan dengan menyilang (x) salah satu tanda dan untuk pilihan bertanda *) dilakukan dengan menyilang (√) satu atau lebih tanda.
Jika merasa artikel Format Blangko Isian PMP Versi 2018.07 ini bermanfaat, Silahkan untuk dibagikan kepada khususnya para Operator Sekolah (OPS) supaya dalam pengerjaan PMP segera terselesaikan.

Sekian ulasan penjelasan dari kami dengan harapan dapat bermanfaat bagi khusus Operator Sekolah (OPS).