Soal Penilaian Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 1 SD/MI

Soal Penilaian Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 1 SD/MI

Soal Penilaian Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 1 SD/MI - Secara umum mata pelajaran Muatan lokal (Mulok) digolongkan menjadi 3 (tiga) macam yaitu mulok Provinsi, Mulok Kabupaten, dan mulok pilihan sekolah atau sering disebut mulok Kecamatan. Sehingga di masing-masing Provinsi sudah barang tentu mata pelajaran muatan lokalnya juga berbeda, begitu juga masing-masing Kabupaten di seluruh Indonesia juga berbeda, apalagi di tingkat Kecamatan juga sudah pasti berbeda jauh banget.
Suatu misal Mata Pelajaran Muatan lokal Bahasa Jawa yang hanya dipakai oleh wilayah Provinsi Jawa Tengah dan sebagian Provinsi Jawa Timur. Namun dari masing-masing daerah tersebut telah dipersiapkan juga masing-masing materi Mata Pelajaran Muatan Lokal.
Pada kesempatan kali ini kami sengaja mengangkat sebuah materi yang dapat dipergunakan sebagai bahan materi tambahan referensi bagi bapak/ibu guru Sekolah dasar dan madrasah (SD/MI) yaitu Soal-soal Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Jawa Kurikulum untuk kelas SD/MI yang terdiri dari;
Soal Penilaian Mulok Bhs Jawa Kelas 1.doc
Soal UTS Mulok Bhs Jawa Kelas 1 Semester 2.docx
Demikian ulasan singkat semoga materi Soal Penilaian Mulok Bahasa Jawa K-2013 Kelas 1 SD/MI dapat bermanfaat dengan maksimal. Dan terima kasih atas kunjungannya untuk memperoleh, mencari materi yang diperlukan dalam dunia pendidikan, semoga setelah berkunjung di blog kami anda tidak keberatan untuk berkomentar atau tinggalkan email anda pada kotak yang telah kami persiapkan, sehingga anda akan selalu memperoleh materi terbaru dari kami langsung masuk email anda semua. Terima kasih ......

KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013

KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013

KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013 - Dengan diberlakukannya Permendikbud No. 24 Tahun  2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 ini maka ketentuan yang mengatur tentang Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Muatan Pembelajaran dalam Struktur Kurikulum, Silabus, Pedoman Mata Pelajaran, dan Pembelajaran Tematik Terpadu.
KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013
KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013
Dalam kurikulum 2013 tentu kita sering melihat dan mendengar tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar atau disingkat KI, KD. Nah tahukah anda sebenarnya apa itu KI dan KD? nah pada kesempatan kali ini kita akan mengulas pengertiannya.

Sebelumnya kita tahu bersama bahwa kurikulum sekarang yang banyak digunakan dan berlaku adalah kurikulum 2013 revisi 2017 yang artinya sudah ada penyempurnaan dari tahun - tahun sebelumnya. Meskipun demikian, tak bisa dipungkiri bahwa masih juga banyak sekolah yang memakai kurikulum lama seperti KTSP.

Nah apa perbedaan mendasar antara KTSP dan Kurikulum 2013 atau K13? Secara sedeharana jika di KTSP yang menjadi pusat dalam pembelajaran adalah Guru, sedangkan di K13 adalah Siswa. Jadi seperti ini, di KTSP guru dianggap sebagai sentral pembelajaran jadi semua sumber pembelajaran berasal dari guru dan dalam prakteknya kebanyakan siswa hanya pasif mendengarkan materi yang disampaikan guru. Sedangkan di K13 sebaliknya, siswa dituntut lebih aktif dalam pembelajaran, bisa mencari materi selain dari guru dan juga tidak hanya pasif mendengarkan artinya siswa diharapkan terus aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut.

Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan siswa untuk mencapai suatu Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki peserta didik pada setiap tingkat, kelas atau program. Sedangkan, Kompetensi Dasar adalah kemampuan siswa untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. KD terdiri dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotorik ). 

Atau dengan istilah lain bahwa Kompetensi Dasar adalah kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar merupakan konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhati-kan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran, mengingat standar kompetensi lulusan harus dicapai pada akhir jenjang.

DOWNLOAD MATERI LAINNYA:
Download Instrumen Lengkap PKKS Tahun 2018 Terbaru
Download Buku Paket Pelajaran TIK Kelas 1-6 SD/MI
Buku Bahasa Inggris Untuk Kelas 1 Sampai Kelas 6 SD/MI
Download RKT, RKJM dan EDS SD/MI Format Terbaru
RPP Pembelajaran K13 Akidah Akhlak Kelas 2 MI Revisi
Rumusan Kompetensi Inti dalam buku ini menggunakan notasi: 1) KI-1 untuk Kompetensi Inti sikap spiritual, 2) KI-2 untuk Kompetensi Inti sikap sosial, 3) KI-3 untuk Kompetensi Inti pengetahuan (pemahaman konsep), 4) KI-4 untuk kompetensi inti keterampilan. Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Berikut ini adalah link download materi KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013 sesuai dengan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016.

Demikian penjelasan singkat materi KI dan KD SD/MI Kurikulum 2013 semoga dengan penjelasan ini dapat menambah sedikit referensi rekan-rekan pendidik, dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan kami dalam menjelaskan. Kami siap menerima kritikan, saran serta masukan dari berbagai pihak dengan cara berkomentar yang sesuai dengan materi serta dengan kata sopan serta membangun.

Buku Matematika Kelas 4 K2013 Revisi 2018 Gratis

Buku Matematika Kelas 4 K2013 Revisi 2018 Gratis

Buku Matematika Kelas 4 K2013 Revisi 2018 Gratis - Tujuan penyusunan Buku Guru pada kurikulum 2013 ini adalah memberikan acuan atau pedoman bagi guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran matematika di SD/MI kelas IV. 
Dalam buku ada bagian penting yang perlu mendapat perhatian khusus, yaitu kegiatan pembelajaran, penilaian, pengayaan dan remedial, serta interaksi guru dengan orang tua peserta didik. Untuk memudahkan dalam penggunaan, seperti di buku siswanya buku ini terbagi ke dalam enam pelajaran sebagai berikut.

Materi Pelajaran 1 Pecahan

Pelajaran ini memuat materi pecahan, yang meliputi pengertian pecahan, pecahan senilai, pecahan sederhana, membandingkan dan mengurutkan pecahan, berbagai bentuk pecahan, pembulatan bilangan, dan menaksir operasi hitung dua bilangan.

Materi Pelajaran 2  Konsep Faktor dan Kelipatan Bilangan

Pelajaran ini memuat materi konsep faktor dan kelipatan bilangan, yang meliputi faktor dan kelipatan bilangan, bilangan prima, FPB dan KPK, dan permasalahan yang berkaitan dengan FPB dan KPK.

Materi Pelajaran 3 Pengukuran Panjang dan Berat 

Pelajaran ini memuat materi pengukuran panjang dan berat. Materi pengukuran panjang meliputi satuan baku panjang, operasi hitung yang melibatkan satuan panjang, dan pembulatan dan menaksir hasil pengukuran panjang ke satuan terdekat. Adapun materi pengukuran berat meliputi satuan baku berat, operasi hitung yang melibatkan satuan berat, dan pembulatan dan penaksiran hasil pengukuran berat ke satuan terdekat.

Materi Pelajaran 4 Keliling dan Luas Bangun Datar

Pelajaran ini memuat materi keliling dan luas bangun datar, yang meliputi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan, keliling dan luas bangun datar (persegi, persegi panjang, dan segitiga), dan hubungan antargaris.

Materi Pelajaran 5  Statistika

Pelajaran ini memuat materi statistika, yang meliputi mengumpulkan, mengolah, menyajikan, dan menafsirkan sajian data.

Materi Pelajaran 4 Pengukuran Sudut Pelajaran ini memuat materi pengukuran sudut yang meliputi mengenal, membandingkan dan mengukur sudut, selanjutnya mengukur sudut pada bangun datar dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pengukuran sudut.
Untuk lebih jelasnya materi tersebut dapat didownloa di bawah ini:

Buku Matematika Kurikulum 2013 Kelas 4

Demikian dan terima kasih telah berkunjung semoga materi Buku Matematika Kelas 4 K2013 Revisi 2018 Gratis dapat bermanfaat, sedangkan untuk materi kelanjutnya silahkan ikuti terus update kami berikutnya. Atau dapat dengan mudah mendapatkan update tinggalkan email di kotak tersedia.

Prosem PJOK K2013 SD/MI Kelas 1 Sampai 6 Terkini

Prosem PJOK K2013 SD/MI Kelas 1 Sampai 6 Terkini

Prosem PJOK K2013 SD/MI Kelas 1 Sampai 6 Terkini - Guru merupakan kunci dari kualitas pendidikan. Guru harus mempunyai niat dan tekad yang kuat agar tercapainya sebuah tujuan pendidikan di Indonesia. Selain itu guru harus dapat menyiapkan materi pembelajaran serta menguasainya yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau sering di sebut RPP.
Prosem PJOK K2013 SD/MI Kelas 1 Sampai 6 Terkini
Prosem PJOK K2013 SD/MI Kelas 1 Sampai 6 Terkini
Selain RPP dan silabus,  Dalam Bahasa Keguruan ada  istilah yang dinamakan Prota (Program Tahunan) yaitu rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. selain dari itu, ada juga istilah Promes (Program Semester) yaitu satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan seperti kegiatan mid semester (Penilaian Tengan Semester), ujian semester dan sebagainya.
Baca juga: Silabus PJOK SD/MI Kelas 1 - Kelas 6
Selain Prota dan Promes, ada juga KKM  yang dijadikan Sebagai acuan bagi seorang guru untuk menilai kompetensi peserta didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK).

Program Tahunan. 

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.

Program Semester. 

Program Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, keraja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan. Satu semester terdiri dari 19 minggu kerja termasuk penyelenggaraan tatap muka, mid semester dan ujian semester.

KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). 

adalah kriteria paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan. KKM harus ditetapkan diawal tahun ajaran oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran di satuan pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Pertimbangan pendidik atau forum MGMP secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM.

Download Prosem PJOK K2013 SD/MI Kelas 1 Sampai 6 Terkini sebagai berikut:
Program Semester PJOK SD Kelas 1 Revisi 2017.docx
Program Semester PJOK SD Kelas 2 Revisi 2017.docx
Program Semester PJOK SD Kelas 3 Revisi 2017.docx
Program Semester PJOK SD Kelas 4 Revisi 2017.docx
Program Semester PJOK SD Kelas 5 Revisi 2017.docx
Program Semester PJOK SD Kelas 6 Revisi 2017.docx
Demikian uraian singkat materi Prosem PJOK K2013 SD/MI Kelas 1 Sampai 6 Terkini yang dengan mudah dan lengkap semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan pendidik semua.

Administrasi Guru Kelas 1 K-2013 Lengkap Terbaru

Administrasi Guru Kelas 1 K-2013 Lengkap Terbaru

Administrasi Guru Kelas 1 K-2013 Lengkap Terbaru - Administrasi/Perangkat Pembelajaran K13 SD/MI Kelas 2 Revisi 2018 kami bagikan secara lengkap yang dapat anda gunakan sebagai referensi dalam pembuatan perangkat pembelajaran tahun pelajaran 2018/2019. Secara umum perangkat pembelajaran terdiri dari RPP, KKM, KI dan KD, Promes, Prota, Silabus, Silabus,  buku guru buku siswa serta administrasi pengembangan lainnya.
Administrasi Guru Kelas 1 K-2013 Lengkap Terbaru
Administrasi Guru Kelas 1 K-2013 Lengkap Terbaru
Perlu bapak dan Ibu pendidik ketahui bersama bahwa, Perangkat Pembelajaran Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang kami bagikan ini sebenarnya perangkat pembelajaran Kelas 1 Kurikulum 2013 revisi 2017, namun dapat pula anda gunakan sebagai referensi/contoh untuk pembuatan perangkat pembelajaran Kelas 1 SD kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk tahun pelajaran 2018/2019. Hal tersebut dikarenakan administrasi ini telah kami revisi secara menyeluruh.

Sebagaimana kita ketahui bersama, di tahun pelajaran 2018/2019 perangkat pembelajaran wajib di miliki dan di susun oleh guru Kelas 1 SD/MI. Perangkat Pembelajaran Kelas 1 jenjang SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 ini di simpan pada folder rar

Perangkat Kelas 1 tersebut di buat dengan menggunakan format word dan format excel. Selengkapnya, bagi bapak/ ibu guru Kelas 1 yang belum memiliki Administrasi/ perangkat pembelajaran Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.


Demikian ulasan tentang Administrasi Guru Kelas 1 K-2013 Lengkap Terbaru semoga dapat segera dipergunakan untuk melengkapi administrasi bapak dan ibu, sehingga apabila diadakan supervisi baik dari kepala Sekolah maupun Pengawas sekolah kita sudah bisa bernafas dengan lega.

RPP Matematika Kelas X SMA Kurikulum 2013 (Revisi)


RPP
Matematika untuk kelas X SMA ini disusun oleh teman-teman saya sewaktu
diklat dengan mengacu pada draft revisi silabus yang beredar sekitar
bulan Februari 2016. Dibandingkan dengan dokumen resmi keluaran
pemerintah; yaitu Permendikbud nomor 24 Tahun 2016 yang berisi tentang
KI dan KD untuk semua mata pelajaran baik dari jenjang SD sampai
SMA/MA/SMK, ada beberapa perbedaan kecil.






Soal UAS Matematika Kelas 7 Semester 1 dan Kunci Jawabannya


Soal UAS Matematika
Kelas 7 Semester 1 dan Kunci Jawabannya Terbaru 2018 yang mungkin sesuai
dengan yang anda cari dalam kunjungannya kali ini. Kegiatan UAS/PAS
tinggal beberapa pekan lagi, guru sudah harus mulai membuat persiapan
khususnya dalam memberikan latihan pada siswa/i.









Bagi guru yang tidak
sempat untuk membuat Soal Latihan UAS SMP/MTs sendiri khususnya untuk
mata

Kisi-Kisi Soal Penilaian Mapel PJOK SD/MI Semester Genap

Kisi-Kisi Soal Penilaian Mapel PJOK SD/MI Semester Genap

Kisi-Kisi Soal Penilaian Mapel PJOK SD/MI Semester Genap - Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks yang memuat informasi untuk dijadikan pedoman dalam menulis soal atau merakit soal menjadi tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. 
Dengan demikian dapat diperoleh berbagai macam kisi-kisi. Kisi-kisi tes yang dimaksudkan untuk menyusun soal diagnosis kesukaran belajar peserta didik berbeda dengan kisi-kisi tes yang dimaksudkan untuk menyusun soal prestasi belajar. Kisi-kisi yang dimaksudkan untuk menyusun tes penempatan juga berbeda dengan kisi-kisi yang dimaksudkan untuk menyusun tes kompetisi. 

Kisi-kisi yang dimaksudkan untuk menyusun tes ulangan umum juga beerbeda dengan kisi-kisi yang digunakan untuk menyusun tes ujian akhir nasional. Hal yang harus diperhatikan adalah tidak ada satupun kisi-kisi yang dapat digunakan untuk semua tujuan semua tes. (Surapranata, 2005 : 50)

Kegunaan dan Fungsi Kisi-Kisi

Kisi-kisi tes berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal dan perakitan tes. Dengan adanya panduan ini, penulis soal dapatmenghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes dan perakit tes dapat menyusun perangkat tes dengan mudah. Dengan demikian, jika tersedia sebuah kisi-kisi yang baik, maka penulis soal yang berbeda akan dapat menghasilkan perangkat soalyang relative sama, baik dari tingkat kedalaman maupun cakupan materi yang ditanyakan.berikut perbandingan fungsi tes :
1. Fungsi untuk Kelas :

a. Mengadakan diagnosis terhadap kesulitan belajar siswa
b. Mengevaluasi celah antra bakat dengan pencapaian.
c. Menaikkan tingkat prestasi.
d. Mengelompokan siswa di kelas pada waktu metode kelompok.
e. Merencanakan kegiatan proses belajar mengajar untuk siswa siswa
f. secra perseorngan.
g. Menentukan siswa mana yang memerlukan bimbingan khusus.
h. Menentukan tingkat pencapaian untuk setiap anak.

2. Fungsi untuk Bimbingan :

a. Menentukan arah pembicaraan dengan orang tua tentang anak-anak mereka.
b. Membantu siswa dalam menentukan plihan.
c. Membantu siswa mencapai tujuan pendidikan dan jurusan.
d. Memberi kesempatan kepada pembingbin, guru, dan orang tua dalam memahami kesulitan anak.

3. Fungsi untuk Administrasi

a. Memberi petunjuk dalam mengelompokkan siswa.
b. Penempatan siswa baru
c. membantu siswa memilih kelompok.
d. Menilai kurkulum.
e. Memperluas hubungan masyarakat (public relation).
f. Menyediakan informasi untuk badan-badan lain diluar sekolah.

Syarat Kisi-Kisi yang Baik

Dengan adanya berbagai variasi kisi-kisi yang disajikan, dapat disimpulkan bahwa kisi-kisi harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:
  1. Mewakili isu kurikulum yang akan diujikan.
  2. Komponen-komponennya rinci, jelas, mudah dan mudah dipahami.
  3. Soal-soalnya harus dapat dibuat sesuai dengan indicator dan bentuk soal yang ditetapkan.

Komponen Kisi-Kisi

Komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi sangat ditentukan oleh tujuan tes yang hendak disusun. Komponen-komponen ini dapat dihimpun menjadi dua kelompok, yaitu kelompok identitas dan kelompok matriks. Kelompok identitas dicantumkan dibagian atas matriks, sedangkan kelompok matriks dicantumkan dalam kolom-kolom yang sesuai dengan tujuan tes. Komponen-komponen yang biasa digunakan dalam penyusunan kisi-kisi tes prestasi belajar adalah sebagai berikut:
  1. Jenis sekolah/jenjang sekolah.
  2. Mata pelajaran.
  3. Tahun ajaran.
  4. Kurikulum yang diacu.
  5. Alokasi waktu.
  6. Jumlah soal.
  7. Bentuk Soal.
  8. Standar kompetensi.
  9. Kompetensi dasar.
  10. Indikator.
  11. Bahan kelas.
  12. Jumlah soal.
  13. Nomor urut soal.
  14. Bentuk soal.

Idealnya semua kompetensi dasar dan indicator yang ada dalam kurikulum, yang tentunya telah dilakukan proses pembelajaran, diujikan di kelas. Namun demikian, dari berbagai komponen tersebut di atas, khusus untuk tes ulangan umum, tes kenaikan kelas, ujian sekolah dasar, ataupun ujian akhir nasional komponen kompetensi dasar dan indikator merupakan salah satu komponen yang perlu dipilih secara mendalam. Hal ini dikarenakan menyangkut pemilihan yang akan diujikan. Pemilihan ini dilakukan karena didalam suatu tes, tidak mungkin semua kompetensi dasar dan indikato yang terdapat dalam kurikulum dapat diujikan dalam waktu singkat. Oleh karena itu, perlu dipilih kompetensi dasar dan indicator yang penting-penting saja. Pemilihan kompetensi dasar ini dilakukan dengan memperhatikan kriteria seperti di bawah ini.

Urgensi, yaitu kompetensi dasar atau indicator yang secara teoritis, mutlak harus dikuasai oleh peserta didik.

Kontinuitas, yaitu kompetensi dasar atau indicator lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih kompetensi dasar atau indikator yang sudah dipelajari sebelumnya, baik dalam jenjang yang sama maupun antar jenjang.

Relevansi, maksudnya kompetensi dasar atau indicator terpilih harus merupakan kompetensi dasar atau indicator yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami bidang studi lain.
Keterpakaian, kompetensi dasar dan indicator harus merupakan kompentasi dasar dan indicator yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk pemilihan kompetensi dasar dan indicator, selain perlu diperhatikan kriteria pemilihan di atas, perlu pula diperhatikan bahwa penguasaan materi kompetensi dasar dan indikator terpilih harus dapat diukur dengan menggunakan bentuk soal yang sudah ditetapkan. Misalnya kalau sudah ditetapkan untuk membuat tes pilihan ganda, maka penguasaan kompetensi dasar dan indicator yang dapat diukur dengan menggunakan pilihan ganda. Sebaliknya kalau sudah ditetapkan untuk membuat tes uraian, maka penguasaan kompetensi dasar atau indikator yang terpilih juga harus dapat diukur dengan menggunakan tes uraian.

Semua kompenen kisi-kisi yang disebutkan terdahulu adalah komponenkomponen yang diperlukan dalam pennyusunan kisi-kisi. Namun demikian, tidak ada tuntunan atau keharusan untuk menggunakan semua komponen tersebut. Penggunaan komponen tersebut disesuaikan dengan keperluan berdasarkan jenis dan tujuan tes yang akan disusun. Setelah ditentukan komponen-komponen yang perlu dimasukan ke dalam kisi-kisi, maka langkah selanjutnya adalah memasukan semua komponen tersebut ke dalam suatu format atau matriks.

Kisi-kisi adalah suatu format berbentuk matriks berisi informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis atau merakit soal. Kisi-kisi disusun berdasarkan tujuan penggunaan tes. Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Bila beberapa penulis soal menggunakan satu kisi-kisi, akan dihasilkan soal-soal yang relatif sama (paralel) dari tingkat kedalaman dan cakupan materi yang ditanyakan.

Komponen-komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi disesuaikan dengan tujuan tes. Komponen kisi-kisi terdiri atas komponen identitas dan komponen matriks. Komponen identitas diletakkan di atas komponen matriks. Komponen identitas meliputi jenis/jenjang sekolah, program studi/jurusan, mata pelajaran, tahun ajaran, kurikulum yang diacu, alokasi waktu, jumlah soal, dan bentuk soal. Komponen-komponen matriks berisi kompetensi dasar yang diambil dari kurikulum, kelas dan semester, materi, indikator, level kognitif, dan nomor soal.

Link download lainnya:
Dari penjelasan di atas dapat kita wujudkan sebuah materi tentang Kisi-Kisi Lengkap Soalnya Mapel PJOK SD/MI Semester 2 dan sebagai contohnya dapat langsung didownload di bawah ini:

  1. Kisi-Kisi & Soal PJOK KK-2013 Kelas 1 Semester 2.docm
  2. Kisi-Kisi & Soal PJOK KK-2013 Kelas 2 Semester 2.docm
  3. Kisi-Kisi & Soal PJOK KK-2013 Kelas 3 Semester 2.docm
  4. Kisi-Kisi & Soal PJOK KK-2013 Kelas 4 Semester 2.docm
  5. Kisi-Kisi & Soal PJOK KK-2013 Kelas 5 Semester 2.docm
  6. Kisi-Kisi & Soal PJOK KK-2013 Kelas 6 Semester 2.docm

Demikian ulasan singkat materi Kisi-Kisi Soal Penilaian Mapel PJOK SD/MI Semester Genap semoga bermanfaat.

RPP K2013 PJOK SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2

RPP K2013 PJOK SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2

RPP K2013 PJOK SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2 - RPP PJOK Kelas 1, 2, 4, 5 dan 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Mata Pelajaran PJOK atau (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesahatan) merupakan mata pelajaran yang secara khusus diampu oleh guru olahraga serta terpisah dari tugas wajib guru kelas SD/MI, membahas terpisah tentu saja sama juga seperti Mata pelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Khusus pada mata pelajaran tersebut mempunyai tujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan sosial, keterampilan berfikir kritis, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup yang sehat dan praktik pengenalan lingkungan bersih melalui pembekalan pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani terpilih yang dilaksanakan secara sistematis yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
RPP K2013 PJOK SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2
RPP K2013 PJOK SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2
Berikut ini telah kami siapkan contoh RPP PJOK Kelas 1, 2, 4, 5 dan 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang dapat dipergunakan sebagai pedoman dalam menyusun RPP pada materi-materi yang lain.

Dalam impelementasi kurikulum 2013, Kompetensi Dasar mata pelajaran PJOK ini sama seperti pembelajaran mata pelajaran Kurikulum 2013 yang lainnya, yakni meliput KD, sikap (spiritulan dan sosial), pengetahuan dan keterampilan. Berikut adalah contoh RPP PJOK Kelas 1, 2, 4, 5 dan 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Link download lainnya:
Silabus PJOK K2013 SD/MI Semester 2 Edisi Terbaru
Download Instrumen Lengkap PKKS Tahun 2018 Terbaru
RPP Akidah Akhlak Kelas 6 MI Kurikulum 2013 Revisi
Aplikasi Analisis Ulangan Harian Kelas 4 Semester 1 dan 2
RPP Bahasa Arab K-2013 Kelas 6 MI Semester 1 dan 2
Kisi-Kisi Ulangan Harian Kelas 4 Semester 1 dan 2
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 sebagai berikut:
  • KI dan KD sesuai dengan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016
  • Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru
  • Format RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016
  • RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
Berikut link download materi RPP K2013 PJOK SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2


  1. Download: RPP PJOK SD Kelas 1 lengkap.rar
  2. Download: RPP PJOK SD Kelas 2 lengkap.rar
  3. Download: RPP PJOK SD Kelas 3 lengkap.rar
  4. Download: RPP PJOK SD Kelas 4 lengkap.rar
  5. Download: RPP PJOK SD Kelas 5 lengkap.rar
  6. Download: RPP PJOK SD Kelas 6 lengkap.rar

Demikian sekilas info tentang materi RPP K2013 PJOK SD/MI kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 2 semoga bermanfaat, mohon maaf atas kekurang kami.

Silabus PJOK K2013 SD/MI Semester 2 Edisi Terbaru

Silabus PJOK K2013 SD/MI Semester 2 Edisi Terbaru

Silabus PJOK K2013 SD/MI Semester 2 Edisi Terbaru - Pengertian Silabus Menurut Kurikulum 2013, Pada  Kurikulum 2013 yang telah berhasil direvisi sampai dengan tahun 2017 bahwa pengertian silabus  adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. 
Silabus PJOK K2013 SD/MI Semester 2 Edisi Terbaru
Silabus PJOK K2013 SD/MI Semester 2 Edisi Terbaru
Silabus merupakan bagian dari penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus mengandung komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut: Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran dan kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan/membentuk Kompetensi (kekuatan) tersebut dengan upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik. 

Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian pada satuan pendidikan.

Apabila kajian silabus secara umum seperti pernyataan di atas, maka kiranya hal tersebut berlaku pula bagi silabus-silabus pada semua mata pelajaran terutama pada pengguna Kurikulum 2013.

Link download lainnya:
Buku Guru dan Buku Siswa SD/MI Semua kelas
Buku Bahasa Inggris untuk jenjang SD/MI Lengkap
Buku Paket Mapel TIK SD/MI
Oleh karena itulah kiranya materi yang kami bagikan saat ini tentang Silabus PJOK Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 sangat cocok dan telah sesuai dengan apa yang ada pada uraian di atas tersebut.

Link download Silabus PJOK Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 di bawah ini.

  1. Silabus PJOK SD Kelas 1 Revisi_2017.docx
  2. Silabus PJOK SD Kelas 2 Revisi_2017.docx
  3. Silabus PJOK SD Kelas 3 Revisi_2017.docx
  4. Silabus PJOK SD Kelas 4 Revisi_2017.docx
  5. Silabus PJOK SD Kelas 5 Revisi_2017.docx
  6. Silabus PJOK SD Kelas 6 Revisi_2017.docx

Demikian ulasan singkat materi Silabus PJOK K2013 SD/MI Semester 2 Edisi Terbaru semoga dengan kajian tersebut bapak dan ibu guru/pendidik akan lebih memahami betapa pentingnya materi ini.

Terima kasih bagi yang telah berkunjung dan semoga yang belum berkunjung segera merapat untuk mendapatkan materi-materi baru dari blog kami ini.