Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMP Tahun 2018

Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMP Tahun 2018

Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMP Tahun 2018 - Bapak dan ibu guru untuk posting kali ini kami tetap masih fokus pada materi Kisi-kisi soal, kareana memang hal ini amat sangat diperlukan sebagai bahan menganalisa soal-soal yang bakal disusun saat pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan berikut penjelasan tentang kisi-kisi soal:
Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMP Tahun 2018
Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMP Tahun 2018
1.Pengertian kisi-kisi

Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.

2.Syarat kisi-kisi

Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:
  • Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
  • Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
  • Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.

Baca juga: Kisi-Kisi soal USBN SMPLB 2018
3.Komponen kisi-kisi

Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Berikut link downloadnya Kisi-Kisi USBN Jenjang SMP Tahun 2018


Semoga materi Kisi-Kisi USBN Jenjang SMP Tahun 2018 bermanfaat

Download Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMPLB Tahun 2018

Kisi-Kisi USBN Jenjang SMPLB Tahun 2018

1. Pengertian kisi-kisi

Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.
Download Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMPLB Tahun 2018
Download Kisi-Kisi Soal USBN Jenjang SMPLB Tahun 2018
2. Syarat kisi-kisi

Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:
1) Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
2) Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
3) Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.

3. Komponen kisi-kisi

Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Langkah-langkah menyusun kisi-kisi:
  1. menentukan KD yang akan diukur;
  2. memilih materi yang esensial;
  3. merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan materi dan level kognitif.

Berikut Link download Kisi-Kisi USBN Jenjang SMPLB Tahun 2018:


Semoga materi yang baru saja kami bagikan ini bermanfaat dan akhirnya Kisi-Kisi USBN Jenjang SMPLB Tahun 2018 dapat dipelajari untuk mencapai keberhasilan nilai Ujian dengan memuaskan.

Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal

Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal

Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal - Pelaksanaan suatu tes harus  dilaksanakan  berdasarkan perencanaan secara matang , teliti dan konseptual, sehingga hasil yang dicapai sesuai dengan yang diharapkan. Soal yang baik adalah  soal yang dapat mengukur kemampuan siswa nya secara relevan dan representative.  Di sinilah peran guru dalam membuat soal  yang representative dan relevan  sangat diperlukan.  Pembuatan soal yang akan diujikan tidak boleh asal-asalan harus sesuai dengan standar pedoman penulisan soal yang baik dan benar.  Guna mempermudah proses pembuatan soal  seorang guru harus membuat kisi-kisi soal, agar soal yang diberikan sesuai dengan kompetensi yang akan di capai.   Ada beberapa point yang harus tercantum dalam penyusunan kisi-kisi soal, so langsung saja  simak langkah-langkah  yang perlu anda lakukan dalam proses penyusunan kisi-kisi soal. 
Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal
Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal

Langkah Tepat dalam Menyusun Kisi-Kisi Soal yang Baik dan Benar

Sebelumnya mari kita berkenalan dulu dengan apa itu kisi-kisi? Kisi-kisi adalah suatu format berupa matriks yang memuat pedoman untuk menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes. Kisi-kisi berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal dan atau dalam melakukan perakitan tes. 
Baca juga: Administrasi PBM Guru TIK SMP 
Syarat-syarat kisi-kisi yang baik anatara lain:

  • Mewakili isi kurikulum yang akan diajukan.
  • Komponen-komponen yang dimuat harus jelas, rinci, dan mudah dipahami.
  • Soal -soal yang akan dibuat harus sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang telah ditetapkan. 

Komponen kisi-kisi.

Dalam penyusunan kisi-kisi  ada dua komponen  yang harus diperhatikan, yaitu komponen identitas dan komponen matriks.  Komponen identitas meliputi : jenis stitusi/lembaga, program/jurusan, bidang study/mata pelajaran, tahun pelajaran, kurikulum yang digunakan, jumlah soal,alokasi waktu, dan  bentuk soal. Sedangkan komponen matriks meliputi: kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum yang digunakan, materi, kelas dan semester, level kognitif, indikator dan nomor soal. 

Langkah  tepat yang harus dilakukan dalam menyusun kisi-kisi:

  1. Menentukan KD yang akan diukur
  2. memilih materi yang essensial
  3. merumuskan indikator yang mengacu pada KD

 Patokan untuk memilih materi yang essensial, berikut merupakan kriteria materi yang essensial :

  • materi lanjutan (Pendalaman dari satu materi yang sudah dipelajari sebelumnya)
  • materi penting yang harus dikuasai siswa
  • materi yang diperlukan untuk mempelajari bidang study yang lain
  • materi yang memiliki nilai terapan dalam kehidupan sehari-hari

Indikator 

Isi yang dimuat dalam indikator  berisi tantang  ciri-ciri perilaku yang dapat diukur sebagai petunjuk untuk membuat soal yang  dikembangkan sesuai dengan karakteristik siswa, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dengan  kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Kriteria dalam perumusan indikator antara lain;

  1. Menentukan ciri -ciri KD  yang akan diukur.
  2. Memuat kata kerja operasional yang dapat diukur.
  3. Berkaitan dengan materi/ konsep  yang dipilih.
  4. Dapat dibuatkan soal 

Untuk mendapatkan penjelasan  yang lebih lanjut mengenai langkah -langkah yang benar dalam menyusun kisi-kisi soal yang baik dan benar, anda bisa mendownload file di bawah ini.
1. Langkah-Langkah Penyusunan Kisi-Kisi.pdf
Demikian ulasan singkat tentang materi Langkah Tepat Menyusun Kisi-Kisi Soal semoga dengan penjelasan di atas dapat memperjelas materi yang kami bagikan saat ini. Terima kasih atas kunjungannya, kami tunggu kunjungan berikutnya dengan pencarian materi yang sudah pasti beda.

Administrasi Pembelajaran Guru TIK SMP Kelas 8 K-13 Lengkap

Administrasi Pembelajaran Guru TIK SMP Kelas 8 K-13 Lengkap

Administrasi Pembelajaran Guru TIK SMP Kelas 8 K-13 Lengkap - Yang dimaksud dengan Perangkat Pembelajaran TIK SMP Kurikulum 2013 Lengkap adalah kumpulan administrasi untuk guru mata pelajaran TIK kelas VII, VIII dan IX yang tersedia untuk semester 1 dan 2 yang berbentuk file document dan bisa dijadikan sebagai contoh dalam menyusun perangkat pembelajaran.
Administrasi Pembelajaran Guru TIK SMP Kelas 8 K-13 Lengkap
Administrasi Pembelajaran Guru TIK SMP Kelas 8 K-13 Lengkap

Administrasi Pembelajaran Guru TIK SMP Kelas 8 K-13 Lengkap

Adapun Mata Pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) yaitu suatu mata pelajaran yang diberlakukan juga dalam kurikulum 2013, yang pembahasannya meliputi komputer, perangkat lunak, internet dan masih banyak lagi.
Baca juga: Perangkat Akreditasi SD-SMP-MTs-SMA-SMK
Menyikapi perihal perangkat pembelajaran dan yang berkaitan dengan mata pelajaranTIK, maka di pos ini saya akan membagikan Perangkat Pembelajaran TIK SMP Kurikulum 2013 Lengkap.
Baca juga: Dokumen Panduan Akreditasi jenjang PAUD, TK, RA, TPA Tahun 2018
Selengkapnya telah kami siapkan link downloadnya di bawah ini.


Demikian harapan kami semoga Administrasi Pembelajaran Guru TIK SMP Kelas 8 K-13 dapat pula melengkapi administrasi guru TIK di SLTP kelas 8 secara lengkap. Mohon maaf apabila kurang berkenan.


Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

1. Pengertian kisi-kisi

Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.
Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
2. Syarat kisi-kisi

Kisi-kisi tes prestasi akademik harus memenuhi persyaratan berikut:
  1. Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
  2. Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
  3. Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.


3. Komponen kisi-kisi

Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Langkah-langkah menyusun kisi-kisi:


  1. menentukan KD yang akan diukur;
  2. memilih materi yang esensial;
  3. merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan materi dan level kognitif.
Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

3. Komponen kisi-kisi

Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.
Langkah-langkah menyusun kisi-kisi:
  1. menentukan KD yang akan diukur;
  2. memilih materi yang esensial;
  3. merumuskan indikator yang mengacu pada KD dengan memperhatikan materi dan level kognitif.

LINK DOWNLOAD:
Link Download: Kisi-Kisi-PAS-Mat-4-TP-2017-2018.docx
Demikian semoga materi Kisi-Kisi Soal Penilaian Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi bermanfaat.

Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2

Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2

Bukti fisik seorang guru menyampaikan materi pelajaran di depan kelas sesuai dengan jadwal maupun kelas di Sekolah dasar adalah dengan membuat buku jurnal mengajar. Dalam istilah lain jurnal merupakan sejenis jadwal, namun dalam hal ini memang dibedakan dengan kaedah tata bahasa yang bermakna.
Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2
Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2

Dalam istilah lain Jurnal adalah daftar harian yang disusun oleh guru pada saat menyampaikan materi pelajaran pada pembelajaran di kelas dan dapat dibilang sebuah rentetan uraian guru pada saat menyampaikan materi pelajaran.
Baca juga: Format daftar nilai Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Semester 2
Jurnal mengajar ini berhubungan erat dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dalam istilah lain jurnal merupakan persiapan guru untuk mengajar di kelas, dengan tujuan untuk mempermudah guru mempersiapkan pembelajaran di kelas. 

Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2

Dengan menanggapi berbagai kemungkinan serta permintaan kepada kami untuk membagikan Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2, namun tidak menutup kemungkinan dengan menggunakan format yang lebih sempurna, dipersilahkan sesuai kreasi masing-masing guru. Berikut ini kami sajikan Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2.


Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2

Demikian uraian singkat tentang Jurnal Pembelajaran Guru PJOK SD Kurikulum 2013 Semester 2 dan semoga dengan berbagai kreasi saling bermunculan diantara guru-guru setelah melihat materi yang kami bagikan tersebut, dapat pula dengan kami bagikan materi ini dapat dipergunakan ajang saling berbagi kepada sesama profesi, akhir kata mohon maaf apabila kurang berkenan.

Download Aplikasi Konversi Nilai Siswa ( Ulangan, UTS, UAS, UKK ) Download Aplikasi Konversi Nilai Siswa ( Ulangan, UTS, UAS, UKK )


kali
ini arsip sekolah akan membagikan aplikasi konversi nilai ulangan siswa
format excel,aplikasi tersebut adalah aplikasi berbasis excel
yangberfungsi untuk menaikan/mengkonversi nilai -nilai siswa seperti
Nilai pada ulangan harian, UTS, UAS bagi siswa yang nilainya berada d
bawah KKM.







Konversi
Nilai dilaksanakan untuk menambah atau mengurangi nilai siswa dengan
tidak merugikan

Ringkasan Lengkap Permendikbud Terbit Tahun 2017

Ringkasan Lengkap Permendikbud Terbit Tahun 2017 

Documen Guru.co.id - Ringkasan peraturan pendidikan yang biasanya diikuti dengan adanya perubahan kebijakan pendidikan, perlu untuk diketahui dan dipahami khususnya oleh guru sebagai ujung tombak pendidikan di negeri ini.

Kadang saking begitu banyaknya peraturan pendidikan, ditambah lagi dengan peraturan baru sebagai penyempurna dari peraturan sebelumnya, membuat guru merasa kebingungan untuk mengingat dan memahami peraturan tersebut
Ringkasan Lengkap Permendikbud Terbit Tahun 2017
Ringkasan Lengkap Permendikbud Terbit Tahun 2017 
Namun bagaimana pun, kita sebagai guru harus peka terhadap kebijakan peraturan pendidikan, karena peraturan pendidikan dibuat oleh pemerintah sebagai pedoman untuk penyelenggaraan pendidikan yang lebih baik. Berikut link download Ringkasan Lengkap Permendikbud Terbit Tahun 2017;

  1. UU RI Nomor 3 Tahun 2017.pdf 
  2. Salinan UU RI Nomor 5 Tahun 2017.pdf
  3. PP RI Nomor 19 Tahun 2017 Ttg Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2oo8 Tentang Guru.pdf
  4. Perpres Nomor 79 Tahun 2017.pdf
  5. Permendikbud Nomor 40 Tahun 2017 Ttg Tata Cara Pelaporan Harta Kekayaan Negara dan ASN.pdf
  6. Permendikbud Nomor 39 Tahun 2017.pdf
  7. Permendikbud Nomor 36 Tahun 2017.rar
  8. Permendikbud Nomor 29 Tahun 2017.zip
  9. Permendikbud Nomor 28 Tahun 2017.zip
  10. Permendikbud Nomor 26 Tahun 2017.pdf
  11. Permendikbud Nomor 25 Tahun 2017.zip
  12. Permendikbud Nomor 14 Tahun 2017.pdf
  13. Permendikbud Nomor 13 Tahun 2017.pdf
  14. Permendikbud Nomor 12 Tahun 2017.zip
  15. Salinan Kepmendikbud Nomor 173 Tahun 2017.pdf
  16. Permendikbud Nomor 09 Tahun 2017.rar
  17. Perpres Nomor 91 Tahun 2017.pdf
  18. SE Nomor 01 Tahun 2017 Ttg Pelaksanaan Ujian Nasional.pdf
  19. Permendikbud Nomor 31 Tahun 2017 ttg Pedoman Formasi Pamog Belajar.pdf
  20. Salinan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2017 ttg Dekonsentrasi.pdf
  21. Permendikbud Nomor 34 Tahun 2017 ttg Standar Kompetensi Kerja Khusus Kurator Museum.pdf
  22. Perpres Nomor 87 Tahun 2017.pdf
  23. Permendikbud Nomor 24 Tahun 2017.pdf
  24. Permendikbud Nomor 33 Tahun 2017.pdf
  25. Permendikbud Nomor 30 Tahun 2017.pdf
  26. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017.pdf
  27. Permendikbud Nomor 32 Tahun 2017 ttg Rincian Balai Pengembanagan PAUD.pdf
  28. Permendikbud Nomor 37 Tahun 2017.pdf
  29. Permendikbud Nomor 35 Tahun 2017 ttg Rincian Tugas LPMP.pdf
  30. Permendikbud Nomor 08 Tahun 2017.pdf
  31. Permendikbud Nomor 21 Tahun 2017.zip
  32. Permendikbud Nomor 07 Tahun 2017.pdf
  33. Permendikbud Nomor 18 Tahun 2017.pdf
  34. Permendikbud Nomor 16 Tahun 2017.pdf
  35. Permendikbud Nomor 15 Tahun 2017.pdf
  36. Permendikbud Nomor 11 Tahun 2017.pdf
  37. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2017.pdf
  38. Permendikbud Nomor 20 Tahun 2017.pdf
  39. Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017.pdf
  40. Permendikbud Nomor 10 Tahun 2017.pdf
  41. Inpres RI Nomor 009 Tahun 2017.pdf
  42. Permendikbud Nomor 04 Tahun 2018 Ttg Penilaian Hasil Belajar Oleh Sat Pen dan Penilaian Hasil Belajar Oleh Pemerintah.pdf
  43. Permendikbud Nomor 06 Tahun 2017.pdf
  44. Permendikbud Nomor 05 Tahun 2017.pdf
  45. Permendikbud Nomor 04 Tahun 2017.pdf
  46. Permendikbud Nomor 01 Tahun 2017.pdf
  47. Permendikbud Nomor 02 Tahun 2017.pdf
  48. Kepmendikbud Nomor 133 Tahun 2017.pdf
  49. Kepmendikbud Nomor 065 Tahun 2017.pdf
  50. Kepmendikbud Nomor 041 Tahun 2017.pdf
  51. Inpres RI Nomor 7 Tahun 2017.pdf

Semoga Ringkasan Lengkap Permendikbud Terbit Tahun 2017 ini bermanfaat

Ketentuan Khusus Peserta PPG dan PPGJ Jabatan Guru

Rangkuman Terlengkap Materi IPA KTSP Kelas 5 SD/MI

Rangkuman Terlengkap Materi IPA KTSP Kelas 5 SD/MI

Rangkuman materi ini kami bagikan dengan tujuan peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang telah dan akan disampaikan guru di kelas.
Baca kembali: Panduan Penilaian Kurikulum 2013 jenjang SD-SMP-SMA-SMK
Materi ini sengaja kami bagikan secara lengkap dari Bab 1 sampai dengan Bab 15, sehingga dapat dibilang bahwa materi ini merupakan materi untuk semester 1 dan semester 2.

Rangkuman Terlengkap Materi IPA KTSP Kelas 5 SD/MI
Rangkuman Terlengkap Materi IPA KTSP Kelas 5 SD/MI
Lebih jelas dan lengkap dapat didownload materi Rangkuman Terlengkap Materi IPA Kelas 5 SD/MI - berikut ini:


Semoga materi Rangkuman Terlengkap Materi IPA Kelas 5 SD/MI bermanfaat dan dapat dipergunakan untuk menyusun berbagai bentul soal kelas 5 SD dengan kriteria Kurikulum 2006 (KTSP)