Free Silabus PAI Bahasa Arab K13 Kelas 5 Madrasah

Silabus PAI Bahasa Arab K13 Kelas 5 Madrasah

Silabus PAI Bahasa Arab K13 Kelas 5 Madrasah - Silabus merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan Proses pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan pada setiap Kompetensi Dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam silabus memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Silabus PAI Bahasa Arab K13 Kelas 5 Madrasah - Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab telah disusun oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah/Madrasah. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab, Pusat Kurikulum dan Perbukuan juga telah menyusun Silabus Per Mata Pelajaran pada MI agar dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam penyusunan.

Silabus PAI Bahasa Arab K13 Kelas 5 Madrasah - Dalam dunia pendidikan khususnya sebagai guru/pendidik, tentu istilah Silabus sudah tidak asing lagi, akan tetapi bagi Rekan-rekan yang kebetulan baru menjadi guru maka pemahaman akan arti silabus sebagai salah satu perangkat pembelajaran tentu saja penting untuk dipahami agar efektifitas dalam pembelajaran itu dapat dicapai dengan baik.

Silabus dalam pembelajaran adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Komponen pokok Silabus:
  1. Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
  2. Kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
  3. Upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik
Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.
Silabus khususnya Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab, yang telah terbagi menjadi beberapa sub mata pelajaran seperti pada menu download berikut ini:
Semoga materi Silabus PAI Bahasa Arab K13 Kelas 5 Madrasah dapat dipergunakan untuk melengkapi administrasi pembelajaran di masing-masing sekolah/madrasah. Kurang dan lebihnya mohon maaf.

Free Silabus PAI dan Bahasa Arab K13 Kelas 4 MI

Silabus PAI dan Bahasa Arab K13 Kelas 4 MI

Silabus PAI dan Bahasa Arab K13 Kelas 4 MI - Silabus merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan Proses pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan pada setiap Kompetensi Dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam silabus memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab telah disusun oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah/Madrasah. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab, Pusat Kurikulum dan Perbukuan juga telah menyusun Silabus Per Mata Pelajaran pada MI agar dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam penyusunan.

Dalam dunia pendidikan khususnya sebagai guru/pendidik, istilah Silabus sudah tidak asing lagi, akan tetapi bagi Rekan-rekan yang kebetulan baru menjadi guru maka pemahaman akan arti silabus sebagai salah satu perangkat pembelajaran tentu saja penting untuk dipahami agar efektifitas dalam pembelajaran itu dapat dicapai dengan baik.

Silabus dalam pembelajaran adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Komponen-komponen pokok Silabu sebagai berikut:
  1. Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
  2. Kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
  3. Upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik
Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Sebagai tambahan referensi guna membantu para guru dalam Silabus disini kami sediakan beberapa contoh format Silabus yang bisa didownload secara gratis untuk tingkat MI. Mudah-mudahan dapat membantu bapak dan ibu guru dalam menyusun Silabus khususnya Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab, yang telah terbagi menjadi beberapa sub mata pelajaran seperti pada menu download berikut ini.


Demikian semoga materi Silabus PAI dan Bahasa Arab K13 Kelas 4 MI dapat dipergunakan untuk melengkapi administrasi pembelajaran di masing-masing sekolah/madrasah.

Baca Juga:


Kami tunggu kunjungan anda berikutnya sudah pasti dengan materi yang lebih berbeda.



Free Silabus PAI dan Bahasa Arab K13 Kelas 3 MI

Silabus PAI dan Bahasa Arab K13 Kelas 3 MI

Silabus PAI dan Bahasa Arab K13 Kelas 3 MI - Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab telah disusun oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah/Madrasah. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab, Pusat Kurikulum dan Perbukuan juga telah menyusun Silabus Per Mata Pelajaran pada sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) agar dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam penyusunan.
Silabus dalam pembelajaran adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.
Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus berisikan komponen-komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut :
  1. Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
  2. Kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
  3. Upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik
Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.
Tambahan referensi untuk membantu guru dalam Silabus disini kami sediakan beberapa contoh format Silabus yang bisa didownload secara gratis untuk tingkat MI. Mudah-mudahan dapat membantu bapak dan ibu guru dalam menyusun Silabus khususnya Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab, yang telah terbagi menjadi beberapa sub mata pelajaran seperti pada menu download berikut ini:


Semoga materi Silabus PAI dan Bahasa Arab K13 Kelas 3 MI dapat dimanfaatkan oleh bapak dan ibu guru guna melengkapi administrasi pembelajaran serta memudahkan dalam menyusun administrasi terutama rencana Pelaksanaan pembelajaran, serta yang lainnya.

Free Silabus PAI dan Bahasa Arab Kelas 2 MI K13

Silabus PAI dan Bahasa Arab Kelas 2 MI K13

Silabus PAI dan Bahasa Arab Kelas 2 MI K13 - Silabus merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan Proses pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan pada setiap Kompetensi Dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam silabus memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab telah disusun oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah/Madrasah. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab, Pusat Kurikulum dan Perbukuan juga telah menyusun Silabus Per Mata Pelajaran pada MI agar dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam penyusunan.
Silabus dalam pembelajaran adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut :
  1. Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
  2. Kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan/membentuk kompetensi tersebut
  3. Upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik
Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Sebagai tambahan referensi guna membantu para guru dalam Silabus disini kami sediakan beberapa format Silabus yang bisa didownload secara gratis untuk tingkat MI. Mudah-mudahan dapat membantu bapak dan ibu guru dalam menyusun Silabus khususnya Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab, yang telah terbagi menjadi beberapa sub mata pelajaran seperti pada menu download berikut ini:


Demikian semoga materi Silabus PAI dan Bahasa Arab Kelas 2 MI K13 dapat dipergunakan untuk melengkapi administrasi pembelajaran di masing-masing sekolah/madrasah. 

MATERI DAN LAPORAN DIKLAT CALON KEPALA SEKOLAH


Kepala
sekolah/madrasah adalah tokoh sentral dalam peningkatan kualitas
pendidikan di Indonesia. Keberhasilan kepala sekolah/madrasah dalam
meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga yang dipimpinnya tidak
terlepas dari kompetensi dan kemampuannya memainkan tugas, peran, dan
fungsinya sebagai kepala sekolah/madrasah. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang

Download Free Silabus PAI dan Bahasa Arab Kelas 1 MI Kurikulum 2013

Silabus PAI dan Bahasa Arab Kelas 1 MI Kurikulum 2013

Silabus PAI dan Bahasa Arab Kelas 1 MI Kurikulum 2013 - Silabus merupakan pedoman bagi guru dalam melaksanakan Proses pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan/atau lapangan pada setiap Kompetensi Dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam silabus memuat hal-hal yang langsung berkait dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab telah disusun oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah/Madrasah. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab, Pusat Kurikulum dan Perbukuan juga telah menyusun Silabus Per Mata Pelajaran pada SD/MI agar dapat digunakan oleh guru sebagai acuan dalam penyusunan.

Dalam dunia pendidikan khususnya sebagai guru/pendidik, tentu istilah Silabus sudah tidak asing lagi, akan tetapi bagi Rekan-rekan yang kebetulan baru menjadi guru maka pemahaman akan arti silabus sebagai salah satu perangkat pembelajaran tentu saja penting untuk dipahami agar efektifitas dalam pembelajaran itu dapat dicapai dengan baik.

Silabus dalam pembelajaran adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut :
  1. Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran
  2. Kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut
  3. Upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik
Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Sebagai tambahan referensi guna membantu para guru dalam Silabus disini kami sediakan beberapa contoh format Silabus yang bisa didownload secara gratis untuk tingkat MI. Mudah-mudahan dapat membantu bapak dan ibu guru dalam menyusun Silabus khususnya Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIPB) dan Bahasa Arab, yang telah terbagi menjadi beberapa sub mata pelajaran seperti pada menu download berikut ini:

Download Free Silabus PAI dan Bahasa Arab Kelas 1 MI Kurikulum 2013


Demikian semoga materi Silabus PAI dan Bahasa Arab Kelas 1 MI Kurikulum 2013 dapat dipergunakan untuk melengkapi administrasi pembelajaran di masing-masing sekolah/madrasah. Kurang dan lebihnya mohon maaf. Kunjungan anda selalu kami nantikan di blog documen guru ini.

Baca juga:


Terima kasih semoga bermanfaat.

Download Kumpulan Buku Bahan Bacaan Literasi SD SMP SMA


Badan
Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mempersembahkan Buku Bahan Bacaan
Literasi Cerita Rakyat yang berasal dari 34 Provinsi di seluruh
Indonesia sebagai pendukung Gerakan Literasi Nasional, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 







Daftar Buku:









SD




1. Bekarung Terpedaya 




2. Burung Ajaib 




3. Cerita dari Tanah Papua 




4. Kisah Dua Putri dan Si Raja Ular 




5.

INILAH PRIORITAS AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH TAHUN 2018


Pada tahun 2018, BAN-S/M
akan mengakreditasi sebanyak 54,000 Sekolah/Madrasah dari sumber APBN
Balitbang Kemendikbud. Dari total kuota tersebut, target BAN-S/M adalah
untuk mempercepat penuntasan akreditasi Sekolah/Madrasah. Hal ini
disampaikan Toni Taharudin dalam sambutan tertulis pada acara Pembukaan
Rakornas 1 BAN-S/M & BAP-S/M tahun 2018.







memaparkan
bahwa prioritas sekolah/

Buku Panduan Pelaksanaan Gernas Baku


Sosialisasi Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku),
telah dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga (Dit.
Bindikkel) Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan
Masyarakat (PAUD dan Dikmas). Tujuannya adalah untuk mendukung inisiatif
dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak.





Tujuan gerakan ini adalah untuk membiasakan orang

Pedoman Upacara Hardiknas 2018

Pedoman Upacara Hardiknas 2018

Pedoman Upacara Hardiknas 2018 - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei yang kita peringati di setiap tahunnya ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kepres RI Nomor 316 tahun 1959. Penetapan Hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa yang luar biasa di dunia pendidikan kita sampai saat ini, Ki Hajar Dewantoro yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.
Pedoman Upacara Hardiknas 2018
Pedoman Upacara Hardiknas 2018
Namun peringatan Hari Pendidikan Nasional yang kita peringati disetiap tanggal 2 Mei pada setiap tahunnya, tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hajar Dewantoro selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan.

Salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan penetapan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Hal ini bertujuan agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hajar Dewantoro dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut, untuk keseragaman dan tertibnya penyelenggaraan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 ini, perlu ditetapkan pedoman pelaksanaan upacara bendera.

Dengan kelengkapan Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hardiknas Tahun 2018 secara lengkap terdapat pada link unduhan materi berikut.

Selengkapnya:  03 Pedoman Upacara Hardiknas Tahun 2018.pdf

Demikian semoga dengan adanya materi yang telah kami bagikan di blog http://documenguru.blogspot.co.id yang sederhana ini dapat memperlancar pelaksanaan kegiatan upacara Bendera Pelaksanaan Hari pendidikan Nasional tahun 2018 di masing-masing sekolah. Kurang dan lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Baca juga:

Pusat unduhan di: www.kemdikbud.go.id