Soal Penilaian Akhir Semester Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester Ganjil

Soal Penilaian Akhir Semester Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester Ganjil

Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.  Berdasarkan pada PP. Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Soal Penilaian Akhir Semester Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester Ganjil
Soal Penilaian Akhir Semester Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester Ganjil

Tujuan Penilaian Secara Khusus :

  1. Mengetahui kemajuan dan hasil belajar siswa;
  2. Mendiagnosis kesulitan belajar;
  3. Memberikan umpan balik/perbaikan proses belajar mengajar;
  4. Penentuan kenaikan kelas;
  5. Memotivasi belajar siswa dengan cara mengenal dan memahami diri dan merangsang untuk melakukan usaha perbaikan.
Baca juga:Soal-soal kelas 6 KTSP Lengkap

Fungsi Penilaian Hasil Belajar

  • Bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  • Umpan balik dalam perbaikan proses belajar mengajar.
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa.
  • Evaluasi diri terhadap kinerja siswa.
Berikut ini bentuk soal Penialian Akhir Semester Kelas 4 Semester Ganjil.

Demikian semoga materi Soal Penilaian Akhir Semester Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester Ganjil ini ada manfaatnya, terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat dan dapat memperoleh materi yang diharapkan.


Kumpulan Buku Bahan Bacaan Literasi SD SMP SMA


Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
mempersembahkan Buku Bahan Bacaan Literasi Cerita Rakyat yang berasal
dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia sebagai pendukung Gerakan Literasi
Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 







Daftar Buku:









SD




1. Bekarung Terpedaya 




2. Burung Ajaib 




3. Cerita dari Tanah Papua 




4. Kisah Dua Putri dan Si Raja Ular 




5.

Kisi-Kisi Soal dan Kunci Jawaban Kelas I Semester Ganjil Kurikulum 2013

Kisi-Kisi Soal dan Kunci Jawaban Kelas I Semester Ganjil Kurikulum 2013

Pengertian kisi-kisi

Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.
Kisi-Kisi Soal dan Kunci Jawaban Kelas I Semester Ganjil Kurikulum 2013
Kisi-Kisi Soal dan Kunci Jawaban Kelas I Semester Ganjil Kurikulum 2013
Lihat bentuk Kisi-kisi soal berikut ini:


Setelah kisi-kisi tersusun dengan sempurna, maka kegiatan berikutnya adalah menyusun soal, dalam menyususn soal ini tergantung dengan kebutuhan, pelaksanaan; misalnya Ualangan atau Penialian. Dalam penggunaan Kurikulum 2013 berikut ini kurang lebihnya bentuk soal penialian Akhir semester, atau Ulangan Akhhir Semester ganjil, atau sesuai dengan kebutuhannya.


Kunci jawaban merupakan tindak lanjut dari koreksi soal dengan tujuan untuk memperjelas jawaban peserta didik pada saat diadakannya penilaian atau ulangan. Berikut ini adalah kunci jawaban yang kami maksudkan.


Demikian semoga materi Kisi-Kisi Soal dan Kunci Jawaban Kelas I Semester Ganjil Kurikulum 2013 yang telah siap digunakan dan kami bagikan secara gratis ini dapat dimanfaatkan.

FORMAT PANDUAN PENYUSUNAN RPP SMP SESUAI PERMENDIKBUD


Pelaksanaan
proses pembelajaran yang diselenggarakan di dalam dan/atau di luar
kelas untuk membantu peserta didik mencapai kompetensi sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Dalam Permendikbud No. 22 tahun 2016
tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa
salah satu prinsip pembelajaran yang penting dalam Kurikulum 2013 adalah
peserta didik mencari tahu bukan diberi

SOAL UAS / PAS KELAS 4 Semester 2 TEMA 7 KK-13 SSOAL UAS / PAS KELAS 4 Semester 2 TEMA 7 KK-13


Soal
UAS Kelas 4 Semester 2 Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
Cita-citaku K13 Revisi 2017 -   Penilaian pendidikan adalah hal yang
sangat penting dilaksanakan dalam rangka  mengetahui sejauh mana
kompetesi siswa sudah tercapai bedasarkan acuan Kreteria Ketuntasan
Minimal (KKM). Ulangan akhir semester (UAS) adalah kegiatan yang
dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian

Download Revisi Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013

Revisi Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013

Pengertian Silabus secara umum adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Baca kembali: Buku Guru dan Siswa kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi
Setelah mengalami beberapa perubahan atau revisi akhirnya pada tahun 2017 Kurikulum 2013 telah berhasil direvisi kembali, bahkan berbagai istilah juga kena dampak revisi tersebut.
Revisi Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013
Revisi Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013 
Sedangkan sesuai dengan materi saat ini dan kebetulan juga telah kami bagikan pada blog ini, merupakan silabus untuk jenjang SMP dan atau MTs sederajad, merupakan silabus hasil revisi tahun 2017, yang artinya bahwa silabus ini adalah silabus jenjang SMP/MTs yang terbaru.
Baca juga: Kompetensi Inti (KI) dan Kompeyensi Dasar (KD) SMP/MTs Terbaru
Silahkan pilih link download Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013 Hasil revisi terbaru berikut ini:


Kiranya ulasan kami yang sesingkat ini tidak akan menjadi penghalang atau mengurangi penjelasan yang bapak atau ibu maksudkan, karena memang Revisi Silabus SMP/MTs Kurikulum 2013 telah banyak dipahami serta dipelajari lebih lanjut oleh bapak atau ibu guru semuanya.

RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru

RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru

RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru - Beberapa istilah pada Kurikulum 2013 sebelum direvisi terdapat berbagai istilah dalam penamaan kegiatan; Ulangan Harian (UH), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS), dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), istilah-istilah tersebut setelah dilakukan revisi tahuun 2017 atau sering dikenal hasil edisi revisi 2017, maka istilah tersebut berubah menjadi; Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), dan Kriteria Belajar Minimal (KBM). Khusus pada KKm yang terdahulu mengacu pada mata pelajaran, akhirnya sekarang mengacu pada satuan pendidikan.

Hasil Revisi Kurikulum 2013 tahun 2017 khusus pada penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah sebagai berikut :

  • Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), diperkuat dengan 5 karakter yaitu; religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Mengintegrasikan pada literasi; keterampilan abad 21 atau dengan istilah 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative).

Beginilah yang sesungguhnya tujuan Kurikulum 2013 setelah direvisi tahun 2017, pendidik/guru bukan hanya sekadar mentransfer materi tetapi difokuskan pada pembentukan 4C tersebut. Menurut beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di zaman ini, zaman di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Baca juga: Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006
Selain hal di atas tersebut konteks Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru
RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru

Dalam kaitan dengan penjelasan tersebut akhirnya tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kelas 4 Semester 2 Tema 6 yang telah kami revisi sedemikian rupa sehingga telah kami sesuaikan dengan Buku Pegangan Guru dan Siswa pada setiap temanya.
Download : RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Tema 6 Lengkap.doc
Download : RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Sub Literasi Tema 6.doc
Demikian semoga materi yang satu ini menjadi pusat perhatian bagi pengunjung yang masih tetap mencari RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru. Mohon maaf atas segala kekurangan kami siap menunggu kritikan, saran serta masukan yang bersifat membangun.

Administrasi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Kurikulum 2006

Administrasi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Kurikulum 2006

Sampai saat ini masih banyak teman guru yang mengalami kesulitan dalam menemukan, maupun membuat administrasi Pembelajaran Bahasa Jawa. Hal itu disebabkan mata pelajaran Bahasa Jawa  atau dapat diterapkan menjadi mata pelajaran Muatan lokal untuk wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur (sebagian).
Administrasi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Kurikulum 2006
Administrasi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Kurikulum 2006
Namun seiring perjalanan waktu Mata pelajaran Bahasa Jawa telah dimasukkan pada Kurikuklum 2013, meskipun tetap pada koridor mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok). Dan secara garis besar bahwa mata pelajaran Muatan Lokal dgolongkan menjadi 3; yaitu (1) Muatan Lokal 1 yaitu muatan lokal Provinsi, (2) Muatan Lokal 2 yaitu muatan Lokal Pilihan di masing-masing Kabupaten, serta (3) Muatan Lokal 3 yaitu Muatan Lokal pilihan masing-masing Kecamatan atau sering disebut Muatan Lokal Pilihan masing-masing sekolah.
Baca juga: Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006
Berikut adalah Administrasi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Kurikulum 2006 yang terdiri dari:
Silabus Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 1 sampai Kelas 6.
Silabus Bahasa Jawa Kelas 6.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 5.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 4.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 3.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 2.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 1.rar
Program Semester Bahasa Jawa Kelas 2 sampai Kelas 5.
Program Semester Bahasa jawa Kelas 5.rar
Program Semester Bahasa jawa Kelas 4.rar
Program Semester Bahasa jawa Kelas 3.rar
Program Semester Bahasa jawa Kelas 2.rar
RPP Bahasa Jawa Kelas 4 sampai Kelas 6.
RPP Bahasa Jawa Kelas 6.rar
RPP Bahasa Jawa Kelas 5.rar
RPP Bahasa Jawa Kelas 4.rar

Harapan kami sebagai admin materi Administrasi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Kurikulum 2006 ini bermanfaat.

Download Juknis BOS Tahun 2018 Terbaru

Juknis BOS Tahun 2018 Terbaru

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nomor 18 tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah. Dana BOS dialokasikan untuk penyelenggaraan pendidikan pada: 
a. SD; 
b. SMP; 
c. SMA ; 
d. SMK; dan 
e. SDLB/SMPLB/SMALB/SLB.

Tujuan BOS pada SD/SDLB/SMP/SMPLB:

  1. membantu penyediaan pendanaan biaya operasi non personil sekolah, akan tetapi masih ada beberapa pembiayaan personil yang masih dapat dibayarkan dari dana BOS; 
  2. membebaskan pungutan biaya operasi sekolah bagi peserta didik SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat atau pemerintah daerah; 
  3. meringankan beban biaya operasi sekolah bagi peserta didik SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh masyarakat; dan/atau 
  4. membebaskan pungutan peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu pada SD/SDLB/SMP/SMPLB yang diselenggarakan oleh masyarakat. 

Tujuan BOS pada SMA/SMALB/SMK:

  1. membantu penyediaan pendanaan biaya operasi non personil sekolah, akan tetapi masih ada beberapa pembiayaan personil yang masih dapat dibayarkan dari dana BOS; 
  2. meningkatkan angka partisipasi kasar; 
  3. mengurangi angka putus sekolah; 
  4. mewujudkan keberpihakan Pemerintah Pusat (affimative action) bagi peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu dengan membebaskan (fee waive) dan/atau membantu (discount fee) tagihan biaya sekolah dan biaya lainnya di SMA/SMALB/SMK sekolah; 
  5. memberikan kesempatan yang setara (equal opportunity) bagi peserta didik yang orangtua/walinya tidak mampu untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu; dan/atau 
  6. meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah. 

Juknis BOS Tahun 2018 Terbaru
Download Juknis BOS Tahun 2018 Terbaru
BOS yang diterima oleh SD/SDLB/SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK, dan SLB dihitung berdasarkan jumlah peserta didik pada sekolah yang bersangkutan, dengan besar satuan biaya sebagai berikut: 
  1. SD sebesar Rp800.000,00 (delapan ratus ribu rupiah) per 1 (satu) peserta didik per 1 (satu) tahun; 
  2. SMP sebesar Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah) per 1 (satu) peserta didik per 1 (satu) tahun; 
  3. SMA dan SMK sebesar Rp1.400.000,00 (satu juta empat ratus ribu rupiah) per 1 (satu) peserta didik per 1 (satu) tahun; 
  4. SDLB/SMPLB/SMALB/SLB sebesar Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah) per 1 (satu peserta didik per 1 (satu) tahun. 

Lebih lanjut dapat didownload dan sekaligus dapat dipergunakan sebagai bahan pembelajaran dalam menggunakan dana BOS.


Demikian ulasan singkat tentang juknis BOS tahun 2018 terbaru semoga bermanfaat.

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester 1 dan 2

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester 1 dan 2

Pengertian Silabus


Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester 1 dan 2
Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester 1 dan 2


Pengembang Silabus

Pengembangan silabus  dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan.
  1. Disusun secara mandiri oleh guru apabila guru yang bersangkutan mampu mengenali karakteristik siswa, kondisi sekolah dan lingkungannya.
  2. Apabila guru mata pelajaran karena sesuatu hal belum dapat melaksanakan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah dapat mengusahakan untuk membentuk kelompok guru mata pelajaran untuk mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah tersebut.
  3. Di SD/MI semua guru kelas, dari kelas I sampai dengan kelas VI, menyusun silabus secara bersama. Di SMP/MTs untuk mata pelajaran IPA dan IPS terpadu disusun secara bersama oleh guru yang terkait.
  4. Sekolah yang belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah-sekolah lain melalui forum MGMP/PKG untuk bersama-sama mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah dalam lingkup MGMP/PKG setempat.
  5. Dinas Pendidikan setempat dapat memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Langkah-langkah Pengembangan Silabus

1. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran sebagaimana tercantum pada Standar Isi, dengan memperhatikan hal-hal berikut:
  1. urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI;
  2. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
  3. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.

2. Mengidentifikasi Materi Pembelajaran
Baca juga: Program Semester (Promes) Kelas 4 KTSP
Mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar dengan mempertimbangkan:
  1. potensi peserta didik;
  2. relevansi dengan karakteristik daerah,
  3. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik;
  4. kebermanfaatan bagi peserta didik;
  5. struktur keilmuan;
  6. aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
  7. relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan
  8. alokasi waktu.

Download free === [ Silabus KTSP Kelas 4 Seemster 1.doc ]
Download free === [ Silabus KTSP Kelas 4 Seemster 2.doc ]
Semoga materi Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II ini bermanfaat.