Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester 1 dan 2

Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester 1 dan 2

Pengertian Silabus


Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.
Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester 1 dan 2
Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester 1 dan 2


Pengembang Silabus

Pengembangan silabus  dapat dilakukan oleh para guru secara mandiri atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan.
  1. Disusun secara mandiri oleh guru apabila guru yang bersangkutan mampu mengenali karakteristik siswa, kondisi sekolah dan lingkungannya.
  2. Apabila guru mata pelajaran karena sesuatu hal belum dapat melaksanakan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah dapat mengusahakan untuk membentuk kelompok guru mata pelajaran untuk mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah tersebut.
  3. Di SD/MI semua guru kelas, dari kelas I sampai dengan kelas VI, menyusun silabus secara bersama. Di SMP/MTs untuk mata pelajaran IPA dan IPS terpadu disusun secara bersama oleh guru yang terkait.
  4. Sekolah yang belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah-sekolah lain melalui forum MGMP/PKG untuk bersama-sama mengembangkan silabus yang akan digunakan oleh sekolah-sekolah dalam lingkup MGMP/PKG setempat.
  5. Dinas Pendidikan setempat dapat memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Langkah-langkah Pengembangan Silabus

1. Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran sebagaimana tercantum pada Standar Isi, dengan memperhatikan hal-hal berikut:
  1. urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI;
  2. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
  3. keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antarmata pelajaran.

2. Mengidentifikasi Materi Pembelajaran
Baca juga: Program Semester (Promes) Kelas 4 KTSP
Mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar dengan mempertimbangkan:
  1. potensi peserta didik;
  2. relevansi dengan karakteristik daerah,
  3. tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik;
  4. kebermanfaatan bagi peserta didik;
  5. struktur keilmuan;
  6. aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
  7. relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan; dan
  8. alokasi waktu.

Download free === [ Silabus KTSP Kelas 4 Seemster 1.doc ]
Download free === [ Silabus KTSP Kelas 4 Seemster 2.doc ]
Semoga materi Silabus Kelas 4 Kurikulum 2006 Semester I dan II ini bermanfaat.

43 Model Pembelajaran Lengkap Dengan Langkah-Langkah


Dalam model pembelajaran terdapat  strategi  pencapaian kompetensi  peserta didik dengan pendekatan,  metode, dan teknik pembelajaran

Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif , menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan

Download 100 Game Pembelajaran Ice Breaker Lengkap dan Gratis


Download 100 Game Pembelajaran Ice Breaker Lengkap dan Gratis - Ice Breaker merupakan suatu permainan kelas yang biasanya di jadikan salah satu permainan untuk menghilangkan rasa jenuh atau bosan saat belajar . Ice breaker juga bisa dijadikan salah satu Alternatif atau trik ampuh untuk membangunkan semangat belajar dengan metode mengajak bermain dengan melibatkan siswa dalam kelas, membuat suatu

Aplikasi Daftar Urutan Kepegawaian Dilengkapi Data Siswa

Daftar Keadaan Siswa dan Guru merupakan salah satu data penting yang harus dimiliki dan didokeumentasikan oleh sebuah Sekolah. Data Keadaan Siswa didalamnya mencakup informasi dasar siswa meliputi identitas, kelas, tahun ajar, beserta dengan usia siswa. Sedangkan data Keadaan Guru didalamnya meliputi Identitas Guru, Ijazah dan pendidikan terakhir, awal pengangkatan menjadi PNS, awal mengajar, dan

RPP Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru


RPP Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Bapak dan ibu sebagai bahan kelengkapan proses belajar mengajar serta kelengkapan administrasi pembelajaran di kesempatan kali ini kami bagikan materi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) khusus Mata pelajaran matematika kelas 4 bagi sekolah yang menggunakan kurikulum 2013.
RPP Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru
RPP Matematika Kelas IV Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru

Berikut link download pilihannya:
Semoga materi yang kami bagikan ini bermanfaat.

Buku Guru dan Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Buku Guru dan Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Bapak dan ibu guru yang mengajar di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk kali ini kami membagikan materi link download buku guru dan siswa kelas VII Kurikulum 2013 revisi 2017.

Buku Guru dan Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Buku Guru dan Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi
Berikut ini link download Buku Guru dan Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi yang dapat dipergunakan sebagai pegangan guru dan siswa.
Buku Pegangan Guru Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai berikut:
Buku Guru Kelas VII Bahasa Indonesia Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII Bahasa Inggris Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII IPA Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII IPS Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII Matematika Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII PA Budha Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII PA Hindu Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII PA Islam Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII PA Khonghucu Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII PA Kristen Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII PJOK Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII PPKn Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII Prakarya Revisi 2017.pdf
Buku Guru Kelas VII Seni Budaya Revisi 2017.pdf
Buku Pegangan Siswa Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2017 sebagai berikut:
Buku Siswa Kelas VII Bahasa Indonesia Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII Bahasa Inggris Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII IPA Semester 1 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII IPS Revisi 2016.pdf
Buku Siswa Kelas VII IPA Semester 2 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII Matematika Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII PA Islam Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII PJOK Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII PPKn Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII Prakarya Smt 1 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII Prakarya Smt 2 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Kelas VII Seni Budaya Revisi 2017.pdf

Semoga materi Buku Guru dan Siswa SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi dapat digunakan sebelum buku yang telah dipesan dengan dana BOS Triwulan II belum dikirim ke masingg-masing sekolah.

Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006

Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006

Fungsi penilaian hasil belajar sebagai berikut.
  1. Bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  2. Umpan balik dalam perbaikan proses belajar mengajar.
  3. Meningkatkan motivasi belajar siswa.
  4. Evaluasi diri terhadap kinerja siswa.

Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006
Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006

Dari beberapa faktor dan fungsi penilaian dapat kita uraikan kurang lebih sebagai berikut:

1. Ulangan Harian


Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik untuk menilai/mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih. Ulangan Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Bentuk Ulangan harian selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk. Dengan bentuk soal sebagai berikut:


2.Ulangan Tengah Semester

Ulangan tengah semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8–9 minggu kegiatan pembelajaran.Cakupan ulangan tengah semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut. Bentuk Ulangan Tengah Semester selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk.
Baca juga: Revisi Buku Pedoman Penilaian PPK dan TOT Kurikulum 2013
Bentuk Soal UTS kelas 6 SD Kurikulum 2006.


Kegiatan berikutnya adalah ulangan Akhir Semester atau ulangan Kenaikan Kelas; artinya ulangan Akhir Semester bagi siswa kelas 6 untuk mengakhiri pembelajaran di kelas 6, sedangkan Ulangan kenaikan Kelas berfungsi sebagai penilaian siswa kelas 5 ke bawah untuk kenaikan kelas. Dan berikut ulasannya.

3. Ulangan Akhir Semester

Ulangan akhir semester  adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester satu. Cakupan ulangan  akhir semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester satu. Ulangan akhir semester dapat berbentuk tes tertulis,  lisan, praktik/perbuatan pengamatan,  tugas, produk.

4. Ulangan Kenaikan Kelas

Ulangan kenaikan kelas  adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan ulangan kenaikan kelas meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester tersebut. Ulangan kenaikan kelas dapat berbentuk tes tertulis,  lisan, praktik/perbuatan, pengamatan, tugas dan produk.


Demikian semoga materi Soal-Soal Kelas 6 SD Kurikulum 2006 dapat dimanfaatkan bapak dan ibu guru semuanya. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan.

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SMP/MTs Kurikulum 2013

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SMP/MTs Kurikulum 2013

Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) merupakan unsur utama dalam menyusun sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), oleh sebab itulah pada kesempatan kali ini telah kami persiapkan materi yang sangan sesuai untuk segera dipergunakan dengan mendownload pada menu yang telah kami sediakan di bawah ini.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SMP/MTs Kurikulum 2013
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SMP/MTs Kurikulum 2013

Bapak dan Ibu guru SMP/MTs yang sekolahnya menggunakan Kurikulum 2013 untuk menyusun berbagai administrasi, terutama dalam dalam pembelajaran berikut ini kami bagikan link download Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar kurikulum 2013 yang telah direvisi terbaru.

Berikut link unduhannya.

Semoga materi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SMP/MTs Kurikulum 2013 sangat bermanfaat, minimal dapat dipergunakan sebagai materi pengayaan bapak dan ibu guru semuanya.

Revisi Buku Pedoman Penilaian Pada PPK-TOT Kurikulum 2013

Revisi Buku Pedoman Penilaian Pada PPK-TOT Kurikulum 2013


Sambutan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Bangsa besar adalah bangsa yang memiliki karakter kuat berdampingan dengan kompetensi yang tinggi, yang tumbuh dan berkembang dari pendidikan yang menyenangkan dan lingkungan yang menerapkan nilai-nilai baik dalam seluruh sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Hanya dengan karakter yang kuat dan kompetensi yang tinggilah jati diri bangsa menjadi kokoh, kolaborasi dan daya saing bangsa meningkat sehingga mampu menjawab berbagai tantangan era abad 21. Untuk itu, pendidikan nasional harus berfokus pada penguatan karakter di samping pembentukan kompetensi.
Revisi Buku Pedoman Penilaian Pada PPK-TOT Kurikulum 2013
Revisi Buku Pedoman Penilaian Pada PPK-TOT Kurikulum 2013

Penguatan karakter bangsa menjadi salah satu butir Nawacita yang dicanangkan Presiden Joko Widodo melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Komitmen ini ditindaklanjuti dengan arahan Presiden kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengutamakan dan membudayakan pendidikan karakter di dalam dunia pendidikan. Atas dasar ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) secara bertahap mulai tahun 2016. Penguatan Pendidikan Karakter bukanlah suatu kebijakan baru sama sekali karena sejak tahun 2010 pendidikan karakter di sekolah sudah menjadi Gerakan Nasional. Satuan pendidikan menjadi sarana strategis bagi pembentukan karakter bangsa karena memiliki sistem, infrastruktur, dan dukungan ekosistem pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari perkotaan sampai pedesaan. Sudah banyak praktik baik yang dikembangkan sekolah, namun masih banyak pekerjaan rumah yang harus dituntaskan untuk memastikan agar proses pembudayaan nilai-nilai karakter berjalan dan berkesinambungan. Selain itu, sangat diperlukan kebijakan yang lebih komprehensif dan bertumpu pada kearifan lokal untuk menjawab tantangan zaman yang makin kompleks, mulai dari persoalan yang mengancam keutuhan dan masa depan bangsa sampai kepada persaingan global. Kebijakan ini akan menjadi dasar bagi perumusan langkah-langkah yang lebih konkret agar penyemaian dan pembudayaan nilai-nilai utama pembentukan karakter bangsa dapat dilakukan secara efektif dan menyeluruh.

Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim yang sudah menyusun dan menerbitkan buku-buku Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang terdiri dari Konsep dan Pedoman PPK, Panduan Penilaian PPK, Modul Pelatihan PPK bagi Guru, Kepala Sekolah, Pengawas dan Komite Sekolah, serta Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Calon Pelatih PPK. Buku-buku ini akan menjadi rujukan bagi sekolah dan seluruh pemangku kepentingan dalam mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter di sekolah. Saya berharap PPK dapat terlaksana dengan baik dan menghimbau dukungan orang tua, komite sekolah, pengawas, perguruan tinggi dan masyarakat luas untuk memberikan masukan bagi pelaksanaan dan penyempurnaan kebijakan PPK ini.


Semoga PPK dapat menumbuhkan semangat belajar dan mengoptimalkan potensi peserta didik sehingga menjadi warga negara yang memiliki karakter kuat, mencintai bangsanya dan mampu menjawab tantangan era global. Selamat berkarya.

Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018


Berikut
ini logo yang akan digunakan dalam memperingati Hari Pendidikan
Nasional (Hardiknas) 2018. Logo ini dipublikasikan oleh Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada 6 April 2018 melalui laman
resminya di kemdikbud.go.id. Logo Hardiknas 2018 ini memiliki tema
"Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan"







Silahkan
download logo Hardiknas 2018 ini yang nanti akan