RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru

RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru


Dalam rangka menumbuhkan budi pekerti siswa, pemerintah melalui kemdikbud meluncurkan sebuah gerakan yang disebut Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembalajaran sepanjang hayat. 

Praktik pendidikan perlu menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran agar semua warganya tumbuh sebagai pembelajar sepanjang hayat. Untuk mendukungnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Sebaga bahan pendukung Gerakan Literasi Sekolag (GLS), maka diperlukan sebuah rencana yang mendasar yang dilakukan oleh pendidik sebagai bukti awal pelaksanaan gerakan tersebut dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) khusus gerakan Literasi sekolah.

Berikut ini adalah salah satu contoh materi yang kami bagikan pada akhir contoh, dan merupakan materi yang terdapat pada tema 6 kelas 4 pada pelaksanaan pembelajaran semester 2, serta perlu diketahui bahwa materi yang kami bagikan merupakan 1 (satu) file dalam 1 (satu) tema apabila di hitung secara keseluruhan materi ini nantinya terdiri dari 136 halaman. Simak sebagian materi tersebut di bawah ini! 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan
:
SD N Indonesia
Kelas / Semester
:
4 (Empat) 2 (Dua)
Tema
:
6. Cita - Citaku
Sub Tema
:
4. Kegiatan Pembiasaan Literasi
Pembelajaran ke
:
1 (Satu)
Alokasi waktu
:
1 Hari


A.   MATERI
  • Berbicara, membaca dan menulis.

B.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

C.   KOMPETENSI YANG DINILAI

No
Kompetensi
Keterangan
1

Pengetahuan  

1.    Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual
2
Keterampilan
1.    Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis.
3
Sikap
1.    Kemandirian dan percaya diri

D.   DISKRIPSI KEGIATAN
Sekolah harus menjalankan program dengan konsisten agar kemampuan literasi siswa dapat berkembang dengan baik. Guru akan membimbing siswanya untuk kegiatan berbahasa lisan, membaca pemahaman, dan menulis.

E.    TUJUAN
  • Siswa terbiasa membaca, menulis dan berbicara
  • Pengetahuan siswa meningkat.
  • Siswa mudah dalam memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual
F.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Membaca, menulis, diskusi dan presentasi

G.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.    Guru memberikan salam
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
·           Apa yang tergambar pada sampul buku.
·           Apa judul buku
·           Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·           Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini

6.   Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
7. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
8.Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
9.  Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
a.    Kegiatan Berbahasa Lisan (15 menit)
  1. Guru meminta seorang siswa untuk mengambil salah satu benda yang dibawanya dari rumah dan mendeskripsikannya di depan teman- temannya.
  2. Siswa lain diminta untuk menyimak serta diberi kesempatan untuk bertanya.
  3. Kegiatan seorang siswa untuk berbicara dan menjawab pertanyaan hanya 3 menit saja
  4. Guru kemudian meminta siswa lain untuk maju ke depan dan melakukan hal yang sama. Guru melakukan hal yang sama untuk siswa ketiga.
  5. Guru menjelaskan kepada seluruh siswa bahwa setiap hari mereka akan melakukan hal yang sama. Setiap hari akan ada tiga orang yang maju ke depan kelas untuk mendeskripsikan benda.

b.    Kegiatan Membaca Pemahaman (30 menit)
  1. Ambil satu teks dari Aku Cinta Membaca
  2. Mintalah siswa untuk membaca senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.
  3. Pada kesempatan ini guru juga membaca teks yang sama. Partisipasi guru dalam membaca sangat bermanfaat bagi siswa karena guru bisa dijadikan contoh.
  4. Mintalah siswa menyampaikan apa yang dibacanya kepada teman disebelahnya. Guru berkeliling untuk memastikan semua berpartisipasi aktif.
  5. Guru meminta siswa untuk menuliskan satu kata sulit di potongan kertas kecil dan menempelkannya di papan tulis (bisa juga guru meminta siswa menyampaikan kata sulit kemudian guru menuliskannya di papan tulis).
  6. Guru membahas satu kata sulit dengan siswa. Guru bertanya kepada siswa, siapa yang bisa menemukan arti salah satu kata sulit tersebut.
  7. Siswa harus menjelaskan arti kata tersebut. Siswa lain menanggapi.
  8. Selanjutnya guru membahas kata sulit yang lain. Begitu seterusnya.
  9. Siswa mencatat kata-kata sulit yang telah didiskusikan. Menulis Kegiatan (30 menit)
  10. Kegiatan menulis bisa dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  11. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan dihari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  12. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolahraga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dsb).  Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan; siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan, dimana mereka melakukan kegiatan.
  13. Setelah kegiatan menulis selesai, guru bisa meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman kelompoknya.

c.    Kegiatan Menulis (30 menit)
  1. Kegiatan menulis dapat dilakukan di kertas HVS yang dibagikan oleh guru.
  2. Siswa diajak mengingat satu kegiatan yang dilakukan di hari sebelumnya (apabila kegiatan menulis dilakukan pada hari Senin, maka siswa harus mengingat kegiatan pada hari Minggu, begitu seterusnya).
  3. Siswa kemudian menuliskan kegiatan yang dilakukannya tersebut (berolah raga, ke rumah nenek, berkebun, pergi ke kota, dan sebagainya). Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan mencantumkan apa yang dilakukan, dimana mereka melakukan kegiatan, siapa yang terlibat, kapan dilakukan, bagaimana kegiatan dilakukan, serta bagaimana perasaan mereka saat berkegiatan.
  4. Setelah kegiatan menulis selesai, guru dapat meminta setiap siswa untuk membacakan tulisannya kepada teman di kelompoknya.

d.    Bentuk Kegiatan Kelas
  1. Guru meminta siswa untuk mencermati bacaan yang disajikan di Buku Siswa, siswa diperbolehkan untuk menggaris bawahi informasi-informasi penting yang mereka temukan dalam bacaan
  2. Siswa menunjukkan pemahamannya tentang isi bacaan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dan disajikan di Buku Siswa
  3. Siswa diminta untuk menceritakan kembali isi dari cerita yang dibaca dan membuat ulasan singkat tentang cerita tersebut.


  1. Kegiatan Gallery Walk
  2. Kegiatan Gallery Walk adalah kegiatan pameran hasil belajar yang diselenggarakan dalam ruangan.
  3. Guru meminta siswa untuk menempelkan hasil ulasan cerita di dinding kelas. Siswa saling mengunjungi hasil ulasan temannya dan memberikan komentar yang positif atau saran untuk perbaikan.

150 menit
Penutup
  1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
  2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
  4. Salam dan do’a penutup.

15 menit


H.   SUMBER DAN  MEDIA
Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 4 semester 2 dari JGC revsi 2017
Teks dari “Aku Cinta Membaca”

I.      PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian hasil karya atau menyesuaikan dengan guru.

a)    Penilaian uji unjuk kerja menyajikan kegiatan pembiasaan Literasi:

No
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan

Sangat Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual
Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual
Cukup Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual
Tidak cukup Memahami teks lisan, tulisan, maupun gambar/visual
4
Keterampilan
Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis  Sangat bagus
Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis bagus
Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis Cukup

Kemampuan berbicara, membaca,  dan menulis kurang
3
Sikap
Keseluruhan kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri
Sebagian besar kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri
Setengah kegiatan kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri
Sebagaian kecil kegiatan kegiatan dengan Mandiri dan Percaya diri

Catatan : Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : (Total nilai/12)x10

Contoh :
= (( 3+4+4)/12)X10
=  (11/12)X10
= 9,2

Penilaian Catatan Guru
1. Masalah
2. Ide Baru
3. Momen Spesial
: ........................................
: ........................................
: ........................................


Mengetahui
Kepala Sekolah,




......................................
NIP. ............................................
...................., ......................... 2018
Guru Kelas IV,




..............................................
NIP. ...........................................



Download materi lengkap:  RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Sub Literasi Tema 6.doc
Materi terkait lainnya:

Semoga materi RPP Literasi Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi Terbaru ini sangat bermanfaat. Jangan lupa bagikan kembali kepada rekan-rekan yang membutuhkan, dan apabila bermaksud untuk membagikan pada media sosial lainnya mohon dengan sangat untuk mencantumkankan sumber utama dari blog ini " HUKUMNYA WAJIB"

Buku Matematika K13 Revisi 2018 Bagi Siswa Kelas 4

Buku Matematika K13 Revisi 2018 Bagi Siswa Kelas 4 

Buku Matematika K13 Revisi 2018 Bagi Siswa Kelas 4 - Buku matematika yang kami sajikan saat ini merupakan buku siswa yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku siswa ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. 
Buku Matematika K13 Revisi 2018 Bagi Siswa Kelas 4
Buku Matematika K13 Revisi 2018 Bagi Siswa Kelas 4 
Perlu dipahami, bahwa buku merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman http://buku.kemendikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Adik-adik generasi emas, kami bersyukur kepada Allah SWT atas segala rahmat, hidayah, dan taufiq-Nya sehingga Buku Matematika untuk SD/MI Kelas IV dapat kami hadirkan dihadapan adik-adik sekalian. Buku ini merupakan bagian dari serangkaian Buku Siswa untuk SD/MI Kelas IV, V, dan VI. Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk membantu adikadik sekalian untuk dapat belajar dan memahami matematika.

Dalam buku ini, disajikan tahapan pembelajaran 5 M, yaitu: mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Masing-masing tahapan disajikan secara detail untuk membantu adik-adik dalam melakukan aktivitas ilmiah, berbasis berfikir tingkat tinggi. Dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, diharapkan peserta didik dapat meningkatkan kemampuan literasi, dan juga kemampuan mengkoneksikan apa yang dipelajari dengan lingkungan sekitarnya.

Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang membantu terselesaikannya buku ini. Semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang setimpal.

Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam buku siswa ini, oleh karena itu saran dan kritik membangun selalu kami harapkan. Semoga buku siswa ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi yang memerlukannya.

Pendekatan yang digunakan menggunakan adalah scientific approach atau 5 M, yaitu mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Masing-masing tahapan disajikan secara detail untuk membantu siswa dalam melakukan aktivitas ilmiah berbasis berfikir tingkat tinggi.

Dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan literasinya, pemahaman, keterampilan, serta aspek sikap yang baik. Tentu, kemampuan mengkoneksikan apa yang dipelajari dengan lingkungan sekitarnya menjadi perhatian yang tak terabaikan. 
Materi yang terdapat pada buku Siswa Kelas 4 K13 Revisi 2018 ini adalah:

Pecahan
A. Bilangan Pecahan
B. Bentuk Pecahan
C. Taksiran
D. Aplikasi Pecahan

KPK dan FPB
A. Faktor dan Kelipatan Bilangan
B. Faktorisasi Prima
C. Menentukan KPK dan FPB
D. Penerapan KPK dan FPB

Aproksimasi
A. Pembulatan Hasil Pengukuran Panjang dan Berat ke Satuan Terdekat
B. Pembulatan Hasil Pengukuran Panjang dan Berat ke Puluhan Terdekat
C. Pembulatan Hasil Pengurangan Panjang dan Berat ke Ratusan Terdekat
Download juga: Buku Matematika K13 Revisi 2018 Bagi Guru Kelas 4 
Bangun Datar
A. Bangun Segibanyak
B. Keliling Bangun Datar
C. Luas Bangun Datar

Statistika
A. Membaca dan Menafsirkan Data
B. Penyajian Data dalam Diagram Batang
Pengukuran Sudut
A. Pengukuran Sudut dalam Satuan Baku dengan Busur Derajat
B. Pengukuran Sudut Bangun Datar dengan Busur Derajat


Beberapa aspek penting yang disampaikan oleh guru adalah adanya narasi awal pembelajaran dengan menyajikan masalah-masalah kontekstual, guru memfasiltasi siwa dalam proses pembelajaran problem based learning, discovey learning, dan collaborative learning. Siswa juga didorong untuk dapat membuat kaitan-kaitan penting antar sub materi, dan antar materi dengan alam sekitar anak. Literasi dan koneksi siswa dinilai dengan menggunakan authentic assessment. Di akhir setiap bab, disajikan project based learning.

Bagi yang masing membutuhkan Buku Guru Matematika K13 Kelas 4.pdf  langsung saja didownload

Demikian ulasan singkat materi Buku Matematika K13 Revisi 2018 Bagi Siswa Kelas 4  semoga bermanfaat.