Buku Guru dan Siswa Kelas 1 K13 Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa Kelas 1 K13 Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa Kelas 1 K13 Revisi 2017 - Materi yang kami bagikan kali ini guna mempermudah bapak, ibu serta pengunjung yang belum dapat menemukan pada pencarian google tentang materi yang telah kami bagikan beberapa waktu yang lalu yaitu tentang Buku Guru Kelas 1 Kurikulum 2013 edisi 2017 serta Buku Siswa kelas 1 kurikulum 2013 edisi 2017.

Buku Guru dan Siswa Kelas 1 K13 Revisi 2017
Buku Guru dan Siswa Kelas 1 K13 Revisi 2017
Untuk mensikapi hal itulah akhirnya pada kesempatan kali ini tetap tidak ketinggalan, sehingga materi Buku Guru dan Siswa Kelas 1 K13 Revisi 2017 akan segera dapat didownload pada menu di bawah ini.
Baca dulu: Buku Guru dan Siswa Kelas 5 SD/MI K13 Edisi revisi 2017
Buku Guru Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Guru Kelas 1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 1. Diriku.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 2. Kegemaranku.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 3. Kegiatanku.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 4. Keluargaku.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 5. Pengalamanku.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku.pdf
Buku Guru Kelas 1. Tema 8. Peristiwa Alam.pdf
Buku Siswa Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa Kelas 1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 1. Diriku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 2. Kegemaranku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 3. Kegiatanku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 4. Keluargaku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 5. Pengalamanku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 8. Peristiwa Alam.pdf
Demikian harapan kami sebagai penulis materi Buku Guru dan Siswa Kelas 1 K13 Revisi 2017 akan segera melengkapi materi-materi khususnya dalam pencarian Buku Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam melengkapi buku-buku kurikulum 2013 yang dimaksud.

Buku Guru Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

Buku Guru Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

Buku Guru Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017 - Untuk melengkapi dan mempermudah oleh pengunjung dalam memperoleh materi-materi khususnya Buku Guru dan Buku siswa Kelas 5 Kurikulum 2013 edisi 2017, maka pada kesempatan kali ini kami bagikan materi secara keseluruhan, sehingga bagi pengunjung yang membutuhkan buku guru dan buku siswa kelas 5 kurikulum 2013 langsung saja dipilih materi tersebut pada menu yang telah kami persiapkan di bawah penjelasan artikel ini.
Buku Guru Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017
Buku Guru Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

I. Kedudukan dan Fungsi Buku Guru

Buku Guru  adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut ini penjelasan tentang fungsi buku guru.

a. Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa

Guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut.

  1. Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran, yang kemudian dipadukan  dalam satu tema tertentu.
  2. Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
  3. Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan dari subtema dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa.

b.Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas

Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilahan pembelajaran dari masing-masing subtema.
  2. Menjelaskan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar  guru sudah menyiapkan media-media pembelajaran yang diperlukan.
  3. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  4. Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  5. Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilahan pembelajaran yang ada dalam Buku Siswa.

c. Penjelasan tentang Metode dan Teknik Pembelajaran  yang Digunakan dalam Proses Pembelajaran

Buku Guru memuat informasi tentang metode dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran.

II. Kedudukan dan Fungsi Buku Siswa

Buku ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.

a.Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran

Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dibuat ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya

b.Penghubung antara  Guru, Sekolah, dan Orang Tua

Pada setiap akhir pembelajaran ada bagian yang membutuhkan keterlibatan orang tua untuk membimbing anak dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan“Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan  orang tua  berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

c.Lembar Kerja Siswa

Buku Siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa, misalnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa dapat mengerjakan langsung pada Buku Siswa.

d.Penilaian dan Portofolio

Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai bahan portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.

e.Media Komunikasi antara Guru dan Siswa

Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru dapat melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.

f.Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa

Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak belajar tersebut berguna sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.

g.Sebagai alat/instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan pembelajaran harian yang telah dilakukan.  

Link download Buku Guru Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

  1. BG Kelas V Tema 1 Edisi Revisi 2017.pdf
  2. BG Kelas V Tema 2 Edisi Revisi 2017.pdf
  3. BG Kelas V Tema 3 Edisi Revisi 2017.pdf
  4. BG Kelas V Tema 4 Edisi Revisi 2017.pdf
  5. BG Kelas V Tema 5 Edisi Revisi 2017.pdf
  6. BG Kelas V Tema 6 Edisi Revisi 2017.pdf
  7. BG Kelas V Tema 7 Edisi Revisi 2017.pdf
  8. BG Kelas V Tema 8 Edisi Revisi 2017.pdf
  9. BG Kelas V Tema 9 Edisi Revisi 2017.pdf

Link download Buku Siswa Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

  1. BS Kelas V Tema 1 Edisi Revisi 2017.pdf
  2. BS Kelas V Tema 2 Edisi Revisi 2017.pdf
  3. BS Kelas V Tema 3 Edisi Revisi 2017.pdf
  4. BS Kelas V Tema 4 Edisi Revisi 2017.pdf
  5. BS Kelas V Tema 5 Edisi Revisi 2017.pdf
  6. BS Kelas V Tema 6 Edisi Revisi 2017.pdf
  7. BS Kelas V Tema 7 Edisi Revisi 2017.pdf
  8. BS Kelas V Tema 8 Edisi Revisi 2017.pdf
  9. BS Kelas V Tema 9 Edisi Revisi 2017.pdf

Download Buku Siswa Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017

Download Buku Siswa Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017 

Download Buku Siswa Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017- Buku Siswa Kurikulum 2013 ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk mempermudah siswa/peserta didik dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku Siswa Kurikulum 2013 ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) yang isinya  telah dirancang dan dilengkapi dengan berbagai contoh lembar kegiatan siswa yang dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.
Download Buku Siswa Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017
Download Buku Siswa Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017 
Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.
Baca juga: Buku Guru Buku Siswa Kelas 2 SD/MI K13 Revisi 2017
a. Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran

Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dibuat ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya

b. Penghubung antara  Guru, Sekolah, dan Orang Tua

Pada setiap akhir pembelajaran ada bagian yang membutuhkan keterlibatan orang tua untuk membimbing anak dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan“Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan  orang tua  berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

c. Lembar Kerja Siswa

Buku Siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa, misalnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa dapat mengerjakan langsung pada Buku Siswa.

d. Penilaian dan Portofolio
Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai bahan portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.

e. Media Komunikasi antara Guru dan Siswa

Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru dapat melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.

f. Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa

Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak belajar tersebut berguna sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.

g. Sebagai alat atau instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan proses pembelajaran harian yang telah dilakukan peserta didik.  
Baca juga: Buku Guru Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017 
Berikut materi Buku Siswa Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017 yang telah dilengkapi dan dapat dipergunakan selama semester ganjil dan semester genap:
Buku Siswa Kelas 1. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 1. Diriku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 2. Kegemaranku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 3. Kegiatanku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 4. Keluargaku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 5. Pengalamanku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku.pdf
Buku Siswa Kelas 1. Tema 8. Peristiwa Alam.pdf
Semoga link Download Buku Siswa Kelas 1 SD/MI K13 Revisi 2017 dapat segera direspon oleh pengunjung untuk mendapatkan materinya.

Download Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

Download Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

Download Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017Buku Guru Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 ini adalah buku panduan bagi bapak dan ibu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas serta sebagai panduan dalam penggunaan buku siswa, sehingga di antara Buku Guru dan Buku Siswa selalu berhubungan sama keterkaitannya.
Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017
Download Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017

3 fungsi Buku Guru pada proses pembelajaran;

1. Buku Guru Kurikulum 2013 Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa

Sebagai guru, guru harus mempelajar terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut.
  • Urutan acuan materi pembelajaran yang dikembangakan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran.
  • Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi Kompetensi Dasar dan Indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
  • Pemilihan pelajaran yang dikembangkan dari subtema Dasar dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus di kuasai siswa.

2. Buku Guru Kurikulum 2013 Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas

Buku Guru pada Kurikulum 2013 menyajikan hal-hal sebagai berikut.
  • Menjelas tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada siswa tiap pilihan pembelajaran dan masing-masing subtema.
  • Menjelaskan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pemblejaran agar guru sudah menyiapkan media-media pembelajaran yang diperlukan.
  • Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah prmbelajaran tersebut.
  • Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  • Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pemilihan pembelajaran yang ada dalam buku siswa.

3. Buku Guru Kurikulum 2013 sebagai Penjelasan Tentang Metode dan Teknik Pembelajaran yang digunakan dalam Proses Pembelajaran
Baca juga: Buku Guru dan Siswa Kelas 2 K13 Revisi 2017
Buku Guru Kurikulum 2013 memuat informasi tentang model dan strategi pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran di kelas, dan perlu diketahui bahwa materi Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017 ini kami bagikan secara lengkap dan dipergunakan untuk semester 1 (ganjil) dan semester 2 (genap), Link Download Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017 sebagai berikut:


Demikian ulasan singkat tentang Buku Guru Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2017 semoga dapat membantu bapak dan ibu guru. Mohon maaf atas segala kekurangan kami dalam setiap membagikan materi di blog documenguru.blogspot.com

Buku Guru (BG) Buku Siswa (BS) Kelas 2 K13 Revisi 2017

Buku Guru (BG) Buku Siswa (BS) Kelas 2 K13 Revisi 2017

Tahun pelajaran 2018/2019 semakin banyak sekolah yang menggunakan kurikulum 2013, sehingga diharapkan pula guru/pendidik sesegera mungkin mempersiapkan berbagai administrasi pembelajaran. Dalam hal ini Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tidak luput akan menjadi prioritas utama seorang guru/pendidik menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didiknya.
Buku Guru (BG) Buku Siswa (BS) Kelas 2 K13 Revisi 2017
Buku Guru (BG) Kelas 2 K13 Revisi 2017
Perlu diketahui bahwa, dalam menyusun Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dipastikan dengan menggunakan acuan pasti dengan melihat, membaca, dan menelaah Buku Guru dan dipadukan dengan Buku Siswa.

Jangan sampai keliru bahwa penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa khususnya kelas 2 dengan menggunakan buku Guru dan Buku Siswa edisi revisi tahun 2017, oleh sebab itu kami bagikan link download di bawah ini dengan tujuan membantu bapak dan ibu guru dalam menyusun khususnya RPP, dan berikut menu unduhan materi Buku Guru (BG) Buku Kelas 2 K13 Revisi 2017.


Sedangkan bagi peserta didik selain telah dipesankan Buku Siswa, namun buku siswa pada dokumen file di bawah ini akan dipergunakan guru/pendidik dalam memadukan materi yang kami maksudkan, silahkan download materi di bawah ini tentang Buku Siswa Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017.
Buku Guru (BG) Buku Siswa (BS) Kelas 2 K13 Revisi 2017
Buku Siswa (BS) Kelas 2 K13 Revisi 2017
Menu download Buku Guru Siswa (BS) Kelas 2 K13 Revisi 2017


Dengan adanya materi ini tentang Buku Guru (BG) Buku Siswa (BS) Kelas 2 K13 Revisi 2017 diharapkan guru dapat menggunakan terlebih dahulu sebelum buku pesanan dikirim ke masing-masing sekolah.

Terima kasih atas kunjungannya, kami siap menunggu kunjungan anda berikutnya.

Download Buku Siswa K13 Kelas 2 SD/MI Revisi 2017

Download  Buku Siswa K13 Kelas 2 SD/MI Revisi 2017

Buku Siswa K13 Kelas 2 SD/MI Revisi 2017 ini dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku ini juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) di mana isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan agar siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.


Download  Buku Siswa K13 Kelas 2 SD/MI Revisi 2017
Download  Buku Siswa K13 Kelas 2 SD/MI Revisi 2017
Buku Siswa merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

Buku Siswa dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Guru.

Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatifalternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri.

Pada semester 1 terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran dan 4 tema pada semester 2. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Kegiatan pada setiap pembelajaran diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4 diisi dengan kegiatan Aku Cinta Membaca, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menumbuhkan rasa cinta membaca pada siswa.

Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Berdiskusi, Ayo Membaca, Ayo Menulis, Ayo Mengamati, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bernyanyi, Ayo Renungkan, dan Kerja Sama dengan Orang Tua.

Buku Siswa ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah.

Pada setiap akhir pembelajaran terdapat saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua. Bagian ini berisi aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah serta saran agar anak dan orang tua bisa belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa.

Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber.

Di sekolah, guru dan siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa, yang dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan dan/atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan siswa.

Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sebisa mungkin memaksimalkan potensi semua sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Setiap kegiatan dapat disesuaikan dengan kondisi siswa, guru, sekolah, dan lingkungan.

Pada beberapa bagian dalam Buku Siswa ini diberikan ruang bagi siswa untuk menuliskan laporan, kesimpulan, penyelesaian soal, atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan berbagai tugas tersebut siswa tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Apabila dirasa kurang, siswa dapat menuliskannya pada buku tugas.

Buku Siswa diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antarteman maupun dengan gurunya. Guru  dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Di bawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.

a. Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran

Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema. Untuk berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa dibuat ikon-ikon yang melambangkannya, misalnya

b. Penghubung antara  Guru, Sekolah, dan Orang Tua

Pada setiap akhir pembelajaran ada bagian yang membutuhkan keterlibatan orang tua untuk membimbing anak dalam melakukan aktivitas pembelajaran di rumah. Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan“Kerjasama dengan Orang Tua”. Diharapkan  orang tua  berperan aktif mendukung siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

c. Lembar Kerja Siswa

Buku Siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa, misalnya pada Buku Siswa terdapat kegiatan menulis maka siswa dapat mengerjakan langsung pada Buku Siswa.
d. Penilaian dan Portofolio

Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai bahan portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.

e. Media Komunikasi antara Guru dan Siswa

Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru dapat melihat perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.

f. Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa

Semua hasil pekerjaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa sehingga guru dan orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang. Bagi siswa semua rekam jejak belajar tersebut berguna sebagai kenang-kenangan di kemudian hari.

g. Sebagai alat/instrumen pembantu bagi siswa dalam melakukan kegiatan refleksi diri terhadap kegiatan        pembelajaran harian yang telah dilakukan. 
Baca juga: Buku Guru K13 Kelas 2 SD/MI Revisi 2017
Download  Buku Siswa K13 Kelas 2 SD/MI Revisi 2017 di bawah ini:


Semoga  Buku Siswa K13 Revisi 2017 Kelas 2 SD/MI yang kami bagikan ini dapat bermanfaat.

Download Buku Guru K13 Revisi 2017 Kelas 2 SD/MI

Download Buku Guru K13 Revisi 2017 Kelas 2 SD/MI

Buku Guru Kurikulum 2013 adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas serta panduan penggunaan buku siswa, sehingga antara Buku Guru dan Buku Siswa sangat erat hubungannya.
Sebagai seorang guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut.
  1. Urutan acuan materi pembelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran.
  2. Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi Kompetensi Dasar dan Indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
  3. Pemilihan pelajaran yang dikembangkan dari subtema Dasar dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus di kuasai siswa.
Download Buku Guru K13 Revisi 2017 Kelas 2 SD/MI
Download Buku Guru K13 Revisi 2017 Kelas 2 SD/MI
Buku Guru dipergunakan sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas, karena Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada siswa tiap pilihan pembelajaran dan masing-masing subtema.
  • Menjelaskan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar guru sudah menyiapkan media-media pembelajaran yang diperlukan.
  • Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  • Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  • Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pemilihan pembelajaran yang ada dalam buku siswa.

Buku Guru sebagai bahan/materi Penjelasan Tentang Metode dan Teknik Pembelajaran yang digunakan dalam Proses Pembelajaran. Buku Guru Kurikulum 2013 memuat informasi tentang model dan strategi pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran di kelas.

Berikut link Download Buku Guru K13 Revisi 2017 Kelas 2 SD/MI yang dapat dipergunakan sebagai link untuk mendapatkan materi tersebut.


Demikian ulasan singkat yang dapat kami jelaskan guna menambah uraian materi Download Buku Guru K13 Revisi 2017 Kelas 2 SD/MI yang telah siap dipergunakan dan telah kami bagikan melalui media documen guru, dan semoga bermanfaat.

Download juga:

Semoga bermanfaat, mohon maaf atas segala kekurangan.

Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Kelas 11

Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Kelas 11

Untuk melanjutan posting kami atau melanjutkan berbagi materi pada waktu lampau tentang Buku Guru SMA, MA, SMK, MAK Kelas 11 K13 Revisi 2017, maka dalam kesempatan kali ini saya akan share mengenai links Download Buku Siswa SMA, MA, SMK, MAK Kelas 11 K13 Revisi 2017
Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Kelas 11
Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Kelas 11 
Buku Panduan Guru pada Kurikulum 2013 memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Sedangkan buku pembelajaran siswa merupakan buku panduan aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran di dalam dan di luar kelas. Berikut links download Buku Siswa SMA, MA, SMK, MAK Kelas 11 K13 Revisi 2017 yang secara gratis untuk kelas 11 SMA, MA, SMK, dan MAK selengkapnya sebagai berikut :
Sebelumnya baca dulu: Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Kelas 11 
Buku Siswa Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Kelas 11 

  1. Buku Siswa Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Revisi 2017.rar
  2. Buku Siswa Seni Budaya SMA Kelas 11 Revisi 2017.rar
  3. Buku Siswa Sejarah Indonesia SMA Kelas 11 Revisi 2017.rar
  4. Buku Siswa PPKn SMA Kelas 11 Revisi 2017.rar
  5. Buku Siswa PKWU SMA Kelas 11 Revisi 2017.rar
  6. Buku Siswa PJOK SMA Kelas 11 Revisi 2017.rar
  7. Buku Siswa PA Kristen SMA Kelas 11 Revisi 2017.rar
  8. Buku Siswa PA Khonghucu SMA Kelas 11 Revisi 2017.rar
  9. Buku Siswa PA Katolik SMA Kelas 11 Revisi 2017.rar
  10. Buku Siswa PA Islam SMA Kelas 11 Revisi 2017.rar
  11. Buku Siswa PA Hindu SMA Kelas 11 Revisi 2017.rar
  12. Buku Siswa PA Buddha SMA Kelas 11 Revisi 2017.rar
  13. Buku Siswa Matematika SMA Kelas 11 Revisi 2017.rar
  14. Buku Siswa Bahasa Inggris SMA Kelas 11 Revisi 2017.rar

Kami menyadari bahwa di setiap posting kami di blog ini masih jauh dari sempurna terutama dalam membagikan materi Buku Siswa SMA, MA, SMK, MAK Kelas 11 K13 Revisi 2017, sehingga kritik, saran dan masukan selalu kami nantikan dalam pengembangan blog ini.


Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Kelas 11

Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Kelas 11 

Buku Guru adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut penjelasan tentang fungsi buku guru.
Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Kelas 11
Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Kelas 11 
a.Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa

Guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut.
  1. Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran, yang kemudian dipadukan dalam satu tema tertentu.
  2. Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
  3. Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan dari subtema dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa.

a.Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas

Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilahan pembelajaran    dari masing-masing subtema.
  2. Menjelaskan media  pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar guru sudah menyiapkan media-media pembelajaran yang diperlukan.
  3. Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan   proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersubut.
  4. Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  5. Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilahan pembelajaran yang ada dalam Buku Siswa.
b.Penjelasan tentang Metode dan Teknik Pembelajaran yang Digunakan dalam Proses Pembelajaran.
Buku Guru memuat informasi tentang metode dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaran proses pembelajaran. Dan berikut adalah link download Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Kelas 11:


Demikian ulasan singkat materi Buku Guru Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Kelas 11 semoga bapak dan ibu guru SMA khususnya, pengunjung pada umumnya dapat menggunakan waktu yang sebaik-baiknya untuk memperoleh materi ini.

Baca juga:
  1. Buku Guru k13 Kelas 9 SMP/MTs Revisi 2018
  2. Buku Guru SMA, MA. SMK, MAK Kelas 10 Revisi 2017
  3. Buku Guru Kelas 3 SD/MI Revisi 2018
  4. Buku Guru dan Siswa Kelas 12 SMA, MA, SMK, MAK Revisi 2017

Terima kasih.....

Download Buku Guru Kelas 3 SD/MI K13 Edisi Revisi 2018

Download Buku Guru Kelas 3 SD/MI K13 Edisi Revisi 2018

Berbeda Buku Guru edisi revisi tahun 2018 sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial siswa. 
Buku Guru Kelas 3 SD/MI K13 Edisi Revisi 2018
Download Buku Guru Kelas 3 SD/MI K13 Edisi Revisi 2018

Tentang Buku Guru Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas III

Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini mencakup hal-hal sebagai berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi empat subtema dengan kompetensi dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran.
  2. Ruang lingkup pembelajaran yang memberikan gambaran tentang kegiatan dan kemampuan yang dikembangkan dalam satu subtema.
  3. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  4. Media dan alat pembelajaran yang akan digunakan pada setiap kegiatan pembelajaran.
  5. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran tematik terpadu yang terdiri dari Kegiatan Pembuka, Kegiatan Inti, dan Kegiatan Penutup yang disusun untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  6. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  7. Berbagai teknik penilaian siswa.
  8. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan.
  9. Petunjuk penggunaan buku siswa.

Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi. Aktivitas tersebut mencakup hal-hal sebagai berikut.
  1. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melakukan permainan, demonstrasi, dan pemecahan masalah.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasikan informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
  4. Memberi tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep.
  5. Memberi tugas yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  6. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

Bagaimana Menggunakan Buku Guru?

Buku Guru memiliki dua fungsi, yaitu sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa dan sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas. Mengingat pentingnya buku ini, disarankan memerhatikan hal-hal sebagai berikut.
  1. Bacalah halaman demi halaman dengan teliti.
  2. Pahamilah setiap Kompetensi Dasar dan Indikator yang dikaitkan dengan tema.
  3. Upayakan untuk mencakup kompetensi pada sikap spiritual dan sikap sosial dalam semua kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan melakukan penguatan untuk mendukung pembentukan sikap, pengetahuan, dan perilaku positif.
  4. Dukunglah ketercapaian kompetensi pada sikap spiritual dan sosial dengan kegiatan pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah.
  5. Cocokkanlah setiap langkah kegiatan yang berhubungan dengan buku siswa sesuai dengan halaman yang dimaksud.
  6. Mulailah setiap kegiatan pembelajaran dengan memberikan pengantar sesuai tema pembelajaran. Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan kegiatan pembukaan yang menyenangkan dan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Misalnya bercerita, mengajukan pertanyaan yang menantang, menyanyikan lagu, menunjukkan gambar, dan sebagainya.

Demikian juga pada saat menutup pembelajaran. Pemberian pengantar pada setiap perpindahan subtema dan tema, menjadi faktor yang sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dan keberhasilan pendekatan tematik terpadu yang diuraikan dalam buku ini.

7. Kembangkan ide-ide kreatif dalam memilih metode pembelajaran. Termasuk di dalamnya menemukan kegiatan alternatif apabila kondisi yang terjadi kurang sesuai dengan perencanaan (misalnya siswa tidak bisa mengamati tanaman di luar kelas pada saat hujan).

8. Pilihlah beragam metode pembelajaran yang akan dikembangkan (misalnya bermain peran, mengamati, bertanya, bercerita, bernyanyi, menggambar, dan sebagainya). Penggunaan beragam metode tersebut, selain melibatkan siswa secara langsung, diharapkan juga dapat melibatkan warga sekolah dan lingkungan sekolah.

9.Kembangkanlah keterampilan berikut ini:
  • Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM),
  • Keterampilan bertanya yang berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, Keterampilan membuka dan menutup pembelajaran, dan
  • Keterampilan mengelola kelas dan pajangan kelas.

10.Gunakanlah media atau sumber belajar alternatif yang tersedia di lingkungan sekolah.

11.Pada setiap semester terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 4 subtema. Setiap subtema diurai ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari.

12.Perkiraan alokasi waktu dapat merujuk pada struktur kurikulum. Meskipun demikian, alokasi waktu menurut mata pelajaran hanyalah sebagai petunjuk umum. Guru diharapkan menentukan sendiri alokasi waktu berdasarkan situasi dan kondisi di sekolah dan pendekatan tematik terpadu.

13.Hasil unjuk kerja siswa yang berupa karya dan bukti penilaian dapat berfungsi sebagai portofolio siswa.

14.Buatlah catatan refleksi setelah satu subtema selesai, sebagai bahan untuk melakukan perbaikan pada proses pembelajaran selanjutnya. Misalnya faktor-faktor yang menyebabkan pembelajaran berlangsung dengan baik, kendala-kendala yang dihadapi, dan ide-ide kreatif untuk pengembangan lebih lanjut.

15.Libatkan semua siswa tanpa kecuali dan yakini bahwa setiap siswa cerdas dengan keunikan masing-masing. Dengan demikian, pemahaman tentang kecerdasan majemuk, gaya belajar siswa serta beragam faktor penyebab efektivitas dan kesulitan belajar siswa, sangat dibutuhkan.

16.Demi pencapaian tujuan pembelajaran, diperlukan komitmen guru untuk mendidik sepenuh hati (antusias, kreatif, penuh cinta, dan kesabaran).

Kegiatan Bersama Orang Tua

Secara khusus, di setiap akhir pembelajaran pada Buku Siswa, terdapat kolom untuk orang tua dengan subjudul "Kegiatan Bersama Orang Tua". Kolom ini berisi informasi tentang aktivitas belajar yang dapat dilakukan siswa bersama orang tua di rumah. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa. Guru perlu membangun komunikasi dengan orang tua sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang akan melibatkan orang tua dan siswa di rumah.

  1. BG Kelas 3 PA Islam Edisi Revisi 2018.pdf
  2. BG Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Edisi Revisi 2018.pdf
  3. BG Kelas 3 Tema 2 Menyayangi Tumbuhan dan Hewan Edisi Revisi 2018.pdf
  4. BG Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Revisi 2018.pdf
  5. BG Kelas 3 Tema 4 Kewajiban dan Hakku Edisi Revisi 2018.pdf

Demikian semoga link Download Buku Guru Kelas 3 SD/MI K13 Edisi Revisi 2018 dapat dipergunakan sebagai sarana melengkapi buku pegangan guru kurikulum 2013 untuk kelas 3 SD/MI pada edisi revisi 2018 ini.