Download Administrasi Kurikulum 2013 Terbaru

Download Administrasi Kurikulum 2013 Terbaru

Download Administrasi Kurikulum 2013 Terbaru - Dalam segala bentuk kegiatan administrasi merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan, oleh karena itu administrasi guru/pendidik selalu yang paling dicari guna melengkapi kegiatan proses belajar mengajar di kelas.
Download Administrasi Kurikulum 2013 Terbaru
Download Administrasi Kurikulum 2013 Terbaru
Terlebih yang sering terjadi pada kenyataan di lapangan bahwa prosentase guru rajin atau tertib membuat administrasi hanyalah pada saat akan diadakan supervisi oleh Kepala Sekolah maupun Pengawas sekolah, dan terlebih pada saat akan diadakan visitasi/akreditasi sekolah.

Menyikapi dan untuk menepis hal miring tentang kelemahan guru, maka pada kesempatan kali ini kami telah siapkan materi khusus yang barangkali dapat hanya sebatas sebagai referensi atau bahkan dapat dipergunakan sebagai acuan utama bapak dan ibu guru dalam menyusun administrasi pembelajaran waabil khusus pengguna Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 saat ini.

Sebagai bukti nyata uraian kami di atas di bawah ini telah kami persiapkan beberapa link download yang berfungsi sebagai langkah awal anda untuk melengkapi administrasi pembelajaran bapak dan ibu semuanya. Namun sebelum melangkah lebih jauh bagi pendidik sekolah dasar kelas 1 telah kami persiapkan administrasi khusus, dan dapat diakses di bawah ini pula.
Baca juga: Silabus, Prota, Prosem, dan KBM KK13 Kelas 1 SD/MI
Lebih jauh tentang materi lengkap link Download Administrasi Kurikulum 2013 Terbaru berikut yang dapat memastikan anda untuk melengkapi administrasi pembelajaran kurikulum 2013.

Semoga dengan adanya materi Download Administrasi Kurikulum 2013 Terbaru ini bapak dan ibu guru/pendidik dapat tidur dengan nyenyak, pikiran tenang dan akhirnya tanpa masalah berurusan dengan administrasi yang tidak lengkap lagi. Silahkan bagikan kepada rekan-rekan apabila materi ini bermanfaat.

Mohon maaf atas segala kekurangan selamat Beraktivitas mendidik anak bangsa ini dan untuk memudahkan dalam pencarian materi gunakan tombol navigasi yang telah kami persiapkan atau juga pada menu label yang kami sematkan pada bila sisi kanan  blog ini.

Sukses Guru-guru di negeri ini.... !

Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru

Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru

Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru - Bagi Bapa/Ibu dalam proses pembelajaran mempunyai planning dan gambaran bagaimana nanti peserta didik dapat mengikuti pembelajaran di sekolah sesuai dengan apa yang sudah menjadi peraturan Negara mengenai kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, belajar mengajar mencoba memberi sedikit contoh plan yang akan dibuat oleh Bapak/Ibu untuk peserta didiknya.
Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru
Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru
Guru merupakan kunci kelangsungan pelaksanaan kualitas pendidikan. Guru harus mempunyai niat dan tekad yang kuat agar tercapainya sebuah tujuan pendidikan di Indonesia. Selain itu guru harus dapat menyiapkan materi pembelajaran serta menguasai yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau sering di sebut RPP.

Selain RPP dan silabus,  Dalam Bahasa Keguruan ada  istilah yang dinamakan Prota (Program Tahunan) yaitu rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. selain dari itu, ada juga istilah Promes (Program Semester) yaitu satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan seperti kegiatan mid semester, ujian semester dan sebagainya Selain Prota dan Promes, ada juga KKM  yang dijadikan Sebagai acuan bagi seorang guru untuk menilai kompetensi peserta didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK)

Fungsi dan manfaat Silabus.

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat/media pembelajaran. Silabus merupakan penjabaran dari standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi indikator pencapaian kompetensi dan penilaian

Program Tahunan (Prota)

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.

Program Semester (Promes)

Program Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan. Satu semester terdiri dari 19 minggu kerja termasuk penyelenggaraan tatap muka, mid semester dan ujian semester.

Kriteria Ketuntasan minimal (KKM) atau Ketuntasan Belajar minimal (KBM)

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan dalam pembelajaran atau menelaah Kompetensi Dasar (KD) pada kurikulum 2013, KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru kelas atau juga guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama.

Mensikapi berbagai penjelasan di atas tertuang dalam sebuah materi yang dapat langsung di download di bawah ini:

Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru
1. Silabus Tematik Kelas 1 Semester 1 Revisi 2017.docx
2. Program Semester Kelas 1 Revisi 2017.xlsx
3. Program Tahunan Kelas 1 Revisi 2017.docx
4. KKM Kelas 1 Semester 1 Revisi 2017.xlsx
KKM-Prota-Promes-Silabus K13 Kelas 1 Revisi 2017.zip
Demikian ulasan singkat materi Silabus, Prota, Promes dan KKM K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru dengan harapan dapat dipergunakan sebagai bahan pengayaan referensi bagi para pendidik.

Baca juga:
  1. RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI Tema 1
  2. RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI Tema 2
  3. RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI Tema 3
  4. RPP Kurikulum 2013 Kelas 1 SD/MI Tema 4

Kami tunggu kritik, saran serta masukan dari pengunjung untuk kemajuan blog kami ini ke depannya.

Download Bebas RPP K2013 Kelas 1 Tema 4 Edisi Terbaru

RPP K2013 Kelas 1 Tema 4 Edisi Terbaru

RPP K2013 Kelas 1 Tema 4 Edisi Terbaru - Bagi seorang pendidik di sekolah yang melaksanakan peserta didik pada program Kurikulum 2013 (Kurtilas). Pelaksana Kurikulum 2013 belum merata, karena masih banyak revisi-revisi harus dilakukan oleh kemdikbud hal itu disebabkan tidak meratanya kualitas pendidik disetiap provinsi. Akan tetapi dengan kesadaran kita sebagai pendidik tentu akan mengambil langkah-langkah bijaksana seperti mempelajari materi tema baru melalui buku atau membaca tip menghadapi peserta didik.
Download Bebas RPP K2013 Kelas 1 Tema 4 Edisi Terbaru
Download Bebas RPP K2013 Kelas 1 Tema 4 Edisi Terbaru
Sekolah yang menjalankan kurikulum 2013 di awal pembelajaran yaitu kelas 1 serta kelas 4, oleh karena itu kami saat ini juga telah memulai memberikan format RPP K13 kelas 1 semua tema pembelajaran bahkan semua file pendidikan yang diperlukan dalam dunia pendidikan telah kami persiapkan. Siklus pertama dalam perencanaan mengajar dengan mempersiapkan materi yang akan diajarkan merupakan faktor utama sebelum melaksanakan pembelajaran kepada peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan peserta didik, Tujuannya untuk menguasai tema kompetensi sehingga pendidik lebih percaya diri didepan kelas.

Selain itu menerapkan isi pembelajaran akan bervariatif serta dapat mentransfer pengetahuan secara maksimal. Pendidik bisa menggunakan alat peraga pendidikan sebagai jembatan positif untuk mencairkan suasana belajar kurang efektif, merangsang motorik otak sesuai dengan potensi usia peserta didik, mengurangi rasa jenuh, dan menarik minat peserta didik. Untuk menumbuhkan semangat belajar bisa mengajak peserta didik dengan mengalunkan lagu-lagu pendidikan.

Setelah menguasai keadaan serta situasi kelas seorang pendidik dapat memberikan tes evaluasi materi kepada peserta didik. Pengamatan terhadap peserta didik dilakukan dalam penerapan metode pembelajaran Quantum Teaching artinya belajar cepat tapi tidak melupakan rujukan ketetapan kurikulum 2013, dengan kata lain sesuai dengan ketentuan yang ditargetkan cara tersebut dapat mengurangi kesulitan pendidik menerapkan tema kompetensi tepat waktu.

Seorang pendidik mempunyai tugas mulia, karena mereka mengabdikan diri untuk mencerdaskan peserta didik bangsa. Lepas dari itu ada hal utama bagi seorang pendidik yaitu membuat konsep pembelajaran yang sudah kami bahas diatas. Terkadang Pendidik tidak menghiraukan adanya peralatan mengajar dapat dimanfaatkan untuk mempermudah serta mengurangi kegugupan ketika berada di depan kelas.

Sangat beruntung bagi pendidik Kelas 1 pelaksana kurtilas karena kami sekarang akan membagikan format RPP Kurikulum 2013 untuk bapak dan ibu guru secara gratis kemudian di pelajari sehingga dapat memahami materi kompetensi. Tidak lepas dari itu pendidik dapat menghitung alokasi waktu merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, estimasi tersebut menurut mata pelajaran hanyalah sebagai petunjuk umum.

Pendidik diharapkan mengembangkan kreatifitasnya dengan memperkirakan perhitungan jam pelajaran berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah. Permasalahan yang di hadapi oleh pendidik dalam memberikan materi tidak lepas dari sifat malas peserta didik didik, itu sebabnya kita harus mengetahui konsep pembelajaran berbasis masalah. Metode mengajar dengan mendekati murid supaya merangsang ingin belajar merupakan tahapan yang berkaitan dengan Problem Based Learning, peserta didik di ajak berdiskusi tentang pemecahan masalah jadi pengalaman murid akan lebih bermakna.

Peserta didik didik yang belajar mengatasi masalah maka pengetahuan intelektual mereka akan berkembang, dalam situasi tersebut konsep problem based learning. Selain itu, peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, menumbuhkan inisiatif peserta didik dalam bekerja, motivasi internal untuk belajar dan dapat mengembangkan hubungan interpersonal dalam bekerja kelompok. Dalam situasi PBL, peserta didik  mengintegrasikan pengetahuan dan ketrampilan secara simultan dan mengaplikasikannya dalam konteks yang relevan.

Memang berat rasanya ketika guru akan menyusun laporan RPP karena harus di buat setiap tatap muka dengan peserta didik, akan tetapi itu merupakan kewajiban setiap pendidik. Menyusun konsep pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kurikulum 2013 harus berdasarkan silabus dikembangkan melalui pemetaan Kompetensi Dasar menandakan hasil atau acuan tugas guru sebagai pendidik dalam target program kurikulum 2013. Adapun indikator yang berfungsi untuk mengolah, menganalisa serta membagi kompetensi pertema pembelajaran dengan cara mengidentifikasi lingkungan, potensi peserta didik, serta kemampuan murid.

Penelitian yang harus dilakukan oleh pendidik yakni membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan berhasil memecahkan masalah yang kompleks, meningkatkan kolaborasi, mendorong peserta didik untuk mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan komunikasi, serta meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengelola sumber. Kita kembali membahas mengenai alat peraga pendidikan, menggunakan peralatan mengajar tersebut akan memberikan kejutan, dengan itu secara tidak sadar peserta didik akan menjalin komunikasi atau tercipta kolaborasi tanya jawab. Seiring berjalannya proses tersebut berarti guru sudah berhasil menerapkan metode tersebut, maka penyusunan konsep mengajar otomatis mencapai target SKL. 

Pengembangan RPP akan mudah jika dikerjakan secara rutin menurut pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas. Sebagai bahan dukungan, kami akan memberikan file format rencana mengajar lengkap dengan tema dan subtema semua pembelajaran. Tapi kita harus memperhatikan hal-hal yang terjadi di sekolah masing-masing, karena setiap masalah yang dihadapi berbeda-beda. Dalam pelatihan kurikulum bukan hanya PBL, terdapat juga model pembelajaran penemuan untuk membantu meningkatkan perkembangan keterampilan dan proses kognitif, hal ini sekaligus menjadi kunci keberhasilan proses tersebut. Baca selengkapnya panduan pembuatan rencana belajar serta teknis penilaian.

Pengetahuan yang didapat melalui cara ini sangat pribadi dan ampuh karena menguatkan pengertian, ingatan dan transfer, dampak positif lainnya yakni menimbulkan rasa senang, karena tumbuhnya rasa menyelidiki dan berhasil, memungkinkan peserta didik berkembang dengan cepat dan sesuai dengan kecepatannya sendiri, menyebabkan peserta didik mengarahkan kegiatan belajarnya sendiri dengan melibatkan akalnya dan motivasi sendiri.

Silahkan dapatkan RPP K2013 Kelas 1 Tema 4 Edisi Terbaru semua tema pokok subtema pembelajaran format word secara gratis, data tersebut disimpan dalam tempat penyimpanan google drive yang aman serta sudah terhindar dari virus.

RPP Kelas 1 Tema 4 Subtema 1:
RPP Kelas 1 Tema 4 ST1 Pembelajaran 1.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST1 Pembelajaran 2.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST1 Pembelajaran 3.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST1 Pembelajaran 4.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST1 Pembelajaran 5.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST1 Pembelajaran 6.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 Subtema 2:
RPP Kelas 1 Tema 4 ST2 Pembelajaran 1.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST2 Pembelajaran 2.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST2 Pembelajaran 3.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST2 Pembelajaran 4.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST2 Pembelajaran 5.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST2 Pembelajaran 6.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 Subtema 3:
RPP Kelas 1 Tema 4 ST3 Pembelajaran 1.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST3 Pembelajaran 4.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST3 Pembelajaran 5.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST3 Pembelajaran 6.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 Subtema 4:
RPP Kelas 1 Tema 4 ST4 Pembelajaran 1.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST4 Pembelajaran 2.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST4 Pembelajaran 3.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST4 Pembelajaran 4.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST4 Pembelajaran 5.docx
RPP Kelas 1 Tema 4 ST4 Pembelajaran 6.docx

Demikian pembahasan mengenai RPP K2013 Kelas 1 Tema 4 Edisi Terbaru untuk pendidik Kelas 1 SD Kurikulum 2013, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan guru. Terima kasih atas kunjungannya karena ikut berpartisipasi mengembangkan dunia pendidikan yang berkualitas. 
Jangan lupa untuk dibagikan kepada pendidik lain yang membutuhkan supaya membantu rekan-rekan Anda yang belum mempunyai dokumen  diatas. Untuk update terbaru silahkan dapatkan disini. Bulan sembilan kurikulum 2013 mengalami perubahan kembali, bagi pendidik yang mencari bahan perlengkapan mengajar Anda dapat langsung memilih menu navigasi atau label blog sesuai kebutuhan.


Download RPP K2013 Kelas 1 Tema 3 Edisi Terbaru

RPP K2013 Kelas 1 Tema 3 Edisi Terbaru

RPP K2013 Kelas 1 Tema 3 Edisi Terbaru - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebuah susunan rencana kegiatan pembelajaran 1 (satu) tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Dengan rujukan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah serta Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara lengkap agar pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan sebelum semester atau tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini dapat dilakukan oleh pendidik secara mandiri dan/atau berkelompok (KKG/MGMP) di sekolah/madrasah dan telah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah. Pengembangan RPP dapat juga dilakukan oleh pendidik secara berkelompok antar sekolah atau antar wilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.

Dalam menyusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:
  • Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  • Partisipasi aktif peserta didik.
  • Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
  • Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  • Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  • Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  • Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  • Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen RPP adalah:
  1. Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
  3. Kelas/semester,
  4. Materi pokok,
  5. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai,
  6. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
  7. Kompetensi Dasar dan indikator pencapaian kompetensi,
  8. Materi pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
  9. Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai,
  10. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran,
  11. Sumber belajar, dapat berupa: buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan,
  12. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup, dan
  13. Penilaian hasil pembelajaran.
Dengan mempertimbangkan pedoman dari Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, komponen RPP di atas secara operasional dapat diwujudkan dalam format RPP berikut ini.

RPP K2013 Kelas 1 Tema 3 Edisi Terbaru dengan susunan link download sebagai berikut:

RPP Kelas 1 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 sampai 6:
RPP Kelas 1 Tema 3 ST1 Pembelajaran 1.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST1 Pembelajaran 2.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST1 Pembelajaran 3.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST1 Pembelajaran 4.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST1 Pembelajaran 5.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST1 Pembelajaran 6.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 sampai 6:
RPP Kelas 1 Tema 3 ST2 Pembelajaran 1.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST2 Pembelajaran 2.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST2 Pembelajaran 3.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST2 Pembelajaran 4.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST2 Pembelajaran 5.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST2 Pembelajaran 6.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1 sampai 6:
RPP Kelas 1 Tema 3 ST3 Pembelajaran 1.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST3 Pembelajaran 2.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST3 Pembelajaran 3.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST3 Pembelajaran 4.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST3 Pembelajaran 5.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST3 Pembelajaran 6.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 Subtema 4 Pembelajaran 1 sampai 6:
RPP Kelas 1 Tema 3 ST4 Pembelajaran 1.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST4 Pembelajaran 2.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST4 Pembelajaran 3.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST4 Pembelajaran 4.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST4 Pembelajaran 5.docx
RPP Kelas 1 Tema 3 ST4 Pembelajaran 6.docx
Demikian ulasan singkat materi tentang RPP K2013 Kelas 1 Tema 3 Edisi Terbaru semoga dengan adanya materi yang kami bagikan saat ini dapat menambah referensi bagi bapak dan ibu guru dalam kelangsungan pembelajaran di kelas.

Barangkali masih ada yang ketinggalan tentang:


Terima kasih kunjungan anda sangat berarti bagi kami, sehingga akan lebih berarti lagi apabila materi ini anda bagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkannya.

RPP Kelas 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Edisi Terbaru

RPP Kelas 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Edisi Terbaru

RPP Kelas 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Edisi Terbaru - RPP adalah sebuah susunan rencana kegiatan pembelajaran 1 (satu) tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Dengan rujukan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah serta Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
RPP Kelas 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Edisi Terbaru
RPP Kelas 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Edisi Terbaru
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara lengkap agar pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Pengembangan RPP dilakukan sebelum semester atau tahun pelajaran dimulai, namun perlu diperbaharui sebelum pembelajaran dilaksanakan.

Pengembangan RPP ini dapat dilakukan oleh pendidik secara mandiri dan/atau berkelompok (KKG/MGMP) di sekolah/madrasah dan telah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah. Pengembangan RPP dapat juga dilakukan oleh pendidik secara berkelompok antar sekolah atau antar wilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.
BACA KEMBALI: RPP Kelas 1 SD/MI Tema 1 Kurikulum 2013 terbaru
Dalam menyusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:
  1. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen RPP adalah:
  1. identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
  3. kelas/semester,
  4. materi pokok,
  5. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai,
  6. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
  7. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi,
  8. materi pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
  9. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai,
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran,
  11. sumber belajar, dapat berupa: buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan,
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup, dan
  13. penilaian hasil pembelajaran.
Baca juga: Buku Guru dan Siswa SD/MI Kelas 1 sampai kelas 6
Dengan mempertimbangkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, komponen RPP di atas secara operasional dapat diwujudkan dalam format RPP berikut ini.

Materi RPP Kelas 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Edisi Terbaru ini terdiri dari:

I. RPP TEMA 2 SUBTEMA 1:

  1. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1.docx
  2. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2.docx
  3. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 3.docx
  4. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4.docx
  5. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 5.docx
  6. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 6.docx

II. RPP TEMA 2 SUBTEMA 2:

  1. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1.docx
  2. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 2.docx
  3. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3.docx
  4. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4.docx
  5. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 5.docx
  6. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 6.docx

III. RPP TEMA 2 SUBTEMA 3:

  1. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 1.docx
  2. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 2.docx
  3. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3.docx
  4. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 4.docx
  5. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 5.docx
  6. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 6.docx

IV. RPP TEMA 2 SUBTEMA 4:

  1. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 1.docx
  2. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 2.docx
  3. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 3.docx
  4. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 4.docx
  5. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 5.docx
  6. RPP Kelas 1 Tema 2 Subtema 4 Pembelajaran 6.docx

Demikian penjelasan singkat materi RPP Kelas 1 Tema 2 Kurikulum 2013 Edisi Terbaru semoga dapat dipahami bapak srta ibu guru dalam pelaksanaan belajar mengajar.

Download Pedoman HUT RI Ke-73 dan Panduan Desain Logo dan Tema


Pedoman HUT RI Ke-73 dan Panduan Desain Logo dan Tema-Hari
Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang tepat pada
tanggal 17 Agustus 2018 adalah sebuah peringatan akan perjuangan para
pahlawan yang telah gugur demi merdekanya negara Kesatuan Republik
Indonesia ini. Maka dari itu, pada tahun 2018 ini kita sebagai warga
negara yang baik dan tunduk, patuh terhadap Undang-Undang yang

Kisi-Kisi Soal CPNS TKD, TKB, dan Try out CAT 2018 - 2019


Kisi-Kisi Soal CPNS TKD, TKB, dan Try out CAT 2018 - 2019 : Mengerjakan
soal ujian CPNS merupakan salah satu tahapan yang harus dijalani
peserta tes CPNS untuk bisa lolos menjadi seorang pegawai negeri sipil.
Tidak langsung mengerjakan soal ujian CPNS saat tes berlangsung, salah
satu usaha Anda untuk mewujudkan harapan menjadi seorang pegawai negeri
sipil tercapai ialah dengan jalan

RPP, Silabus , KI dan KD , Prota, Promes KK 2013 IPS Kelas 9 SMP/MTs


Perangkat
pembelajaran merupukan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum
melaksanakan pembelajaran. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan
perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran.
Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang
mengacu pada standar isi.

Unduh Pedoman Menulis Karya Ilmiah PGRI Tahun 2018


Salah satu program kegiatan Pengurus Besar PGRI pada tahun 2018 adalah
Festival Menulis Guru PGRI. Menulis merupakan gerbang peradaban dunia,
Menulis adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan bermanfaat karena
dengan menulis bisa memperlihatkan luasnya dunia. Menulis sebagai bagian
dari budaya literasi menjadi sangat penting bagi seorang guru yang
mempunyai tugas mulia mencerdaskan

RPP K13 Matematika SMA/MA Kelas X Semester 1


RPP K13 Matematika SMA/MA Kelas X Semester 1.
Penyusunan rencana mengajar harus berdasarkan silabus, karena itu
merupakan pedoman pembelajaran guru dalam menyampaikan materi belajar
kompetensi serta menghitung waktu antara tema dan jam pelajaran.









Dalam
memperhitungkan alokasi waktu Anda bisa bersikap bijaksana dengan
menyesuaikan situasi, kemampuan, potensi, dan lingkungan siswa