Cara Praktis Pendataan Calon Peserta UN Tahun 2019-SD-MI,SMP-MTs,Paket B dan C

Cara Praktis Pendataan Calon Peserta UN Tahun 2019 - SD/MI, SMP/MTs, Paket B dan C

Cara Praktis Pendataan Calon Peserta UN Tahun 2019 - Manual Pendataan Calon Peserta Ujian Nasional 2018/2019 SD/MI
Cara Praktis Pendataan Calon Peserta UN Tahun 2019-SD-MI,SMP-MTs,Paket B dan C
Cara Praktis Pendataan Calon Peserta UN Tahun 2019-SD-MI,SMP-MTs,Paket B dan C
Pusat Penilaian Pendidikan mengembangkan sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah/Madrasah 2019 SD/MI berawal pada pelaksanaan US/M tahun ajaran 2017/2018 yang mana masih terkendala dalam penyelengaraan pendataan baik teknis maupun non-teknis. Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah Madrasah pada tahun 2019 telah mengalami perubahan untuk tercapainya kualitas data demi terwujudnya Satu Data yang mengacu kepada peraturan Pendataan Calon Peserta Ujian Sekola/Madrasah yang berlaku.

Dengan melihat kepada permasalahan yang ada, kami merasa perlu merubah metode pendataan yang biasa di gunakan dan melakukan peningkatan sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah/Madrasah 2019 SD/MI. Karena hal tersebut kami membuat “Panduan Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah Madrasah daring 2018” untuk mempermudah penggunaannya.

Panduan ini merupakan gabungan dari beberapa modul Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah Madrasah secara daring 2019, yang khusus membahas pendataan calon peserta secara online. 

Kami berharap “Panduan Penggunaan Sistem Pendataan Calon Peserta Ujian Sekolah Madrasah daring 2019” ini dapat bermanfaat sebagai pegangan atau referensi bagi tenaga-tenaga teknis komputerisasi US/M di seluruh Indonesia untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam mengoperasikan program yang kami buat.

Spesifikasi Hardware

Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi komputer yang akan digunakan untuk melakukan proses pengentrian ke dalam sistem Pendataan online. Dimana spesifikasi tersebut akan dibagi menjadi 2 yaitu sepesifikasi perangkat keras (Hardware) dan spesifikasi perangkat lunak (Software). Untuk perangkat keras sebaiknya komputer yang digunakan tidak akan terasa lambat dalam menjalankan aplikasi atau lainnya yang disebabkan oleh perangkat keras ataupun sistem operasinya. Berikut Rekomendasi untuk Perangkat Keras dan Perangkat Lunak.

1. Perangkat Keras

Sebaiknya menggunakan komputer dengan spesifikasi minimum :
Prosesor : Pentium III dan diatasnya (atau AMD Athlon XP)
Memori : 128 MB
Adapter : VGA 16 Bit (32 Mb) dengan resolusi 1024 x 800
Printer : Laser jet / Deskjet (printer tinta atau laser)

2. Perangkat Lunak

Dalam hal ini lebih menunjuk ke dalam sistem operasi (OS) yang digunakan minimum Windows XP Home / Profesional Edition

Spesifikasi Software

Pada modul ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi aplikasi yang harus tersedia atau terinstall di dalam komputer user yang berhubungan dengan proses pengentryan data.

1. Browser Internet

Merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman web yang berhubungan dengan proses pengentrian data, pengolahan atau pengeditan data. Browser ini sangat diperlukan karena modul-modul dalam sistem Pendataan Calon Peserta US/M daring adalah berupa halaman web yang diletakkan pada situs World Wide Web (www). Sehingga memungkinkan user melakukan proses entry pendaftaran siswa melalui jaringan internet tanpa harus menggunakan aplikasi khusus.

Detail spesifikasi browser yang disarankan adalah :
Nama Browser : Mozilla Firefox Versi Terbaru
Produksi : Mozilla

2. Microsoft Excel

Merupakan suatu aplikasi keluaran Microsoft Corporation yang digunakan untuk menampilkan informasi dalam bentuk spreadsheet.

Aplikasi ini dibutuhkan untuk mendukung sistem Pendataan Calon Peserta US/M daring karena Laporan yang dihasilkan ada dalam bentuk xls (entension dari microsoft excel). Sehingga dengan bantuan atau fitur-fitur yang tersedia di microsoft excel memungkinkan Anda untuk mempercantik bentuk tampilan laporan sebelum Anda mencetaknya.

Detail spesifikasi minimum yang diminta adalah:
Nama : Microsoft Excel versi 2000 atau diatasnya
Produksi : Microsoft
Untuk lebih jelas dan lengkapnya panduan pendataan calon peserta ujian nasional tahun pelajaran 2018/2019 dapat di baca setelah didownload di dokumen berikut ini:

Demikian ulasan singkat materi Cara Praktis Pendataan Calon Peserta UN Tahun 2019-SD-MI,SMP-MTs,Paket B dan C semoga membawa kelancaran dalam mendata siswa/siswi kita dalam mempersiapkan calon peserta ujian mendatang.

Download free Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019

Download free Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019

Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019 - BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) selaku penyelenggara Ujian Nasional secara resmi telah merilis kisi-kisi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK, serta paket A, B dan paket C tahun 2019 mendatang. Pengumuman kisi-kisi UN dan USBN 2019 ini disampaikan pihak Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Republik Indonesia melalui akun instagram @kemdikbud.ri pada (4/12/2018) atau juga secara lengkap dapat pula dilihat  di http://bsnp-indonesia.org
Download free Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019
Download free Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019
Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sangat, karena kamu jadi bisa belajar secara lebih efektif dan juga menghemat waktu. Dengan memahami kisi-kisi UN dan USBM 2019 kamu akan lebih mengetahui materi apa saja yang harus dipelajari. So, sudah siap memulai persiapan UN dan USBM 2019? Yuk, lihat semua kisi-kisinya secara lengkap dengan klik link di bawah ini ya!

Kisi-kisi USBN tahun 2018 atau dalam pelaksanaan tahun pelajaran 2018/2019 ini terdiri dari:

  1. USBN Kurikulum 2006, 
  2. USBN Kurikulum 2013, 
  3. USBN Mata Pelajaran Agama, 
  4. USBN (Pendidikan Khusus-Layanan Khusus) PKLK Kurikulum 13, 
  5. USBN Pondok Pesantren Salafiyah dan USBN SD (Irisan).

Baca kembali POS UN dan USBN Tahun 2019 Lengkap
BSNP merupakan lembaga khusus yang ditunjuk sebagai pelenggara Ujian Nasional (UN) dengan tanggungjawab:
1. Menelaah dan menetapkan kisi-kisi UN
2. Menyusun dan menetapkan Pedoman Operasional Standar UN;
3. Menetapkan naskah soal UN;
4. Melakukan koordinasi persiapan dan pengawasan pelaksanaan UN secara nasional
5. Melakukan pemantauan, evaluasi, dan menyusun rekomendasi perbaikan pelaksanaan UN kepada Menteri.

Perlu diketahui bahwa, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang SD/MI tahun 2018/2019 ini masih juga menerapkan USBN dengan istilah "IRISAN" yang artinya materi tersebut telah dikombinasikan antara Kurikulum 2006 dengan Kurikulum 2013.

Dari beberapa keterangan di atas secara khusus dapat kami kemas untuk Kisi-Kisi USBN jenjang SD/MI Tahun 2018/2019 sebagai berikut:
Kisi-Kisi USBN SD Matematika Kur 2006-2013 Irisan.pdf
Kisi-Kisi USBN SD IPA Kur 2006-2013 Irisan.pdf
Kisi-Kisi USBN SD Bahasa Indonesia Kur 2006-2013 Irisan.pdf
Demikian uraian singkat materi Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019 semoga dengan uraian ini dapat menambah wawasan bagi pengunjung yang membutuhkannya.

Mohon maaf atas segala keterbatasan kami dan apabila bermaksud mengunjungi materi lengkapnya dapat dilihat dari sumber utama di: http://bsnp-indonesia.org

POS UN dan USBN Tahun 2019

POS UN dan USBN Tahun 2019

POS UN dan USBN Tahun 2019 - Ujian Sekolah Bersatandar Nasional (USBN) merupakan kegiatan pengukuran ketercapaian kompetensi siswa yang dilaksanakan sekolah untuk mata pelajaran tertentu dengan acuan pada Standar Kompetensi Kelulusan (SKL) untuk mendapatkan pengakuan prestasi belajar siswa. 
POS UN dan USBN Tahun 2019
POS UN dan USBN Tahun 2019
Dengan demikian akhirnya pada tahun 2018 Pemerintah kembali akan melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) pada tahun 2019. Sehubungan dengan hal tersebut, melalui surat edaran nomor 0101/SDAR/BSNP/XI/2018, pada hari Kamis (29/11/2018), BSNP menetapkan POS Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Penetapan POS tersebut dimuat dalam Keputusan BSNP Nomor 0048/P/BSNP/XI/2018 untuk POS USBN dan Nomor 0047/P/BSNP/XI/2018 untuk POS UN.

POS USBN dan Ujian Nasional (UN) adalah ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Secara umum, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 tidak jauh berbeda dengan kebijakan tahun 2018. Perbedaan pada jadwal pelaksanaan dan proyeksi jumlah peserta.

“Kebijakan USBN dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada proyeksi jumlah peserta dan jadwal ujian”, ucap Bambang Suryadi Ketua BSNP.

Terkait dengan soal, tambah Bambang, untuk USBN ada soal Pilihan Ganda (PG) sebanyak 90 persen dan soal uraian sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen. Sisanya, 75-80 persen soal USBN disusun oleh masing-masing guru di satuan pendidikan yang dikonsolidasikan oleh MGMP/KKG/Forum Tutor/Pokja Pondok Pesantren Salafiyah.

Soal UN 100 persen disiapkan oleh Pusat. Semua soal dalam bentuk pilihan ganda, kecuali soal Matematika SMA/MA, SMK/MAK dan Paket C/Ulya yang terdiri atas pilihan ganda dan isian singkat. Demikian juga soal yang berorientasi pada penalaran tingkat tinggi (HOTS), masih diterapkan dalam UN 2019.
“Waktu pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2019 sedikit bergeser ke depan dibandingkan tahun 2018. Ujian Nasional (UN) tahun 2018 dimulai pada bulan April, sedangkan Ujian Nasional (UN) tahun 2019 dimulai pada bulan Maret. Pergeseran ini karena menyesuaikan waktu puasa Ramadhan yang diproyeksikan mulai tanggal 5 Mei 2019”, ujar Ketua BSNP.

Ujian Nasional (UN) SMK/MAK tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 25-28 Maret 2019, sedangkan UN SMA/MA pada tanggal 1,2, 4, dan 8 April 2019. Ujian Nasional (UN) Program Paket C/Ulya pada tanggal 12-16 April 2019. Ujian Nasional (UN) SMP/MTs pada tanggal 22-25 April 2019, sedangakn UN Program Paket B/Wustha pada tanggal 10-13 Mei 2019.

Lebih lanjut Bambang mengatakan bahwa moda pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2019 adalah dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sesuai dengan hasil rapat koordinasi dengan Balitbang dan Direktorat terkait di Kemendikbud dan Kementerian Agama, untuk SMA/MA, SMK, dan Paket C ditargetkan 100 persen UNBK. Sedangkan untuk jenjang SMP ditargetken 85 persen UNBK, dan jenjang MTs serta Paket B ditargetkan 100 persen UNBK.

Selain itu, POS UN 2019 juga memuat kebijakan pelaksanaan UN di daerah terdampak gempa, yaitu daerah Lombok dan Sulawesi Tengah. Ada kebijakan khusus untuk pelaksanaan UN di daerah terkena dampak gempa. Secara teknis, Direktorat terkait dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah dan akan terus berkoordinasi dengan daerah terdampak gempa.

Secara terpisah, Kiki Yuliati Sekretaris BSNP mengatakan bahwa POS USBN dan UN telah diedarkan ke Dinas Pendidikan Provinsi, LPMP, Kanwil Kemenag, Balitbang, dan Direktorat terkait di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama. Selanjutnya BSNP bersama Balitbang akan melaksanakan sosialisasi kebijakan USBN dan UN 2019. 

POS USBN dan POS Ujian Nasional dapat di unduh melalui laman berikut: 
Demikian penjelasan singkat materi POS UN dan USBN Tahun 2019, semoga bermanfaat dalam pelaksanaan kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) di tahun pelajaran 2018/2019 saat ini.


Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru dan Siswa MA Kelas XII

Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru dan Siswa MA Kelas XII

Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru dan Siswa MA Kelas XII - Secara umum fungsi pendidikan agama khususnya pendidikan Agama Islam untuk membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama, dan ditujukan untuk berkembangnya kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. 
Untuk merespons beragam kebutuhan masyarakat modern, seluruh elemen dan komponen bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh melalui beragam ikhtiyar komprehensif. Hal ini dilakukan agar seluruh potensi generasi dapat tumbuh kembang menjadi hamba Allah yang dengan karakteristik beragama secara baik, memiliki cita rasa religiusitas, mampu memancarkan kedamaian dalam totalitas kehidupannya. 

Aktivitas beragama bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat dengan mata, tetapi juga aktivitas yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam beragam dimensinya. Sebagai ajaran yang sempurna dan fungsional, agama Islam harus diajarkan dan diamalkan dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang damai dan tenteram. 

Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA) ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikemas menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linier akan dipelajari menurut jenjangnya. 

Pengemasan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan Madrasah dikelompokkan sebagai berikut; diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya, serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi; a) Al-Qur’an-Hadis b) Akidah Akhlak c) Fikih d) Sejarah Kebudayaan Islam. Pada jenjang Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a) Tafsir- Ilmu Tafsir b) Hadis-Ilmu Hadis c) Fikih-Ushul Fikih d) Ilmu Kalam dan e) Akhlak. 

Untuk mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab. Sebagai panduan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Madrasah, Kementerian Agama RI telah menyiapkan model Silabus Pembelajaran PAI di Madrasah dan menerbitkan Buku Pegangan Siswa dan Buku Pedoman Guru. 

Kehadiran buku bagi siswa ataupun guru menjadi kebutuhan pokok dalam menerapkan Kurikulum 2013 di Madrasah. Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, mala yatimmu al-wajibu illa bihi fahuwa wajibun, (suatu kewajiban tidak menjadi sempurna tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). Atau menurut kaidah Ushul Fikih lainnya, yaitu al-amru bi asy-syai’i amrun bi wasailihi (perintah untuk melakukan sesuatu berarti juga perintah untuk menyediakan sarananya). 

Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyedikan sarana pendukungnya, salah satu diantaranya Buku Ajar. Karena itu, Buku Pedoman Guru dan Buku Pegangan Siswa ini disusun dengan Pendekatan Saintifik, yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. 
Keberadaan Buku Ajar dalam penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan, karena dengan Buku Ajar, siswa ataupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri, mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan dengan buku akan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi masa depan. 

Buku yang ada di hadapan pembaca ini merupakan cetakan pertama, tentu masih terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu sangat terbuka untuk terus-menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. 
Sebagai contoh ataupun langsung dapat dipergunakan sebagai pedoman bagi guru dan siswa, berikut link download untuk memperolehnya:


Kami berharap kepada berbagai pihak untuk memberikan saran, masukan dan kritik konstruktif untuk perbaikan dan penyempurnaan di masa-masa yang akan datang. Atas perhatian, kepedulian, kontribusi, bantuan dan budi baik dari semua pihak yang terlibat dalam penyusunan dan penerbitan buku-buku ini, kami mengucapkan terima kasih. Jazakumullah Khairan Kasiran.

Demikian ulasan singkat materi Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru dan Siswa MA Kelas XII dengan harapan untuk menambah pengayaan materi penjelas dan dapat dipergunakan pula sebagai pengayaan referensi. Mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan di setiap materi di blog ini. Sudilah kiranya kritik, saran serta masukan senantiasa kami tunggu untuk meningkatkan kualitas blog kami di masa yang akan datang.

Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru MA Kelas XI

Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru MA Kelas XI

Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru MA Kelas XI - Secara umum fungsi pendidikan agama khususnya pendidikan Agama Islam untuk membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama, dan ditujukan untuk berkembangnya kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. 
Untuk merespons beragam kebutuhan masyarakat modern, seluruh elemen dan komponen bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh melalui beragam ikhtiyar komprehensif. Hal ini dilakukan agar seluruh potensi generasi dapat tumbuh kembang menjadi hamba Allah yang dengan karakteristik beragama secara baik, memiliki cita rasa religiusitas, mampu memancarkan kedamaian dalam totalitas kehidupannya. 

Aktivitas beragama bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat dengan mata, tetapi juga aktivitas yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam beragam dimensinya. Sebagai ajaran yang sempurna dan fungsional, agama Islam harus diajarkan dan diamalkan dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang damai dan tenteram. 

Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA) ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikemas menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linier akan dipelajari menurut jenjangnya. 

Pengemasan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan Madrasah dikelompokkan sebagai berikut; diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya, serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi; a) Al-Qur’an-Hadis b) Akidah Akhlak c) Fikih d) Sejarah Kebudayaan Islam. Pada jenjang Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a) Tafsir- Ilmu Tafsir b) Hadis-Ilmu Hadis c) Fikih-Ushul Fikih d) Ilmu Kalam dan e) Akhlak. 

Untuk mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab. Sebagai panduan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Madrasah, Kementerian Agama RI telah menyiapkan model Silabus Pembelajaran PAI di Madrasah dan menerbitkan Buku Pegangan Siswa dan Buku Pedoman Guru. 

Kehadiran buku bagi siswa ataupun guru menjadi kebutuhan pokok dalam menerapkan Kurikulum 2013 di Madrasah. Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, mala yatimmu al-wajibu illa bihi fahuwa wajibun, (suatu kewajiban tidak menjadi sempurna tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). Atau menurut kaidah Ushul Fikih lainnya, yaitu al-amru bi asy-syai’i amrun bi wasailihi (perintah untuk melakukan sesuatu berarti juga perintah untuk menyediakan sarananya). 
Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyedikan sarana pendukungnya, salah satu diantaranya Buku Ajar. Karena itu, Buku Pedoman Guru dan Buku Pegangan Siswa ini disusun dengan Pendekatan Saintifik, yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. 

Keberadaan Buku Ajar dalam penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan, karena dengan Buku Ajar, siswa ataupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri, mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan dengan buku akan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi masa depan. 

Buku yang ada di hadapan pembaca ini merupakan cetakan pertama, tentu masih terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu sangat terbuka untuk terus-menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. 

Sebagai contoh ataupun langsung dapat dipergunakan sebagai pedoman bagi guru dan siswa, berikut link download untuk memperolehnya:
➨➤Buku Guru MA Kelas 11 Tafsir Ilmu Tafsir.pdf 
➨➤Buku Guru MA Kelas 11 SKI.pdf 
➨➤Buku Guru MA Kelas 11 Hadis Ilmu Hadis.pdf 
➨➤Buku Guru MA Kelas 11 Bahasa Arab.pdf
Kami berharap kepada berbagai pihak untuk memberikan saran, masukan dan kritik konstruktif untuk perbaikan dan penyempurnaan di masa-masa yang akan datang. Atas perhatian, kepedulian, kontribusi, bantuan dan budi baik dari semua pihak yang terlibat dalam penyusunan dan penerbitan buku-buku ini, kami mengucapkan terima kasih. Jazakumullah Khairan Kasiran.

Demikian ulasan singkat materi Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru MA Kelas XI dengan harapan untuk menambah pengayaan materi penjelas dan dapat dipergunakan pula sebagai pengayaan referensi. Mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan di setiap materi di blog ini. Sudilah kiranya kritik, saran serta masukan senantiasa kami tunggu untuk meningkatkan kualitas blog kami di masa yang akan datang.


Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru Siswa MA Kelas X

Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru Siswa MA Kelas 10

Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru Siswa MA Kelas 10 - Secara umum fungsi pendidikan agama khususnya pendidikan Agama Islam untuk membentuk manusia Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan mampu menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama, dan ditujukan untuk berkembangnya kemampuan peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. 
Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru Siswa MA Kelas X
Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru Siswa MA Kelas X
Untuk merespons beragam kebutuhan masyarakat modern, seluruh elemen dan komponen bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh melalui beragam ikhtiyar komprehensif. Hal ini dilakukan agar seluruh potensi generasi dapat tumbuh kembang menjadi hamba Allah yang dengan karakteristik beragama secara baik, memiliki cita rasa religiusitas, mampu memancarkan kedamaian dalam totalitas kehidupannya. 

Aktivitas beragama bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat dengan mata, tetapi juga aktivitas yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam beragam dimensinya. Sebagai ajaran yang sempurna dan fungsional, agama Islam harus diajarkan dan diamalkan dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin terciptanya kehidupan yang damai dan tenteram. 

Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), serta Madrasah Aliyah (MA) ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikemas menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linier akan dipelajari menurut jenjangnya. 

Pengemasan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan Madrasah dikelompokkan sebagai berikut; diajarkan mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya, serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi; a) Al-Qur’an-Hadis b) Akidah Akhlak c) Fikih d) Sejarah Kebudayaan Islam. Pada jenjang Madrasah Aliyah Peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a) Tafsir- Ilmu Tafsir b) Hadis-Ilmu Hadis c) Fikih-Ushul Fikih d) Ilmu Kalam dan e) Akhlak. 

Untuk mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab. Sebagai panduan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Madrasah, Kementerian Agama RI telah menyiapkan model Silabus Pembelajaran PAI di Madrasah dan menerbitkan Buku Pegangan Siswa dan Buku Pedoman Guru. 

Kehadiran buku bagi siswa ataupun guru menjadi kebutuhan pokok dalam menerapkan Kurikulum 2013 di Madrasah. Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, mala yatimmu al-wajibu illa bihi fahuwa wajibun, (suatu kewajiban tidak menjadi sempurna tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). Atau menurut kaidah Ushul Fikih lainnya, yaitu al-amru bi asy-syai’i amrun bi wasailihi (perintah untuk melakukan sesuatu berarti juga perintah untuk menyediakan sarananya). 

Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyedikan sarana pendukungnya, salah satu diantaranya Buku Ajar. Karena itu, Buku Pedoman Guru dan Buku Pegangan Siswa ini disusun dengan Pendekatan Saintifik, yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. 

Keberadaan Buku Ajar dalam penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan, karena dengan Buku Ajar, siswa ataupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri, mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan dengan buku akan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi masa depan. 

Buku yang ada dihadapan pembaca ini merupakan cetakan pertama, tentu masih terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu sangat terbuka untuk terus-menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. 

Sebagai contoh ataupun langsung dapat dipergunakan sebagai pedoman bagi guru dan siswa, berikut link download untuk memperolehnya:
Buku Siswa MA Kelas 10 Tafsir Ilmu Tafsir.pdf
Buku Siswa MA Kelas 10 Ilmu Kalam.pdf
Buku Guru MA Kelas 10 SKI.pdf
Buku Guru MA Kelas 10 Ilmu Kalam.pdf
Buku Guru MA Kelas 10 Hadis Ilmu Hadis.pdf
Buku Guru MA Kelas 10 Fikih Ushul Fikih.pdf
Buku Guru MA Kelas 10 Bahasa Arab.pdf
Buku Guru MA Kelas 10 Akhlak.pdf
Semoga setelah bapak dan ibu guru khususnya di jenjang MA dapat Unduh Buku PAI dan Bahasa Arab K13 Guru Siswa MA Kelas X materi ini dapat mempermudah dalam melaksanakan aktifitas belajar mengajar di satuan pendidikan yang bersangkutan.

Materi lainnya:

Mohon maaf atas segala kekurangan.

Buku K2013 PAI Bahasa Arab Guru MTs Kelas 7-8-9 Saat Ini

Buku K2013 PAI Bahasa Arab Guru MTs Kelas 7-8-9 Saat Ini

Buku K2013 PAI Bahasa Arab Guru MTs Kelas 7-8-9 Saat Ini - Buku Bahasa Arab Kurikulum 2013 untuk Guru Kelas 7,8 dan 9 ini sengaja kami posting dengan tujuan saling berbagi dan memberi manfaat kepada sesama. Buku Kurikulum 2013 (K13) mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab untuk kelas 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs). Buku Siswa dan Buku Guru kurtilas PAI dan Bahasa Arab kelas VII, VIII, dan Kelas IX MTs telah disusun dan dirilis Kementerian Agama RI. Buku ini merupakan implementasi penerapan Kurikulum 2013 yang tahun ini mulai diberlakukan sampai dengan pada kelas 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs).
Sebagaimana diketahui, mulai tahun pelajaran 2016/2017 ini, Kementerian Agama menerapkan kurikulum 2013 (kurtilas) untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada kelas 3 dan 6 MI, 9 MTs, dan 12 MA. Menyusul kelas-kelas lainnya yang telah diterapkan pada tahun pelajaran terdahulu.
Buku Materi Bahasa Arab ini terbagi atas Buku Guru (untuk pegangan guru) dan Buku Siswa (untuk pegangan siswa) lengkap untuk memenuhi pembelajaran di Semester 1 dan Semester 2. Untuk mendownloadnya, anda tinggal klik saja tautan yang kami sediakan dibawah untuk tiap buku yang anda perlukan dalam bentuk BSE berformat Pdf.
Mapel Bahasa Arab merupakan mapel yang khsusus dalam pembelajaran di satuan pendidikan Madrasah dari mulai MI, MTs, dan MA. Buku Bahasa Arab Kelas 7, Buku Bahasa Arab Kelas 8, Buku Bahasa Arab Kelas 9 yang kami bagikan ini merupakan buku terbaru. Penggunaan buku dalam bentuk hard file memang masih banyak digunakan, namun diera sekarang ini dalam bentuk soft file sepeti Ebook/ Buku Sekolah Elektronik lebih fleksibel untuk digunakan dalam pembelajaran yang berbasiskan teknologi.
Seperti biasanya, Buku Kurikulum 2013 PAI dan Bahasa Arab untuk kelas 7,8,9 Madrasah Tsanawiyah (MTs) ini terdiri atas Buku Siswa dan Buku Guru dengan waktu berbagi yang masih menunggu waktu. Sedangkan Buku Siswa adalah sebagai berikut:
Buku Guru Bhs Arab MTs Kelas 7.pdf
Buku Guru Bhs Arab MTs Kelas 8.pdf
Buku Guru Bhs Arab MTs Kelas 9.pdf
Diharapkan dengan adanya materi Buku K2013 PAI Bahasa Arab Guru MTs Kelas 7-8-9 Saat Ini dapat sebagai penunjang pembelajaran yang sesuai dengan keinginan anda sebagai pendidik di masing-masing jenjang. Kritik dan Saran sangat kami harapkan demi kemajuan/kualitas blog ini di masa yang akan datang.

Buku K13 PAI Fikih Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi

Buku K13 PAI Fikih Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi

Buku K13 PAI Fikih Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi - Buku Fikih Kurikulum 2013 untuk Guru Kelas 7,8 dan 9 ini sengaja kami posting dengan tujuan saling berbagi dan memberi manfaat kepada sesama. Buku Kurikulum 2013 (K13) mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab untuk kelas 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs). Buku Siswa dan Buku Guru kurtilas PAI dan Bahasa Arab kelas VII, VIII, dan Kelas IX MTs telah disusun dan dirilis Kementerian Agama RI. Buku ini merupakan implementasi penerapan Kurikulum 2013 yang tahun ini mulai diberlakukan sampai dengan pada kelas 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs).
Sebagaimana diketahui, mulai tahun pelajaran 2016/2017 ini, Kementerian Agama menerapkan Kurikulum 2013 (kurtilas) untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada kelas 3 dan 6 MI, 9 MTs, dan 12 MA. Menyusul kelas-kelas lainnya yang telah diterapkan pada tahun pelajaran terdahulu.

Buku Materi Bahasa Arab ini terbagi atas Buku Guru (untuk pegangan guru) dan Buku Siswa (untuk pegangan siswa) lengkap untuk memenuhi pembelajaran di Semester 1 dan Semester 2. Untuk mendownloadnya, anda tinggal klik saja tautan yang kami sediakan dibawah untuk tiap buku yang anda perlukan dalam bentuk BSE berformat Pdf.
Mapel Bahasa Arab merupakan mapel yang khsusus dalam pembelajaran di satuan pendidikan Madrasah dari mulai MI, MTs, dan MA. Buku Fikih Kelas 7, Buku Fikih Kelas 8, Buku Fikih Kelas 9 yang kami bagikan ini merupakan buku terbaru. Penggunaan buku dalam bentuk hard file memang masih banyak digunakan, namun diera sekarang ini dalam bentuk soft file sepeti Ebook/ Buku Sekolah Elektronik lebih fleksibel untuk digunakan dalam pembelajaran yang berbasiskan teknologi.

Seperti biasanya, Buku Kurikulum 2013 PAI dan Bahasa Arab untuk kelas 7,8,9 Madrasah Tsanawiyah (MTs) ini terdiri atas Buku Siswa dan Buku Guru dengan waktu berbagi yang masih menunggu waktu. Sedangkan Buku Siswa adalah sebagai berikut:
➜➜Buku Guru Fikih MTs Kelas 7.pdf
➜➜Buku Guru Fikih MTs Kelas 8.pdf
➜➜Buku Guru Fiqih MTs Kelas 9.pdf
Diharapkan dengan adanya materi Buku K13 PAI Fikih Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi dapat sebagai penunjang pembelajaran yang sesuai dengan keinginan anda sebagai pendidik di masing-masing jenjang. Kritik dan Saran sangat kami harapkan demi kemajuan/kualitas blog ini di masa yang akan datang.

Buku K13 PAI Al-Qur'an Hadis Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi

Buku K13 PAI Al-Qur'an Hadis Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi

Buku K13 PAI Al-Qur'an Hadis Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi - Buku PAI Bahasa Arab pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis Kurikulum 2013 untuk Guru Kelas 7,8 dan 9 ini sengaja kami posting dengan tujuan saling berbagi dan memberi manfaat kepada sesama. Buku Kurikulum 2013 (K13) mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab untuk guru kelas 7,8, dan 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs). Buku Siswa dan Buku Guru kurtilas PAI dan Bahasa Arab kelas VII, VIII, dan Kelas IX MTs telah disusun dan dirilis Kementerian Agama RI. Buku ini merupakan implementasi penerapan Kurikulum 2013 yang tahun ini mulai diberlakukan sampai dengan pada kelas 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs).
Sebagaimana diketahui, mulai tahun pelajaran 2016/2017 ini, Kementerian Agama menerapkan kurikulum 2013 (kurtilas) untuk mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada kelas 3 dan 6 MI, 9 MTs, dan 12 MA. Menyusul kelas-kelas lainnya yang telah diterapkan pada tahun pelajaran terdahulu.

Buku Materi Bahasa Arab ini terbagi atas Buku Guru (untuk pegangan guru) dan Buku Siswa (untuk pegangan siswa) lengkap untuk memenuhi pembelajaran di Semester 1 dan Semester 2. Untuk mendownloadnya, anda tinggal klik saja tautan yang kami sediakan dibawah untuk tiap buku yang anda perlukan dalam bentuk BSE berformat Pdf.
Buku Guru PAI Bahasa Arab mata pelajaran Al-Qur'an Hadis ini merupakan mapel yang khsusus dalam pembelajaran di satuan pendidikan Madrasah mulai dari MI, MTs, dan MA. Buku Al-Qur'an Hadis Kelas 7, Buku Al-Qur'an Hadis Kelas 8, Buku Al-Qur'an Hadis Kelas 9 yang kami bagikan ini merupakan buku terbaru. Penggunaan buku dalam bentuk hard file memang masih banyak digunakan, namun di era sekarang ini dalam bentuk soft file sepeti Ebook/ Buku Sekolah Elektronik (BSE) lebih fleksibel untuk digunakan dalam pembelajaran yang berbasiskan teknologi.

Seperti biasanya, Buku Kurikulum 2013 PAI dan Al-Qur'an Hadis untuk kelas 7,8, dan 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs) ini terdiri atas Buku Siswa dan Buku Guru dengan waktu berbagi yang masih menunggu waktu. Sedangkan Buku Siswa adalah sebagai berikut:
Buku Guru Qur'an Hadis MTs Kelas 7.pdf
Buku Guru Qur'an Hadis MTs Kelas 8.pdf
Buku Guru Qur'an Hadis MTs Kelas 9.pdf
Diharapkan dengan adanya materi Buku Guru Al-Qur'an Hadis MTs Kelas 7,8,9 K2013 dapat sebagai penunjang pembelajaran yang sesuai dengan keinginan anda sebagai pendidik di masing-masing jenjang. Kritik dan Saran sangat kami harapkan demi kemajuan/kualitas blog ini di masa yang akan datang.

Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi

Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi

Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi - Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah adalah agar siswa memiliki empat keterampilan, yaitu keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Untuk memantapkan empat keterampilan tersebut siswa diharapkan juga memiliki keterapilan pendukungnya berupa unsur kebahasaan, yakni berupa ucapan, tekanan kata, intonasi, kosa kata, frase, ejaan, tulisan dan tata bahasa.
Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi
Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi
Dalam pembelajaran bahasa Arab hendaknya siswa dikenalkan juga tentang budaya Arab, baik budaya lisan ataupun budaya tulisannya, karenanya dalam pembelajaran bahasa Arab guru diharapkan untuk membimbing siswa dalam mempraktikkannya, sehingga pembelajaran bahasa Arab dapat menghantarkan siswa sebagaimana orang Arab berbahasa.

Sebagai bagian dari kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, maka pembelajaran bahasa Arab dituntut dapat berkonstribusi dalam membentuk karakter siswa dengan menginternalisasikan nilai-nilai keislaman, budaya Timur Tengah dan budaya universal kontemporer yang tidak bertentangan dengan Islam.

Selanjutnya buku ini disusun untuk memberikan kemudahan dan pengayaan kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan secientifik . Guru diharapkan sebelum proses pembelajaran di kelas dilaksanakan terlebih dahulu memantapkan kesiapan, di antaranya dengan membaca keseluruhan buku ini dan mengambil hal-hal yang relevan dengan proses pembelajaran yang akan disajikan kemudian mengkreasi dan menyesuaikannya dengan karakteristik siswa pada setiap kelas di madrasah masing-masing.

Format Penyusunan Buku Mata PAI Pelajaran Bahasa Arab

Terdapat beberapa prinsip dalam penyusunan buku guru ini. Secara umum dalam semua pokok bahasan terintegrasi empat unsur kemahiran berbahasa (menyimak, berbicara, membaca dan menulis) walaupun ada penekanan khusus yang prosentasenya lebih tinggi sesuai dengan tujuan pembelajaran pada pokok bahasannya. Berikut gambaran umum pokok bahasan materi pelajaran bahasa Arab:

Bagian ini ditempatkan pada awal setiap dars, mengingat penguasaan mufradat dan ibarat (ungkapan berupa frasa atau klausa) merupakan kunci pertama dalam memahami teks hiwar, tarkib, qira’ah dan kitabah. Untuk itu dalam buku ini siswa dilatih agar mereka dapat melafalkan mufradat dan ibarat serta memahami arti atau makna masing-masing dengan baik dan benar, dengan menggunakan berbagai media, termasuk media audio, media gambar, tanya jawab, bahkan terjemah pada saat-saatnya secara tepat. Jumlahnya dalam setiap dars mencapai 20 – 25 kata dan ungkapan, lalu disusul untuk pemantapan dan evaluasi.
Sebagai tambahan penjelasan bahwa Buku Guru PAI Bahasa Arab sub mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) diterbitkan pada tahun 2014 (untuk Kelas 7), terbitan tahun 2015 (untuk kelas 8), dan terbitan tahun 2016 (untuk kelas 9). Akan lebih jelas penjelasan lebih lanjut apabila bapak ibu segera mendownload materi Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi yang telah kami sematkan pada menu download berikut:
Download: Buku Guru SKI MTs Kelas 7.zip
Download: Buku Guru SKI MTs Kelas 8.zip
Download: Buku Guru SKI MTs Kelas 9.pdf
Demikian penjelasan materi Buku K13 PAI SKI Guru MTs Kelas 7-8-9 Revisi yang berfungsi untuk memperjelas materi yang kami bagikan saat ini. Mohon maaf atas segala kekurangan.