Surat Edaran Dirjen Dikdasmen No 21/D/PO/2018 Tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2018/2019


Dalam
rangka pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah tahun
2018, dan peningkatan kuantitas serta kualitas data pendidikan, Direktur
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengeluarkan Surat Edaran
Dirjen Dikdasmen No 21/D/PO/2018 Tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun
Ajaran 2018/2019.







Melalui
surat tersebut Dirjen Dikdasmen menyampaikan dengan hormat kepada

Berita Acara Pengembangan Kurikulum KTSP dan KK 2013


Pengembangan Kurikulum KTSP dan KK 2013 merupakan
salah satu dokumen yang dibuat setelah dilaksanakannya kegiatan
pengembangan kurikulum atau KTSP dan KK 2013 yang dilaksanakan oleh Tim
Pengembang Kurikulum yang telah dibentuk dan ditetapkan oleh Kepala
Sekolah yang ditetapkan dalam SK Kepala Sekolah menganai Tim Pengembang
Kurikulum.

 

Pengembangan Kurikulum KTSP dan KK 2013







Silabus Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Halo Bapak dan Ibu guru, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Silabus Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk beberapa chapter.

Melalui artikel ini Bapak dan Ibu guru bisa mengunduh semuanya secara gratis, kami juga telah menyusunnya dengan sedemikian rupa agar bisa di download dengan mudah.

Seperti yang telah kita ketahui, silabus merupakan salah satu berkas

RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3

RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3

RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema3 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Rujukan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3
Pada dasarnya setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan sebelum atau pada awal semester atau juga dapat disusun pada awal tahun pelajaran dimulai, namun yang paling perlu diperbaharui sebelum pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepalasekolah/ madrasah.

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.

Prinsip Penyusunan RPP

Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Komponen RPP

Sesuai dengan pedoman pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah:

  1. identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
  2. identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
  3. kelas/semester,
  4. materi pokok,
  5. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai,
  6. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
  7. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi,
  8. materi pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
  9. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai,
  10. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran,
  11. sumber belajar, dapat berupa: buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan,
  12. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup, dan
  13. penilaian hasil pembelajaran

Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, yang disusun oleh guru harus muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramu sebuah RPP dengan baik.

Kurikulum 2013 direvisi mengacu pada unsur keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.

Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar.

Link terkait lainnya:
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 1
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2
Sebagai gambaran nyata dan lebih jelas dan bermakna silahkan download materi RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3 pada menu link download di bawah ini.

RPP kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 sampai 6:

  1. 4.3.1.1. Hewan dan Tumbuhan di.doc
  2. 4.3.1.2. Hewan dan Tumbuhan di.doc
  3. 4.3.1.3. Hewan dan Tumbuhan di.doc
  4. 4.3.1.4. Hewan dan Tumbuhan di.doc
  5. 4.3.1.5. Hewan dan Tumbuhan di.doc
  6. 4.3.1.6. Hewan dan Tumbuhan di.doc

RPP kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 sampai 6:

  1. 4.3.2.1. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
  2. 4.3.2.2. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
  3. 4.3.2.3. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
  4. 4.3.2.4. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
  5. 4.3.2.5. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
  6. 4.3.2.6. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc

RPP kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1 sampai 6:

  1. 4.3.3.1. Ayo Cintai Lingkungan.doc
  2. 4.3.3.2. Ayo Cintai Lingkungan.doc
  3. 4.3.3.3. Ayo Cintai Lingkungan.doc
  4. 4.3.3.4. Ayo Cintai Lingkungan.doc
  5. 4.3.3.5. Ayo Cintai Lingkungan.doc
  6. 4.3.3.6. Ayo Cintai Lingkungan.doc

RPP kelas 4 Tema 3 Subtema 4 (literasi) Pembelajaran 1 sampai 6:

  1. Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 1.doc
  2. Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 2.doc
  3. Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 3.doc
  4. Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 4.doc
  5. Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 5.doc
  6. Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 6.doc

Demikian ulasan singkat materi RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3 dengan harapan dapat membantu bapak dan ibu serta pengunjung yang pada kesempatan kali ini tepat pada situs kami. Kurang dan lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2

RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2

RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. 
Perbaikan atau revisinya dalah :

  1. Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  2. Mengintegrasikan literasi; 
  3. Mengintegrasikan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 
  4. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill. 
Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang.
Pengintegrasian dapat berupa :
a. pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
b. pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
c. pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;

Perdalaman dan perluasan dapat berupa:

  1. Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
  2. Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
  3. Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis.

Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.

Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2



Demikian semoga materi RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2 bermanfaat, mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam membagikan materi ini.

Jangan dilupakan link download penting lainnya:
RPP Akhidah Akhlak Kelas 1 sampai kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2
Terima kasih atas segala kunjungannya kami sebagai admin selalu siap siaga untuk menunggu kunjungan anda berikutnya.

RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 1

RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 1

RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema1 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. 
Perbaikan atau revisinya adalah :

  1. Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  2. Mengintegrasikan literasi; 
  3. Mengintegrasikan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 
  4. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill. 
Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang.
Pengintegrasian dapat berupa :

  • pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  • pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  • pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
Perdalaman dan perluasan dapat berupa:

  1. penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
  2. penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
  3. penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Baca juga: Kisi-Kisi dan Soal penilaian Harian Kelas 1 K-2013
Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.

RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 1



Demikian ulasan singkat materi RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 1 semoga akan membawa manfaat bagi yang menggunakan, dan bermanfaat pula bagi diri kami pribadi. Kurang dan lebbihnya mohon maaf.

Kalender Pendidikan 2018/2019 : Kalimantan Timur

Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019 untuk Provinsi Kalimantan Timur akhirnya telah diterbitkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur di Jalan Basuki Rahmat Samarinda.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, setiap pergantian tahun pelajaran kalender yang digunakan oleh satuan pendidikan juga mengalami pergantian.

Melalui kalender yang dikeluarkan

RPP SMP Mapel Prakarya K13 Edisi Revisi 2017


Permedikbud
Tahun 2016 Nomor 22 adapun dalam RPP Prakarya SMP Kurikulum 2013 telah
mencakup Prinsip-Prinsip Penyusunan RPP, Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran Kurikulum 2013 edisi Revisi, indentitas sekolah, identitas
mata pelajaran, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, indikator
pencapaian kompetensi dan akan dipaparkan dalam RPP.




RPP SMP Mapel Prakarya K13 Edisi Revisi 2017




Aplikasi Penilaian 3 aspek Guru ( Kognifit, Afektif, Psikomotorik )


Sekolah yang Menerapkan Kurikulum 2013 sudah
tentu harus menilai semua kegiatan siswa maupun guru. Didalam penilaian
guru terdapat 3 aspek yang harus dinilai yaitu Kognitif, Afektif dan
Psikomotorik ) . Didalam penilaian ini yang bertugas adalah Kepala
Sekolah yang harus mengetahui 3 aspek tersebut, pada postingan ini admin
membagikan sebuah aplikasi yang di buat oleh bapak Sukani yang mana

Format Buku Induk Lengkap (Paud - SMA/SMK)


Buku
induk merupakan lembaran berupa data lengkapmulai dari siswa masuk
sampai dengan meninggalkan sekolah. Postingan kali ini membagikan Format
Buku Induk Lengkap mulai dari Paud Sampai SMA/SMK.









Format buku induk siswa yang dibagikan meliputi beberapa poin pengisian data yang terangkum diantaranya: 





keterangan lengkap tentang siswa dan orang tua/wali
perkembangan siswa selama