KI dan KD Kurikulum 2013 SMP/MTs Kelas VII VIII dan IX Berdasarkan Permendikbud No. 24 Tahun 2016

Bapak/Ibu guru jenjang SMP/MTs yang berbahagia pada kesempatan yang ke sekian kalinya kami masih dapat berbagi informasi pembaharuan pendidikan kita, sehingga di kesempatan ini telah kami bagikan materi KI dan KD Kurikulum 2013 SMP/MTs Kelas VII, VIII dan IX.

Berdasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bahwasannya Kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah mencakup Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK).


Pelaksanaan pembelajaran pada Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) dilakukan dengan pendekatan pembelajaran sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri.

Kompetensi Inti pada Kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas. Kompetensi dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti.


Berikut Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) Kurikulum 2013 SMP/MTs Mata Pelajaran IPA Kelas VII-VIII-IX:

Bagi bapak/ibu guru yang mengajar Mata Pelajaran IPA Kelas VII Berikut materi yang dapat di download:


Pilihan yang sangat tepat bagi guru kelas VIII seperti berikut ini:


Bagi guru kelas IX untuk sementara tetap tersedia materi dibawah ini:


Besar harapan kami sebagai admin blog ini dengan adanya materi KI dan KD Kurikulum 2013 SMP/MTs Kelas VII, VIII dan IX sangatlah membantu pekerjaan bapak/ibu semuanya, dan mohon maaf atas kekurangan kami yang masih taraf belajar untuk berbagi ini.

RPP, Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Kelas I-VI SD/MI Edisi Revisi Terbaru

RPP, Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Kelas I-VI SD/MI

Berikut ini kami bagikan materi Kurikulum 2014 Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas I sampai dengan Kelas VI dengan berbagai kemudahan,karena file yang kami bagikan dengan format office words yang sangat mudah untuk diedit .



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI Semester I berikut ini:
RPP PAI BP KLS II 1 [SMT 1].docx 
RPP PAI BP KLS II 2 [SMT 1].docx 
RPP PAI BP KLS II 3 [SMT 1].docx
RPP PAI BP KLS II 4 [SMT 1].docx 
RPP PAI BP KLS II 5 [SMT 1].docx 
RPP PAI BP KLS II 6 [SMT 1].docx 
RPP PAI BP KLS II 7 [SMT 1].docx 
RPP PAI BP KLS II 8 [SMT 1].docx 
RPP PAI BP KLS II 9 [SMT 1].docx 
RPP PAI BP KLS II 10 [SMT 1].docx 
RPP PAI BP KLS II 11 [SMT 1].docx 
RPP PAI BP KLS II 12 [SMT 1].docx 
RPP PAI BP KLS II 13 [SMT 1].docx 
RPP PAI BP KLS II 14 [SMT 1].docx 
RPP PAI BP KLS II 15 [SMT 1].docx 
RPP PAI BP KLS II 16 [SMT 1].docx 

RPP Semester II dengan pilihan lengkapnya sebagai berikut:
[SMT 2] RPP PAI BP KLS II SMT II 1.docx 
[SMT 2] RPP PAI BP KLS II SMT II 2.docx 
[SMT 2] RPP PAI BP KLS II SMT II 3.docx 
[SMT 2] RPP PAI BP KLS II SMT II 4.docx 
[SMT 2] RPP PAI BP KLS II SMT II 5.docx 
[SMT 2] RPP PAI BP KLS II SMT II 6.docx 
[SMT 2] RPP PAI BP KLS II SMT II 7.docx 
[SMT 2] RPP PAI BP KLS II SMT II 8.docx 
[SMT 2] RPP PAI BP KLS II SMT II 9.docx 
[SMT 2] RPP PAI BP KLS II SMT II 10.docx 
[SMT 2] RPP PAI BP KLS II SMT II 11.docx 
[SMT 2] RPP PAI BP KLS II SMT II 12.docx

Silabus Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas I-VI SD/MI:
Silabus PAI SD Kls I_Mega Anggrek 4-6 Juli 2013.docx 
Silabus PAI SD Kls II_Mega Anggrek 4-6 Juli 2013.docx 
Silabus PAI SD Kls III_Mega Anggrek 4-6 Juli 2013.docx 
Silabus PAI SD Kls IV_Mega Anggrek 4-6 Juli 2013.docx 
Silabus PAI SD Kls V_Mega Anggrek 4-6 Juli 2013.docx 
Silabus PAI SD Kls VI_Mega Anggrek 4-6 Juli 2013.docx

Semoga materi RPP, Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Kelas I-VI SD/MI dapat bermanfaat

RPP Khusus Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI - Revisi Terbaru


RPP Khusus Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI - Berikut ini kami bagikan yang secara pembuatannya disusun secara terpisah dengan unsur-unsur tematik kelas 4 yaitu di pergunakan pada semester 2. Untuk lebih jelasnya silahkan download dengan pilihan file berikut ini:

Semoga dengan adanya waktu untuk berbagi tentang RPP Khusus Matematika Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI ini dapat menambah pengayaan sekligus menambah dokumen administrasi pembelajaran bapak/ibu semuanya

Buku Guru-Buku Siswa Kelas 5 Semester I Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Buku Guru dan Siswa Kelas 5 Semester 1 SD/MI

Bagi sekolah tahun pelajaran 2017/2018 ini telah menyelenggarakan Kurikulum 2013 yang barang tentu telah dilaksanakan bagi siswa kelas 1, 2, 4, dan 5. Sebagaimana buku tematik kurikulum 2013 kelas 5 (lima) semester ganjil kemarin pengiriman buku mengalami banyak kendala terutama dalam pengirimannya, sehingga dengan berbagai daya dan upaya kami dan kami sajikan dalam blog kami ini akhirnya pada semester ganjil ini telah kami persiapkan file downloadnya.
Buku Guru-Buku Siswa Kelas 5 Semester I Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Buku Guru-Buku Siswa Kelas 5 Semester I Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Untuk membantu para rekan guru, siswa, dan orang tua siswa dalam mendapatkan soft copy buku Kurikulum 2013 tersebut, kami memberikan kemudahan link download untuk mendapatkan file Download Buku Guru dan Siswa Kelas 5 Semester 1 SD/MI.

Download Buku Guru dan Siswa Kelas 5 Semester 1 SD/MI dapat didownload melalui link di bawah ini.
Download Buku Guru Kelas 5 Kurikulum 2013:
Buku Guru Kelas V Tema 5 Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas V Tema 4 Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas V Tema 2 Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas V Tema 3 Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas V Tema 1 Revisi 2017.pdf
Download Buku Siswa Kelas 5 Kyurikulum 2013:
Buku Siswa Kelas V Tema 5 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 4 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 3 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 2 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas V Tema 1 Revisi 2017.pdf
Demikian materi Buku Guru dan Siswa Kelas 5 Semester 1 SD/MI semoga bermanfaat.

Download Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 4, dan 5 SD Edisi Revisi

Download Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 4, dan 5 SD Edisi Revisi

Bapak dan Ibu guru di Satuan pendidikan dasar (SD) berikut ini kami bagikan link download materi daftar nilai kurikulum 2013 yang telah direvisi tahun 2017.
Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 4, dan 5 SD Edisi Revisi
Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 4, dan 5 SD Edisi Revisi
Sebagai kelengkapan materi dalam blog ini silahkan Download Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 4, dan 5 SD Edisi Revis sesuai dengan kebutuhan bapak dan ibu.

DAFTAR NILAI KELAS 1 SD KURIKULUM 2013:
Format Daftar Nilai B Indonesia 1 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai Matematika 1 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai SBdP 1 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai PPKn 1 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai PJOK 1 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai PAI-BP 1 Revisi 2017.xlsx
DAFTAR NILAI KELAS 2 SD KURIKULUM 2013:
Format Daftar Nilai PJOK 2 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai SBdP 2 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai PPKn 2 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai PAI-BP 2 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai Matematika 2 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai B Indonesia 2 Revisi 2017.xlsx
DAFTAR NILAI KELAS 4 SD KURIKULUM 2013:
Format Daftar Nilai PJOK 4 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai PAI-BP 4 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai SBdP 4 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai PPKn 4 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai B Indonesia 4 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai IPS 4 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai IPA 4 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai Matematika 4 Revisi 2017.xlsx
DAFTAR NILAI KELAS 5 SD KURIKULUM 2013:
Format Daftar Nilai PPKn 5 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai SBdP 5 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai PAI-BP 5 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai PJOK 5 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai Mulok 5 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai IPS 5 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai Matematika 5 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai B Indonesia 5 Revisi 2017.xlsx
Format Daftar Nilai IPA 5 Revisi 2017.xlsx
Semoga Daftar Nilai Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 4, dan 5 SD Edisi Revis yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat.







Panduan Penulisan Soal Jenjang SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK Edisi Terbaru

Panduan Penulisan Soal Jenjang SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK Edisi Terbaru

Dalam kaidahnya dalam menyusun soal pada jenjang SD, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK banyak terdapat kesamaan, namun perlu diperhatikan bahwa materi yang kami bagikan ini tidak serta merta hanya dipelajari oleh guru di masing-masing jenjang sekolah.
Panduan Penulisan Soal Jenjang SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK Edisi Terbaru
Panduan Penulisan Soal Jenjang SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK Edisi Terbaru

Diperlukan membaca artikel ini sampai dengan selesai apabila bermaksud memahami dengan benar bagaimana cara menyusun soal yang baik dan benar.
Begini penjelasan yang kami kutip dari salah satu Panduan Penulisan Soal Jenjang SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK Edisi Terbaru.

Bahwa ....

Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik merupakan salah satu kegiatan rutin dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil belajar dilakukan antara lain untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan peserta didik, memonitor perkembangan belajar peserta didik, menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai peserta didik dan menentukan efektivitas pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut dapat digunakan berbagai bentuk dan instrumen penilaian. Namun tes tertulis sampai saat ini masih merupakan instrumen yang dominan digunakan dalam menilai hasil belajar peserta didik.
Baca juga: Aplikasi cetak Raport SD
Tes tertulis secara umum dapat dibedakan menjadi tes dengan pilihan jawaban (non-constructed response test), peserta didik hanya memilih dari jawaban yang disediakan, dan tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test), peserta didik harus mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan jawaban sering dikritik karena dipandang tidak dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan jawaban dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, bila tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal.

Oleh karena penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang diberikan diharapkan dapat memberikan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut dapat digunakan untuk menilai hasil belajar peserta didik dan memberi informasi yang valid.

Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh karena itu bentuk penilaian lain seperti portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk penilaian tersebut tidak penting.

Yang sering dilakukan oleh guru saat ini saat menyusun soal tes prestasi belajar atau tes prestasi akademik memakai dalam tes bentuk soal Pilihan Ganda (PG) karena tes Pilihan Ganda dinilai sebagai sebuah tes objektif yang paling efisien dipakai dengan jumlah peserta didik yang besar. Oleh sebab itulah, tes menggunakan Pilihan Ganda paling banyak digunakan oleh guru bahkan sekolah sekalipun dalam proses evaluasi belajar, terutama ketika Ujian Semester. Bahkan dalam Ujian Nasional, soal yang digunakan juga Pilihan Ganda.

Untuk menjamin kualitas soal tes yang berkualitas dan terstandar dengan baik, pengembangan tes harus melalui beberapa tahap dalam melakukan penyusunan soal.

Adapun langkah-langkah dalam melakukan penyusunan tes/soal terstandar adalah sebagai berikut:

1. Penyusunan kisi-kisi

Kisi-kisi digunakan sebagai pedoman bagi penulis soal agar diperoleh soal yang sesuai dengan tujuan.

2. Penulisan soal

Soal ditulis oleh beberapa penulis soal berdasarkan kisi-kisi. Soal-soal yang dihasilkan merupakan soal-soal mentah.

3. Review dan Revisi (Telaah dan Perbaikan)

Review adalah menelaah soal mentah secara kualitatif berdasarkan kaidah penulisan soal oleh penelaah soal. Hasil review soal diklasifikasikan menjadi soal baik, soal kurang baik, dan soal ditolak. Soal baik langsung diterima, soal kurang baik perlu diperbaiki sehingga diperoleh soal yang baik, dan soal yang ditolak dikembalikan ke penulis.

4. Perakitan soal

Soal-soal baik selanjutnya dirakit menjadi beberapa paket soal untuk diujicobakan. Pada saat perakitan, dimasukkan beberapa soal yang berfungsi sebagai soal linking antarpaket. Soal-soal linking tersebut diambil dari bank soal yang telah memiliki karakteristik soal.

5. Ujicoba soal

Paket-paket soal diujicobakan kepada peserta didik yang sedang menempuh jenjang pendidikan yang sesuai dengan jenjang pendidikan pada tes tersebut. Misalnya, soal-soal Bahasa Indonesia kelas VIII diujikan kepada peserta didik kelas VIII di akhir tahun pelajaran atau kepada peserta didik kelas IX di awal tahun pelajaran. Peserta didik dalam menjawab soal-soal tes tersebut harus serius seolah-olah ujian yang sebenarnya walaupun pada ujicoba ini yang akan dilihat adalah kualitas soalnya bukan kompetensi peserta didik. Ujicoba soal digunakan untuk mengumpulkan data empirik tentang soal berupa jawaban-jawaban peserta didik terhadap soal.

6. Analisis kuantitatif

Data empirik dari hasil ujicoba dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan program analisis, baik klasik maupun modern. Program analisis secara klasik menggunakan iteman. Hasil iteman meliputi daya beda, tingkat kesukaran, penyebaran option, dan cek kunci. Selanjutnya, soal-soal tersebut dianalisis menggunakan teori tes modern (Item Response Theory). Program yang dapat digunakan antara lain Bigsteps, Winsteps, Quest, Conquestuest, RUMM. Dengan menggunakan analisis teori tes modern dapat diperoleh informasi kesesuaian soal dengan model (fit terhadap model), disamping tingkat kesukaran soal.

7. Seleksi soal

Berdasarkan hasil analisis soal, soal-soal dikelompokkan menjadi soal baik, soal perlu revisi, dan soal ditolak. Berdasarkan teori tes klasik soal-soal baik adalah soal yang memiliki daya beda tinggi, ditunjukkan dengan korelasi point biserial di atas 0,2 dan semua distraktor berfungsi. Berdasarkan teori tes modern, soal yang baik adalah soal yang sesuai (fit) dengan model, ditunjukan oleh statistik fit, seperti infit atau outfit. Soal-soal baik dimasukkan ke dalam bank soal. Soal dengan daya beda rendah dan terdapat distraktor yang tidak berfungsi perlu direvisi. Soal yang tidak mempunyai daya beda dan sebagian distraktor tidak berfungsi ditolak.

Untuk mendapatkan materi Panduan Penulisan Soal Jenjang SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK Edisi Terbaru silahkan download di bawah ini.

  1. Buku Pedoman Penulisan Soal SD.docx
  2. Buku Pedoman Penulisan Soal SD.pdf
  3. Buku Pedoman Penulisan Soal SMP, MTs.docx
  4. Buku Pedoman Penulisan Soal SMP, MTs.pdf
  5. Pedoman Penulisan Soal SMA MA SMK MAK.doc
  6. Pedoman Penulisan Soal SMA MA SMK MAK.pdf

Demikian ulasan singkat materi semoga Panduan Penulisan Soal Jenjang SD, SMP, MTs, SMA, dan SMK Edisi Terbaru bermanfaat.

Daftar Nilai Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Daftar Nilai Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Daftar Nilai Siswa merupakan hasil nilai yang diperoleh peserta didik setelah mengikuti serangkaian pelaksanaan pembelajaran di kelas yang disampaikan oleh guru. Pada saat akhir di setiap pertemuan guru melaksanakan penilaian dan dilanjutkan pada akhir sebuah tema dalam kurikulum 2013 khususnya kelas 1 SD.
Daftar Nilai Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru
Daftar Nilai Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Yang dimaksudkan daftar nilai di sini adalah Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), maupun Penilaian Akhir Semester (PAS) dengan pendekatan tematik. Format daftar nilai Kelas 1 Semester 2 ini terbagi manjadi 11 sheet, serta di masing-masing sheet telah kami kondisikan dengan menggunakan format excel guna mempermudah penggunaan dalam menggunakan daftar nilai ini.
Baca juga: Aplikasi Cetak laporan pendidikan Kurikulum 2013 Kelas 1-2-4-5
Penjelasan Daftar Nilai Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru:
Sheet Nilai Pengetahuan yang terdiri dari:
  1. Penilaian Pengetahuan Tema 5
  2. Penilaian Pengetahuan Tema 6
  3. Penilaian Pengetahuan Tema 7
  4. Penilaian Pengetahuan Tema 8
  5. Penilaian Ketrampilan Tema 5 
  6. Penilaian Ketrampilan Tema 6
  7. Penilaian Ketrampilan Tema 7
  8. Penilaian Ketrampilan Tema 8
  9. Penilaian Tengan Semester (PTS)
  10. Penilaian Akhir Semester (PAS)
  11. Penilaian Portofolio

Daftar Nilai Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013.xlsx
Materi format Daftar Nilai Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru ini kami berharap dapat disempurnakan kembali. Mohon maaf atas segala kekurangan kami semoga materi ini dapat membantu kelancaran pelaksanaan penilaian di masing-masing sekolah yang telah menggunakan Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

(7) Dokumen Panduan Akreditasic jenjang PAUD, TK, RA, TPA Tahun 2018

(7) Dokumen Panduan Akreditasi jenjang PAUD, TK, RA, TPA Tahun 2018

(7) Dokumen Panduan Akreditasi jenjang PAUD, TK, RA, TPA Tahun 2018 - Sebagai awal persiapan pelaksanaan Akreditasi Sekolah, maka diperlukan sebuah perangkat pula dengan tujuan segala kebutuhan pendataan, serta pengisian berbagai instrumen akreditasi akan segera dapat dipelajari dan dipersiapkan oleh masing-masing sekolah.
7 Dokumen Panduan Akreditasi jenjang PAUD, TK, RA, TPA Tahun 2018
Dengan demikian apabila pada saatnya telah dilaksanakan akreditasi sekolah, maka segala instrumen telah lengkap, serta berbagai data pendukung lainnya. Silahkan pilih menu download di bawah ini untuk mempermudah kelengkapan akreditasi jenjang PAUD, TK, RA, dan TPA pada pelaksanaan akreditasi tahun 2018 ini.
Baca Juga: Perangkat Akrditasi SD, SMP, MTs, SMA, SMK TAHUN 2018
Silahkan klik link simpanan file kami yang telah kami simpan pada google drive gunak kemudahan dalam memperolehnya.


Harapan kami sebagai admin pada blog ini dengan kami bagikan link download (7) Dokumen Panduan Akreditasi jenjang PAUD, TK, RA, TPA Tahun 2018 akan bermanfaat bagi pelaksanan pendidikan di sekolah yang bersangkutan, Mohoon maaf atas segala kekurangan, semoga bapak dan ibu sekalian akan tetap berkunjung pada blog kami ini untuk seterusnya menjadi pelanggan.



Kelengkapan Perangkat Akreditasi SD, SMP, MTs, SMA, SMK Tahun 2018

Kelengkapan Perangkat Akreditasi SD, SMP, MTs, SMA, SMK Tahun 2018

Kelengkapan Perangkat Akreditasi SD, SMP, MTs, SMA, SMK Tahun 2018 - Memasuki tahun 2018 BAN S/M kembali melaksanakan kegiatan akreditasi bagi sekolah/madrasah yang belum pernah akreditasi, maupun sekolah/madrasah yang harus diakreditasi ulang, karena masa berlakunya sertifikat akreditasi hanya dapat diberlakukan selama 5 tahun.
Kelengkapan Perangkat Akreditasi SD, SMP, MTs, SMA, SMK Tahun 2018
Kelengkapan Perangkat Akreditasi SD, SMP, MTs, SMA, SMK Tahun 2018
Salah satu kunci keberhasilan akreditasi adalah perencanaan yang baik di sekolah dalam menghadapi akreditasi. Pembentukan panitia akreditasi tingkat sekolah/madrasah merupakan salah satu kunci kesuksesan, kelancaran kepanitiaan yang dibentuk oleh kepala sekolah/madrasah guna mempersiapkan segala hal dalam menghadapi akreditasi yang mencakup 8 Standar Nasional Pendidikan.

Sebagai bahan untuk mempersiapkan diri, sekolah diperlukan mempelajari instrumen-instrumen akreditasi serta mempersiapkan pengisian Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi Sekolah/Madrasah tersebbut.

Untuk membantu sekolah mempelajari instrumen dan mempersiapkan data-data pendukung akreditasi, berikut telah kami bagikan instrumen dan format yang semoga bisa membantu sekolah/madrasah menghadapi akreditasi. Untuk mendownloadnya dokumen-dokumen tersebut silahkan klik tautan dibawah ini :


Demikian ulasan singkat tenttang Kelengkapan Perangkat Akreditasi SD, SMP, MTs, SMA, SMK Tahun 2018 semoga dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masing-masing sekolah.





Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG

Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG 

Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG - Portofolio, PLPG merupakan salah satu cara atau langkah untuk seorang guru memperoleh tunjangan sertifikasi, namun dengan catatan guru tersebut telah memiliki jenjang ijazah S-1.


Langkah berikutnya adalah guru mendaftarkan melalui SIM PKB yang terlebih dahulu mengikuti PKG online dengan nilai yang telah ditentukan pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.


Menyikapi materi saat ini telah kami bagikan link download yang dapat dipergunakan untuk menuju kesuksesan pelaksaan PLPG bapak dan ibu semuanya.


Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG
Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG 
Berikut Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG 


Semoga Kelengkapan Pendataan Sertifikasi Guru Melalui PLPG  bermanfaat