Juknis PPDB Komplit Tahun Pelajaran 2018/2019

Juknis PPDB Komplit Tahun Pelajaran 2018/2019

Juknis PPDB Komplit Tahun Pelajaran 2018/2019 - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2018-2019
Juknis PPDB Komplit Tahun Pelajaran 2018/2019
Juknis PPDB Komplit Tahun Pelajaran 2018/2019
PPDB bertujuan untuk menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara objektif, transparan, akuntabel, nondiskriminatif, dan berkeadilan dalam rangka mendorong peningkatan akses layanan pendidikan.

Waktu dan Mekanisme PPDB.

Sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah melaksanakan PPDB dimulai pada bulan Mei setiap tahun.
Proses pelaksanaan PPDB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dimulai dari tahap pengumuman secara terbuka penerimaan calon peserta didik baru pada Sekolah yang bersangkutan sampai dengan tahap penetapan peserta didik setelah proses daftar ulang.

Sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah wajib mengumumkan secara terbuka proses pelaksanaan dan informasi PPDB paling sedikit terkait: 
  • persyaratan; 
  • proses seleksi; 
  • daya tampung berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai rombongan belajar; 
  • biaya pungutan khusus untuk SMA/SMK/bentuk lain yang sederajat bagi daerah yang belum menerapkan wajib belajar 12 (dua belas) tahun; dan 
  • hasil penerimaan peserta didik baru melalui papan pengumuman Sekolah maupun media lainnya. 

Persyaratan PPDB

Persyaratan calon peserta didik baru pada TK atau bentuk lain yang sederajat adalah: 
a. berusia 4 (empat) tahun sampai dengan 5 (lima) tahun untuk kelompok A; dan 
b. berusia 5 (lima) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun untuk kelompok B. 

(1) Persyaratan calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD atau bentuk lain yang sederajat, berusia: 
a. 7 (tujuh) tahun; atau 
b. paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. 

(2) Sekolah wajib menerima peserta didik yang berusia 7 (tujuh) tahun. 
(3) Pengecualian syarat usia paling rendah 6 (enam) tahun sebagaimana dimaksud pada ayat (2) yaitu paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki kecerdasan istimewa/bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional. 
(4) Dalam hal psikolog profesional sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru Sekolah. 
(5) Ketentuan pada ayat (2) dan ayat (3) dilaksanakan sesuai dengan batas daya tampungnya berdasarkan ketentuan rombongan belajar dalam Peraturan Menteri. 

Persyaratan calon peserta didik baru kelas 7 (tujuh) SMP atau bentuk lain yang sederajat: 
a. berusia paling tinggi 15 (lima belas) tahun; dan 
b. memiliki ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) SD atau bentuk lain yang sederajat. 

Persyaratan calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMA/SMK atau bentuk lain yang sederajat: 
a. berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun; 
b. memiliki ijazah/STTB SMP atau bentuk lain yang sederajat; dan 
c. memiliki SHUN SMP atau bentuk lain yang sederajat. 

SMK bidang keahlian/program keahlian/kompetensi keahlian tertentu dapat menetapkan tambahan persyaratan khusus dalam penerimaan peserta didik baru kelas 10 (sepuluh).

Persyaratan calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf c dikecualikan bagi calon peserta didik yang berasal dari Sekolah di luar negeri. 

Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru

1.Seleksi calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD

1) Seleksi calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD atau bentuk lain yang sederajat mempertimbangkan kriteria dengan urutan prioritas sebagai berikut: 
  • usia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1); dan 
  • jarak tempat tinggal ke Sekolah sesuai dengan zonasi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai kewenangannya. 

(2) Jika usia calon peserta didik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sama, maka penentuan peserta didik didasarkan pada jarak tempat tinggal calon peserta didik yang paling dekat dengan satuan pendidikan.
Baca juga: Berbagai kelengkapan PPDB Tahun 2018/2019
(3) Jika usia dan/atau jarak tempat tinggal calon peserta didik dengan satuan pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) sama, maka peserta didik yang mendaftar lebih awal diprioritaskan.

(4) Dalam seleksi calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD atau bentuk lain yang sederajat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dilakukan tes membaca, menulis, dan berhitung. 

2.Seleksi calon peserta didik baru kelas 7 (tujuh) SMP

Seleksi calon peserta didik baru kelas 7 (tujuh) SMP atau bentuk lain yang sederajat mempertimbangkan kriteria dengan urutan prioritas sesuai dengan daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar sebagai berikut: 
  • jarak tempat tinggal ke Sekolah sesuai dengan ketentuan zonasi; 
  • nilai hasil ujian SD atau bentuk lain yang sederajat; dan 
  • prestasi di bidang akademik dan non-akademik yang diakui Sekolah sesuai dengan kewenangan daerah masing-masing. 

3.Seleksi calon peserta didik baru kelas 7 (tujuh) SMP

Seleksi calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMA atau bentuk lain yang sederajat mempertimbangkan kriteria dengan urutan prioritas sesuai dengan daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar sebagai berikut: 
  • jarak tempat tinggal ke Sekolah sesuai dengan ketentuan zonasi; 
  • SHUN SMP atau bentuk lain yang sederajat; dan 
  • prestasi di bidang akademik dan non-akademik yang diakui Sekolah. 

4.Seleksi calon peserta didik baru kelas 7 (tujuh) SMP

Seleksi calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMK atau bentuk lain yang sederajat mempertimbangkan kriteria dengan urutan prioritas sesuai dengan daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar sebagai berikut: 
  • SHUN SMP atau bentuk lain yang sederajat; dan 
  • prestasi di bidang akademik dan non-akademik yang diakui Sekolah. 

Khusus calon peserta didik pada SMK atau bentuk lain yang sederajat, selain mengikuti seleksi sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Sekolah dapat melakukan seleksi bakat dan minat sesuai dengan bidang keahlian/program keahlian/kompetensi keahlian yang dipilihnya dengan menggunakan kriteria yang ditetapkan Sekolah dan institusi pasangan/asosiasi profesi. 
Baca juga: Juknis Pengisian Blangko Ijazah Tahun Pelajaran 2017/2018
Selengkapnya download di bwah ini:
Permendikbud No. 14 Tahun 2018 tentang PPDB Tahun 2018.pdf
Demikian materi Juknis PPDB Komplit Tahun Pelajaran 2018/2019 semoga dapat memperjelas, memperlancar pelaksanaan PPDB di sekolah SD-SMP-SMA-SMK TAHUN 2018.

Unduh Gratis Persyaratan PPDB SD/MI Tahun 2018/2019

Unduh Gratis Persyaratan PPDB SD/MI Tahun 2018/2019

Unduh Gratis Persyaratan PPDB SD/MI Tahun 2018/2019 - Untuk mempersiapkan Penerimaan Peserta Didik Baru jenjang Sekolah Dasar dan Madrasah berbagai format dan blangko untuk dipergunakan melengkapi persyaratan data yang nantinya dimasukkan pada aplikasi Dapodikdasmen berikut kami bagikan link downloadnya.
Unduh Gratis Persyaratan PPDB SD/MI Tahun 2018/2019
Unduh Gratis Persyaratan PPDB SD/MI Tahun 2018/2019
Unduh Gratis Persyaratan PPDB SD/MI Tahun 2018/2019 sebagai berikut:

  1. Aplikasi Cetak Blangko PPDB.xls
  2. Aplikasi Cetak Formulir Pendaftaran Siswa Baru.xlsx
  3. Aplikasi Pendaftaran Siswa Baru Format Macro.xlsm
  4. Aplikasi PPDB b.xlsBrosur PPDB.docx
  5. Program Kerja PPDB.doc
  6. Proposal PPDB.docx
  7. SK Penerimaan Peserta Didik Baru.xlsx

Demikian semoga materi link Unduhan Gratis Persyaratan PPDB SD/MI Tahun 2018/2019 kami bagikan semoga bermanfaat.

Download Gratis Juknis Pengisian Ijazah SMK tahun 2018

Download Gratis Juknis Pengisian Ijazah SMK tahun 2018

Download Gratis Juknis Pengisian Ijazah SMK tahun 2018 - Mengawali penjelasan materi kali ini telah kami ambil materi kata pengantar dalam petunjuk teknis pengisian blongko ijazah SMK tahun 2018.
KATA PENGANTAR

Juknis Pengisian Blangko Ijazah SMK Tahun 2018 - Juknis Pengisian Blangko Ijazah SMK Tahun 2018 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) secara khusus dikembangkan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai tenaga terampil tingkat menengah. Lulusan SMK merupakan output dari sebuah proses pembelajaran dan evaluasi berbasis kompetensi (competency-based learning and assessment). Pada puncaknya SMK akan menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian yang merupakan bagian dari Ujian Nasional. Hasil uji kompetensi menjadi indikator ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan. Ijazah sebagai surat atau keterangan tanda lulus dari satuan pendidikan harus mampu merefleksikan proses pembelajaran dan evaluasi berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh SMK.
Juknis Pengisian Ijazah SMK tahun 2018
Download Gratis Juknis Pengisian Ijazah SMK tahun 2018
Merujuk Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 016/H/EP/2018 tanggal 5 Maret 2018 tentang Bentuk, Spesifikasi, dan Pengisian Blanko Ijazah pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2017/2018, bersama ini Direktorat Pembinaan SMK menyusun Petunjuk Teknis Pengisian Blangko Ijazah SMK Tahun Pelajaran 2017/2018. Blangko ijazah terdiri dari dua muka dicetak bolak balik, yaitu halaman depan dan halaman belakang. Halaman depan memuat identitas pemegang ijazah dan pernyataan kelulusan sedangkan halaman belakang memuat daftar mata pelajaran dan nilai rata-rata rapor dari semester 1 sampai dengan semester 6 dan nilai ujian sekolah.

Petunjuk Teknis Pengisian Blangko Ijazah SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 disusun sebagai acuan bagi Dinas Pendidikan Provinsi dan SMK dalam mencetak halaman belakang ijazah serta cara mengisi ijazah berdasarkan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Demikian petunjuk teknis ini disusun untuk dapat dipergunakan dengan sebaik-sebaiknya.

Selengkapnya materi Juknis Pengisian Blangko Ijazah SMK Tahun 2018 sebagai berikut:
Semoga bapak dan ibu guru jenjang SMK segera dapat menemukan link Download Gratis Juknis Pengisian Ijazah SMK tahun 2018 yang akan segera pula dipergunakan untuk mengisi blangko ijazah tahun pelajaran 2017/2018.

Download Buku Siswa K13 Revisi 2017 Kelas 5 SD/MI

Download Buku Siswa K13 Revisi 2017 Kelas 5 SD/MI

Download Buku Siswa K13 Revisi 2017 Kelas 5 SD/MI - Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu.
Download Buku Siswa K13 Revisi 2017 Kelas 5 SD/MI
Download Buku Siswa K13 Revisi 2017 Kelas 5 SD/MI
Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong siswa untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing.

Buku ini merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu. Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan sumbang saran, kritik, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya.

Tentang Buku Siswa

Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.

Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatifalternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.

Pada semester 1 terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4 diisi dengan kegiatan Aku Cinta Membaca, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menumbuhkan rasa cinta membaca pada siswa.

Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.

Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.

Pada setiap akhir pembelajaran terdapat saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua. Bagian ini berisi aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa.

Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.

Di sekolah, guru dan siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan siswa.

Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.
Baca dulu: Buku Guru K13 Revisi 2017 Kelas 5 SD/MI
Pada beberapa bagian dalam Buku Siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan berbagai tugas tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa dapat menuliskannya pada buku tugas.
Link Download:
BS Kelas V Tema 1 Edisi Revisi 2017.pdf
BS Kelas V Tema 2 Edisi Revisi 2017.pdf
BS Kelas V Tema 3 Edisi Revisi 2017.pdf
BS Kelas V Tema 4 Edisi Revisi 2017.pdf
BS Kelas V Tema 5 Edisi Revisi 2017.pdf
BS Kelas V Tema 6 Edisi Revisi 2017.pdf
BS Kelas V Tema 7 Edisi Revisi 2017.pdf
BS Kelas V Tema 8 Edisi Revisi 2017.pdf
BS Kelas V Tema 9 Edisi Revisi 2017.pdf
Demikian materi link Download Buku Siswa K13 Revisi 2017 Kelas 5 SD/MI semoga bermanfaat.

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Revisi 2017

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Revisi 2017 

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Revisi 2017Buku Guru Kurikulum 2013 adalah buku panduan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan proses pembelajaran di kelas serta dipergunakan panduan penggunaan buku siswa, sehingga pada hakekatnya antara Buku Guru dan Buku Siswa saling berhubungan.

Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Revisi 2017
Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Revisi 2017 
Secara logika bahwa fungsi buku guru pada Kurikulum 2013 mempunyai 3 fungsi sebagai berikut:

1. Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa

Sebagai guru wajib hukumnya mempelajari terlebih dahulu Buku Guru serta harus dapat menerapkan dan menemukan informasi sebagai berikut.
  • Urutan acuan materi pembelajaran yang dikembangakan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran.
  • Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi Kompetensi Dasar dan Indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
  • Pemilihan pelajaran yang dikembangkan dari subtema Dasar dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus di kuasai siswa.

2. Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas

Buku Guru khususnya pada Kurikulum 2013 menyajikan hal-hal sebagai berikut.
  • Menjelas tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada siswa tiap pilihan pembelajaran dan masing-masing subtema.
  • Menjelaskan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pemblejaran agar guru sudah menyiapkan media-media pembelajaran yang diperlukan.
  • Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah prmbelajaran tersebut.
  • Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  • Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pemilihan pembelajaran yang ada dalam buku siswa.

3. Penjelasan Tentang Metode dan Teknik Pembelajaran yang digunakan dalam Proses Pembelajaran

Buku Guru Kurikulum 2013 memuat informasi tentang model dan strategi pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran di kelas. 

Download Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Revisi 2017 
Download: BG Kelas V Tema 1 Edisi Revisi 2017.pdf
Download: BG Kelas V Tema 2 Edisi Revisi 2017.pdf
Download: BG Kelas V Tema 3 Edisi Revisi 2017.pdf
Download: BG Kelas V Tema 4 Edisi Revisi 2017.pdf
Download: BG Kelas V Tema 5 Edisi Revisi 2017.pdf
Download: BG Kelas V Tema 6 Edisi Revisi 2017.pdf
Download: BG Kelas V Tema 7 Edisi Revisi 2017.pdf
Download: BG Kelas V Tema 8 Edisi Revisi 2017.pdf
Download: BG Kelas V Tema 9 Edisi Revisi 2017.pdf
Demikian ulasan singkat tentang Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 5 SD/MI Revisi 2017 semoga dapat membantu bapak dan ibu guru. 

Buku Guru dan Siswa Kelas 1 K13 Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa Kelas 1 K13 Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa Kelas 1 K13 Revisi 2017 - Materi yang kami bagikan kali ini guna mempermudah bapak, ibu serta pengunjung yang belum dapat menemukan pada pencarian google tentang materi yang telah kami bagikan beberapa waktu yang lalu yaitu tentang Buku Guru Kelas 1 Kurikulum 2013 edisi 2017 serta Buku Siswa kelas 1 kurikulum 2013 edisi 2017.

Buku Guru dan Siswa Kelas 1 K13 Revisi 2017
Buku Guru dan Siswa Kelas 1 K13 Revisi 2017
Untuk mensikapi hal itulah akhirnya pada kesempatan kali ini tetap tidak ketinggalan, sehingga materi Buku Guru dan Siswa Kelas 1 K13 Revisi 2017 akan segera dapat didownload pada menu di bawah ini.
Baca dulu: Buku Guru dan Siswa Kelas 5 SD/MI K13 Edisi revisi 2017
Buku Guru Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Guru Kelas 1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 1. Diriku.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 2. Kegemaranku.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 3. Kegiatanku.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 4. Keluargaku.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 5. Pengalamanku.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 8. Peristiwa Alam.pdf
Buku Siswa Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa Kelas 1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 1. Diriku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 2. Kegemaranku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 3. Kegiatanku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 4. Keluargaku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 5. Pengalamanku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 8. Peristiwa Alam.pdf
Demikian harapan kami sebagai penulis materi Buku Guru dan Siswa Kelas 1 K13 Revisi 2017 akan segera melengkapi materi-materi khususnya dalam pencarian Buku Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam melengkapi buku-buku kurikulum 2013 yang dimaksud.

Buku Guru Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

Buku Guru Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

Buku Guru Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017 - Untuk melengkapi dan mempermudah oleh pengunjung dalam memperoleh materi-materi khususnya Buku Guru dan Buku siswa Kelas 5 Kurikulum 2013 edisi 2017, maka pada kesempatan kali ini kami bagikan materi secara keseluruhan, sehingga bagi pengunjung yang membutuhkan buku guru dan buku siswa kelas 5 kurikulum 2013 langsung saja dipilih materi tersebut pada menu yang telah kami persiapkan di bawah penjelasan artikel ini.
Buku Guru Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017
Buku Guru Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

I. Kedudukan dan Fungsi Buku Guru

Buku Guru  adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut ini penjelasan tentang fungsi buku guru.

a. Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa

Guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut.

  1. Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran, yang kemudian dipadukan  dalam satu tema tertentu.
  2. Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
  3. Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan dari subtema dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa.

b.Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas

Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilahan pembelajaran dari masing-masing subtema.
  2. Menjelaskan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar  guru sudah menyiapkan media-media pembelajaran yang diperlukan.
  3. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  4. Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  5. Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilahan pembelajaran yang ada dalam Buku Siswa.

c. Penjelasan tentang Metode dan Teknik Pembelajaran  yang Digunakan dalam Proses Pembelajaran

Buku Guru memuat informasi tentang metode dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran.

II. Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa

Buku ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.

a.Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran

Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dibuat ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya

b.Penghubung antara  Guru, Sekolah, dan Orang Tua

Pada setiap akhir pembelajaran ada bagian yang membutuhkan keterlibatan orang tua untuk membimbing anak dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan“Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan  orang tua  berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

c.Lembar Kerja Siswa

Buku Siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa, misalnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa dapat mengerjakan langsung pada Buku Siswa.

d.Penilaian dan Portofolio

Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai bahan portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.

e.Media Komunikasi antara Guru dan Siswa

Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru dapat melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.

f.Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa

Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak belajar tersebut berguna sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.

g.Sebagai alat/instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran harian yang telah dilakukan.  

Link download Buku Guru Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

  1. BG Kelas V Tema 1 Edisi Revisi 2017.pdf
  2. BG Kelas V Tema 2 Edisi Revisi 2017.pdf
  3. BG Kelas V Tema 3 Edisi Revisi 2017.pdf
  4. BG Kelas V Tema 4 Edisi Revisi 2017.pdf
  5. BG Kelas V Tema 5 Edisi Revisi 2017.pdf
  6. BG Kelas V Tema 6 Edisi Revisi 2017.pdf
  7. BG Kelas V Tema 7 Edisi Revisi 2017.pdf
  8. BG Kelas V Tema 8 Edisi Revisi 2017.pdf
  9. BG Kelas V Tema 9 Edisi Revisi 2017.pdf

Link download Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

  1. BS Kelas V Tema 1 Edisi Revisi 2017.pdf
  2. BS Kelas V Tema 2 Edisi Revisi 2017.pdf
  3. BS Kelas V Tema 3 Edisi Revisi 2017.pdf
  4. BS Kelas V Tema 4 Edisi Revisi 2017.pdf
  5. BS Kelas V Tema 5 Edisi Revisi 2017.pdf
  6. BS Kelas V Tema 6 Edisi Revisi 2017.pdf
  7. BS Kelas V Tema 7 Edisi Revisi 2017.pdf
  8. BS Kelas V Tema 8 Edisi Revisi 2017.pdf
  9. BS Kelas V Tema 9 Edisi Revisi 2017.pdf

Download Buku Siswa Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017

Download Buku Siswa Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017 

Download Buku Siswa Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017- Buku Siswa Kurikulum 2013 ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk mempermudah siswa/peserta didik dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku Siswa Kurikulum 2013 ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) yang isinya  telah dirancang dan dilengkapi dengan berbagai contoh lembar kegiatan siswa yang dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.
Download Buku Siswa Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017
Download Buku Siswa Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017 
Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.
Baca juga: Buku Guru Buku Siswa Kelas 2 SD/MI K13 Revisi 2017
a. Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran

Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dibuat ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya

b. Penghubung antara  Guru, Sekolah, dan Orang Tua

Pada setiap akhir pembelajaran ada bagian yang membutuhkan keterlibatan orang tua untuk membimbing anak dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan“Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan  orang tua  berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

c. Lembar Kerja Siswa

Buku Siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa, misalnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa dapat mengerjakan langsung pada Buku Siswa.

d. Penilaian dan Portofolio
Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai bahan portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.

e. Media Komunikasi antara Guru dan Siswa

Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru dapat melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.

f. Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa

Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak belajar tersebut berguna sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.

g. Sebagai alat atau instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan proses pembelajaran harian yang telah dilakukan peserta didik.  
Baca juga: Buku Guru Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017 
Berikut materi Buku Siswa Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017 yang telah dilengkapi dan dapat dipergunakan selama semester ganjil dan semester genap:
Buku Siswa Kelas 1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 1. Diriku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 2. Kegemaranku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 3. Kegiatanku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 4. Keluargaku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 5. Pengalamanku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 8. Peristiwa Alam.pdf
Semoga link Download Buku Siswa Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017 dapat segera direspon oleh pengunjung untuk mendapatkan materinya.

Download Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

Download Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

Download Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017Buku Guru Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini adalah buku panduan bagi bapak dan ibu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas serta sebagai panduan dalam penggunaan buku siswa, sehingga di antara Buku Guru dan Buku Siswa selalu berhubungan sama keterkaitannya.
Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017
Download Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

3 fungsi Buku Guru pada proses pembelajaran;

1. Buku Guru Kurikulum 2013 Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa

Sebagai guru, guru harus mempelajar terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut.
  • Urutan acuan materi pembelajaran yang dikembangakan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran.
  • Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi Kompetensi Dasar dan Indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
  • Pemilihan pelajaran yang dikembangkan dari subtema Dasar dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus di kuasai siswa.

2. Buku Guru Kurikulum 2013 Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas

Buku Guru pada Kurikulum 2013 menyajikan hal-hal sebagai berikut.
  • Menjelas tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada siswa tiap pilihan pembelajaran dan masing-masing subtema.
  • Menjelaskan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pemblejaran agar guru sudah menyiapkan media-media pembelajaran yang diperlukan.
  • Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah prmbelajaran tersebut.
  • Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  • Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pemilihan pembelajaran yang ada dalam buku siswa.

3. Buku Guru Kurikulum 2013 sebagai Penjelasan Tentang Metode dan Teknik Pembelajaran yang digunakan dalam Proses Pembelajaran
Baca juga: Buku Guru dan Siswa Kelas 2 K13 Revisi 2017
Buku Guru Kurikulum 2013 memuat informasi tentang model dan strategi pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran di kelas, dan perlu diketahui bahwa materi Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017 ini kami bagikan secara lengkap dan dipergunakan untuk semester 1 (ganjil) dan semester 2 (genap), Link Download Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017 sebagai berikut:


Demikian ulasan singkat tentang Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017 semoga dapat membantu bapak dan ibu guru. Mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam setiap membagikan materi di blog documenguru.blogspot.com

Buku Guru (BG) Buku Siswa (BS) Kelas 2 K13 Revisi 2017

Buku Guru (BG) Buku Siswa (BS) Kelas 2 K13 Revisi 2017

Tahun pelajaran 2018/2019 semakin banyak sekolah yang menggunakan kurikulum 2013, sehingga diharapkan pula guru/pendidik sesegera mungkin mempersiapkan berbagai administrasi pembelajaran. Dalam hal ini Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tidak luput akan menjadi prioritas utama seorang guru/pendidik menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didiknya.
Buku Guru (BG) Buku Siswa (BS) Kelas 2 K13 Revisi 2017
Buku Guru (BG) Kelas 2 K13 Revisi 2017
Perlu diketahui bahwa, dalam menyusun Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dipastikan dengan menggunakan acuan pasti dengan melihat, membaca, dan menelaah Buku Guru dan dipadukan dengan Buku Siswa.

Jangan sampai keliru bahwa penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa khususnya kelas 2 dengan menggunakan buku Guru dan Buku Siswa edisi revisi tahun 2017, oleh sebab itu kami bagikan link download di bawah ini dengan tujuan membantu bapak dan ibu guru dalam menyusun khususnya RPP, dan berikut menu unduhan materi Buku Guru (BG) Buku Kelas 2 K13 Revisi 2017.


Sedangkan bagi peserta didik selain telah dipesankan Buku Siswa, namun buku siswa pada dokumen file di bawah ini akan dipergunakan guru/pendidik dalam memadukan materi yang kami maksudkan, silahkan download materi di bawah ini tentang Buku Siswa Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Buku Guru (BG) Buku Siswa (BS) Kelas 2 K13 Revisi 2017
Buku Siswa (BS) Kelas 2 K13 Revisi 2017
Menu download Buku Guru Siswa (BS) Kelas 2 K13 Revisi 2017


Dengan adanya materi ini tentang Buku Guru (BG) Buku Siswa (BS) Kelas 2 K13 Revisi 2017 diharapkan guru dapat menggunakan terlebih dahulu sebelum buku pesanan dikirim ke masing-masing sekolah.

Terima kasih atas kunjungannya, kami siap menunggu kunjungan anda berikutnya.