Kisi-Kisi Soal UKG Setelah PLPG Seluruh Mata Pelajaran

Kisi-Kisi Soal UKG Setelah PLPG Seluruh Mata Pelajaran

Kisi-Kisi Soal UKG Setelah PLPG Seluruh Mata Pelajaran - Kegiatan pelaksanaan UKG dan PLPG merupakan salah satu tolak ukur dalam pencairan dana sertifikasi guru. Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) atau yang kemudian disamakan dengan UTN bagi semua guru, baik di jenjang TK, SD, SMP maupun SMA/SMK difokuskan pada identifikasi kelemahan dalam penguasaan kompetensi pedagogik maupun profesional.
Kisi-Kisi Soal UKG Setelah PLPG Seluruh Mata Pelajaran
Kisi-Kisi Soal UKG Setelah PLPG Seluruh Mata Pelajaran
Dan sebelum melaksanakan pretest UKG 2017 diharapkan semua guru yang sudah terdaftar di aplikasi SIM-PKB untuk mengetahui materi apa saja yang akan diujikan pada pretest UKG 2017.
Baca juga: Ketentuan khusus peserta PPG dan PPGJ 2018
Agar dapat memahami soal-soal yang akan diujikan pada UKG 2017, ada baiknya calon peserta mengetahui dan memahami kisi-kisi UKG. Berikut kami sajikan Kisi-kisi lengkap UKG 2017. Untuk lebih lengkapnya silahkan klik tautan download di bawah ini.
Kisi-Kisi Soal UKG Setelah PLPG Seluruh Mata Pelajaran
689 Kisi Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan.pdf
696 Kisi Budidaya Rumput Laut.pdf
693 Kisi Budidaya Perikanan.pdf
810 Kisi-Kisi PLPG Guru BP.pdf
692 Kisi Teknik Produksi Hasil Hutan.pdf
800 Kisi-Kisi PLPG Guru Pendidikan Luar Biasa.pdf
750 Kisi-Kisi PLPG Guru Bahasa Bali.pdf
691 Kisi Teknik Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan.pdf
748 Kisi-Kisi PLPG Guru Bahasa Sunda.pdf
688 Kisi Tehnik Tanah dan Air.pdf
747 Kisi-Kisi PLPG Guru Bahasa Madura.pdf
746 Kisi-Kisi PLPG Guru Bahasa Jawa.pdf
699 Kisi-Kisi PLPG Guru Desain Interior.pdf
687 Kisi Alat Mesin Pertanian.pdf
698 Kisi-Kisi PLPG Guru Tata Busana.pdf
686 Kisi Pengawasan Mutu Hasil Perikanan dan Pertanian.pdf
697 Kisi-Kisi PLPG Guru Perbankan Syariah.pdf
685 Kisi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan.pdf
683 Kisi-Kisi PLPG Guru Pekerjaan Sosial.pdf
611 Kisi Kesehatan Hewan.pdf
684 Kisi-Kisi PLPG Guru Agribisnis Pembenihan dan Kultur Jaringan Tanaman.pdf
607 Kisi Usaha Perjalanan Wisata.pdf
682 Kisi-Kisi PLPG Guru Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio dan TV.pdf
678 Kisi-Kisi PLPG Guru Elektronika Komunikasi.pdf
603 Kisi Seni Lukis.pdf
610 Kisi Agribisnis Aneka Ternak.pdf
677 Kisi Teknik Pengeboran Minyak dan Gas.pdf
674 Kisi Teknik Perawatan Mekanik Industri.pdf
608 Kisi Jasa Boga.pdf
672 Kisi Teknik Jaringan Tenaga Listrik.pdf
671 Kisi Geomatika.pdf
598 Kisi Teknik Mekatronika.pdf
618 Kisi Teknik Otomasi Industri.pdf
616 Kisi Teknik Furnitur.pdf
601 Kisi Farmasi Industri.pdf
615 Kisi Pemasaran.pdf
592 Kisi Teknik Pelayanan Produksi.pdf
586 Kisi Teknik Kendaraan Ringan.pdf
582 Kisi Farmasi.pdf
525 Kisi Teknik Komputer dan Jaringan.pdf
590 Kisi Teknik Penyempurnaan Kain.pdf
580 Kisi Analis Kesehatan.pdf
512 Kisi Teknika Kapal Penangkap Ikan.pdf
577 Kisi Keperawatan Gigi.pdf
575 Kisi Keperawatan.pdf
571 Kisi Seni Karawitan.pdf
536 Kisi Teknik Pendingin dan Tata Udara.pdf
569 Kisi Seni Musik Non Klasik.pdf
570 Kisi Seni Tari.pdf
526 Kisi Multimedia.pdf
568 Kisi Seni Musik Klasik.pdf
565 Kisi Animasi.pdf
558 Kisi Agribisis Tanaman Perkebunan.pdf
534 Kisi Teknik Elektronika Industri.pdf
533 Kisi Teknik Audio Video.pdf
553 Kisi Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura.pdf
543 Kisi Perbankan.pdf
524 Kisi Rekayara Perangkat Lunak.pdf
540 Kisi Akuntansi.pdf
539 Kisi Administrasi Perkantoran.pdf
511 Kisi Nautika Kapal Penangkap Ikan.pdf
510 Kisi Teknika Kapal Niaga.pdf
509 Kisi Nautika Kapal Niaga.pdf
463 Kisi Desain Produksi Kria Logam.pdf
464 Kisi Desai Produksi Kria Kayu.pdf
506 Kisi Kimia Analisis.pdf
505 Kisi Kimia Industri.pdf
462 Kisi Desain Produksi Kria Keramik.pdf
495 Kisi Geologi Pertambangan.pdf
492 Kisi Persiapan Grafika.pdf
456 Kisi Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian.pdf
486 Kisi Teknik Pembuatan Kain.pdf
461 Kisi Desain Produksi Kria Kulit.pdf
480 Kisi Teknik Gambar Rancang Bangun Kapal.pdf
471 Kisi Perbaikan dan Pemeliharaan Instrumen Elektornika Pesawat Udara.pdf
479 Kisi Kelistrikan Kapal.pdf
460 Kisi Desain Produksi Kria Tekstil.pdf
478 Kisi Teknik Instalasi Pemesinan Kapal.pdf
445 Kisi Agribisnis Ternak Ruminansia.pdf
438 Kisi Tata Kecantikan Kulit.pdf
437 Kisi Tata Kecantikan Rambut.pdf
407 Kisi Teknik Plambing dan Sanitasi.pdf
430 Kisi Teknik Ototronik.pdf
434 Kisi Patiseri.pdf
423 Kisi Teknik Pengecoran Logam.pdf
429 Kisi Teknik Perbaikan Bodi Otomotif.pdf
422 Kisi Teknik Fabrikasi Logam.pdf
428 Kisi Teknik Alat Berat.pdf
421 Kisi Teknik Pengelasan.pdf
406 Kisi Teknik Gambar Bangunan.pdf
426 Kisi Teknik Gambar Mesin.pdf
403 Kisi Teknik Konstruksi Batu dan Beton.pdf
424 Kisi Teknik Pemesinan.pdf
415 Teknik Pembangkit Tenaga Listrik.pdf
402 Kisi Teknik Konstruksi Kayu.pdf
330 Kisi KKPI.pdf224 Kisi TIK.pdf
190 Kisi Biologi.pdf187 Kisi Kimia.pdf
220 Kisi PJOK.pdf210 Kisi Ekonomi.pdf
217 Kisi Seni Budaya.pdf
204 Kisi Sejarah.pdf
174 Kisi Bahasa Mandarin.pdf
214 Kisi Sosiologi.pdf
215 Kisi Antropologi.pdf
184 Kisi Fisika.pdf
180 Kisi Matematika.pdf
167 Kisi-Kisi PLPG Guru Bahasa Arab.pdf
164 Kisi-Kisi PLPG Guru Bahasa Perancis.pdf
160 Kisi-Kisi PLPG Guru Bahasa Jerman.pdf
157 Kisi-Kisi PLPG Guru Bahasa Inggris.pdf
156 Kisi-Kisi PLPG Guru Bahasa Indonesia.pdf
170 Kisi-Kisi PLPG Guru Bahasa Jepang.pdf
154 Kisi-Kisi PLPG Guru PPKn.pdf
100 Kisi-Kisi PLPG Guru IPS.pdf
097 Kisi-Kisi PLPG Guru IPA.pdf
027 Kisi-Kisi PLPG Guru Kelas SD.pdf
020 Kisi-Kisi PLPG Guru Kelas TK.pdf
Demikian semogga materi yang sempat kami bagikan ini dapat dipergunakan pembekalan awal sebelum bapak ibu mengikuti Uji Kompetensi Guru yang dilaksanakan pada setiap tahunnya, dan dipastikan setiap tahun Standar nilai juga semakin dinaikkan, sehingga materi Kisi-Kisi Soal UKG Setelah PLPG Seluruh Mata Pelajaran ini akan dapat membantyu bapak dan ibu semmuanya.

Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018

Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018

Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018-Pada tahun 2018 ini sistem pengakreditasian sekolah dilakukan secara manual dan online. Ini menimbutkan beberapa perbedaan dengan sistem pengakreditasian pada tahun  sebelumnya. Perbedaan ini berada pada fitur sinkronisasi data  antara sispena dengan Dapodik  untuk sekolah dan anatara sispena dengan  Emis untuk madrasaha. 

Pada kali ini kami akan membagikan tentang tutorial Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018 yang harus dilakukan oleh assesor dan pihak sekolah. Pelaksanaan akreditasi sekolah dalam proses online ini dilakukan saat pengisian EDS oleh sekolah dan saat pengisian input nilai oleh assesor.  Untuk itu  kami membagikan tutorial ini untuk membantu  sekolah dan assesor  dalam pengisian Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah. Langsung saja kita ke pokok pembahasan tentang tutorial Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018.

Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018

Tutorial Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018 yang harus dilakuan oleh assesor :

  1. Buka url: http://sispena.bansm.or.id di halaman browser.
  2. Atau bisa klik link banner SisPenA S/M yang terdapat disebelah kanan website http://bansm.or.id
  3. Akan muncul halaman login.
  4. Selanjutnya masukkan user dan password yang dimiliki. dan pilih level pengguna yaitu Asesor.
  5. Ketika pertama kali masuk kedalam halaman login sistem akan langsung menampilkan form yang harus diisi oleh asesor.
  6. Isi form tersebut dengan lengkap terutama e-Mail, karena setiap pemberitahuan informasi penting terkait akreditasi kan dikirimkan ke e-Mail begitupula apabila anda mereset Password apabila lupa.
  7. Klik submit jika telah selesai mengisi seluruh biodata atau identitas.
  8. Nanti akan muncul nama  sekolah yang akan menjadi assesor   untuk melakukan visitasi dan penilaian.
  9. Dalam List sekolah yang tampil terdapat banyak button atau tombol yang berfungsi untuk memberikan penilaian terhadap sekolah, melihat IPDIP dan Informasi Lainnya.
  10. Yang membedakan jumlah tombol sekolah satu dengan lainnya adalah peran asesor sebagai ketua tim asesor atau hanya sebagai asesor biasa ketika visitasi ke sekolah.
  11. Sebelum memulai penilaian kita bisa mengunduh (download) terlebih dahulu IPDIP (Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi) Sekolah yang bersangkutan.
  12. IPDIP ini bisa dilihat secara digital atau dicetak dan digunakan untuk referensi asesor dalam melakukan penilaian. 
  13. Selain IPDIP kita juga bisa melihat beberapa foto sekolah yang telah diupload oleh sekolah, dengan cara klik button Foto Sekolah sebagai gambaran kita ketika akan visitasi ke lapangan.
  14. Foto yang dimasukkan akan muncul dan bisa kita lihat lebih detail satu persatu dengan mengkliknya.
  15. Photo bisa di diperbesar, digeser bahkan diputar, dan untuk melihat photo selanjutnya kita bisa menekan tombol next.
  16. Apabila telah selesai, Untuk kembali ke menu sebelumnya atau area penilaian kita bisa menu penilaian yang terdapat disamping kiri.
  17. Selanjutnya untuk memulai penilaian sekolah, klik button Beri Penilaian di list sekolah yang akan dinilai
  18. Akan muncul jendela baru yang berisi butir butir penilaian yang dimulai berdasarkan standar isi.
  19. Untuk memberikan penilaian klik langsung pilihan a,b,c,d,e yang sudah ada. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna hijau. Seperti terlihat pada gambar ini.
  20. Klik tombol Next untuk beralih ke butir selanjutnya.
  21. Asesor bisa melihat petunjuk teknis untuk setiap butir pernyataan dengan mengklik tombol petunjuk teknis yang terdapat di bagian atas kanan.
  22. Isi dari petunjuk teknis akan muncul berupa pop-up atau jendela seperti gambar dibawah ini.
  23. Selanjutnya asesor bisa melihat nilai evaluasi diri dari sekolah terhadap butir yang sedang di nilai dengan mengklik Nilai EDS.
  24. Nilai akan terlihat pada Pop-Up yang muncul dengan Kode Jawaban.
  25. Untuk penilaian butir kita bisa memilih secara langsung berdasarkan standar dan nomer butir pada setiap standar dengan mengklik tombol standar yang terdapat dibagian bawah butir pernyataan.
  26. Warna hijau yang terlihat digambar menandakan bahwa butir tersebut telah diberikan penilaian. 
  27. Penilaian bisa dilakukan secara acak atau melompat dari satu standar ke standar lainnya dengan memilih nama menunya.
  28. Data penilaian yang sudah dilakukan akan tersimpan secara otomatis apabila asesor keluar dari sistem dan akan melanjutkan nantinya. Dan hal ini juga mengantisipasi apabila terjadi insiden seperti mati lampu ketika proses penilaian.
  29. Proses penilaian akan dianggap selesai apabila semua butir sudah dinilai dan muncul tombol Hitung & Kirim dibagian paling seperti gambar dibawah ini.
  30. Klik tombol Hitung untuk menghitung proses penilaian yang telah kita lakukan. Akan muncul tabel penilaian seperti dibawah ini.
  31. Apabila anda sudah yakin dengan penilaian dan perhitungannya, klik tombol Kirim dan data tidak akan bisa anda rubah kembali jika anda telah menekan Oke pada jendela peringatan.
  32. Setelah menekan tombol Oke maka tugas untuk menilai telah selesai dan kita bisa langsung melihat hasil penilaian yang telah kita lakukan dengan cara mengklik tombol Lihat hasil penilaian.
  33. Akan muncul nilai berdasarkan 8 Standar beserta nilai akhir dan peringkat dan Status Akreditasi.
  34. Pada tabel penilaian ini juga diperlihatkan warna yang berbeda yaitu warna merah apabila nilai tidak memenuhi syarat lulus akreditasi, yaitu 1) nilai akhir kurang dari 71, 2) Nilai standar sarana dan prasarana kurang dari 61, 3) Salah satu standar nilainya kurang dari 50.
  35. Klik Print Format Laporan Individu jika kita ingin mencetak hasil penilaian.
  36. Format Laporan penilaian akan siap cetak dengan ukuran kertas yang dapat menyesuaikan.
  37. Selanjutnya tugas asesor adalah menginput penilaian untuk nilai kelompok dengan mengklik button Input Nilai  Kelompok.
  38. Menu atau tombol Input nilai kelompok hanya akan aktif di area menu asesor yang bertindak sebagai ketua tim pada saat visitasi. Tetapi harus dinilai bersama sama dengan asesor lainnya. 
  39. Menu atau tombol ini pun akan berfungsi hanya ketika 2 asesor yang bertugas sudah memberikan penilaian masing masing terhadap sekolah yang divisitasi.
  40. Pada prosesnya input nilai kelompok hampir sama persis dengan penilaian Individu yang dilakukan oleh asesor. Dimana akan muncul jendela penilaian dan diisi sampai butir terakhir, dan ada laporan setelahnya.
  41. Begitu pula halnya dengan ketika anda sudah selesai menilai, klik tombol Hitung  untuk melihat hasil perhitungan dan klik tombol Kirim  jika sudah selesai dan yakin dengan penilaiannya.
  42. Untuk mengecek apakah nilai sudah masuk, klik lihat penilaian kelompok.
  43. Tabel Penilaian akan muncul, dan apabila ingin mencetaknya klik Cetak format laporan kelompok   yang terdapat di samping kiri bawah.
  44. Untuk format laporan nilai kelompok akan disertakan rekomendasi yang diinput oleh asesor.
  45. Untuk menginput rekomendasinya. pilih menu Input Rekomendasi untuk memasukkan rekomendasi asesor untuk semua standar.
  46. Terdapat form yang harus diisi oleh asesor dari mulai standar isi sampai dengan standar penilaian.
  47. Klik  Submit jika telah selesai.
  48. Apabila kita ingin mengedit rekomendasi yang telah kita input, klik saja kembali  Input Rekomendasi di baris menu. 
  49. Langkah selanjutnya adalah memasukkan beberapa photo sekolah yang divisitasi dengan mengklik Foto Pendukung Asesor.
  50. Input photo yang disediakan oleh sistem maksimal adalah 10 photo dengan pembagian 4 untuk sarana dan prasarana, 4 untuk photo kegiatan dan 2 untuk visitasi.
  51. Klik menu Upload Foto untuk mulai memasukkan photo.
  52. Akan muncul form sebanyak 10 untuk memilih photo yang dimaksud. Klik Choose File untuk mencari file photo.
  53. Ketika diklik submit Photo yang dimasukkan akan di resize ukurannya secara otomatis oleh sistem dengan resolusi yang ditentukan.
  54. Menu terakhir yang harus diisi oleh asesor adalah berita acara.
  55. Isilah empat form isian yang muncul.
  56. Lalu tekan Submit  apabila telah selesai.
  57. Setelah mengisi berita acara, asesor dapat mencetaknya sebagai laporan fisik kepada BAP, dengan mengklik tombol Print di pojok sebelah kanan.
  58. Format berita akan muncul dan siap untuk dicetak.
  59. Untuk fasilitas menu lainnnya asesor bisa melihat data secara umum tentang Akreditasi di menu Dashboard.
  60. Akan terlihat beberapa informasi umum berupa infografis dan informasi lainnya terkait akreditasi.
  61. Untuk merubah kembali biodata atau profile asesor serta merubah photo pengguna bisa mengklik menu yang terdapat disebelah kanan atas.
  62. Klik Choose File untuk merubah photo profile anda.
  63. Jika menggunakan smartphone bisa secara langsung mengganti dengan memilih foto di file penyimpanan atau memfoto  secara langsung menggunakan kamera smartphone. 
  64. Hal yang penting lainnya adalha mengganti password anda untuk menghindari penyalahgunaan sistem. Klik menu Ganti  password.
  65. Masukkan password lama anda, lalu masukkan password yang baru lalu konfirmasi ulang.
  66. Anda akan diberi Warning, untuk mengisi e-Mail apabila halaman identitas anda belum terisi oleh e-Mail.
  67. Klik Link untuk menuju halaman identitas, dan masukkan e-Mail anda atau e-Mail yang masih aktif. Karena e-Mail ini adalah sarana apabila anda lupa password nantinya.
  68. Apabila sudah lakukan langkah mengganti password kembali. 
  69. Selanjutnya Klik Logout apabila anda telah selesai menggunakan Sistem Aplikasi ini.
  70. Selanjutnya terkadang kita lupa dengan password yang telah kita masukkan kedalam sistem. Untuk menanggulangi hal tersebut kita bisa mereset password atau meminta password baru dengan mengklik menu Lupa Password di halaman depan.
  71. Masukkan alamat e-Mail, Username serta level user anda pada form.
  72. Selanjutnya cek e-Mail anda, password yang baru akan dikirm di folder Inbox atau SPAM. 
  73. Selamat Menggunakan…. Salam Akreditasi Berkualitas

Untuk mendapatkan tutorial Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018  yang harus dilakuan oleh sekolah dan assesor, silakan download file di bawah ini. Penjelasan akan lebih lengkap dan  dilengkapi dengan gambar untuk setiap langkahnya.


Demikian penjelasan singkat mengenai Alur Pengisian Online Sispena Tahun 2018  dari kami. Semoga penjelasan yang kami sampaikan bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda ke halaman kami. 

Kisi-Kisi USBN SDLB Tahun 2018

Kisi-Kisi USBN SDLB Tahun 2018

Kisi-Kisi USBN SDLB Tahun 2018-Dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi materi mengenai kisi kisi USBN SDLB tahun 2018, yang tentunya akan sangat membantu para siswa SDLB dalam menentukan materi yang akan dipelajari. kisi-kisi merupakan suatu format yang memuat  berbagai informasi mengenai SK, indikator  dan model soal yang akan di ujiakan. Dalam membuat suatu soal guru harus membuat kisi-kisinya terlebih dahulu. Dengan mengetahui kisi-kisi ujian yang akan diselenggarakan, siswa akan lebih efektive dalam belajar dan akan mendapat nilai yang lebih baik. Selain itu,  guru akan memiliki dasar yang jelas dalam membuat soal dan menuntaskan proses pembelajaran sehingga siswa memiliki wawasan dalam menjawab soal yang akan diujikan. 


Kisi-Kisi USBN SDLB Tahun 2018
Keuntungan yang akan didapat siswa dengan adanya kisi -kisi antara lain:
  1. Siswa memiliki panduan dalam belajar, sehingga proses belajar menjadi lebih efektive, 
  2. Siswa tidak perlu mempelajari semua materi, 
  3. Membantu siswa dalam mencapai Standart Kompetensi Lulusa ( SKL) yang telah di tentukan oleh pemerintah. 

Kisi-Kisi USBN SDLB Tahun 2018 yang  akan kami bagikan  mencakup tentang kisi-kisi soal untuk anak- anak Tuna Rungu, Tuna Netra, Tuna Grahita, Tuna Daksa dan Tuna Autis .Sesusai dengan ketetapan pemerintah,USBN SDLB ini akan di  selenggararakan pada bulan Mei 2018.  Mata pelajaran yang akan diujikan mencakup mata pelajaran agama, bahasa indonesia,  IPA, IPS, PKN, dan matematika mulai dari kelas 4 samapai kelas 6. 

Untuk mendapat Kisi-Kisi USBN SDLB Tahun 2018 langsung saja anda download  melalui link dibawah ini. 

Kisi-Kisi USBN SDLB Tahun 2018

Kisi-Kisi USBN SDLB TUNANETRA Kurikulum 2013.pdf
Kisi-Kisi USBN SDLB TUNAGRAHITA Kurikulum 2013.pdf
Kisi-Kisi USBN SDLB TUNADAKSA Kurikulum 2013.pdf
Kisi-Kisi USBN SDLB TUNARUNGU Kurikulum 2013.pdf
Kisi-Kisi USBN SDLB AUTIS Kurikulum 2013.pdf

Demikian uraian singkat  yang dapat kami jelaskan mengenai Kisi-Kisi Soal USBN SDLB Tahun 2018 .  Terima kasih atas  kunjungannya dan semoga materi yang kami bagikan bermanfaat. 


" Selamat menempuh ujian semoga mendapat nilai yang baik dan sesuai dengan yang adek-adek harapkan"


Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMP Tahun 2018

Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMP Tahun 2018

Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMP Tahun 2018 - Bapak dan ibu guru untuk posting kali ini kami tetap masih fokus pada materi Kisi-kisi soal, kareana memang hal ini amat sangat diperlukan sebagai bahan menganalisa soal-soal yang bakal disusun saat pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan berikut penjelasan tentang kisi-kisi soal:
Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMP Tahun 2018
Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMP Tahun 2018
1.Pengertian kisi-kisi

Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.

2.Syarat kisi-kisi

Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:
  • Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
  • Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
  • Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.

Baca juga: Kisi-Kisi soal USBN SMPLB 2018
3.Komponen kisi-kisi

Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Berikut link downloadnya Kisi-Kisi USBN Jenjang SMP Tahun 2018


Semoga materi Kisi-Kisi USBN Jenjang SMP Tahun 2018 bermanfaat

Download Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMPLB Tahun 2018

Kisi-Kisi USBN Jenjang SMPLB Tahun 2018

1. Pengertian kisi-kisi

Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.
Download Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMPLB Tahun 2018
Download Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMPLB Tahun 2018
2. Syarat kisi-kisi

Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:
1) Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
2) Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
3) Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.

3. Komponen kisi-kisi

Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Langkah-langkah menyusun kisi-kisi:
  1. menentukan KD yang akan diukur;
  2. memilih materi yang esensial;
  3. merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan materi dan level kognitif.

Berikut Link download Kisi-Kisi USBN Jenjang SMPLB Tahun 2018:


Semoga materi yang baru saja kami bagikan ini bermanfaat dan akhirnya Kisi-Kisi USBN Jenjang SMPLB Tahun 2018 dapat dipelajari untuk mencapai keberhasilan nilai Ujian dengan memuaskan.

Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal

Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal

Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal - Pelaksanaan suatu tes harus  dilaksanakan  berdasarkan perencanaan secara matang , teliti dan konseptual, sehingga hasil yang dicapai sesuai dengan yang diharapkan. Soal yang baik adalah  soal yang dapat mengukur kemampuan siswa nya secara relevan dan representative.  Di sinilah peran guru dalam membuat soal  yang representative dan relevan  sangat diperlukan.  Pembuatan soal yang akan diujikan tidak boleh asal-asalan harus sesuai dengan standar pedoman penulisan soal yang baik dan benar.  Guna mempermudah proses pembuatan soal  seorang guru harus membuat kisi-kisi soal, agar soal yang diberikan sesuai dengan kompetensi yang akan di capai.   Ada beberapa point yang harus tercantum dalam penyusunan kisi-kisi soal, so langsung saja  simak langkah-langkah  yang perlu anda lakukan dalam proses penyusunan kisi-kisi soal. 
Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal
Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal

Langkah Tepat dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal yang Baik dan Benar

Sebelumnya mari kita berkenalan dulu dengan apa itu kisi-kisi? Kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes. Kisi-kisi berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal dan atau dalam melakukan perakitan tes. 
Baca juga: Administrasi PBM Guru TIK SMP 
Syarat-syarat kisi-kisi yang baik anatara lain:

  • Mewakili isi kurikulum yang akan diajukan.
  • Komponen-komponen yang dimuat harus jelas, rinci, dan mudah dipahami.
  • Soal -soal yang akan dibuat harus sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang telah ditetapkan. 

Komponen kisi-kisi.

Dalam penyusunan kisi-kisi  ada dua komponen  yang harus diperhatikan, yaitu komponen identitas dan komponen matriks.  Komponen identitas meliputi : jenis stitusi/lembaga, program/jurusan, bidang study/mata pelajaran, tahun pelajaran, kurikulum yang digunakan, jumlah soal,alokasi waktu, dan  bentuk soal. Sedangkan komponen matriks meliputi: kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum yang digunakan, materi, kelas dan semester, level kognitif, indikator dan nomor soal. 

Langkah  tepat yang harus dilakukan dalam menyusun kisi-kisi:

  1. Menentukan KD yang akan diukur
  2. memilih materi yang essensial
  3. merumuskan indikator yang mengacu pada KD

 Patokan untuk memilih materi yang essensial, berikut merupakan kriteria materi yang essensial :

  • materi lanjutan (Pendalaman dari satu materi yang sudah dipelajari sebelumnya)
  • materi penting yang harus dikuasai siswa
  • materi yang diperlukan untuk mempelajari bidang study yang lain
  • materi yang memiliki nilai terapan dalam kehidupan sehari-hari

Indikator 

Isi yang dimuat dalam indikator  berisi tantang  ciri-ciri perilaku yang dapat diukur sebagai petunjuk untuk membuat soal yang  dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dengan  kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Kriteria dalam perumusan indikator antara lain;

  1. Menentukan ciri -ciri KD  yang akan diukur.
  2. Memuat kata kerja operasional yang dapat diukur.
  3. Berkaitan dengan materi/ konsep  yang dipilih.
  4. Dapat dibuatkan soal 

Untuk mendapatkan penjelasan  yang lebih lanjut mengenai langkah -langkah yang benar dalam menyusun kisi-kisi soal yang baik dan benar, anda bisa mendownload file di bawah ini.
1. Langkah-Langkah Penyusunan Kisi-Kisi.pdf
Demikian ulasan singkat tentang materi Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal semoga dengan penjelasan di atas dapat memperjelas materi yang kami bagikan saat ini. Terima kasih atas kunjungannya, kami tunggu kunjungan berikutnya dengan pencarian materi yang sudah pasti beda.

Administrasi Pembelajaran Guru TIK SMP Kelas 8 K-13 Lengkap

Administrasi Pembelajaran Guru TIK SMP Kelas 8 K-13 Lengkap

Administrasi Pembelajaran Guru TIK SMP Kelas 8 K-13 Lengkap - Yang dimaksud dengan Perangkat Pembelajaran TIK SMP Kurikulum 2013 Lengkap adalah kumpulan administrasi untuk guru mata pelajaran TIK kelas VII, VIII dan IX yang tersedia untuk semester 1 dan 2 yang berbentuk file document dan bisa dijadikan sebagai contoh dalam menyusun perangkat pembelajaran.
Administrasi Pembelajaran Guru TIK SMP Kelas 8 K-13 Lengkap
Administrasi Pembelajaran Guru TIK SMP Kelas 8 K-13 Lengkap

Administrasi Pembelajaran Guru TIK SMP Kelas 8 K-13 Lengkap

Adapun Mata Pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yaitu suatu mata pelajaran yang diberlakukan juga dalam kurikulum 2013, yang pembahasannya meliputi komputer, perangkat lunak, internet dan masih banyak lagi.
Baca juga: Perangkat Akreditasi SD-SMP-MTs-SMA-SMK
Menyikapi perihal perangkat pembelajaran dan yang berkaitan dengan mata pelajaranTIK, maka di pos ini saya akan membagikan Perangkat Pembelajaran TIK SMP Kurikulum 2013 Lengkap.
Baca juga: Dokumen Panduan Akreditasi jenjang PAUD, TK, RA, TPA Tahun 2018
Selengkapnya telah kami siapkan link downloadnya di bawah ini.


Demikian harapan kami semoga Administrasi Pembelajaran Guru TIK SMP Kelas 8 K-13 dapat pula melengkapi administrasi guru TIK di SLTP kelas 8 secara lengkap. Mohon maaf apabila kurang berkenan.


Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

1. Pengertian kisi-kisi

Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.
Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
2. Syarat kisi-kisi

Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:
  1. Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
  2. Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
  3. Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.


3. Komponen kisi-kisi

Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Langkah-langkah menyusun kisi-kisi:


  1. menentukan KD yang akan diukur;
  2. memilih materi yang esensial;
  3. merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan materi dan level kognitif.
Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

3. Komponen kisi-kisi

Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.
Langkah-langkah menyusun kisi-kisi:
  1. menentukan KD yang akan diukur;
  2. memilih materi yang esensial;
  3. merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan materi dan level kognitif.

LINK DOWNLOAD:
Link Download: Kisi-Kisi-PAS-Mat-4-TP-2017-2018.docx
Demikian semoga materi Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi bermanfaat.

Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2

Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2

Bukti fisik seorang guru menyampaikan materi pelajaran di depan kelas sesuai dengan jadwal maupun kelas di Sekolah dasar adalah dengan membuat buku jurnal mengajar. Dalam istilah lain jurnal merupakan sejenis jadwal, namun dalam hal ini memang dibedakan dengan kaedah tata bahasa yang bermakna.
Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2
Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2

Dalam istilah lain Jurnal adalah daftar harian yang disusun oleh guru pada saat menyampaikan materi pelajaran pada pembelajaran di kelas dan dapat dibilang sebuah rentetan uraian guru pada saat menyampaikan materi pelajaran.
Baca juga: Format daftar nilai Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Semester 2
Jurnal mengajar ini berhubungan erat dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dalam istilah lain jurnal merupakan persiapan guru untuk mengajar di kelas, dengan tujuan untuk mempermudah guru mempersiapkan pembelajaran di kelas. 

Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2

Dengan menanggapi berbagai kemungkinan serta permintaan kepada kami untuk membagikan Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2, namun tidak menutup kemungkinan dengan menggunakan format yang lebih sempurna, dipersilahkan sesuai kreasi masing-masing guru. Berikut ini kami sajikan Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2.


Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2

Demikian uraian singkat tentang Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2 dan semoga dengan berbagai kreasi saling bermunculan diantara guru-guru setelah melihat materi yang kami bagikan tersebut, dapat pula dengan kami bagikan materi ini dapat dipergunakan ajang saling berbagi kepada sesama profesi, akhir kata mohon maaf apabila kurang berkenan.

Download Aplikasi Konversi Nilai Siswa ( Ulangan, UTS, UAS, UKK ) Download Aplikasi Konversi Nilai Siswa ( Ulangan, UTS, UAS, UKK )


kali
ini arsip sekolah akan membagikan aplikasi konversi nilai ulangan siswa
format excel,aplikasi tersebut adalah aplikasi berbasis excel
yangberfungsi untuk menaikan/mengkonversi nilai -nilai siswa seperti
Nilai pada ulangan harian, UTS, UAS bagi siswa yang nilainya berada d
bawah KKM.







Konversi
Nilai dilaksanakan untuk menambah atau mengurangi nilai siswa dengan
tidak merugikan