Kumpulan silabus KK 2013 Kelas X, XI dan XII.
File ini menggunakan format Docx yang dapat di rubah untuk menyesuaikan
kondisi sekolah bapak/ibu. Silabus ini merupakan administrasi
pengembangan dari DK dan KD yang sesuai dengan pembelajaran di sekolah
Langsung saja di Unduh Kumpulan Silabus KK 2013 Kelas X, XI dan XII
Silabus
KK 2013 SMA dan MA ini sudah dalam bentuk Microsoft
Kumpulan silabus KK 2013 Kelas X, XI dan XII.
File ini menggunakan format Docx yang dapat di rubah untuk menyesuaikan
kondisi sekolah bapak/ibu. Silabus ini merupakan administrasi
pengembangan dari DK dan KD yang sesuai dengan pembelajaran di sekolah
Langsung saja di Unduh Kumpulan Silabus KK 2013 Kelas X, XI dan XII
Silabus
KK 2013 SMA dan MA ini sudah dalam bentuk Microsoft Guru Sayang Agustus 26, 2018 CB Blogger Indonesia
Download Lengkap Kumpulan silabus KK 2013 Kelas X, XI dan XII Docx
Melalui artikel ini Bapak dan Ibu guru bisa mengunduhnya secara gratis, kami juga telah menyusunnya dengan sedemikian rupa agar bisa di download dengan mudah.
Seperti yang telah kita ketahui, silabus merupakan salah satu berkas penting yang Guru Sayang Agustus 26, 2018 CB Blogger Indonesia
Silabus Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 (Semua Tema)
Halo Bapak dan Ibu guru, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Silabus Kelas 6 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk semua tema semester 1 dan 2.
Melalui artikel ini Bapak dan Ibu guru bisa mengunduhnya secara gratis, kami juga telah menyusunnya dengan sedemikian rupa agar bisa di download dengan mudah.
Seperti yang telah kita ketahui, silabus merupakan salah satu berkas penting yang
Melalui artikel ini Bapak dan Ibu guru bisa mengunduhnya secara gratis, kami juga telah menyusunnya dengan sedemikian rupa agar bisa di download dengan mudah.
Seperti yang telah kita ketahui, silabus merupakan salah satu berkas penting yang Guru Sayang Agustus 26, 2018 CB Blogger Indonesia
Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 (Semua Tema)
Halo Bapak dan Ibu guru, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Silabus Kelas 4 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk semua tema semester 1 dan 2.
Melalui artikel ini Bapak dan Ibu guru bisa mengunduhnya secara gratis, kami juga telah menyusunnya dengan sedemikian rupa agar bisa di download dengan mudah.
Seperti yang telah kita ketahui, silabus merupakan salah satu berkas penting yang
Melalui artikel ini Bapak dan Ibu guru bisa mengunduhnya secara gratis, kami juga telah menyusunnya dengan sedemikian rupa agar bisa di download dengan mudah.
Seperti yang telah kita ketahui, silabus merupakan salah satu berkas penting Guru Sayang Agustus 26, 2018 CB Blogger Indonesia
Silabus Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 (Semua Tema)
Halo Bapak dan Ibu guru, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Silabus untuk Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk semua tema semester 1 dan 2.
Melalui artikel ini Bapak dan Ibu guru bisa mengunduhnya secara gratis, kami juga telah menyusunnya dengan sedemikian rupa agar bisa di download dengan mudah.
Seperti yang telah kita ketahui, silabus merupakan salah satu berkas penting
Melalui artikel ini Bapak dan Ibu guru bisa mengunduhnya secara gratis, kami juga telah menyusunnya dengan sedemikian rupa agar bisa di download dengan mudah.
Seperti yang telah kita ketahui, silabus merupakan salah satu berkas penting Guru Sayang Agustus 25, 2018 CB Blogger Indonesia
Silabus Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018 (Semua Tema)
Halo Bapak dan Ibu guru, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Silabus Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2018 untuk semua tema semester 1 dan 2.
Melalui artikel ini Bapak dan Ibu guru bisa mengunduhnya secara gratis, kami juga telah menyusunnya dengan sedemikian rupa agar bisa di download dengan mudah.
Seperti yang telah kita ketahui, silabus merupakan salah satu berkas penting
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi |
- Perbedaan individual peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/Semester;
- Materi Pokok;
- Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
- Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
- Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
- Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
- Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- Penilaian Hasil Pembelajaran.
- RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
- RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
- RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. Berikut adalah link download RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi.
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 1 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 2 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 3 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 4 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 5 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 6 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
Guru Sayang Agustus 25, 2018 CB Blogger Indonesia
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi |
- Perbedaan individual peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/Semester;
- Materi Pokok;
- Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
- Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
- Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
- Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
- Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- Penilaian Hasil Pembelajaran.
- RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
- RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
- RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. Berikut adalah link download RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 4 Kurikulum 2013 Edisi Revisi.
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 1 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 2 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 3 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 4 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 5 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 4 Pb 6 Tugasku Dalam Kehidupan Sehari-hari.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi |
- Perbedaan individual peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/Semester;
- Materi Pokok;
- Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
- Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
- Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
- Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
- Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- Penilaian Hasil Pembelajaran.
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 1 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 2 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 3 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 4 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 5 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 6 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi |
- Perbedaan individual peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/Semester;
- Materi Pokok;
- Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
- Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
- Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
- Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
- Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- Penilaian Hasil Pembelajaran.
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 1 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 2 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 3 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 4 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 5 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 3 Pb 6 Tugasku Sebagai Umat Beragama.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 2 K-2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 2 K-2013 Edisi Revisi |
- Perbedaan individual peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/Semester;
- Materi Pokok;
- Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
- Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
- Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
- Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
- Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- Penilaian Hasil Pembelajaran.
Materi terdahulu: RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 1 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 2 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 3 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 4 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 5 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 6 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 2 K-2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 2 K-2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 2 K-2013 Edisi Revisi |
- Perbedaan individual peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/Semester;
- Materi Pokok;
- Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
- Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
- Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
- Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
- Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- Penilaian Hasil Pembelajaran.
Materi terdahulu: RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 1 K-2013 Edisi Revisi
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 1 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 2 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 3 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 4 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 5 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 2 Pb 6 Tugasku Sehari-Hari di Sekolah.docx
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
- Perbedaan individual peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/Semester;
- Materi Pokok;
- Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
- Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
- Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
- Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
- Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- Penilaian Hasil Pembelajaran.
- Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
- Mengintegrasikan literasi;
- Mengintegrasikan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
- Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill.
- pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
- pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
- pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
- penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
- penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
- penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Baca juga:
Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Kelas 1 sampai kelas 6
Daftar KI dan KD Kurikulum 2013 revisi Terbaru
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 1 Tugasku Sehari- hari.doc
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 2 Tugasku Sehari- hari.doc
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 3 Tugasku Sehari- hari.doc
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 4 Tugasku Sehari- hari.doc
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 5 Tugasku Sehari- hari.doc
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 6 Tugasku Sehari- hari.doc
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
RPP Kelas 2 Tema 3 Subtema 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi
- Perbedaan individual peserta didik.
- Partisipasi aktif peserta didik.
- Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
- Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
- Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
- Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
- Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
- Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
- Identitas Sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
- Identitas Mata Pelajaran atau tema/subtema;
- Kelas/Semester;
- Materi Pokok;
- Alokasi Waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
- Tujuan Pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan; (Catatan: walaupun tujuan pembelajaran disebutkan sebelum KD dan IPK, namun secara substansial tujuan pembelajaran merupakan penjabaran rinci dari indicator pencapaian kompetensi sehingga secara hirarki dituliskan setelah KD dan IPK)
- Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi;
- Materi Pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
- Metode Pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
- Media Pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
- Sumber Belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
- Langkah-langkah Pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
- Penilaian Hasil Pembelajaran.
- Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
- Mengintegrasikan literasi;
- Mengintegrasikan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);
- Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill.
- pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
- pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
- pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
- penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
- penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
- penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Baca juga:
Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Kelas 1 sampai kelas 6
Daftar KI dan KD Kurikulum 2013 revisi Terbaru
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 1 Tugasku Sehari- hari.doc
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 2 Tugasku Sehari- hari.doc
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 3 Tugasku Sehari- hari.doc
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 4 Tugasku Sehari- hari.doc
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 5 Tugasku Sehari- hari.doc
- RPP Kelas 2 Tema 3 Sub 1 Pb 6 Tugasku Sehari- hari.doc
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 edisi
revisi 2017, yang disusun oleh guru harus muncul empat macam hal yaitu;
PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramu
sebuah RPP dengan baik. Hal yang terpenting dalam penyusunan RPP
Kurikulum 2013 Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1-4 revisi
terbaru adalah terintegrasinya Penguatan Pendidikan Guru Sayang Agustus 25, 2018 CB Blogger Indonesia
RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1-4 Tahun Pelajaran 2018/2019
Dalam
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 edisi
revisi 2017, yang disusun oleh guru harus muncul empat macam hal yaitu;
PPK, Literasi, 4C, dan HOTS sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramu
sebuah RPP dengan baik. Hal yang terpenting dalam penyusunan RPP
Kurikulum 2013 Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1-4 revisi
terbaru adalah terintegrasinya Penguatan Pendidikan