Buku K13 PAI Al-Qur'an Hadis Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi

Buku K13 PAI Al-Qur'an Hadis Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi

Buku K13 PAI Al-Qur'an Hadis Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi - Buku PAI Bahasa Arab pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis Kurikulum 2013 untuk Guru Kelas 7,8 dan 9 ini sengaja kami posting dengan tujuan saling berbagi dan memberi manfaat kepada sesama. Buku Kurikulum 2013 (K13) mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab untuk guru kelas 7,8, dan 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs). Buku Siswa dan Buku Guru kurtilas PAI dan Bahasa Arab kelas VII, VIII, dan Kelas IX MTs telah disusun dan dirilis Kementerian Agama RI. Buku ini merupakan implementasi penerapan Kurikulum 2013 yang tahun ini mulai diberlakukan sampai dengan pada kelas 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs).
Sebagaimana diketahui, mulai tahun pelajaran 2016/2017 ini, Kementerian Agama menerapkan kurikulum 2013 (kurtilas) untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada kelas 3 dan 6 MI, 9 MTs, dan 12 MA. Menyusul kelas-kelas lainnya yang telah diterapkan pada tahun pelajaran terdahulu.

Buku Materi Bahasa Arab ini terbagi atas Buku Guru (untuk pegangan guru) dan Buku Siswa (untuk pegangan siswa) lengkap untuk memenuhi pembelajaran di Semester 1 dan Semester 2. Untuk mendownloadnya, anda tinggal klik saja tautan yang kami sediakan dibawah untuk tiap buku yang anda perlukan dalam bentuk BSE berformat Pdf.
Buku Guru PAI Bahasa Arab mata pelajaran Al-Qur'an Hadis ini merupakan mapel yang khsusus dalam pembelajaran di satuan pendidikan Madrasah mulai dari MI, MTs, dan MA. Buku Al-Qur'an Hadis Kelas 7, Buku Al-Qur'an Hadis Kelas 8, Buku Al-Qur'an Hadis Kelas 9 yang kami bagikan ini merupakan buku terbaru. Penggunaan buku dalam bentuk hard file memang masih banyak digunakan, namun di era sekarang ini dalam bentuk soft file sepeti Ebook/ Buku Sekolah Elektronik (BSE) lebih fleksibel untuk digunakan dalam pembelajaran yang berbasiskan teknologi.

Seperti biasanya, Buku Kurikulum 2013 PAI dan Al-Qur'an Hadis untuk kelas 7,8, dan 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs) ini terdiri atas Buku Siswa dan Buku Guru dengan waktu berbagi yang masih menunggu waktu. Sedangkan Buku Siswa adalah sebagai berikut:
Buku Guru Qur'an Hadis MTs Kelas 7.pdf
Buku Guru Qur'an Hadis MTs Kelas 8.pdf
Buku Guru Qur'an Hadis MTs Kelas 9.pdf
Diharapkan dengan adanya materi Buku Guru Al-Qur'an Hadis MTs Kelas 7,8,9 K2013 dapat sebagai penunjang pembelajaran yang sesuai dengan keinginan anda sebagai pendidik di masing-masing jenjang. Kritik dan Saran sangat kami harapkan demi kemajuan/kualitas blog ini di masa yang akan datang.

Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi

Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi

Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi - Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah adalah agar siswa memiliki empat keterampilan, yaitu keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Untuk memantapkan empat keterampilan tersebut siswa diharapkan juga memiliki keterapilan pendukungnya berupa unsur kebahasaan, yakni berupa ucapan, tekanan kata, intonasi, kosa kata, frase, ejaan, tulisan dan tata bahasa.
Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi
Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi
Dalam pembelajaran bahasa Arab hendaknya siswa dikenalkan juga tentang budaya Arab, baik budaya lisan ataupun budaya tulisannya, karenanya dalam pembelajaran bahasa Arab guru diharapkan untuk membimbing siswa dalam mempraktikkannya, sehingga pembelajaran bahasa Arab dapat menghantarkan siswa sebagaimana orang Arab berbahasa.

Sebagai bagian dari kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, maka pembelajaran bahasa Arab dituntut dapat berkonstribusi dalam membentuk karakter siswa dengan menginternalisasikan nilai-nilai keislaman, budaya Timur Tengah dan budaya universal kontemporer yang tidak bertentangan dengan Islam.

Selanjutnya buku ini disusun untuk memberikan kemudahan dan pengayaan kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan secientifik . Guru diharapkan sebelum proses pembelajaran di kelas dilaksanakan terlebih dahulu memantapkan kesiapan, di antaranya dengan membaca keseluruhan buku ini dan mengambil hal-hal yang relevan dengan proses pembelajaran yang akan disajikan kemudian mengkreasi dan menyesuaikannya dengan karakteristik siswa pada setiap kelas di madrasah masing-masing.

Format Penyusunan Buku Mata PAI Pelajaran Bahasa Arab

Terdapat beberapa prinsip dalam penyusunan buku guru ini. Secara umum dalam semua pokok bahasan terintegrasi empat unsur kemahiran berbahasa (menyimak, berbicara, membaca dan menulis) walaupun ada penekanan khusus yang prosentasenya lebih tinggi sesuai dengan tujuan pembelajaran pada pokok bahasannya. Berikut gambaran umum pokok bahasan materi pelajaran bahasa Arab:

Bagian ini ditempatkan pada awal setiap dars, mengingat penguasaan mufradat dan ibarat (ungkapan berupa frasa atau klausa) merupakan kunci pertama dalam memahami teks hiwar, tarkib, qira’ah dan kitabah. Untuk itu dalam buku ini siswa dilatih agar mereka dapat melafalkan mufradat dan ibarat serta memahami arti atau makna masing-masing dengan baik dan benar, dengan menggunakan berbagai media, termasuk media audio, media gambar, tanya jawab, bahkan terjemah pada saat-saatnya secara tepat. Jumlahnya dalam setiap dars mencapai 20 – 25 kata dan ungkapan, lalu disusul untuk pemantapan dan evaluasi.
Sebagai tambahan penjelasan bahwa Buku Guru PAI Bahasa Arab sub mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) diterbitkan pada tahun 2014 (untuk Kelas 7), terbitan tahun 2015 (untuk kelas 8), dan terbitan tahun 2016 (untuk kelas 9). Akan lebih jelas penjelasan lebih lanjut apabila bapak ibu segera mendownload materi Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi yang telah kami sematkan pada menu download berikut:
Download: Buku Guru SKI MTs Kelas 7.zip
Download: Buku Guru SKI MTs Kelas 8.zip
Download: Buku Guru SKI MTs Kelas 9.pdf
Demikian penjelasan materi Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi yang berfungsi untuk memperjelas materi yang kami bagikan saat ini. Mohon maaf atas segala kekurangan.



Buku K13 PAI-Fikih Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi

Buku K13 PAI-Fikih Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi

Buku K13 PAI-Fikih Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi - Buku Fikih Kurikulum 2013 untuk Guru Kelas 7,8 dan 9 ini sengaja kami posting dengan tujuan saling berbagi dan memberi manfaat kepada sesama. Buku Kurikulum 2013 (K13) mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab untuk kelas 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs). Buku Siswa dan Buku Guru kurtilas PAI dan Bahasa Arab kelas VII, VIII, dan Kelas IX MTs telah disusun dan dirilis Kementerian Agama RI. Buku ini merupakan implementasi penerapan Kurikulum 2013 yang tahun ini mulai diberlakukan sampai dengan pada kelas 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs).
Buku K13 PAI-Fikih Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi
Buku K13 PAI-Fikih Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi
Sebagaimana diketahui, mulai tahun pelajaran 2016/2017 ini, Kementerian Agama menerapkan Kurikulum 2013 (kurtilas) untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada kelas 3 dan 6 MI, 9 MTs, dan 12 MA. Menyusul kelas-kelas lainnya yang telah diterapkan pada tahun pelajaran terdahulu.

Buku Materi Bahasa Arab ini terbagi atas Buku Guru (untuk pegangan guru) dan Buku Siswa (untuk pegangan siswa) lengkap untuk memenuhi pembelajaran di Semester 1 dan Semester 2. Untuk mendownloadnya, anda tinggal klik saja tautan yang kami sediakan dibawah untuk tiap buku yang anda perlukan dalam bentuk BSE berformat Pdf.

Mapel Bahasa Arab merupakan mapel yang khsusus dalam pembelajaran di satuan pendidikan Madrasah dari mulai MI, MTs, dan MA. Buku Fikih Kelas 7, Buku Fikih Kelas 8, Buku Fikih Kelas 9 yang kami bagikan ini merupakan buku terbaru. Penggunaan buku dalam bentuk hard file memang masih banyak digunakan, namun diera sekarang ini dalam bentuk soft file sepeti Ebook/ Buku Sekolah Elektronik lebih fleksibel untuk digunakan dalam pembelajaran yang berbasiskan teknologi.

Download juga:
Buku Bahasa Arab K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12
Buku Siswa MI K2013 SKI Kelas 3,4,5,6 Madrasah Ibtidaiyah
Buku Siswa MI K2013 Al-Qur'an dan Hadist Kelas 1.2,3,4,5,6 MI
Seperti biasanya, Buku Kurikulum 2013 PAI dan Bahasa Arab untuk kelas 7,8,9 Madrasah Tsanawiyah (MTs) ini terdiri atas Buku Siswa dan Buku Guru dengan waktu berbagi yang masih menunggu waktu. Sedangkan Buku Siswa adalah sebagai berikut:
𝟣. Buku Guru Fikih MTs Kelas 7.pdf 
𝟤. Buku Guru Fikih MTs Kelas 8.pdf 
𝟥. Buku Guru Fiqih MTs Kelas 9.pdf
Diharapkan dengan adanya materi Buku K13 PAI-Fikih Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi dapat sebagai penunjang pembelajaran yang sesuai dengan keinginan anda sebagai pendidik di masing-masing jenjang. Kritik dan Saran sangat kami harapkan demi kemajuan/kualitas blog ini di masa yang akan datang.


Buku Bahasa Arab K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12

Buku Bahasa Arab K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12

Buku Bahasa Arab K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12 - Bahasa Arab merupakan mata pelajaran wajib di Madrasah. Semua siswa Madrasah dari tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan ‘Aliyyah mempelajari bahasa yang menjadi bagian dari agama Islam ini. Akan tetapi, kemampuan siswa madrasah dalam bidang bahasa Arab belum mencapai tujuan yang diharapkan. Bagi siswa, bahasa Arab ini sepertinya menjadi mata pelajaran yang membosankan. Benarkah begitu?
Buku Bahasa Arab K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12
Buku Bahasa Arab K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12
Saat ini para siswa Madrasah, sudah saatnya untuk menyatakan bahwa anggapan pelajaran bahasa Arab itu membosankan itu salah. Buku ini berikhtiar untuk menyajikan pelajaran bahasa Arab yang menyenangkan dan mengikis habis anggapan yang salah itu.

Dalam buku ini pembekalan kosakata disajikan dengan gambar, agar memudahkan Anda menghafal kosakata dan menguatkan ingatan Anda terhadap kosakata tersebut. Anda pun diharuskan aktif membuka kamus untuk menemukan makna kosakata baru. Bagian yang paling menarik adalah Anda dan teman-teman Anda harus melakukan percakapan dengan bahasa Arab di depan kelas.

Mudah-mudahan buku ini menjadi “magnet kecil” yang menarik siswa madrasah kelas X untuk mencintai bahasa Arab. “Magnet-magnet besar” yang menarik kaum muslimin pada umumnya untuk mempelajari bahasa Arab ialah karena Al-Qur’an berbahasa Arab, dan perkataan Umar bin Khattab,” bersemangatlah belajar bahasa Arab karena ia merupakan bagian dari agamamu.”

Buku ini disusun menurut fungsi fragmatis bahasa, topik pembicaraan, dan ketatabahasaan. Materi yang disajikan buku ini dilandaskan pada pendekatan komunikatif (madkhalul ittishal). Prinsip pendekatan ini adalah mengedepankan pemakaian bahasa dalam berbagai situasi dan beragam kebutuhan sebagai tujuan komunikasi. Gramatika dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menunjang pemaknaan dari kebutuhan dan tujuan komunikasi tersebut.

Pembelajaran aspek mendengar (istima’) dalam buku ini ialah latihan dengan cara mendengarkan rekaman dari CD audio. Dalam aspek berbicara, siswa didorong untuk melakukan percakapan dengan temannya dan memahami teks percakapan. Dalam aspek membaca, siswa dimotivasi dan dibimbing untuk dapat membaca dengan baik. Pada aspek menulis, siswa dilatih untuk mengekspresikan pikirannya dalam bentuk tulisan sesuai dengan tema yang ada.

Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa Arab ini untuk menindaklanjuti program-program prioritas yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan dalam rangka memenuhi Rencana Strategis Kementerian Agama Republik Indonesia 2010-2014.

Buku Pelajaran Bahasa Arab ini ditulis dengan pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa bab untuk disampaikan kepada peseta didik dalam usaha agar dapat membantu peserta didik dalam memahami sumber dari ajaran agama  yang berbahasa Arab, yaitu Al Qur’an dan Hadits.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peseta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam sekitar.

Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka untuk terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

DOWNLOAD JUGA:
Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12
Buku Fikih K2013 Siswa MA Kelas X XI XII
Buku Al-Qur'an Hadis K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12
Buku Aqidah Akhlak K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12
Ucapan terimakasih dan penghargaan disampaikan kepada Bapak Menteri Agama dan Tim Nara Sumber, Tim Internal, Tim Teknis, dan Tim Pengembang yang telah meluangkan waktu untuk menulis dan memberikan kontribusi pemikiran yang komprehensif dalam mewujudkan Buku Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah 2013. Penghargaan yang sama juga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan masukan baik secara tertulis, melalui media elektronik dan cetak, maupun secara lisan guna penyempurnaan penulisan buku Bahasa Arab Madrasah Aliyah 2013.

Bagi Bapak/Ibu Guru dan Siswa Kelas X,XI, dan XII yang membuthkan Buku Bahasa Arab dari kelas X-XII bisa mendownload buku ini secara Gratis tanpa biaya dan dengan mudah bisa didownload oleh siapa saja karena Cara Download sangat mudah.

Buku Aqidah Akhlak K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12

Buku Aqidah Akhlak K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12

Buku Aqidah Akhlak K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12 - Khususnya untuk Guru mata pelajaran Akidah Akhlak jenjang Madrasah Aliyah baik Kelas 10, 11, dan Kelas 12 dikarenakan belum adanya buku kurikulum 2013 edisi revisi terbaru dari pemerintah, maka guru masih bisa menggunakan Buku Akidah Akhlak Kelas 10-11-12 Kurikulum 2013 Edisi 2014 untuk digunakan dalam pembelajaran tahun ini. Buku Akidah Akhlak ini tersedia dalam bentuk Buku Siswa (untuk pegangan siswa) dan Buku Guru (pegangan guru) yang mudah-mudahan dapat menjadi sumber belajar yang bapak/ibu harapkan. 
Hampir setiap jenjang sekolah di Indonesia telah menggunakan kurikulum 2013. Baik itu sekolah swasta maupun sekolah negeri. Tak terkecuali jenjang sekolah madrasah. Berbeda dengan sekolah umum, madrasah memiliki mata pelajaran khusus atau tambahan yang lebih banyak. Jika di SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA (Sekolah Menengah Atas) memiliki satu mata pelajaran agama yaitu PAI (Pendidikan Agama Islam), maka untuk mata pelajaran agama madrasah tsanawiyah dipecah menjadi fiqih, bahasa arab, sejarah kebudayaan Islam (SKI), al-Qur'an Hadits, dan Aqida h Akhlak. Bukan hanya itu, mata pelajaran agama madrasah aliyah jurusan keagamaan juga masih ada tambahan mata pelajaran dengan ushul fiqih, tafsir, ilmu kalam, hadits dan ahlak. 

Untuk menunjang pembelajaran tersebut, pemerintah menyusun buku untuk siswa dan bagi guru berdasarkan kurikulum 2013. Pasalnya, buku kurikulum 2013 belum banyak tersedia di pasaran, sehingga siswa tidak memilki sumber belajar, sehingga banyak dari mereka yang menggabungkan beberapa buku dan sumber internet. Hal ini agak memberatkan, karena tidak seluruh daerah di Indonesia dapat dijangkkau oleh sinyal internet. Selain itu, siswa yang kurang mampu juga tidak mampu untuk membeli buku teks pelajaran.
Lebih disayangkan lagi, distribusi buku tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama bagi sekolah di daerah luar pulau jawa. Alhamdulillah, sedikit demi sedikit buku untuk madrasah mulai terdistribusikan, namun  masih terbatas pada program reguler (IPA dan IPS). Nah, untuk itu blog ini akan menyediakan buku Kurikulum 2013 tersebut khusus bagi pelajar Madrasah Aliyah (MA), terutama untuk jurusan keagamaan. Dan Insya Allah, secara perlahan, akan diusahakan untuk menyediakan buku untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Ibtidaiyah. 

Buku Akidah Akhlak Kelas 10, 11, dan 12 Kurikulum 2013 ini dapat memenuhi pembelajaran di Madrasah Aliyah untuk Semester 1 dan Semester 2. Penggunaan buku dalam bentuk Cetak memang masih banyak digunakan, namun diera sekarang ini dalam bentuk Ebook/Buku Sekolah Elektronik lebih memiliki mobilitas tinggi untuk digunakan dalam pembelajaran yang berbasiskan IT.
Buku Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas 10.pdf 
Buku Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas 11.pdf 
Buku Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas 12.pdf
Demikian dan diharapkan dengan artikel materi Buku Akidah Akhlak MA siswa Kelas 10, 11, dan 12 Kurikulum 2013 ini dapat bermanfaat bagi bapak dan ibu guru serta siswa Madrasah dalam menunjang proses pembelajaran dikelas. Kritik dan saran anda sampaikan melalui kolom komentar atau email untuk bahan perbaikan blog ini dimasa yang akan datang. Silahkan pilih menu “Label” pada blog ini untuk mempermudah pencarian materi yang dibutuhkan.

Buku Al-Qur'an Hadis K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12

Buku Al-Qur'an Hadis K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12

Buku Al-Qur'an Hadis K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12 - Saat ini hampir setiap jenjang sekolah di Indonesia telah menggunakan kurikulum 2013. Baik itu sekolah swasta maupun sekolah negeri. Tak terkecuali jenjang sekolah madrasah. Berbeda dengan sekolah umum, madrasah memiliki mata pelajaran khusus atau tambahan yang lebih banyak. Jika di SMP (Sekolah Menengah Pertama) dan SMA (Sekolah Menengah Atas) memiliki satu mata pelajaran agama yaitu PAI (Pendidikan Agama Islam), maka untuk mata pelajaran agama madrasah tsanawiyah dipecah menjadi fiqih, bahasa arab, sejarah kebudayaan Islam (SKI), al-Qur'an Hadits, dan Aqida Akhlak. Bukan hanya itu, mata pelajaran agama madrasah aliyah jurusan keagamaan juga masih ada tambahan mata pelajaran dengan ushul fiqih, tafsir, ilmu kalam, hadits dan ahlak. 
Untuk menunjang pembelajaran tersebut, pemerintah menyusun buku untuk siswa dan guru bedasarkan kurikulum baru ini. Pasalnya, buku kurikulum 2013 belum banyak tersedia di pasaran, sehingga siswa tidak memilki sumber belajar, sehingga banyak dari mereka yang menggabungkan beberapa buku dan sumber internet. Hal ini agak memberatkan, karena tidak seluruh daerah di Indonesia dapat dijangkkau oleh sinyal internet. Selain itu, siswa yang kurang mampu juga tidak mampu untuk membeli buku teks pelajaran.
Lebih disayangkan lagi, distribusi buku tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama bagi sekolah di daerah luar pulau jawa. Alhamdulillah, sedikit demi sedikit buku untuk madrasah mulai terdistribusikan, namun  masih terbatas pada program reguler (IPA dan IPS). Nah, untuk itu blog ini akan menyediakan buku Kurikulum 2013 tersebut khusus bagi pelajar Madrasah Aliyah (MA), terutama untuk jurusan keagamaan. Dan Insya Allah, secara perlahan, akan diusahakan untuk menyediakan buku untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Ibtidaiyah. 
Buku Al Qur'an Hadits Kelas 10, 11, dan 12 Kurikulum 2013 ini dapat memenuhi pembelajaran di Madrasah Aliyah untuk Semester 1 dan Semester 2. Penggunaan buku dalam bentuk Cetak memang masih banyak digunakan, namun diera sekarang ini dalam bentuk Ebook/Buku Sekolah Elektronik lebih memiliki mobilitas tinggi untuk digunakan dalam pembelajaran yang berbasiskan IT.
Buku Siswa Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas 10.pdf 
Buku Siswa Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas 11.pdf 
Buku Siswa Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadist Kelas 12.pdf
Demikian dan diharapkan dengan artikel materi Download Buku Al-Qur'an Hadits MA Kelas 10, 11, dan 12 Kurikulum 2013 ini dapat bermanfaat bagi bapak dan ibu guru serta siswa Madrasah dalam menunjang proses pembelajaran dikelas. Kritik dan saran anda sampaikan melalui kolom komentar atau email untuk bahan perbaikan blog ini dimasa yang akan datang.
Jangan dilupakan: Buku Siswa MI K2013 SKI Kelas 3,4,5,6 MI
Silahkan pilih menu “Label” pada blog ini untuk mempermudah pencarian materi yang dibutuhkan.

Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12

Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12

Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12 - Bahasa Arab merupakan mata pelajaran wajib di Madrasah. Semua siswa Madrasah dari tingkat Ibtidaiyah, Sanawiyah, dan ‘Aliyyah mempelajari bahasa yang menjadi bagian dari agama Islam ini. Akan tetapi, kemampuan siswa madrasah dalam bidang bahasa Arab belum mencapai tujuan yang diharapkan. Bagi siswa, bahasa Arab ini sepertinya menjadi mata pelajaran yang membosankan. Benarkah begitu?
Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12
Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12
Saat ini para siswa Madrasah, sudah saatnya untuk menyatakan bahwa anggapan pelajaran bahasa Arab itu membosankan itu salah. Buku ini berikhtiar untuk menyajikan pelajaran bahasa Arab yang menyenangkan dan mengikis habis anggapan yang salah itu.

Dalam buku ini pembekalan kosakata disajikan dengan gambar, agar memudahkan Anda menghafal kosakata dan menguatkan ingatan Anda terhadap kosakata tersebut. Anda pun diharuskan aktif membuka kamus untuk menemukan makna kosakata baru. Bagian yang paling menarik adalah Anda dan teman-teman Anda harus melakukan percakapan dengan bahasa Arab di depan kelas.

Mudah-mudahan buku ini menjadi “magnet kecil” yang menarik siswa madrasah kelas X untuk mencintai bahasa Arab. “Magnet-magnet besar” yang menarik kaum muslimin pada umumnya untuk mempelajari bahasa Arab ialah karena Al-Qur’an berbahasa Arab, dan perkataan Umar bin Khattab,” bersemangatlah belajar bahasa Arab karena ia merupakan bagian dari agamamu.”

Buku ini disusun menurut fungsi fragmatis bahasa, topik pembicaraan, dan ketatabahasaan. Materi yang disajikan buku ini dilandaskan pada pendekatan komunikatif (madkhalul ittishal). Prinsip pendekatan ini adalah mengedepankan pemakaian bahasa dalam berbagai situasi dan beragam kebutuhan sebagai tujuan komunikasi. Gramatika dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menunjang pemaknaan dari kebutuhan dan tujuan komunikasi tersebut.

Pembelajaran aspek mendengar (istima’) dalam buku ini ialah latihan dengan cara mendengarkan rekaman dari CD audio. Dalam aspek berbicara, siswa didorong untuk melakukan percakapan dengan temannya dan memahami teks percakapan. Dalam aspek membaca, siswa dimotivasi dan dibimbing untuk dapat membaca dengan baik. Pada aspek menulis, siswa dilatih untuk mengekspresikan pikirannya dalam bentuk tulisan sesuai dengan tema yang ada.

Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa Arab ini untuk menindaklanjuti program-program prioritas yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan dalam rangka memenuhi Rencana Strategis Kementerian Agama Republik Indonesia 2010-2014.
Baca juga: Buku Fikih Untuk Siswa MA kelas 10-11-12 K2013
Buku Pelajaran Bahasa Arab ini ditulis dengan pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa bab untuk disampaikan kepada peseta didik dalam usaha agar dapat membantu peserta didik dalam memahami sumber dari ajaran agama  yang berbahasa Arab, yaitu Al Qur’an dan Hadits.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peseta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam sekitar.

Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka untuk terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
Buku Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas 10.pdf
Buku Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas 11.pdf
Buku Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas 12.pdf
Ucapan terimakasih dan penghargaan disampaikan kepada Bapak Menteri Agama dan Tim Nara Sumber, Tim Internal, Tim Teknis, dan Tim Pengembang yang telah meluangkan waktu untuk menulis dan memberikan kontribusi pemikiran yang komprehensif dalam mewujudkan Buku Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah 2013. Penghargaan yang sama juga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah memberikan masukan baik secara tertulis, melalui media elektronik dan cetak, maupun secara lisan guna penyempurnaan penulisan buku Bahasa Arab Madrasah Aliyah 2013.

Bagi Bapak/Ibu Guru dan Siswa Kelas X,XI, dan XII yang membutuhkan Buku SKI K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12 dapat mendownload buku ini secara Gratis tanpa biaya dan dengan mudah bisa didownload oleh siapa saja karena Cara Download sangat mudah.

Buku Fikih K2013 Siswa MA Kelas X XI XII

Buku Fikih K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12

Buku Fikih K2013 Siswa MA Kelas X XI XII - Secara umum fungsi pendidikan agama khususnya pendidikan Agama Islam untuk membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama, dan ditujukan untuk berkembangnya kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Buku Fikih K2013 Siswa MA Kelas X XI XII
Buku Fikih K2013 Siswa MA Kelas X XI XII
Untuk merespons beragam kebutuhan masyarakat modern, seluruh elemen dan komponen bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh melalui beragam ikhtiyar komprehensif. Hal ini dilakukan agar seluruh potensi generasi dapat tumbuh kembang menjadi hamba Allah yang dengan karakteristik beragama secara baik, memiliki cita rasa religiusitas, mampu memancarkan kedamaian dalam totalitas kehidupannya.

Aktivitas beragama bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat dengan mata, tetapi juga aktivitas yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam beragam dimensinya. Sebagai ajaran yang sempurna dan fungsional, agama Islam harus diajarkan dan diamalkan dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang damai dan tenteram.

Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA) ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikemas menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linier akan dipelajari menurut jenjangnya.

Pengemasan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan Madrasah dikelompokkan sebagai berikut; diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya, serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi; a) Al-Qur’an-Hadis b) Akidah Akhlak c) Fikih d) Sejarah Kebudayaan Islam. Pada jenjang Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a) Tafsir- Ilmu Tafsir b) Hadis-Ilmu Hadis c) Fikih-Ushul Fikih d) Ilmu Kalam dan e) Akhlak.

Untuk mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab. Sebagai panduan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Madrasah, Kementerian Agama RI telah menyiapkan model Silabus Pembelajaran PAI di Madrasah dan menerbitkan Buku Pegangan Siswa dan Buku Pedoman Guru.

Kehadiran buku bagi siswa ataupun guru menjadi kebutuhan pokok dalam menerapkan Kurikulum 2013 di Madrasah. Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, mala yatimmu al-wajibu illa bihi fahuwa wajibun, (suatu kewajiban tidak menjadi sempurna tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). Atau menurut kaidah Ushul Fikih lainnya, yaitu al-amru bi asy-syai’i amrun bi wasailihi (perintah untuk melakukan sesuatu berarti juga perintah untuk menyediakan sarananya).

Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyedikan sarana pendukungnya, salah satu diantaranya Buku Ajar. Karena itu, Buku Pedoman Guru dan Buku Pegangan Siswa ini disusun dengan Pendekatan Saintifik, yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.

Link Downoad Penting lainnya:
Buku K2013 Pelajaran Matematika Kelas 1-6 SD/MI
Administrasi PBM K-2013 Guru Kelas 6
KI dan KD SMP/MTs Kurikulum 2013 Terkini
Standar Kompetensi Guru SD/MI Terkini
Buku Siswa MI K2013 Al-Qur'an dan Hadist Kelas 1.2,3,4,5,6 MI
Buku Siswa MI K2013 Aqidah Akhlak Kelas 1.2,3,4,5,6 MI
Buku Siswa K13 Bahasa Arab MI Kelas 1.2,3,4,5,6
Buku Siswa K13 Fikih Kelas 1.2,3,4,5,6 MI
Buku Siswa MI K2013 SKI Kelas 3,4,5,6 MI
Keberadaan Buku Ajar dalam penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan, karena dengan Buku Ajar, siswa ataupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri, mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan dengan buku akan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi masa depan.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini merupakan cetakan pertama, tentu masih terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu sangat terbuka untuk terus-menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan.

Sebagai contoh ataupun langsung dapat dipergunakan sebagai pedoman bagi guru dan siswa, berikut link download untuk memperolehnya:
Buku Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 10.pdf
Buku Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 11.pdf
Buku Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas 12.pdf
Kami berharap kepada berbagai pihak untuk memberikan saran, masukan dan kritik konstruktif untuk perbaikan dan penyempurnaan di masa-masa yang akan datang. Atas perhatian, kepedulian, kontribusi, bantuan dan budi baik dari semua pihak yang terlibat dalam penyusunan dan penerbitan buku-buku ini, kami mengucapkan terima kasih. Jazakumullah Khairan Kasiran.

Demikian ulasan singkat materi Buku Fikih K2013 Siswa MA Kelas 10,11,12 dengan harapan untuk menambah pengayaan materi penjelas dan dapat dipergunakan pula sebagai pengayaan referensi. Mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan di setiap materi di blog ini. Sudilah kiranya kritik, saran serta masukan senantiasa kami tunggu untuk meningkatkan kualitas blog kami di masa yang akan datang.

Kisi-Kisi Soal USBN SD/MI Tahun 2018/2019 ( Matematika ) Irisan KTSP dan KK 2013


Badan Standar
Nasional Pendidikan (BSNP) merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar
Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Keputusan ini
ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018
untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN.









Fungsi
Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan
naskah soal

Aplikasi Raport K13 SD Semester 1 Revsi Terbaru Kelas 1


Kegiatan
proses beajar mengajar pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 akan
segera berakhir, dan dengan berakhirnya pembellajaran tersebut guru
disibukkan dengan kegiatan mencetak laporan pendidikan/cetak raport.
Untuk mencetak raport pada kurikulum 2013 diperlukan ketelitian dan
kejelian dalam meaksanakan penilaiannya. Sedangkan laporan pendidikan
pada kurikulum 2006 buku laporan