Aplikasi Analisis Butir
Soal Pilihan Ganda dan Essay Format Microsoft Excel mudah-mudahan bisa
menjawab pencarian anda terkait download analisis butir soal pilihan
ganda, aplikasi analisis butir soal pilihan ganda dan uraian, analisis
butir soal uraian excel, format analisis butir soal uraian, format
analisis butir soal ktsp, analisis soal pilihan ganda dan essay,
analisis soal pilihan
Aplikasi Analisis Butir
Soal Pilihan Ganda dan Essay Format Microsoft Excel mudah-mudahan bisa
menjawab pencarian anda terkait download analisis butir soal pilihan
ganda, aplikasi analisis butir soal pilihan ganda dan uraian, analisis
butir soal uraian excel, format analisis butir soal uraian, format
analisis butir soal ktsp, analisis soal pilihan ganda dan essay,
analisis soal pilihan Guru Sayang September 26, 2018 CB Blogger Indonesia
Download Aplikasi Analisis Butir Soal Format Excell Terbaru
Pendaftaran CPNS Tahun
2018 sebentar lagi akan di buka. kali ini lamaran pekerjaan akan
dikhususkan untuk melamar CPNS. Pada dasarnya tidak ada perbedaan
fundamental antara Surat Lamaran CPNS dengan surat lamaran kerja lain
pada umumnya. Hanya posisi tujuan melamar pekerjaannya saja yang
dikhususkan (CPNS). Perbedaan lain umumnya terdapat pada kelengkapan
berkas lamaran di mana Surat Guru Sayang September 26, 2018 CB Blogger Indonesia
Surat Lamaran CPNS antara lulusan sarjana, D3, dan SMA (sederajat)
Pendaftaran CPNS Tahun
2018 sebentar lagi akan di buka. kali ini lamaran pekerjaan akan
dikhususkan untuk melamar CPNS. Pada dasarnya tidak ada perbedaan
fundamental antara Surat Lamaran CPNS dengan surat lamaran kerja lain
pada umumnya. Hanya posisi tujuan melamar pekerjaannya saja yang
dikhususkan (CPNS). Perbedaan lain umumnya terdapat pada kelengkapan
berkas lamaran di mana Surat
Dibukanya kembali akses aplikasi Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah dan Program Indonesia Pintar (SIBOS PINTAR) ini disertai dengan beberapa peraturan baru, Guru Sayang September 25, 2018 CB Blogger Indonesia
Jadwal Akses Aplikasi SIBOS PINTAR untuk Semua Jenjang
Setelah beberapa hari tidak bisa di akses dan tidak bisa berjalan dengan baik, akhirnya aplikasi SIBOS PINTAR sudah bisa digunakan kembali oleh semua operator madrasah untuk mendata dan mengintegrasi data para peserta didik.
Dibukanya kembali akses aplikasi Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah dan Program Indonesia Pintar (SIBOS PINTAR) ini disertai dengan beberapa peraturan baru,
Download RPP K-2013 Revisi Kelas 5 Tema 2 Lengkap
Download RPP K-2013 Revisi Kelas 5 Tema 2 Lengkap |
- Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
- Identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
- Kelas/semester,
- Materi pokok,
- Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai,
- Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
- Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi,
- Materi pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
- Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai,
- Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran,
- Sumber belajar, dapat berupa: buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan,
- Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup, dan
- Penilaian hasil pembelajaran
Download RPP K-2013 Revisi Kelas 5 Tema 2 Lengkap
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pemb 1.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pemb 2.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pemb 3.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pemb 4.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pemb 5.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pemb 6.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 2 Pemb 1.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 2 Pemb 2.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 2 Pemb 3.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 2 Pemb 4.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 2 Pemb 5.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 2 Pemb 6.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 3 Pemb 1.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 3 Pemb 2.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 3 Pemb 3.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 3 Pemb 4.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 3 Pemb 5.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 3 Pemb 6.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 4 Pemb 1.doc
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 4 Pemb 2.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 4 Pemb 3.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 4 Pemb 4.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 4 Pemb 5.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 4 Pemb 6.DOC
Download RPP K-2013 Revisi Kelas 5 Tema 2 Lengkap
Download RPP K-2013 Revisi Kelas 5 Tema 2 Lengkap
Download RPP K-2013 Revisi Kelas 5 Tema 2 Lengkap |
- Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
- Identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
- Kelas/semester,
- Materi pokok,
- Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai,
- Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
- Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi,
- Materi pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
- Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai,
- Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran,
- Sumber belajar, dapat berupa: buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan,
- Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup, dan
- Penilaian hasil pembelajaran
Download RPP K-2013 Revisi Kelas 5 Tema 2 Lengkap
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pemb 1.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pemb 2.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pemb 3.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pemb 4.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pemb 5.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 1 Pemb 6.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 2 Pemb 1.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 2 Pemb 2.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 2 Pemb 3.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 2 Pemb 4.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 2 Pemb 5.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 2 Pemb 6.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 3 Pemb 1.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 3 Pemb 2.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 3 Pemb 3.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 3 Pemb 4.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 3 Pemb 5.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 3 Pemb 6.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 4 Pemb 1.doc
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 4 Pemb 2.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 4 Pemb 3.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 4 Pemb 4.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 4 Pemb 5.DOC
- RPP Kelas 5 Tema 2 Sub Tema 4 Pemb 6.DOC
Download RPP K-2013 Revisi Kelas 5 Tema 1 Lengkap
Download RPP K-2013 Revisi Kelas 5 Tema 1 Lengkap |
- Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
- Identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
- Kelas/semester,
- Materi pokok,
- Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai,
- Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
- Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi,
- Materi pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
- Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai,
- Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran,
- Sumber belajar, dapat berupa: buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan,
- Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup, dan
- Penilaian hasil pembelajaran
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 1
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3
Kisi-Kisi Lengkap Soal PH Kelas 1 K-2013 Semester Ganjil
Administrasi Mengajar Kelas 3 SD/MI K2013 Edisi Revisi 2018
RPP Kelas 3 Tema 4 Kurikulum 2013 Terbaru
RPP Kelas 2 Tema 4 Subtema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP K2013 Kelas 1 Tema 4 Edisi Terbaru
Download RPP K-2013 Revisi Kelas 5 Tema 1 Lengkap
Guru Sayang September 22, 2018 CB Blogger Indonesia
Download RPP K-2013 Revisi Kelas 5 Tema 1 Lengkap
Download RPP K-2013 Revisi Kelas 5 Tema 1 Lengkap
Download RPP K-2013 Revisi Kelas 5 Tema 1 Lengkap |
- Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
- Identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
- Kelas/semester,
- Materi pokok,
- Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai,
- Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
- Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi,
- Materi pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
- Metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai,
- Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran,
- Sumber belajar, dapat berupa: buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan,
- Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup, dan
- Penilaian hasil pembelajaran
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 1
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3
Kisi-Kisi Lengkap Soal PH Kelas 1 K-2013 Semester Ganjil
Administrasi Mengajar Kelas 3 SD/MI K2013 Edisi Revisi 2018
RPP Kelas 3 Tema 4 Kurikulum 2013 Terbaru
RPP Kelas 2 Tema 4 Subtema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP K2013 Kelas 1 Tema 4 Edisi Terbaru
Download RPP K-2013 Revisi Kelas 5 Tema 1 Lengkap
Dalam
rangka pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah tahun
2018, dan peningkatan kuantitas serta kualitas data pendidikan, Direktur
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengeluarkan Surat Edaran
Dirjen Dikdasmen No 21/D/PO/2018 Tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun
Ajaran 2018/2019.
Melalui
surat tersebut Dirjen Dikdasmen menyampaikan dengan hormat kepada Guru Sayang September 21, 2018 CB Blogger Indonesia
Surat Edaran Dirjen Dikdasmen No 21/D/PO/2018 Tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun Ajaran 2018/2019
Dalam
rangka pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah tahun
2018, dan peningkatan kuantitas serta kualitas data pendidikan, Direktur
Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah mengeluarkan Surat Edaran
Dirjen Dikdasmen No 21/D/PO/2018 Tentang Pemetaan Mutu Pendidikan Tahun
Ajaran 2018/2019.
Melalui
surat tersebut Dirjen Dikdasmen menyampaikan dengan hormat kepada
Pengembangan Kurikulum KTSP dan KK 2013 merupakan
salah satu dokumen yang dibuat setelah dilaksanakannya kegiatan
pengembangan kurikulum atau KTSP dan KK 2013 yang dilaksanakan oleh Tim
Pengembang Kurikulum yang telah dibentuk dan ditetapkan oleh Kepala
Sekolah yang ditetapkan dalam SK Kepala Sekolah menganai Tim Pengembang
Kurikulum.
Pengembangan Kurikulum KTSP dan KK 2013
Guru Sayang September 21, 2018 CB Blogger Indonesia
Berita Acara Pengembangan Kurikulum KTSP dan KK 2013
Pengembangan Kurikulum KTSP dan KK 2013 merupakan
salah satu dokumen yang dibuat setelah dilaksanakannya kegiatan
pengembangan kurikulum atau KTSP dan KK 2013 yang dilaksanakan oleh Tim
Pengembang Kurikulum yang telah dibentuk dan ditetapkan oleh Kepala
Sekolah yang ditetapkan dalam SK Kepala Sekolah menganai Tim Pengembang
Kurikulum.
Pengembangan Kurikulum KTSP dan KK 2013
Melalui artikel ini Bapak dan Ibu guru bisa mengunduh semuanya secara gratis, kami juga telah menyusunnya dengan sedemikian rupa agar bisa di download dengan mudah.
Seperti yang telah kita ketahui, silabus merupakan salah satu berkas Guru Sayang September 19, 2018 CB Blogger Indonesia
Silabus Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Halo Bapak dan Ibu guru, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Silabus Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk beberapa chapter.
Melalui artikel ini Bapak dan Ibu guru bisa mengunduh semuanya secara gratis, kami juga telah menyusunnya dengan sedemikian rupa agar bisa di download dengan mudah.
Seperti yang telah kita ketahui, silabus merupakan salah satu berkas
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3 |
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan sebelum atau pada awal semester atau juga dapat disusun pada awal tahun pelajaran dimulai, namun yang paling perlu diperbaharui sebelum pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan.
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepalasekolah/ madrasah.
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.
Prinsip Penyusunan RPP
Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Komponen RPP
Sesuai dengan pedoman pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah:
- identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
- identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
- kelas/semester,
- materi pokok,
- alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai,
- tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
- kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi,
- materi pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
- metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai,
- media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran,
- sumber belajar, dapat berupa: buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan,
- langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup, dan
- penilaian hasil pembelajaran
Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, yang disusun oleh guru harus muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramu sebuah RPP dengan baik.
Kurikulum 2013 direvisi mengacu pada unsur keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.
Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar.
Link terkait lainnya:
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 1
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2Sebagai gambaran nyata dan lebih jelas dan bermakna silahkan download materi RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3 pada menu link download di bawah ini.
RPP kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 sampai 6:
- 4.3.1.1. Hewan dan Tumbuhan di.doc
- 4.3.1.2. Hewan dan Tumbuhan di.doc
- 4.3.1.3. Hewan dan Tumbuhan di.doc
- 4.3.1.4. Hewan dan Tumbuhan di.doc
- 4.3.1.5. Hewan dan Tumbuhan di.doc
- 4.3.1.6. Hewan dan Tumbuhan di.doc
RPP kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 sampai 6:
- 4.3.2.1. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
- 4.3.2.2. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
- 4.3.2.3. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
- 4.3.2.4. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
- 4.3.2.5. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
- 4.3.2.6. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
RPP kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1 sampai 6:
- 4.3.3.1. Ayo Cintai Lingkungan.doc
- 4.3.3.2. Ayo Cintai Lingkungan.doc
- 4.3.3.3. Ayo Cintai Lingkungan.doc
- 4.3.3.4. Ayo Cintai Lingkungan.doc
- 4.3.3.5. Ayo Cintai Lingkungan.doc
- 4.3.3.6. Ayo Cintai Lingkungan.doc
RPP kelas 4 Tema 3 Subtema 4 (literasi) Pembelajaran 1 sampai 6:
- Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 1.doc
- Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 2.doc
- Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 3.doc
- Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 4.doc
- Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 5.doc
- Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 6.doc
Demikian ulasan singkat materi RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3 dengan harapan dapat membantu bapak dan ibu serta pengunjung yang pada kesempatan kali ini tepat pada situs kami. Kurang dan lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3 |
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan sebelum atau pada awal semester atau juga dapat disusun pada awal tahun pelajaran dimulai, namun yang paling perlu diperbaharui sebelum pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan.
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat dilakukan oleh guru secara mandiri dan/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh kepalasekolah/ madrasah.
Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dapat juga dilakukan oleh guru secara berkelompok antarsekolah atau antarwilayah dikoordinasi, difasilitasi, dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.
Prinsip Penyusunan RPP
Dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
- Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi, dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Komponen RPP
Sesuai dengan pedoman pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah:
- identitas sekolah, yaitu nama satuan pendidikan,
- identitas mata pelajaran atau tema/subtema,
- kelas/semester,
- materi pokok,
- alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai,
- tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup: sikap, pengetahuan, dan keterampilan,
- kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi,
- materi pembelajaran, memuat: fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
- metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai,
- media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran,
- sumber belajar, dapat berupa: buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan,
- langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan: pendahuluan, inti, dan penutup, dan
- penilaian hasil pembelajaran
Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 edisi revisi 2017, yang disusun oleh guru harus muncul empat macam hal yaitu; PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramu sebuah RPP dengan baik.
Kurikulum 2013 direvisi mengacu pada unsur keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.
Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar.
Link terkait lainnya:
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 1
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2Sebagai gambaran nyata dan lebih jelas dan bermakna silahkan download materi RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3 pada menu link download di bawah ini.
RPP kelas 4 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 sampai 6:
- 4.3.1.1. Hewan dan Tumbuhan di.doc
- 4.3.1.2. Hewan dan Tumbuhan di.doc
- 4.3.1.3. Hewan dan Tumbuhan di.doc
- 4.3.1.4. Hewan dan Tumbuhan di.doc
- 4.3.1.5. Hewan dan Tumbuhan di.doc
- 4.3.1.6. Hewan dan Tumbuhan di.doc
RPP kelas 4 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 sampai 6:
- 4.3.2.1. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
- 4.3.2.2. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
- 4.3.2.3. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
- 4.3.2.4. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
- 4.3.2.5. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
- 4.3.2.6. Keberagaman Makhluk Hidup di.doc
RPP kelas 4 Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 1 sampai 6:
- 4.3.3.1. Ayo Cintai Lingkungan.doc
- 4.3.3.2. Ayo Cintai Lingkungan.doc
- 4.3.3.3. Ayo Cintai Lingkungan.doc
- 4.3.3.4. Ayo Cintai Lingkungan.doc
- 4.3.3.5. Ayo Cintai Lingkungan.doc
- 4.3.3.6. Ayo Cintai Lingkungan.doc
RPP kelas 4 Tema 3 Subtema 4 (literasi) Pembelajaran 1 sampai 6:
- Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 1.doc
- Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 2.doc
- Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 3.doc
- Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 4.doc
- Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 5.doc
- Kegiatan Literasi Kls 4 tema 3. 6.doc
Demikian ulasan singkat materi RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 3 dengan harapan dapat membantu bapak dan ibu serta pengunjung yang pada kesempatan kali ini tepat pada situs kami. Kurang dan lebihnya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2
- Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
- Mengintegrasikan literasi;
- Mengintegrasikan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
- Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill.
- Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
- Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
- Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).
Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2
- 4.2.0.0. Cover RPP.docx
- 4.2.1.1. Sumber Energi.doc
- 4.2.1.2. Sumber Energi.doc
- 4.2.1.3. Sumber Energi.doc
- 4.2.1.4. Sumber Energi.doc
- 4.2.1.5. Sumber Energi.doc
- 4.2.1.6. Sumber Energi.doc
- 4.2.1.6. Sumber Energi 2z.doc
- 4.2.2.1. Manfaat Energi.doc
- 4.2.2.2. Manfaat Energi.doc
- 4.2.2.3. Manfaat Energi.doc
- 4.2.2.4. Manfaat Energi.doc
- 4.2.2.5. Manfaat Energi.doc
- 4.2.2.6. Manfaat Energi.doc
- 4.2.3.1. Energi Alternatif.doc
- 4.2.3.2. Energi Alternatif.doc
- 4.2.3.3. Energi Alternatif.doc
- 4.2.3.4. Energi Alternatif.doc
- 4.2.3.5. Energi Alternatif.doc
- 4.2.3.6. Energi Alternatif.doc
- 4.2.4.1. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
- 4.2.4.2. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
- 4.2.4.3. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
- 4.2.4.4. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
- 4.2.4.5. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
- 4.2.4.6. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
RPP Akhidah Akhlak Kelas 1 sampai kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2
- Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
- Mengintegrasikan literasi;
- Mengintegrasikan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
- Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill.
- Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
- Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
- Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).
Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2
- 4.2.0.0. Cover RPP.docx
- 4.2.1.1. Sumber Energi.doc
- 4.2.1.2. Sumber Energi.doc
- 4.2.1.3. Sumber Energi.doc
- 4.2.1.4. Sumber Energi.doc
- 4.2.1.5. Sumber Energi.doc
- 4.2.1.6. Sumber Energi.doc
- 4.2.1.6. Sumber Energi 2z.doc
- 4.2.2.1. Manfaat Energi.doc
- 4.2.2.2. Manfaat Energi.doc
- 4.2.2.3. Manfaat Energi.doc
- 4.2.2.4. Manfaat Energi.doc
- 4.2.2.5. Manfaat Energi.doc
- 4.2.2.6. Manfaat Energi.doc
- 4.2.3.1. Energi Alternatif.doc
- 4.2.3.2. Energi Alternatif.doc
- 4.2.3.3. Energi Alternatif.doc
- 4.2.3.4. Energi Alternatif.doc
- 4.2.3.5. Energi Alternatif.doc
- 4.2.3.6. Energi Alternatif.doc
- 4.2.4.1. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
- 4.2.4.2. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
- 4.2.4.3. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
- 4.2.4.4. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
- 4.2.4.5. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
- 4.2.4.6. Kegiatan Pembiasaan Literasi.doc
RPP Akhidah Akhlak Kelas 1 sampai kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah
RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 2