RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 5

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 5

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 5 - RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Perbedaan individual peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, adalah sebagai berikut:

  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.
Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. 

Berikut link download RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 5 yang dengan mudah dapat diperoleh pada menu berikut:

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 4

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 4

RPP Kurikulum 2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 4 - RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Perbedaan individual peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, adalah sebagai berikut:

  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.

Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. 

Berikut link download RPP Kurikulum 2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 4 yang dengan mudah dapat didownload di bawah ini;
RPP Kelas 6 Tema 4 Subtema 1 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 4 Subtema 2 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 4 Subtema 4 Literasi Revisi 2018.doc
Demikian dan sekian ulasan singkat materi RPP Kurikulum 2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 4 semoga bermanfaat, serta mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi ini.

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 3

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 3

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 3 - RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.
Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. Perbedaan individual peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, adalah sebagai berikut:

  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.
Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. 
Berikut link download RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 3 
RPP Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 3 Subtema 2 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 3 Subtema 3 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 3 Subtema 4 Literasi Revisi 2018.doc
Demikian dan sekian ulasan singkat materi RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 3 semoga bermanfaat, serta mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi ini.

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 2

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 2

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 2 - RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Perbedaan individual peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, adalah sebagai berikut:
  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.

Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.
Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. 

Berikut link download RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 2
RPP Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 2 Subtema 4 Literasi Revisi 2018.doc
Demikian dan sekian ulasan singkat materi RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 2 semoga bermanfaat, serta mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi ini

Aplikasi Cetak SKHU Edisi Revisi

Aplikasi Cetak SKHU Edisi Revisi


Berikut ini kami share tentang link download Aplikasi Cetak SKHU Edisi Revisi yang terdiri dari 3 pilihan aplikasi yang minat dipersilahkan dengan menggunakan link download pada googel drive, sehingga sudah dapat dipastikan file aman dari virus:

Semoga Aplikasi Cetak SKHU Edisi Revisi yang kami bagikan ini dapat bermanfaat secara maksimal, sehingga segala pekerjaan bapak/ibu guru khususnya kelas 6 dapat segera diselesaikan.

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II - Postingan kali ini, Silabus dan RPP akan share tentang RPP dan Silabus SD Kelas 4 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP Semester 1 dan 2. Setelah pada postingan sebelum-sebelumnya telah berkas pengetahuan share tentang RPP dan Silabus SD Kelas 1 [disini], Kelas 2 [disini], dan kelas 3 [disini] KTSP. Akhirnya, pada kesempatan yang berbahagia kali ini berkas pengetahuan bisa share juga RPP dan Silabus SD Kelas 4 KTSP Semester 1 dan 2-nya. Langsung saja, sahabat-sahabat bisa langsung mendownload RPP dan Silabus-nya di bawah ini.



Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II
Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II



Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II

Silabus KTSP Kelas 4 Seemster 1.doc
Silabus KTSP Kelas 4 Seemster 2.doc

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II

RPP dan Silabus SD KTSP

RPP dan Silabus SD Kelas 4 Semester I dan II

Mata Pelajaran B. Indonesia
SK-KD B. Indonesia SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD B. Indonesia Kelas 4 [Download]
Silabus B. Indonesia SD Kelas 4 [Download]
RPP B. Indonesia SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran B. Inggris
SK-KD B. Inggris SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD B. Inggris Kelas 4 [Download]
Silabus B. Inggris SD Kelas 4 [Download]
RPP B. Inggris SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran IPA
SK-KD IPA SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD IPA Kelas 4 [Download]
Silabus IPA SD Kelas 4 [Download]
RPP IPA SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran IPS
SK-KD IPS SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD IPS Kelas 4 [Download]
Silabus IPS SD Kelas 4 [Download]
RPP IPS SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran Matematika
SK-KD Matematika SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD Matematika Kelas 4 [Download]
Silabus Matematika SD Kelas 4 [Download]
RPP Matematika SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran PAI
SK-KD PAI SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD PAI Kelas 4 [Download]
Silabus PAI SD Kelas 4 [Download]
RPP PAI SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran PJOK
SK-KD PJOK SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD PJOK Kelas 4 [Download]
Silabus PJOK SD Kelas 4 [Download]
RPP PJOK SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran PKn
SK-KD PKn SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD PKn Kelas 4 [Download]
Silabus PKn SD Kelas 4 [Download]
RPP PKn SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran SBK
SK-KD SBK SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD SBK Kelas 4 [Download]
Silabus SBK SD Kelas 4 [Download]
RPP SBK SD Kelas 4 [Download]

Mata Pelajaran TIK
SK-KD TIK SD Kelas 4 [Download]
Pemetaan SK-KD TIK Kelas 4 [Download]
Silabus TIK SD Kelas 4 [Download]
RPP TIK SD Kelas 4 [Download]
Mudah mudahan dengan adanya RPP dan Silabus SD Kelas 4 KTSP Semester 1 dan 2 ini sahabat-sahabat semua bisa terbantu dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di sekolah masing-masing tentunya dengan adanya pengembangan-pengembangan yang diperlukan dalam menyusunnya kembali sesuai dengan karakter peserta didik dan sarana serta prasarana yang tersedia. Terakhir, mohon maaf jika ada salah tolong tulis saja di komentar nanti kami akan perbaiki semampu kami. Terima kasih buat semuanya, selamat mendownload dan semoga bisa bermanfaat.

Aplikasi Lembar Analisa Penilaian Harian Kurikulum 2013 SD

Aplikasi Lembar Analisa Penilaian Harian Kurikulum 2013 SD

Aplikasi Lembar Analisa Penilaian Harian Kurikulum 2013 SD - Analisa merupakan kegiatan untuk memperoleh kriteria perolehan nilai yang dicapai peserta didik dalam pelaksanaan penilaian di akhir tema pada Kurikulum 2013 atau juga pada pelaksanaan Ulangan formatif pada Kurikulum 2006 (KTSP).
Aplikasi Lembar Analisa Penilaian Harian Kurikulum 2013 SD
Aplikasi Lembar Analisa Penilaian Harian Kurikulum 2013 SD


Setelah dilakukan analisa nilai, maka tindakan selanjutnya adalah guru melaksanakan perbaikan dan pengayaan; perngayaan diperuntukkan bagi peserta didik yang telah mencapai nilai minimal sama dengan Kriteria Belajar Minimal (KBM), dan atau Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Pada kegiatan Pengayaan yang dapat dilakukan adalah peserta didik mempelajari materi berikutnya atau merangkum materi berikutnya, sedangkan perbaikan biasa dilakukan guru adalah peserta didik mengerjakan soal yang baru saja dikerjakan unuk penilaian tersebut.

Sebagai alat kemudahan untuk melaksanakan  analisa tersebut tellah kami bagikan aplikasinya berikut ini yang dapat di cetak sebagai barang bukti kita sebagai guru telah melaksanakan kegiatan Perrbaikan dan pengayaan kepada peserta didik.


Demikian materi yang dapat bapak dan ibu gunakan semoga materi Aplikasi Lembar Analisa Penilaian Harian Kurikulum 2013 SD dapat bermanfaat.

Terima kasih atas kunjungannya kami selalu menunggu kunnjungan anda semua di waktu berikutnya, dan semoga materi yang berada di blog ini bermanfaat dan dapat membantu segala aktivitas bapak dan ibu semuanya. 

Aplikasi Cetak Raport K2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 Final

Aplikasi Cetak Raport K2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 Final

Aplikasi Cetak Raport K2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 Final - Kegiatan proses belajar mengajar pada semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 akan segera berakhir, dan dengan berakhirnya pembelajaran tersebut guru disibukkan dengan kegiatan mencetak laporan pendidikan/cetak raport. Untuk mencetak raport pada kurikulum 2013 diperlukan ketelitian dan kejelian dalam melaksanakan penilaian nya. Sedangkan laporan pendidikan pada kurikulum 2006 buku laporan pendidikan (Raport) telah tersedia beberapa tahun sebelumnya.
Aplikasi Cetak Raport K2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 Final
Aplikasi Cetak Raport K2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 Final
Sehubungan dengan kerumitan dalam mencetak Raport Kurikulum 2013 kami telah bekerjasama dengan rekan sesama pendidik yang berasal dari tetangga Provinsi untuk saling membagikan hasil karya beliau tersebut. Beliau tidak lain dan bukan adalah Kang Martho yang dalam keseharian nya juga berprofesi sebagai pendidik.

Hanya sebagai memorial saja tentang Aplikasi Cetak Rapoert K2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 Final adalah sebagai berikut:
  1. Mata Pelajaran Mulok dapat diisi sesuai dengan kondisi di masing-masing lembaga pendidikan dengan cara mengganti melalui menu KKM.
  2. Kompetensi Dasar (KD) terdapat pada menu tersendiri dan dapat diedit sesuai dengan kebutuhan.
  3. Kompetensi 1 dan 2 bahwa siswa diasumsikan sudah baik, apabila tidak ada kegiatan yang menonjol, sehingga pada sheet KI (1) dan KI (2) tidak disisi jumlah kegiatannya, dengan ketentuan siswa dianggap sudah baik semua.
  4. Pada setiap pembelajaran tinggal memasukkan nilai secara biasa dan akhirnya akan diproses olehnya rumus yang telah didesain sedemikian rupa, sehingga diskripsi akan muncul dengan sendirinya, dan apabila terdapat nilai yang sama jangan dipermasalahkan.
  5. Pada format kenaikan telah kami munculkan, guna menentukan siapa saja siswa yang naik maupun tidak naik.
  6. Aplikasi ini tetap masih menggunakan nilai akhir atau nilai jadi.
  7. Perlu diketahui bersama, bahwa kelebihan aplikasi ini terutama aplikasi terbaru ini telah didesain mirip dengan aplikasi Dapodik, sehingga memang dibuat secara spetakuler guna mengubah paradikma baru di era kurikulum 2013 terbaru 2018.
  8. Sedangkan khusus Aplikasi terbaru ini telah menyesuaikan denga office yang bapak atau OPS gunakan pada laptop atau Komputer anda.

Bicara masalah Aplikasi Raport Kurikulum 2013, memang banyak beredar aplikasi baik itu gratis maupun berbayar. Sayangnya tidak semua aplikasi itu memiliki interface yang mudah dioperasikan. Seringkali guru kurang teliti dalam memilih aplikasi, sehingga ketika terlanjur membeli (baik secara langsung maupun secara online), ternyata penggunaannya jlimet dan habis waktu untuk mempelajarinya. Itulah mengapa memilih aplikasi penilaian kurikulum 2013 yang gratis dan mudah dioperasikan masih banyak menjadi pilihan.
Baca juga: Administrasi mengajar Kelas 4 K2013 Lengkap
Nah berikut ini saya mencoba menyarankan Aplikasi Raport Kurikulum 2013 yang gratis dan mudah penggunannya. Istilah mudah disini tergantung anda, Jika sudah terbiasa menjalankan excel, saya yakin tidak banyak menemui kesulitan. Bukan hanya itu, aplikasi ini dibuat oleh rekan guru yang memang punya skill tambahan di bidang IT, tidak hanya kemampuan dasar mengajar di kelas. Jika tertarik, silahkan langsung download dan digunakan. Berikut aplikasinya.
Baca juga: Administrasi mengajar Kelas 5 K2013 Lengkap
Demikian ulasan singkat materi Aplikasi Cetak Rapoert K2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 Semester 1 Final semoga dapat membantu kelancaran bapak dan ibu dalam mencetak laporan pendidikan di sekolah bapak ibu semuanya, kurang dan lebihnya mohon maaf.
Aplikasi Cetak Raport K2013 Kelas 1 Semester 1 Final.xlsm
Aplikasi Cetak Raport K2013 Kelas 2 Semester 1 Final.xlsm
Aplikasi Cetak Raport K2013 Kelas 3 Semester 1 Final.xlsm
Aplikasi Cetak Raport K2013 Kelas 4 Semester 1 Final.xlsm
Aplikasi Cetak Raport K2013 Kelas 5 Semester 1 Final.xlsm
Aplikasi Cetak Raport K2013 Kelas 6 Semester 1 Final.xlsm
Harapan kami sebagai admin semoga materi ini dapat bermanfaat, dan silahkan tulis kritik, saran dan komentar anda semua demi kelancaran, kemajuan blog kami ini Terima kasih atas kunjungannya kami siap menunggu kunjungan berikutnya dengan topik pencarian yang berbeda.

Sumber Utama: http://www.kangmartho.com

Administrasi PBM Guru Kelas 4 K2013 Lengkap

Administrasi PBM Guru Kelas 4 K2013 Lengkap

Administrasi PBM Guru Kelas 4 K2013 Lengkap - Administrasi Guru Kelas SD guna mempermudah bapak/ibu guru membuat administrasi kelas. Disini kami sediakan Administrasi Guru Kelas SD untuk Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013. Sejalan dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan global pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang mendasar. Administrasi Guru Kelas Sekolah dasar adalah salah satu jenis pendidikan diantara bermacam-macam jenis lembaga pendidikan dalam masyarakat dan merupakan wadah pelaksanaan tugas-tugas yang berhubungan dengan teknis edukatif dan tugas-tugas administrasi ke arah pencapaian tujuan pendidikan. untuk itu administrasi guru kelas ini sangat penting karena bisa digunakan disemua jenjang kelas.
Administrasi PBM Guru Kelas 4 K2013 Lengkap
Administrasi PBM Guru Kelas 4 K2013 Lengkap
Dalam kemajuan sebuah bangsa hal terpenting yang menjadi penentu maju mundurnya suatu bangsa tergantung pada tingkat pendidikan masyarakatnya jika semakin maju tingkat pendidikan masyarakatnya maka bisa diprediksi akan semakin maju pula bangsa tersebut.

Program kurikulum 2013 pada tahun 2016 saat ini sedang di sosialisaikan dengan proses tahapan kebijakan kurikulum untuk jenjang Sekolah Dasar dimulai pada RPP Silabus Kurikulum 2013 SD Revisi 2016 dan perangkat administrasi guru kurikulum 2013 sebagai kewajiban yang harus dikerjakan seorang guru pada proses sebelum dan sesudah kegiatan belajar dan mengajar, aplikasi administrasi guru ini akan memudahkan dalam mengelola administrasi baik administrasi kelas maupun bentuk-bentuk perencanaan dan penilaian kinerja guru.

Pendidik untuk tingkat SD, terkadang disibukkan untuk mengerjakan administrasi atau pemberkasan siswa di setiap semester. Belum lagi target pembelajaran kurikulum yang harus mencapai target, untuk itu izin kan kami sedikit membantu anda dengan memberikan beberapa contoh administrasi guru kelas kurikulum 2013.

Perangkat administrasi merupakan alat untuk mengerjakan tugas guru dalam membuat laporan pembukuan dari awal tahun sampai akhir tahun ajaran. Walaupun berat tapi tetap harus dilaksanakan demi kebaikan dan kemajuan sekolah Anda, kami sebagai rekan sesama pengajar berbagi informasi file kelengkapan pembuatan administrasi guru kelas 2 kurikulum 2013.

Selengkapnya silahkan dapatkan beberapa jenis file yang sudah kami cantumkan dibawah ini.

Demikian ulasan singkat materi Administrasi PBM Guru Kelas 4 K2013 Lengkap dengan harapan dapat memudahkan rekan pendidik dalam melengkapi administrasi belajar dan mengajar di satuan pendidikan dan khususnya di masing-masing kelas.

Baca Juga:
Administrasi Kurikulum 2013 Kelas 5
RPP Kurikuum 2013 Kelas 5 revisi 2017
Sebagaimana yang diamanatkan dalam program pendidikan nasional khususnya dalam peningkatan kwalitas mutu pendidikan suatu sekolah dasar terlepas dari pembenaran administrasinya untuk dapat mengetahui sampai seberapa jauh hasil kemajuan yang telah dicapai pada tiap-tiap jenjang sekolah dasar karena administrasi merupakan salah satu bukti fisik yang digunakan untuk dijadikan tolak ukur untuk mencapai arah pencapaian tujuan.
Analisis Penilaian K13 Pengetahuan Kelas 4.xlsx
Contoh Format Jurnal Mengajar Kelas 4.doc
Daftar Nilai KI-1 KI-2 KI-3 Kelas 4 Semester I.xls
Daftar Nilai KI-4 Kelas 4 Semester I.xls
KKM K13 Kelas 4 Revisi Terbaru.xlsx
Pemetaan Kompetensi Dasar K13 Kelas 4.xls
Peta Materi dan KD K13 Kelas 4 Semester 1.xlsx
Program Semester K13 Kelas 4 Semester 1.xlsx
Program Tahunan K13 Kelas 4 Semester 1.xlsx
Prota dan Promes K13 Kelas 4 Semester 1.xls
Silabus K13 Matematika Kelas 4 Semester 1.doc
Silabus K13 PJOK Kelas 4 Semester 1.doc
Silabus K13 Tematik Kelas 4.doc
Karena begitu pentingnya administrasi sekolah sebagai penunjang dalam penyelenggaraan pendidikan pengajaran kami menyusun/menyajikan buku “Administrasi PBM Guru Kelas 4 K2013 Lengkap” dengan harapan buku ini dapat membantu/meringankan para guru/kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya meningkatkan kwalitas pendidikan yang diharapkan.

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 1

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 1

RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 1 - RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
Dasar Hukum penyusunan RPP Kurikulum 2013 adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor  22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan  Pendidikan Menengah.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses, penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Perbedaan individual peserta didik.
  2. Partisipasi aktif peserta didik.
  3. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
  4. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
  5. Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
  6. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  7. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
  8. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Link download lainnya:
Administrasi K2013 Kelas 5 Semester 1
RPP K2013 Kelas 5 Tema 5 Edisi Revisi
Buku Bahasa Inggris Untuk Kelas 1 Sampai Kelas 6 SD/MI
Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 6 SD/MI Revisi 2018
Komponen RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, adalah sebagai berikut:
  1. Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
  2. Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
  3. Kelas/Semester; 
  4. Materi Pokok;
  5. Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
  6. Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
  7. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
  8. Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
  9. Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
  10. Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
  11. Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
  12. Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan 
  13. Penilaian Hasil Pembelajaran.
Terdapat istilah Higher Order of Thinking Skill (HOTS) pada penerapan kurikulum 2013 edisi revisi adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

Berdasar pada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar Proses pada Satuan pendidikan Dasar dan Menengah, maka tersusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar. 

Berikut link download RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 1
RPP Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 1 Subtema 2 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Revisi 2018.doc 
RPP Kelas 6 Tema 1 Subtema 4 Literasi Revisi 2018.doc
Demikian dan sekian ulasan singkat materi RPP K-2013 Revisi 2018 Kelas 6 Tema 1 semoga bermanfaat, serta mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam menjelaskan materi ini.