RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi

RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi

RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi - Proses Pembelajaran merupakan suatu sistem yang mana untuk pencapaian standar proses untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dimulai dengan merencanakan program pengajaran lebih baik, terperinci dan terencana. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan salah satu alat penunjang keberhasilan pembelajaran di kelas yang berisi mengenai informasi proses pembelajaran di kelas.
RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi
RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi
Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.

Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, adalah sebagai berikut:

  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) setelah direvisi dan yang disusun harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya.

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis.

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Download juga:
RPP Kelas 1 Tema 5-6-7-8 K-2013 Edisi Revisi
RPP K13 SD/MI Kelas 2 Tema 5,6,7,8 Edisi Revisi Semester 2
Silabus K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2
RPP Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tema 5,6,7,8 Revisi
Jurnal Mengajar K13 SD/MI Kelas 3 Semester 1 dan 2
Rangkuman Materi Khusus Tema 8 K13 Kelas 3 SD/MI
Administrasi PBM K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2
RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi
RPP SD/MI Matematika K13 Kelas 4 Semester 2
Silabus Matematika K13 Kelas 4 Semester 2
Beberapa penjelasan di atas tujuannya adalah supaya kita sebagai pendidik dapat menselaraskan tujuan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah dituangkan dalam berbagai peraturannya. Sebagai kelengkapan silahkan download materi yang kami maksud pada menu di bawah ini.

Link Download RPP Kelas 4 SD/MI Tema 7
RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Tema 7 Lengkap.doc
RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Sub Literasi Tema 7.docx
Demikian semoga materi RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 7 Edisi Revisi dapat bermanfaat khususnya untuk melengkapi administrasi bapak dan ibu guru dalam proses belajar mengajar di kelasnya. mohon maaf atas segala kekurangan kami. Apabila materi ini bermanfaat silahkan bagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkannya.

Silabus Matematika K13 Kelas 4 Semester 2

Silabus Matematika K13 Kelas 4 Semester 2

Untuk menjelaskan materi tentang Silabus Matematika K13 Kelas 4 Semester 2 berikut ulasan secara singkatnya.
Silabus Matematika K13 Kelas 4 Semester 2
Silabus Matematika K13 Kelas 4 Semester 2

A. Pengertian Silabus

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

B. Prinsip Pengembangan Silabus

1. Ilmiah

Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

2. Relevan

Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.

3. Sistematis

Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

4. Konsisten

Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.

5. Memadai

Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

6. Aktual dan Kontekstual

Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.

7. Fleksibel

Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

8. Menyeluruh

Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).

C. Unit Waktu Silabus

  1. Silabus mata pelajaran disusun berdasarkan seluruh alokasi waktu yang disediakan untuk mata pelajaran selama penyelenggaraan pendidikan di tingkat satuan pendidikan.
  2. Penyusunan silabus memperhatikan alokasi waktu yang disediakan per semester, per tahun, dan alokasi waktu mata pelajaran lain yang sekelompok.
  3. Implementasi pembelajaran per semester menggunakan penggalan silabus sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran dengan alokasi waktu yang tersedia pada struktur kurikulum. Bagi SMK/MAK menggunakan penggalan silabus berdasarkan satuan kompetensi.

D. Pengembang Silabus

Pengembangan silabus dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah/madrasah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendikan.

  1. Disusun secara mandiri oleh guru apabila guru yang bersangkutan mampu mengenali karakteristik peserta didik, kondisi sekolah/madrasah dan lingkungannya.
  2. Apabila guru mata pelajaran karena sesuatu hal belum dapat melaksanakan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah/madrasah dapat mengusahakan untuk membentuk kelompok guru mata pelajaran untuk mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah/madrasah tersebut.
  3. Di SD/MI semua guru kelas, dari kelas I sampai dengan kelas VI, menyusun silabus secara bersama. Di SMP/MTs untuk mata pelajaran IPA dan IPS terpadu disusun secara bersama oleh guru yang terkait.
  4. Sekolah/Madrasah yang belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolahsekolah/madrasah-madrasah lain melalui forum MGMP/PKG untuk bersama-sama mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah/madrasah-madrasah dalam lingkup MGMP/PKG setempat.
  5. Dinas Pendidikan/Departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama setempat dapat memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman di bidangnya masing-masing.


E. Langkah-langkah Pengembangan Silabus

1. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran sebagaimana tercantum pada Standar Isi, dengan memperhatikan hal-hal berikut:

  • urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI;
  • keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
  • keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.


2. Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran
Mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar dengan mempertimbangkan:

  • potensi peserta didik;
  • relevansi dengan karakteristik daerah,
  • tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik;
  • kebermanfaatan bagi peserta didik;
  • struktur keilmuan;
  • aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
  • relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan
  • alokasi waktu.

3. Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut.

  • Kegiatan pembelajaran disusun untuk memberikan bantuan kepada para pendidik, khususnya guru, agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional.
  • Kegiatan pembelajaran memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan oleh peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar.
  • Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran.
  • Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar siswa, yaitu kegiatan siswa dan materi.


4. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.

5. Penentuan Jenis Penilaian

Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri. Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penilaian.

  • Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi.
  • Penilaian menggunakan acuan kriteria; yaitu berdasarkan apa yang bisa dilakukan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran, dan bukan untuk menentukan posisi seseorang terhadap kelompoknya.
  • Sistem yang direncanakan adalah sistem penilaian yang berkelanjutan. Berkelanjutan dalam arti semua indikator ditagih, kemudian hasilnya dianalisis untuk menentukan kompetensi dasar yang telah dimiliki dan yang belum, serta untuk mengetahui kesulitan peserta didik.
  • Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. Tindak lanjut berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, program remedi bagi peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan.
  • Sistem penilaian harus disesuaikan dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, jika pembelajaran menggunakan pendekatan tugas observasi lapangan maka evaluasi harus diberikan baik pada proses (keterampilan proses) misalnya teknik wawancara, maupun produk/hasil melakukan observasi lapangan yang berupa informasi yang dibutuhkan.

6. Menentukan Alokasi Waktu

Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar. Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam.

7. Menentukan Sumber Belajar

Sumber belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.
Download juga: RPP Matematika Kelas 4 Semester 2 K13 Revisi
F. Contoh Model Silabus

Dalam menyusun silabus dapat menggunakan salah satu format yang sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan. Pada dasarnya ada dua jenis, yaitu jenis kolom (format 1) dan jenis uraian (format 2). Dalam menyusun format urutan KD, urutan penempatan materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator dan seterusnya dapat ditetapkan oleh masing-masing satuan pendidikan, sejauh tidak mengurangi komponen-komponen dalam silabus.

Download file:
Silabus Kelas 4 Matematika Semester 2.rtf
Demikian ulasan singkat materi Silabus Matematika K13 Kelas 4 Semester 2 Semoga bermanfaat

RPP SD/MI Matematika K13 Kelas 4 Semester 2

RPP SD/MI Matematika K13 Kelas 4 Semester 2

RPP SD/MI Matematika K13 Kelas 4 Semester 2 - Sesuai pedoman/juknis bahwa susunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 disusun berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Hal ini berlaku pula untuk semua susunan RPP, dimana dalam mata pelajaran Matematika untuk Kelas 4 disajikan secara terpisah dengan pembelajaran tematik terpadu lainnya.
RPP SD/MI Matematika K13 Kelas 4 Semester 2
RPP SD/MI Matematika K13 Kelas 4 Semester 2
Bapak dan Ibu guru Sekolah Dasar (SD) untuk mempermudah melengkapi administrasi pembelajaran, berikut ini kami bagikan materi RPP Matematika untuk kelas 4 yang telah kami sesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016. Dan berikut ini kami sajikan salah satu contoh bentuk RPP Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Semester 2.

Sedangkan Komponen Rencana Pembelajaran Pembelajaran (RPP) terdiri atas:

  1. Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/semester;
  4. Materi pokok;
  5. Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  7. Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
  8. Materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
  13. Penilaian hasil pembelajaran.

Download juga:
RPP K13 Kelas 3 Semester 2 Lengkap Semua Tema
Pemetaan-Prota dan promes K13 Kelas 4 Edisi Revisi
RPP Tematik Kelas 4 Tema 6 (Semester 2)
Dengan demikian RPP Matematika untuk Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2018 sudah diintegrasikan dengan literasi keterampilan abad ke-21 atau yang sering disebut dengan istilah 4C dan HOST (Higher Order Thinking Skill).


Demikian semoga materi RPP SD/MI Matematika K13 Kelas 4 Semester 2 yang kami bagikan ini bermanfaat untuk melengkapi administrasi pembelajaran bapak/ibu guru khususnya yang mengajar di kelas 4 (empat) SD/MI. Mohon maaf atas segala kekurangan 

RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi

RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi

RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi - Proses Pembelajaran merupakan suatu sistem yang mana untuk pencapaian standar proses untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat dimulai dengan merencanakan program pengajaran lebih baik, terperinci dan terencana. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran merupakan salah satu alat penunjang keberhasilan pembelajaran di kelas yang berisi mengenai informasi proses pembelajaran di kelas.
RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi
RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi
Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.

Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, adalah sebagai berikut:

  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.

Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).

Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis.

Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Download juga: RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 Semester 2 Lengkap
Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Download juga: Pemetaan-Prota dan Promes K13 Revisi Kelas 4 Semester 2
Beberapa penjelasan di atas tujuannya adalah supaya kita sebagai pendidik dapat menselaraskan tujuan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah dituangkan dalam berbagai peraturannya. Sebagai kelengkapan silahkan download materi yang kami maksud pada menu di bawah ini.

============= RPP Kelas 4 SD/MI Tema 6 =============
RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Tema 6 Lengkap.doc
RPP Kurikulum 2013 Kls 4 Sub Literasi Tema 6.doc
Demikian semoga materi RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 6 Edisi Revisi dapat bermanfaat khususnya untuk melengkapi administrasi bapak dan ibu guru dalam proses belajar mengajar di kelasnya. mohon maaf atas segala kekurangan kami. Apabila materi ini bermanfaat silahkan bagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkannya.

Download Pemetaan-Prota dan Promes K13 Revisi Kelas 4 Semester 2

Download Pemetaan-Prota dan Promes K13 Revisi Kelas 4 Semester 2

Download Pemetaan-Prota dan Promes K13 Revisi Kelas 4 Semester 2 - Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari berbagai mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih.
Download Pemetaan-Prota dan Promes K13 Revisi Kelas 4 Semester 2
Download Pemetaan-Prota dan Promes K13 Revisi Kelas 4 Semester 2
Dalam melakukan pemetaan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut :

  1. Mempelajari kompetensi inti dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan mengidentifikasi kompetensi dasar dari beberapa mata pelajaran yang dapat dipadukan. Setelah itu melakukan penetapan tema pemersatu.
  2. Contoh format pemetaan cara pertama adalah menjabarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam indicator, melakukan kegiatan penjabaran kompetensi inti dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran ke dalam indicator. Dalam mengembangkan indicator perlu  memperhatikan hal-hal sebagai berikut;


  • Indicator dikembangkan sesuia dengan karakteristik peserta didik.
  • Indicator dikembangkan sesuia dengan karakteristik mata pelajaran.
  • Dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan dapat diamati
Dari pemetaan tersebut, maka akan memudahkan dalam meyusun, silabus, program semester, program tahunan dan lainnya.

Program Tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.

Program Semester (Promes) adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan.

Satu semester terdiri dari 19 minggu kerja termasuk penyelenggaraan tatap muka, mid semester dan ujian semester. Pada dasarnya penyusunan program semester ini kita tinggal ambil dari masing-masing subtema dan diuraikan pada setiap pelaksanaan alokasi waktu yang dipergunakan untuk menyampaikan materi tersebut dengan kurin waktu selama 1 (satu) semester (6 bulan).

Untuk lebih jelas secara lengkap bagi bapak dan ibu Guru/pendidik dijenjang SD/MI Kelas 4 yang belum memiliki Pemetaan KD KI-3 & KI-4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi terbaru 2018 dapat mendownloadnya melalui tautan link yang saya siapkan di bawah ini:
Pemetaan KD K13 Kelas 4 Semester 2.xlsx
Program Semester K13 Kelas 4 Semster 2.xlsx
Program Tahunan K13 Kelas 4 Semster 2.xlsx
Demikian ulasan singkat tentang materi Download Pemetaan-Prota dan Promes K13 Revisi Kelas 4 Semester 2 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan kami dalam menjelaskan materi disetiap blog yang kami kelola, karena sifat kami masih serba terbatas.

Download juga:
Rangkuman Materi Khusus Tema 8 K13 Kelas 3 SD/MI
Administrasi PBM K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2
Soal Penilaian Harian (PH) Kelas 2 SDMI Tema 6 K13
Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester 2
Jurnal Mengajar K13 SD/MI Kelas 3 Semester 1 dan 2 Revisi
RPP Kelas 1 Tema 5-6-7-8 K-2013 Edisi Revisi Semester 2
RPP K13 SD/MI Kelas 2 Tema 5,6,7,8 Edisi Revisi Semester 2
RPP Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tema 5,6,7,8 Revisi
Terima kasih kami ucapkan kepada rekan-rekan pendidik atau secara umum pengunjung blog ini yang selalu setia mengunjungi untuk mendapatkan update terbaru materi pendidikan yang setiap hari selalu kami update, dengan tujuan supaya disetiap pencarian google selalu muncul yang teratas. Sudilah kiranya anda untuk meninggalkan email pada kotak yang kami sediakan untuk secara otomatis akan mendapatkan materi terbaru dari kami. Dan kami siap menunggu kritik, saran serta masukan yang bersifat positif untuk meningkatkan kualitas blog pendidikan ini.

Rangkuman Materi Khusus Tema 8 K13 Kelas 3 SD/MI

Rangkuman Materi Khusus Tema 8 K13 Kelas 3 SD/MI

Rangkuman Materi Khusus Tema 8 K13 Kelas 3 SD/MI - Pada dasarnya meskipun diterapkannya Kurikulum 2013, pembelajaran di kelas 3 Sekolah Dasar (SD) telah menggunakan pembelajaran tematik.  Namun apabila dibandingkan dengan tematik pada Kurikulum 2013 sedikit berbeda dengan pembelajaran tematik KTSP. Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 lebih menekankan pada tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 
Rangkuman Materi Khusus Tema 8 K13 Kelas 3 SD/MI
Rangkuman Materi Khusus Tema 8 K13 Kelas 3 SD/MI
Disamping itu pula pembelajaran tematik kelas 3 sudah disediakan tema yang akan dibelajarkan. Sedikit berbeda dengan kurikulum sebelumnya, di mana tema dikembangkan sendiri oleh guru dengan tetap mengacu pada Kompetensi Dasar (KD) yang tertuang di dalam kurikulum.

Download juga:
RPP Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tema 5,6,7,8 Revisi
Jurnal Mengajar K13 SD/MI Kelas 3 Semester 1 dan 2 Revisi
Pemetaan KI-KD K13 Revisi Terbaru Kelas 3 SD/MI Semester 2
Administrasi PBM K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2
Mohon maaf sebelumnya dikesempatan kali ini kami akan membagikan rangkuman materi khususnya untuk kelas 3 SD/MI dan kebetulan menggunakan Kurikulum 2013, rangkuman materi ini kami pandang amat sangat bermanfaat, karena selain dapat dipergunakan sebagai pengayaan materi juga dapat memudahkan bapak dan ibu guru menyusun soal penilaian.

File Download:
Materi Kelas 3 Tema 8 Subtema 1 Aku Anggota Pramuka.pdf 
Materi Kelas 3 Tema 8 Subtema 2 Aku Anak Mandiri.pdf 
Materi Kelas 3 Tema 8 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang.pdf 
Materi kelas 3 Tema 8 Subtema 4 Aku Suka Berkarya.pdf
Berikut rangkuman materi Kurikulum 2013 Kelas 3 tema 8 yang sudah barang tentu untuk materi pada semester 2 (Genap) tahun pelajaran 2018/2019.

Administrasi PBM K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2 Lengkap

Administrasi PBM K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2 Lengkap

Administrasi PBM K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2 LengkapAdministrasi/Perangkat Pembelajaran K13 SD/MI Kelas 1 Revisi 2018 kami bagikan secara lengkap yang dapat anda gunakan sebagai referensi dalam pembuatan perangkat pembelajaran tahun pelajaran 2018/2019. Secara umum perangkat pembelajaran terdiri dari RPP, KKM, KI dan KD, Promes, Prota, Silabus, Pemetaan Ki-KD, Daftar Nilai  buku guru buku siswa serta administrasi pengembangan lainnya.
Perlu bapak dan Ibu pendidik ketahui bersama bahwa, Perangkat Pembelajaran Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang kami bagikan ini sebenarnya perangkat pembelajaran Kelas 3 Kurikulum 2013 revisi 2017, namun dapat pula anda gunakan sebagai referensi untuk pembuatan perangkat pembelajaran Kelas 3 SD kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk tahun pelajaran 2018/2019. Hal tersebut dikarenakan administrasi ini telah kami revisi secara menyeluruh.
Perangkat Kelas 3 tersebut di buat dengan menggunakan format word dan format excel. Selengkapnya, bagi bapak/ibu guru Kelas 3 yang belum memiliki Administrasi/perangkat pembelajaran Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya siapkan di bawah ini.
Aplikasi-KKM-KK-13-Kelas 3 Revisi 2018.xlsx 
Daftar Lengkap Administrasi Guru Kelas SD-MI.doc 
Program Semester K13 Kelas 3 Semester 2.docx 
Program Tahunan Kurikulum 2013 Kelas 3a Semester 2.doc 
Program Tahunan Kurikulum 2013 Kelas 3b Semester 2.doc
Demikian ulasan tentang Administrasi PBM K13 SD/MI Kelas 3 Semester 2 Lengkap semoga dapat segera dipergunakan untuk melengkapi administrasi bapak dan ibu, sehingga apabila diadakan supervisi baik dari kepala Sekolah maupun Pengawas sekolah kita sudah bisa bernafas dengan lega. Bagikan kepada rekan-rekan link artikel ini jikalau memang materi ini bermanfaat, dan besar harapan kami anda dapat meninggalkan komentar atau email pada kotak yang telah kami sediakan.

Soal Penilaian Harian (PH) Kelas 2 SDMI Tema 6 K13 Revisi

Soal Penilaian Harian (PH) Kelas 2 SDMI Tema 6 K13 Revisi

Soal Penilaian Harian (PH) Kelas 2 SDMI Tema 6 K13 Revisi - Penilaian merupakan bagian penting dari sistem pembelajaran di sekolah. Penilaian merupakan suatu alat ukur untuk mengumpulkan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil belajar mengajar yang telah   dilaksanakan.
Soal Penilaian Harian (PH) Kelas 2 SDMI Tema 6 K13 Revisi
Soal Penilaian Harian (PH) Kelas 2 SDMI Tema 6 K13 Revisi
Penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan pendidik dapat dijadikan umpan balik proses pembelajaran baik bagi pendidik untuk memperbaiki cara dan strategi mengajar maupun bagi siswa untuk memperbaiki cara belajar.

Penilaian yang dilakukan oleh guru harus memperhatikan kompetensi yang diukur, metode pembelajaran yang digunakan, sarana prasarana yang tersedia serta kemampuan siswa. Selain itu teknik penilaian manapun yang digunakan guru perlu diinformasikan secara terbuka baik kepada siswa maupun orang tua siswa.

Hasil analisis penilaian bahkan dapat pula digunakan sebagai masukan bagi peningkatan mutu pendidikan secara umum oleh pengambil keputusan termasuk kepala sekolah, dinas pendidikan dan komite sekolah. Sehingga dapat dilakukan perencanaan program pembelajaran selanjutnya yang lebih baik.

Hasil dari setiap kegiatan penilaian hasil belajar dicantumkan dalam buku daftar nilai. Unsur penilaian hasil belajar yang dicantumkan dalam buku daftar nilai adalah sebagai berikut:
a. Ulangan Harian
b. Ulangan Tengah Semester
c. Tugas (seperti Penugasan, produk, pengamatan)
d. Ulangan Akhir Semester
e. Ulangan Kenaikan Kelas

Download Soal Penilaian Harian [PH] Kelas 2 Tema 6
Soal PH Kelas 2 Tema 6 Subtema 1 Semester 2.rar
Soal PH Kelas 2 Tema 6 Subtema 2 Semester 2.rar
Soal PH Kelas 2 Tema 6 Subtema 3 Semester 2.rar
Soal PH Kelas 2 Tema 6 subtema 4 Semester 2.rar
Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik untuk menilai/mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih. Ulangan Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Bentuk Ulangan harian selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk. Frekuensi dan bentuk ulangan harian dalam satu semester ditentukan oleh pendidik sesuai dengan keluasan dan kedalaman materi.

Sebagai tindak lanjut ulangan harian, yang diperoleh dari hasil tes tertulis, pengamatan, atau tugas diolah dan dianalisis oleh pendidik. Hal ini dimaksudkan agar ketuntasan belajar siswa pada setiap kompetensi dasar lebih dini diketahui oleh pendidik. Dengan demikian ulangan ini dapat diikuti dengan program tindak lanjut baik remedial atau pengayaan, sehingga perkembangan belajar siswa dapat segera diketahui sebelum akhir semester.

Dalam rangka memperoleh nilai tiap mata pelajaran selain dengan ulangan harian dapat dilengkapi dengan tugas-tugas lain seperti PR, proyek, pengamatan dan  produk.  Tugas-tugas tersebut dapat didokumentasikan dalam bentuk portofolio. Ulangan harian ini juga berfungsi sebagai diagnosis terhadap kesulitan belajar siswa.

Download juga:
RPP Kelas 1 Tema 5-6-7-8 K-2013 Edisi Revisi Semester 2
Prota dan Prosem Kelas 1 Semester 2 K13 Revisi
PROTA, PROSEM Kelas 2 SDMI Semester 2 K13
RPP K13 SD/MI Kelas 2 Tema 5,6,7,8 Edisi Revisi Semester 2
RPP Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tema 5,6,7,8 Revisi
Jurnal Mengajar K13 SD/MI Kelas 3 Semester 1 dan 2 Revisi
Pemetaan KI-KD K13 Revisi Terbaru Kelas 3 SD/MI Semester 2
Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester
Demikian ulasan singkat tentang materi Soal Penilaian Harian (PH) Kelas 2 SDMI Tema 6 K13 Revisi dan kami berharap referensi dalam menyusun soal, Bapak/Ibu Guru bisa klik tautan di bawah ini untuk mengunduh kisi-kisi soal termasuk pemetaan KD dan soal penilaian harian.

Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester Genap

Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester Genap

Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester Genap - Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester Genap
Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester Genap
Pengembangan silabus pada hakekatnya ditujukan kepada guru dan kelompok guru mata pelajaran di sekolah/madrasah, musyawarah guru mata pelajaran, dan dinas pendidikan. Sejalan dengan itu maka tujuan pengembangan silabus adalah membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam menjabarkan Kompetensi Dasar (KD) menjadi perencanaan pembelajaran yang akan dicapai.

Fungsi pengembangan silabus secara umum adalah:

1. Sebagai pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti (1) pembuatan rencana pengelolaan pembelajaran baik secara klasikal, kelompok kecil maupun pembelajaran secara individual; (2) penyusunan  materi ajar; (3) pengembangan sistem penilaian dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi, yaitu sistem penilaian yang selalu mengacu kepada Strandar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan indikator pembelajaran yang terdapat di dalam silabus.

2. Dalam hal ini silabus merupakan sumber pokok dalam penyusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu Standar Kompetensi maupun satu Kom petensi Dasar (Abdul Majid, 2009: 40).

3. Hasil pengembangan silabus dalam bentuk perangkat pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk aktualisasi kurikulum secara operasional pada tingkat satuan pendidikan, sehingga memudahkan guru dalam melakukan tugas pembelajaran.

Download juga;
RPP Kelas 1 Tema 5-6-7-8 K-2013 Edisi Revisi Semester 2
Prota dan Prosem Kelas 1 Semester 2 K13 Revisi
PROTA, PROSEM Kelas 2 SDMI Semester 2 K13
RPP K13 SD/MI Kelas 2 Tema 5,6,7,8 Edisi Revisi Semester 2
RPP Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tema 5,6,7,8 Revisi
Jurnal Mengajar K13 SD/MI Kelas 3 Semester 1 dan 2 Revisi
Pemetaan KI-KD K13 Revisi Terbaru Kelas 3 SD/MI Semester 2
Dengan adanya sebuah rancangan yang matang, maka dalam pelaksanaan pembelajaran guru akan lebih terarah dalam penyajian materi ajar atau pengalaman-pengalaman belajar, sehingga dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar peserta didik.

================ Link Download ================
Link Download: Silabus K13 Kelas 4 Tema 6.doc
Link Download: Silabus K13 Kelas 4 Tema 7.doc
Link Download: Silabus K13 Kelas 4 Tema 8.doc
Link Download: Silabus K13 Kelas 4 Tema 9.doc
Demikian semoga materi Silabus Pembelajaran K13 SD/MI kelas 4 Semester Genap  dapat bermanfaat dengan maksimal, mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam membagikan dan menjelaskan berbagai materi di blog ini.

Pemetaan KI-KD K13 Revisi Terbaru Kelas 3 SD/MI Semester 2

Pemetaan KI-KD K13 Revisi Terbaru Kelas 3 SD/MI Semester 2

Pemetaan KI-KD K13 Revisi Terbaru Kelas 3 SD/MI Semester 2Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 kelas 3 Revisi Terbaru 2018 merupakan salah satu unsur yang sangat penting yang terdapat pada kurikulum 2013 tahun pelajaran 2018/2019, Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik/ siswa pada setiap tingkat kelas dan pada jenjang SD/MI dan sederajat.
Pemetaan KI-KD K13 Revisi Terbaru Kelas 3 SD/MI Semester 2
Pemetaan KI-KD K13 Revisi Terbaru Kelas 3 SD/MI Semester 2
Pemetaan Kompetensi Dasar KD KI-3 dan KI-4 SD/MI kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini disusun dengan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Permendikbud RI) Nomor 24 Tahun 2016 yang membahas tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yang meliputi SD/MI, SMA/MA, SMK/MAK.

Maksud dari disusunnya Pemetaan KD KI-3 dan KI-4 Kelas 3 SD/MI Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yaitu KI-3 (Pengetahuan) dan KI-4 (Keterampilan), selain itu juga untuk memudahkan guru/pendidik dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada setiap tahun pelajaran.

Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari berbagai mata pelajaran yang dipadukan dalam tema yang dipilih.

Dalam melakukan pemetaan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut :

Mempelajari kompetensi inti dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata pelajaran, dilanjutkan dengan mengidentifikasi kompetensi dasar dari beberapa mata pelajaran yang dapat dipadukan. Setelah itu melakukan penetapan tema pemersatu.

Contoh format pemetaan cara pertama adalah menjabarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam indicator, melakukan kegiatan penjabaran kompetensi inti dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran ke dalam indikator. Dalam mengembangkan indikator perlu  memperhatikan hal-hal sebagai berikut;
a. Indicator dikembangkan sesuia dengan karakteristik peserta didik.
b. Indicator dikembangkan sesuia dengan karakteristik mata pelajaran.
c. Dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan dapat diamati.

Dari pemetaan tersebut, maka akan memudahkan dalam meyusun, silabus, program semester, program tahunan dan lainnya.

Download juga:
RPP Kelas 3 K13 Edisi Revisi Terbaru Semester 2 Lengkap
Jurnal mengajar K13 Kelas 3 Semua Tema
Silabus K13 Kelas 3 Tema 5-6-7-8
Untuk lebih jelas secara lengkap bagi bapak dan ibu Guru/pendidik dijenjang SD/MI Kelas 3 yang belum memiliki Pemetaan KD KI-3 & KI-4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi terbaru 2018 dapat mendownloadnya melalui tautan link yang saya siapkan di bawah ini:
Pemetaan KD Kelas 3 Tema 5-6-7-8.xlsx 
Pemetaan KI-KD B.Indonesia Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018.docx 
Pemetaan KI-KD Matematika Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018.docx 
Pemetaan KI-KD PJOK Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018.docx 
Pemetaan KI-KD PPKn Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018.docx 
Pemetaan KI-KD SBDP Kelas 3 Semester 2 Revisi 2018.docx
Demikian ulasan singkat tentang materi Pemetaan Kompetensi Inti Kompetensi Dasar K13 Kelas 3 Semester 2 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan kami dalam menjelaskan materi disetiap blog yang kami kelola, karena sifat kami masih serba terbatas.