RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru

RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru

RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru - Beberapa istilah pada Kurikulum 2013 sebelum direvisi terdapat berbagai istilah dalam penamaan kegiatan; Ulangan Harian (UH), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS), dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), istilah-istilah tersebut setelah dilakukan revisi tahuun 2017 atau sering dikenal hasil edisi revisi 2017, maka istilah tersebut berubah menjadi; Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), dan Kriteria Belajar Minimal (KBM). Khusus pada KKm yang terdahulu mengacu pada mata pelajaran, akhirnya sekarang mengacu pada satuan pendidikan.

Hasil Revisi Kurikulum 2013 tahun 2017 khusus pada penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebagai berikut :

  • Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), diperkuat dengan 5 karakter yaitu; religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Mengintegrasikan pada literasi; keterampilan abad 21 atau dengan istilah 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative).

Beginilah yang sesungguhnya tujuan Kurikulum 2013 setelah direvisi tahun 2017, pendidik/guru bukan hanya sekadar mentransfer materi tetapi difokuskan pada pembentukan 4C tersebut. Menurut beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di zaman ini, zaman di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Baca juga: Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006
Selain hal di atas tersebut konteks Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru
RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru

Dalam kaitan dengan penjelasan tersebut akhirnya tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 4 Semester 2 Tema 6 yang telah kami revisi sedemikian rupa sehingga telah kami sesuaikan dengan Buku Pegangan Guru dan Siswa pada setiap temanya.
Download : RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Tema 6 Lengkap.doc
Download : RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Sub Literasi Tema 6.doc
Demikian semoga materi yang satu ini menjadi pusat perhatian bagi pengunjung yang masih tetap mencari RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru. Mohon maaf atas segala kekurangan kami siap menunggu kritikan, saran serta masukan yang bersifat membangun.

Administrasi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Kurikulum 2006

Administrasi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Kurikulum 2006

Sampai saat ini masih banyak teman guru yang mengalami kesulitan dalam menemukan, maupun membuat administrasi Pembelajaran Bahasa Jawa. Hal itu disebabkan mata pelajaran Bahasa Jawa  atau dapat diterapkan menjadi mata pelajaran Muatan lokal untuk wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur (sebagian).
Administrasi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Kurikulum 2006
Administrasi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Kurikulum 2006
Namun seiring perjalanan waktu Mata pelajaran Bahasa Jawa telah dimasukkan pada Kurikuklum 2013, meskipun tetap pada koridor mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok). Dan secara garis besar bahwa mata pelajaran Muatan Lokal dgolongkan menjadi 3; yaitu (1) Muatan Lokal 1 yaitu muatan lokal Provinsi, (2) Muatan Lokal 2 yaitu muatan Lokal Pilihan di masing-masing Kabupaten, serta (3) Muatan Lokal 3 yaitu Muatan Lokal pilihan masing-masing Kecamatan atau sering disebut Muatan Lokal Pilihan masing-masing sekolah.
Baca juga: Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006
Berikut adalah Administrasi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Kurikulum 2006 yang terdiri dari:
Silabus Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 1 sampai Kelas 6.
Silabus Bahasa Jawa Kelas 6.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 5.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 4.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 3.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 2.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 1.rar
Program Semester Bahasa Jawa Kelas 2 sampai Kelas 5.
Program Semester Bahasa jawa Kelas 5.rar
Program Semester Bahasa jawa Kelas 4.rar
Program Semester Bahasa jawa Kelas 3.rar
Program Semester Bahasa jawa Kelas 2.rar
RPP Bahasa Jawa Kelas 4 sampai Kelas 6.
RPP Bahasa Jawa Kelas 6.rar
RPP Bahasa Jawa Kelas 5.rar
RPP Bahasa Jawa Kelas 4.rar

Harapan kami sebagai admin materi Administrasi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Kurikulum 2006 ini bermanfaat.

Download Juknis BOS Tahun 2018 Terbaru

Juknis BOS Tahun 2018 Terbaru

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nomor 18 tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah. Dana BOS dialokasikan untuk penyelenggaraan pendidikan pada: 
a. SD; 
b. SMP; 
c. SMA ; 
d. SMK; dan 
e. SDLB/SMPLB/SMALB/SLB.

Tujuan BOS pada SD/SDLB/SMP/SMPLB:

  1. membantu penyediaan pendanaan biaya operasi non personil sekolah, akan tetapi masih ada beberapa pembiayaan personil yang masih dapat dibayarkan dari dana BOS; 
  2. membebaskan pungutan biaya operasi sekolah bagi peserta didik SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat atau pemerintah daerah; 
  3. meringankan beban biaya operasi sekolah bagi peserta didik SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh masyarakat; dan/atau 
  4. membebaskan pungutan peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu pada SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh masyarakat. 

Tujuan BOS pada SMA/SMALB/SMK:

  1. membantu penyediaan pendanaan biaya operasi non personil sekolah, akan tetapi masih ada beberapa pembiayaan personil yang masih dapat dibayarkan dari dana BOS; 
  2. meningkatkan angka partisipasi kasar; 
  3. mengurangi angka putus sekolah; 
  4. mewujudkan keberpihakan Pemerintah Pusat (affimative action) bagi peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu dengan membebaskan (fee waive) dan/atau membantu (discount fee) tagihan biaya sekolah dan biaya lainnya di SMA/SMALB/SMK sekolah; 
  5. memberikan kesempatan yang setara (equal opportunity) bagi peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu; dan/atau 
  6. meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah. 

Juknis BOS Tahun 2018 Terbaru
Download Juknis BOS Tahun 2018 Terbaru
BOS yang diterima oleh SD/SDLB/SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK, dan SLB dihitung berdasarkan jumlah peserta didik pada sekolah yang bersangkutan, dengan besar satuan biaya sebagai berikut: 
  1. SD sebesar Rp800.000,00 (delapan ratus ribu rupiah) per 1 (satu) peserta didik per 1 (satu) tahun; 
  2. SMP sebesar Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah) per 1 (satu) peserta didik per 1 (satu) tahun; 
  3. SMA dan SMK sebesar Rp1.400.000,00 (satu juta empat ratus ribu rupiah) per 1 (satu) peserta didik per 1 (satu) tahun; 
  4. SDLB/SMPLB/SMALB/SLB sebesar Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah) per 1 (satu peserta didik per 1 (satu) tahun. 

Lebih lanjut dapat didownload dan sekaligus dapat dipergunakan sebagai bahan pembelajaran dalam menggunakan dana BOS.


Demikian ulasan singkat tentang juknis BOS tahun 2018 terbaru semoga bermanfaat.

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester 1 dan 2

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester 1 dan 2

Pengertian Silabus


Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester 1 dan 2
Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester 1 dan 2


Pengembang Silabus

Pengembangan silabus  dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan.
  1. Disusun secara mandiri oleh guru apabila guru yang bersangkutan mampu mengenali karakteristik siswa, kondisi sekolah dan lingkungannya.
  2. Apabila guru mata pelajaran karena sesuatu hal belum dapat melaksanakan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah dapat mengusahakan untuk membentuk kelompok guru mata pelajaran untuk mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah tersebut.
  3. Di SD/MI semua guru kelas, dari kelas I sampai dengan kelas VI, menyusun silabus secara bersama. Di SMP/MTs untuk mata pelajaran IPA dan IPS terpadu disusun secara bersama oleh guru yang terkait.
  4. Sekolah yang belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah-sekolah lain melalui forum MGMP/PKG untuk bersama-sama mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah dalam lingkup MGMP/PKG setempat.
  5. Dinas Pendidikan setempat dapat memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Langkah-langkah Pengembangan Silabus

1. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran sebagaimana tercantum pada Standar Isi, dengan memperhatikan hal-hal berikut:
  1. urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI;
  2. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
  3. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.

2. Mengidentifikasi Materi Pembelajaran
Baca juga: Program Semester (Promes) Kelas 4 KTSP
Mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar dengan mempertimbangkan:
  1. potensi peserta didik;
  2. relevansi dengan karakteristik daerah,
  3. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik;
  4. kebermanfaatan bagi peserta didik;
  5. struktur keilmuan;
  6. aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
  7. relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan
  8. alokasi waktu.

Download free === [ Silabus KTSP Kelas 4 Seemster 1.doc ]
Download free === [ Silabus KTSP Kelas 4 Seemster 2.doc ]
Semoga materi Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II ini bermanfaat.

43 Model Pembelajaran Lengkap Dengan Langkah-Langkah


Dalam model pembelajaran terdapat  strategi  pencapaian kompetensi  peserta didik dengan pendekatan,  metode, dan teknik pembelajaran

Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif , menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan

Download 100 Game Pembelajaran Ice Breaker Lengkap dan Gratis


Download 100 Game Pembelajaran Ice Breaker Lengkap dan Gratis - Ice Breaker merupakan suatu permainan kelas yang biasanya di jadikan salah satu permainan untuk menghilangkan rasa jenuh atau bosan saat belajar . Ice breaker juga bisa dijadikan salah satu Alternatif atau trik ampuh untuk membangunkan semangat belajar dengan metode mengajak bermain dengan melibatkan siswa dalam kelas, membuat suatu

Aplikasi Daftar Urutan Kepegawaian Dilengkapi Data Siswa

Daftar Keadaan Siswa dan Guru merupakan salah satu data penting yang harus dimiliki dan didokeumentasikan oleh sebuah Sekolah. Data Keadaan Siswa didalamnya mencakup informasi dasar siswa meliputi identitas, kelas, tahun ajar, beserta dengan usia siswa. Sedangkan data Keadaan Guru didalamnya meliputi Identitas Guru, Ijazah dan pendidikan terakhir, awal pengangkatan menjadi PNS, awal mengajar, dan

RPP Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru


RPP Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Bapak dan ibu sebagai bahan kelengkapan proses belajar mengajar serta kelengkapan administrasi pembelajaran di kesempatan kali ini kami bagikan materi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) khusus Mata pelajaran matematika kelas 4 bagi sekolah yang menggunakan kurikulum 2013.
RPP Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru
RPP Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Berikut link download pilihannya:
Semoga materi yang kami bagikan ini bermanfaat.

Buku Guru dan Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Buku Guru dan Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Bapak dan ibu guru yang mengajar di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk kali ini kami membagikan materi link download buku guru dan siswa kelas VII Kurikulum 2013 revisi 2017.

Buku Guru dan Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Buku Guru dan Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Berikut ini link download Buku Guru dan Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang dapat dipergunakan sebagai pegangan guru dan siswa.
Buku Pegangan Guru Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai berikut:
Buku Guru Kelas VII Bahasa Indonesia Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII Bahasa Inggris Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII IPA Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII IPS Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII Matematika Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII PA Budha Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII PA Hindu Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII PA Islam Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII PA Khonghucu Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII PA Kristen Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII PJOK Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII PPKn Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII Prakarya Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII Seni Budaya Revisi 2017.pdf
Buku Pegangan Siswa Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai berikut:
Buku Siswa Kelas VII Bahasa Indonesia Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII Bahasa Inggris Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII IPA Semester 1 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII IPS Revisi 2016.pdf
Buku Siswa Kelas VII IPA Semester 2 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII Matematika Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII PA Islam Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII PJOK Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII PPKn Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII Prakarya Smt 1 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII Prakarya Smt 2 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII Seni Budaya Revisi 2017.pdf

Semoga materi Buku Guru dan Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi dapat digunakan sebelum buku yang telah dipesan dengan dana BOS Triwulan II belum dikirim ke masingg-masing sekolah.

Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006

Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006

Fungsi penilaian hasil belajar sebagai berikut.
  1. Bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  2. Umpan balik dalam perbaikan proses belajar mengajar.
  3. Meningkatkan motivasi belajar siswa.
  4. Evaluasi diri terhadap kinerja siswa.

Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006
Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006

Dari beberapa faktor dan fungsi penilaian dapat kita uraikan kurang lebih sebagai berikut:

1. Ulangan Harian


Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik untuk menilai/mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih. Ulangan Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Bentuk Ulangan harian selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk. Dengan bentuk soal sebagai berikut:


2.Ulangan Tengah Semester

Ulangan tengah semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8–9 minggu kegiatan pembelajaran.Cakupan ulangan tengah semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut. Bentuk Ulangan Tengah Semester selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk.
Baca juga: Revisi Buku Pedoman Penilaian PPK dan TOT Kurikulum 2013
Bentuk Soal UTS kelas 6 SD Kurikulum 2006.


Kegiatan berikutnya adalah ulangan Akhir Semester atau ulangan Kenaikan Kelas; artinya ulangan Akhir Semester bagi siswa kelas 6 untuk mengakhiri pembelajaran di kelas 6, sedangkan Ulangan kenaikan Kelas berfungsi sebagai penilaian siswa kelas 5 ke bawah untuk kenaikan kelas. Dan berikut ulasannya.

3. Ulangan Akhir Semester

Ulangan akhir semester  adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester satu. Cakupan ulangan  akhir semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester satu. Ulangan akhir semester dapat berbentuk tes tertulis,  lisan, praktik/perbuatan pengamatan,  tugas, produk.

4. Ulangan Kenaikan Kelas

Ulangan kenaikan kelas  adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan ulangan kenaikan kelas meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester tersebut. Ulangan kenaikan kelas dapat berbentuk tes tertulis,  lisan, praktik/perbuatan, pengamatan, tugas dan produk.


Demikian semoga materi Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006 dapat dimanfaatkan bapak dan ibu guru semuanya. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan.