Kisi-Kisi Soal Penilaian Mapel PJOK SD/MI Semester Genap

Kisi-Kisi Soal Penilaian Mapel PJOK SD/MI Semester Genap

Kisi-Kisi Soal Penilaian Mapel PJOK SD/MI Semester Genap - Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks yang memuat informasi untuk dijadikan pedoman dalam menulis soal atau merakit soal menjadi tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. 
Dengan demikian dapat diperoleh berbagai macam kisi-kisi. Kisi-kisi tes yang dimaksudkan untuk menyusun soal diagnosis kesukaran belajar peserta didik berbeda dengan kisi-kisi tes yang dimaksudkan untuk menyusun soal prestasi belajar. Kisi-kisi yang dimaksudkan untuk menyusun tes penempatan juga berbeda dengan kisi-kisi yang dimaksudkan untuk menyusun tes kompetisi. 

Kisi-kisi yang dimaksudkan untuk menyusun tes ulangan umum juga beerbeda dengan kisi-kisi yang digunakan untuk menyusun tes ujian akhir nasional. Hal yang harus diperhatikan adalah tidak ada satupun kisi-kisi yang dapat digunakan untuk semua tujuan semua tes. (Surapranata, 2005 : 50)

Kegunaan dan Fungsi Kisi-Kisi

Kisi-kisi tes berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal dan perakitan tes. Dengan adanya panduan ini, penulis soal dapatmenghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes dan perakit tes dapat menyusun perangkat tes dengan mudah. Dengan demikian, jika tersedia sebuah kisi-kisi yang baik, maka penulis soal yang berbeda akan dapat menghasilkan perangkat soalyang relative sama, baik dari tingkat kedalaman maupun cakupan materi yang ditanyakan.berikut perbandingan fungsi tes :
1. Fungsi untuk Kelas :

a. Mengadakan diagnosis terhadap kesulitan belajar siswa
b. Mengevaluasi celah antra bakat dengan pencapaian.
c. Menaikkan tingkat prestasi.
d. Mengelompokan siswa di kelas pada waktu metode kelompok.
e. Merencanakan kegiatan proses belajar mengajar untuk siswa siswa
f. secra perseorngan.
g. Menentukan siswa mana yang memerlukan bimbingan khusus.
h. Menentukan tingkat pencapaian untuk setiap anak.

2. Fungsi untuk Bimbingan :

a. Menentukan arah pembicaraan dengan orang tua tentang anak-anak mereka.
b. Membantu siswa dalam menentukan plihan.
c. Membantu siswa mencapai tujuan pendidikan dan jurusan.
d. Memberi kesempatan kepada pembingbin, guru, dan orang tua dalam memahami kesulitan anak.

3. Fungsi untuk Administrasi

a. Memberi petunjuk dalam mengelompokkan siswa.
b. Penempatan siswa baru
c. membantu siswa memilih kelompok.
d. Menilai kurkulum.
e. Memperluas hubungan masyarakat (public relation).
f. Menyediakan informasi untuk badan-badan lain diluar sekolah.

Syarat Kisi-Kisi yang Baik

Dengan adanya berbagai variasi kisi-kisi yang disajikan, dapat disimpulkan bahwa kisi-kisi harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:
  1. Mewakili isu kurikulum yang akan diujikan.
  2. Komponen-komponennya rinci, jelas, mudah dan mudah dipahami.
  3. Soal-soalnya harus dapat dibuat sesuai dengan indicator dan bentuk soal yang ditetapkan.

Komponen Kisi-Kisi

Komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi sangat ditentukan oleh tujuan tes yang hendak disusun. Komponen-komponen ini dapat dihimpun menjadi dua kelompok, yaitu kelompok identitas dan kelompok matriks. Kelompok identitas dicantumkan dibagian atas matriks, sedangkan kelompok matriks dicantumkan dalam kolom-kolom yang sesuai dengan tujuan tes. Komponen-komponen yang biasa digunakan dalam penyusunan kisi-kisi tes prestasi belajar adalah sebagai berikut:
  1. Jenis sekolah/jenjang sekolah.
  2. Mata pelajaran.
  3. Tahun ajaran.
  4. Kurikulum yang diacu.
  5. Alokasi waktu.
  6. Jumlah soal.
  7. Bentuk Soal.
  8. Standar kompetensi.
  9. Kompetensi dasar.
  10. Indikator.
  11. Bahan kelas.
  12. Jumlah soal.
  13. Nomor urut soal.
  14. Bentuk soal.

Idealnya semua kompetensi dasar dan indicator yang ada dalam kurikulum, yang tentunya telah dilakukan proses pembelajaran, diujikan di kelas. Namun demikian, dari berbagai komponen tersebut di atas, khusus untuk tes ulangan umum, tes kenaikan kelas, ujian sekolah dasar, ataupun ujian akhir nasional komponen kompetensi dasar dan indikator merupakan salah satu komponen yang perlu dipilih secara mendalam. Hal ini dikarenakan menyangkut pemilihan yang akan diujikan. Pemilihan ini dilakukan karena didalam suatu tes, tidak mungkin semua kompetensi dasar dan indikato yang terdapat dalam kurikulum dapat diujikan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, perlu dipilih kompetensi dasar dan indicator yang penting-penting saja. Pemilihan kompetensi dasar ini dilakukan dengan memperhatikan kriteria seperti di bawah ini.

Urgensi, yaitu kompetensi dasar atau indicator yang secara teoritis, mutlak harus dikuasai oleh peserta didik.

Kontinuitas, yaitu kompetensi dasar atau indicator lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih kompetensi dasar atau indikator yang sudah dipelajari sebelumnya, baik dalam jenjang yang sama maupun antar jenjang.

Relevansi, maksudnya kompetensi dasar atau indicator terpilih harus merupakan kompetensi dasar atau indicator yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami bidang studi lain.
Keterpakaian, kompetensi dasar dan indicator harus merupakan kompentasi dasar dan indicator yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk pemilihan kompetensi dasar dan indicator, selain perlu diperhatikan kriteria pemilihan di atas, perlu pula diperhatikan bahwa penguasaan materi kompetensi dasar dan indikator terpilih harus dapat diukur dengan menggunakan bentuk soal yang sudah ditetapkan. Misalnya kalau sudah ditetapkan untuk membuat tes pilihan ganda, maka penguasaan kompetensi dasar dan indicator yang dapat diukur dengan menggunakan pilihan ganda. Sebaliknya kalau sudah ditetapkan untuk membuat tes uraian, maka penguasaan kompetensi dasar atau indikator yang terpilih juga harus dapat diukur dengan menggunakan tes uraian.

Semua kompenen kisi-kisi yang disebutkan terdahulu adalah komponenkomponen yang diperlukan dalam pennyusunan kisi-kisi. Namun demikian, tidak ada tuntunan atau keharusan untuk menggunakan semua komponen tersebut. Penggunaan komponen tersebut disesuaikan dengan keperluan berdasarkan jenis dan tujuan tes yang akan disusun. Setelah ditentukan komponen-komponen yang perlu dimasukan ke dalam kisi-kisi, maka langkah selanjutnya adalah memasukan semua komponen tersebut ke dalam suatu format atau matriks.

Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.

Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Link download lainnya:
Dari penjelasan di atas dapat kita wujudkan sebuah materi tentang Kisi-Kisi Lengkap Soalnya Mapel PJOK SD/MI Semester 2 dan sebagai contohnya dapat langsung didownload di bawah ini:

  1. Kisi-Kisi & Soal PJOK KK-2013 Kelas 1 Semester 2.docm
  2. Kisi-Kisi & Soal PJOK KK-2013 Kelas 2 Semester 2.docm
  3. Kisi-Kisi & Soal PJOK KK-2013 Kelas 3 Semester 2.docm
  4. Kisi-Kisi & Soal PJOK KK-2013 Kelas 4 Semester 2.docm
  5. Kisi-Kisi & Soal PJOK KK-2013 Kelas 5 Semester 2.docm
  6. Kisi-Kisi & Soal PJOK KK-2013 Kelas 6 Semester 2.docm

Demikian ulasan singkat materi Kisi-Kisi Soal Penilaian Mapel PJOK SD/MI Semester Genap semoga bermanfaat.

RPP K2013 PJOK SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2

RPP K2013 PJOK SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2

RPP K2013 PJOK SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2 - RPP PJOK Kelas 1, 2, 4, 5 dan 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Mata Pelajaran PJOK atau (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesahatan) merupakan mata pelajaran yang secara khusus diampu oleh guru olahraga serta terpisah dari tugas wajib guru kelas SD/MI, membahas terpisah tentu saja sama juga seperti Mata pelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Khusus pada mata pelajaran tersebut mempunyai tujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan sosial, keterampilan berfikir kritis, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup yang sehat dan praktik pengenalan lingkungan bersih melalui pembekalan pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani terpilih yang dilaksanakan secara sistematis yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
RPP K2013 PJOK SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2
RPP K2013 PJOK SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2
Berikut ini telah kami siapkan contoh RPP PJOK Kelas 1, 2, 4, 5 dan 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dapat dipergunakan sebagai pedoman dalam menyusun RPP pada materi-materi yang lain.

Dalam impelementasi kurikulum 2013, Kompetensi Dasar mata pelajaran PJOK ini sama seperti pembelajaran mata pelajaran Kurikulum 2013 yang lainnya, yakni meliput KD, sikap (spiritulan dan sosial), pengetahuan dan keterampilan. Berikut adalah contoh RPP PJOK Kelas 1, 2, 4, 5 dan 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Link download lainnya:
Silabus PJOK K2013 SD/MI Semester 2 Edisi Terbaru
Download Instrumen Lengkap PKKS Tahun 2018 Terbaru
RPP Akidah Akhlak Kelas 6 MI Kurikulum 2013 Revisi
Aplikasi Analisis Ulangan Harian Kelas 4 Semester 1 dan 2
RPP Bahasa Arab K-2013 Kelas 6 MI Semester 1 dan 2
Kisi-Kisi Ulangan Harian Kelas 4 Semester 1 dan 2
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 sebagai berikut:
  • KI dan KD sesuai dengan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016
  • Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru
  • Format RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016
  • RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
Berikut link download materi RPP K2013 PJOK SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2


  1. Download: RPP PJOK SD Kelas 1 lengkap.rar
  2. Download: RPP PJOK SD Kelas 2 lengkap.rar
  3. Download: RPP PJOK SD Kelas 3 lengkap.rar
  4. Download: RPP PJOK SD Kelas 4 lengkap.rar
  5. Download: RPP PJOK SD Kelas 5 lengkap.rar
  6. Download: RPP PJOK SD Kelas 6 lengkap.rar

Demikian sekilas info tentang materi RPP K2013 PJOK SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2 semoga bermanfaat, mohon maaf atas kekurang kami.

Silabus PJOK K2013 SD/MI Semester 2 Edisi Terbaru

Silabus PJOK K2013 SD/MI Semester 2 Edisi Terbaru

Silabus PJOK K2013 SD/MI Semester 2 Edisi Terbaru - Pengertian Silabus Menurut Kurikulum 2013, Pada  Kurikulum 2013 yang telah berhasil direvisi sampai dengan tahun 2017 bahwa pengertian silabus  adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. 
Silabus PJOK K2013 SD/MI Semester 2 Edisi Terbaru
Silabus PJOK K2013 SD/MI Semester 2 Edisi Terbaru
Silabus merupakan bagian dari penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus mengandung komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut: Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran dan kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan/membentuk Kompetensi (kekuatan) tersebut dengan upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik. 

Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian pada satuan pendidikan.

Apabila kajian silabus secara umum seperti pernyataan di atas, maka kiranya hal tersebut berlaku pula bagi silabus-silabus pada semua mata pelajaran terutama pada pengguna Kurikulum 2013.

Link download lainnya:
Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Semua kelas
Buku Bahasa Inggris untuk jenjang SD/MI Lengkap
Buku Paket Mapel TIK SD/MI
Oleh karena itulah kiranya materi yang kami bagikan saat ini tentang Silabus PJOK Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 sangat cocok dan telah sesuai dengan apa yang ada pada uraian di atas tersebut.

Link download Silabus PJOK Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 di bawah ini.

  1. Silabus PJOK SD Kelas 1 Revisi_2017.docx
  2. Silabus PJOK SD Kelas 2 Revisi_2017.docx
  3. Silabus PJOK SD Kelas 3 Revisi_2017.docx
  4. Silabus PJOK SD Kelas 4 Revisi_2017.docx
  5. Silabus PJOK SD Kelas 5 Revisi_2017.docx
  6. Silabus PJOK SD Kelas 6 Revisi_2017.docx

Demikian ulasan singkat materi Silabus PJOK K2013 SD/MI Semester 2 Edisi Terbaru semoga dengan kajian tersebut bapak dan ibu guru/pendidik akan lebih memahami betapa pentingnya materi ini.

Terima kasih bagi yang telah berkunjung dan semoga yang belum berkunjung segera merapat untuk mendapatkan materi-materi baru dari blog kami ini.

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 5

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 5

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 5 - RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Perbedaan individual peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, adalah sebagai berikut:

  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.
Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. 

Berikut link download RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 5 yang dengan mudah dapat diperoleh pada menu berikut:

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 4

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 4

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 4 - RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Perbedaan individual peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, adalah sebagai berikut:

  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.

Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. 

Berikut link download RPP Kurikulum 2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 4 yang dengan mudah dapat didownload di bawah ini;
RPP Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 4 Subtema 4 Literasi Revisi 2018.doc
Demikian dan sekian ulasan singkat materi RPP Kurikulum 2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 4 semoga bermanfaat, serta mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi ini.

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 3

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 3

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 3 - RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.
Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Perbedaan individual peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, adalah sebagai berikut:

  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.
Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. 
Berikut link download RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 3 
RPP Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 3 Subtema 4 Literasi Revisi 2018.doc
Demikian dan sekian ulasan singkat materi RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 3 semoga bermanfaat, serta mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi ini.

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 2

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 2

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 2 - RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Perbedaan individual peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, adalah sebagai berikut:
  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.

Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. 

Berikut link download RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 2
RPP Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 2 Subtema 4 Literasi Revisi 2018.doc
Demikian dan sekian ulasan singkat materi RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 2 semoga bermanfaat, serta mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi ini

Aplikasi Cetak SKHU Edisi Revisi

Aplikasi Cetak SKHU Edisi Revisi


Berikut ini kami share tentang link download Aplikasi Cetak SKHU Edisi Revisi yang terdiri dari 3 pilihan aplikasi yang minat dipersilahkan dengan menggunakan link download pada googel drive, sehingga sudah dapat dipastikan file aman dari virus:

Semoga Aplikasi Cetak SKHU Edisi Revisi yang kami bagikan ini dapat bermanfaat secara maksimal, sehingga segala pekerjaan bapak/ibu guru khususnya kelas 6 dapat segera diselesaikan.

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II - Postingan kali ini, Silabus dan RPP akan share tentang RPP dan Silabus SD Kelas 4 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP Semester 1 dan 2. Setelah pada postingan sebelum-sebelumnya telah berkas pengetahuan share tentang RPP dan Silabus SD Kelas 1 [disini], Kelas 2 [disini], dan kelas 3 [disini] KTSP. Akhirnya, pada kesempatan yang berbahagia kali ini berkas pengetahuan bisa share juga RPP dan Silabus SD Kelas 4 KTSP Semester 1 dan 2-nya. Langsung saja, sahabat-sahabat bisa langsung mendownload RPP dan Silabus-nya di bawah ini.



Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II
Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II



Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II

Silabus KTSP Kelas 4 Seemster 1.doc
Silabus KTSP Kelas 4 Seemster 2.doc

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II

RPP dan Silabus SD KTSP

RPP dan Silabus SD Kelas 4 Semester I dan II

Mata Pelajaran B. Indonesia
SK-KD B. Indonesia SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD B. Indonesia Kelas 4 [Download]
Silabus B. Indonesia SD Kelas 4 [Download]
RPP B. Indonesia SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran B. Inggris
SK-KD B. Inggris SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD B. Inggris Kelas 4 [Download]
Silabus B. Inggris SD Kelas 4 [Download]
RPP B. Inggris SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran IPA
SK-KD IPA SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD IPA Kelas 4 [Download]
Silabus IPA SD Kelas 4 [Download]
RPP IPA SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran IPS
SK-KD IPS SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD IPS Kelas 4 [Download]
Silabus IPS SD Kelas 4 [Download]
RPP IPS SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran Matematika
SK-KD Matematika SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD Matematika Kelas 4 [Download]
Silabus Matematika SD Kelas 4 [Download]
RPP Matematika SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran PAI
SK-KD PAI SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD PAI Kelas 4 [Download]
Silabus PAI SD Kelas 4 [Download]
RPP PAI SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran PJOK
SK-KD PJOK SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD PJOK Kelas 4 [Download]
Silabus PJOK SD Kelas 4 [Download]
RPP PJOK SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran PKn
SK-KD PKn SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD PKn Kelas 4 [Download]
Silabus PKn SD Kelas 4 [Download]
RPP PKn SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran SBK
SK-KD SBK SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD SBK Kelas 4 [Download]
Silabus SBK SD Kelas 4 [Download]
RPP SBK SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran TIK
SK-KD TIK SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD TIK Kelas 4 [Download]
Silabus TIK SD Kelas 4 [Download]
RPP TIK SD Kelas 4 [Download]
Mudah mudahan dengan adanya RPP dan Silabus SD Kelas 4 KTSP Semester 1 dan 2 ini sahabat-sahabat semua bisa terbantu dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di sekolah masing-masing tentunya dengan adanya pengembangan-pengembangan yang diperlukan dalam menyusunnya kembali sesuai dengan karakter peserta didik dan sarana serta prasarana yang tersedia. Terakhir, mohon maaf jika ada salah tolong tulis saja di komentar nanti kami akan perbaiki semampu kami. Terima kasih buat semuanya, selamat mendownload dan semoga bisa bermanfaat.

Aplikasi Lembar Analisa Penilaian Harian Kurikulum 2013 SD

Aplikasi Lembar Analisa Penilaian Harian Kurikulum 2013 SD

Aplikasi Lembar Analisa Penilaian Harian Kurikulum 2013 SD - Analisa merupakan kegiatan untuk memperoleh kriteria perolehan nilai yang dicapai peserta didik dalam pelaksanaan penilaian di akhir tema pada Kurikulum 2013 atau juga pada pelaksanaan Ulangan formatif pada Kurikulum 2006 (KTSP).
Aplikasi Lembar Analisa Penilaian Harian Kurikulum 2013 SD
Aplikasi Lembar Analisa Penilaian Harian Kurikulum 2013 SD


Setelah dilakukan analisa nilai, maka tindakan selanjutnya adalah guru melaksanakan perbaikan dan pengayaan; perngayaan diperuntukkan bagi peserta didik yang telah mencapai nilai minimal sama dengan Kriteria Belajar Minimal (KBM), dan atau Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Pada kegiatan Pengayaan yang dapat dilakukan adalah peserta didik mempelajari materi berikutnya atau merangkum materi berikutnya, sedangkan perbaikan biasa dilakukan guru adalah peserta didik mengerjakan soal yang baru saja dikerjakan unuk penilaian tersebut.

Sebagai alat kemudahan untuk melaksanakan  analisa tersebut tellah kami bagikan aplikasinya berikut ini yang dapat di cetak sebagai barang bukti kita sebagai guru telah melaksanakan kegiatan Perrbaikan dan pengayaan kepada peserta didik.


Demikian materi yang dapat bapak dan ibu gunakan semoga materi Aplikasi Lembar Analisa Penilaian Harian Kurikulum 2013 SD dapat bermanfaat.

Terima kasih atas kunjungannya kami selalu menunggu kunnjungan anda semua di waktu berikutnya, dan semoga materi yang berada di blog ini bermanfaat dan dapat membantu segala aktivitas bapak dan ibu semuanya.