Revisi Terbaru RPP K-2013 Kelas 4 Semester 2 Tema 6
Mohon maaf atas kekurangan, kesalahan yang pernah kami perbuat, karena pada tempo yang lalu telah kami bagikan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) Kelas 4 Semester 2, namun hal itu materi kurang sesuai, hingga akhirnya dengan berbagai pembenahan pada waktu ini baru saja kami bagikan materi yang sama yaitu RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Semester 2 Tema 6 yang telah kami adakan perubahan.
Untuk meyakinkan pengunjung silahkan simak salah satu contoh di bawah ini, dan perlu diketahui materi ini telah kami kemas dalam 1 (satu) file untuk 1 (satu) tema yang terdiri dari 3 (tiga) subtema.
Revisi Terbaru RPP K-2013 Kelas 4 Semester 2 Tema 6 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
Kelas / Semester
Tema
Sub Tema
Muatan Terpadu
Pembelajaran ke
Alokasi waktu
|
: SD / MI
: 4 (Empat) 2 (Dua)
: 6. Cita-citaku
: 1. Aku dan Cita-citaku
: Bahasa Indonesia, IPA
: 1 (Satu)
: 1 hari
|
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
- Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
BAHASA INDONESIA
| |
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisandan tulis dengan tujuan untukkesenangan.
|
3.6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri puisi dengan benar
|
4.6 Melisankan puisi hasil karyapribadi dengan lafal, intonasi,dan ekspresi yang tepat sebagaibentuk ungkapan diri
|
4.6.1 menyimpulkan ciri-ciri puisi beserta memberi contoh dengan benar dengan bahasanya sendiri
|
IPA
| |
3.2 Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.
|
3.2.1 mengidentifikasi tahapan-tahapan dalam hidup hewan ( metamorphosis )
|
4.2 Membuat skema siklus hidupbeberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya
|
4.2.1 membuat skema hidup kucing , ayam dan manusia
|
C. TUJUAN
- Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.
- Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.
- Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.
- Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
D. MATERI
- Ciri-ciri puisi
- Siklus makhluk hidup
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan
Strategi
Teknik
Metode
|
: Scientific
: Cooperative Learning
: Example Non Example
: Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
|
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembukaan
1. Guru memberikan salam
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah siswa siswa yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
· Apa yang tergambar pada sampul buku.
· Apa judul buku
· Kira-kira ini menceritakan tentang apa
· Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
6. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
7. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
8. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
9. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Kegiatan inti:
1. Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 tentang seorang anak yang sedang membayangkan cita-citanya. Dengan bimbingan guru siswa membahas tentang berbagai pekerjaan yang menjadi cita-cita antara lain menjadi seorang guru, arsitek, dokter hewan, penyanyi, dan pilot.
2. Guru mengaitkan kegiatan ini dengan judul tema Cita-Citaku dan judul Subtema Aku dan Cita-Citaku
3. Guru dapat memberikan beberapa pertanyaan untuk menstimulus ketertarikan siswa tentang topik Cita-Citaku.
Pertanyaan:
|
4. Siswa mengamati beberapa gambar kegiatan berbagai profesi. Siswa lalu mencoba mengidentifikasi keahlian-keahlian yang dibutuhkan oleh profesi tersebut sesuai dengan bidangnya. Siswa menuliskan keahlian-keahlian tersebut di kolom yang tersedia pada setiap gambar.
5. Siswa kemudian menuliskan pada kolom yang terdapat pada halaman 3 tentang pekerjaan yang menjadi cita-citanya serta menuliskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan profesi yang dipilihnya tersebut.
Ayo Membaca
1. Siswa membaca teks puisi berjudul “Cita-citaku”. Dengan bimbingan guru, siswa mencoba mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Gurumembimbing siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk menemukan ciri-ciri puisi.
a. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 – 4 siswa.
b. Salah satu anggota kelompok membaca puisi tersebut. Anggota yang lain memperhatikan temannya membaca puisi.
c. Perhatikan bagian-bagian yang teks yang dibaca. Diskusikan ciri-ciri dari teks tersebut. Sebagai panduan menemukan ciri-cirinya, kamu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
· Apakah kamu menemukan bahwa teks tersebut terdiri atas kumpulan kata-kata yang tersusun menjadi baris-baris?
· Apakah kamu menemukan baris-baris tersebut terkumpul menjadi beberapa bagian?
· Tuliskan bunyi vokal dari kata terakhir setiap baris!
· Apakah kamu menemukan keteraturan bunyi vokal kata terakhir dalam setiap baris?
d. Tunjukkan keteraturan itu!
|
2. Siswa menyajikan hasil pengamatannya dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang ciri-ciri puisi.
3. Kegiatan ini digunakan sebagai kegiatan untuk memahamkan kepada siswa tentang ciri-ciri puisi (Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6)
Ciri-ciri puisi adalah sebagai berikut:
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
.....................................................................................................................
HASIL YANG DIHARAPKAN
|
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati tekks puisi, kemampuan dan ketrampilan siswa dalam mengidentifikasi ciri-ciri puisi
|
Ayo Berlatih
1. Siswa mengamati bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5. Siswa lalu menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi dan menuliskannyapada kolom yang terdapat pada halaman yang sama.
2. Siswa membaca dan memahami teks informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter hewan. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang profesi menjadi seorang dokter hewan serta tugas-tugas seorang dokter hewan.
Guru dapat memberikan pertanyaan:
- Adakah di antara kalian yang bercita-cita menjadi dokter hewan?
- Apakah tugas utama seorang dokter hewan?
Ayo Mengamati
1. Siswa mengamati beberapa gambar hewan peliharaan yang terdapat pada halaman 6. Siswa mengamati gambar anak-anak hewan dan hewan yang sudah dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan.
Guru dapat memberikan pertanyaan:
· Apakah kalian memiliki hewan peliharaan?
· Apakah hewan peliharaanmu mempunyai anak?
· Bagaimanakah tahapan-tahapan pertumbuhan hewan yang kamu ketahui?
|
Ayo Berdiskusi
1. Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa. Secara berkelompok siswa mengamati beberapa gambar tahapan pertumbuhan hewan yang terdapat pada halaman 8. Siswa lalu menyusun gambar-gambar tahapan pertumbuhan hewan tersebut menjadi tahapan pertumbuhan hewan yang benar. Setiap kelompok kemudian berdiskusi dan menuliskan kesimpulan hasil diskusinya tentang tahapan pertumbuhan hewan tersebut pada kolom yang terdapat pada halaman 9. Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas.
HASIL YANG DIHARAPKAN
|
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati gambar tahapan perkembangan hewan, kemampuan dan ketrampilan siswa dalam mengidentifikasi siklus hidup mahkluk hidup
|
Kegiatan Penutup:
A. Ayo Renungkan
· Sikap apakah yang perlu dibangun untuk menentukan cita-citamu?
· Manfaat apakah yang dapat kamu berikan kepada orang lain dengan menggapai cita-citamu?
· Sikap apakah yang perlu ditunjukkan untuk memelihara hewan peliharaan?
|
Sebagai kegiatan penutup, guru memimpin diskusi kelas dan membantu siswa dalam membuat kesimpulan besar tentang kegiatan-kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan pada hari tersebut. Siswa diminta untuk merefleksikan:
· Sikap apa saja yang perlu mereka bangun dalam menggapai cita-cita.
· Manfaat apa yang akan mereka berikan kepada orang lain dengan cita-cita yang mereka miliki tersebut.
|
Sebagai bentuk tanggung jawab terhadap makhluk hidup yang ada disekitarnya, sikap apa saja yang perlu ditunjukkan dalam memelihara hewan peliharaan.
B. Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa mengamati hewan-hewan peliharaan yang ada di sekitar rumahnya, siswa bersama dengan orang tuanya di rumah berdiskusi tentang tahapan-tahapan pertumbuhan yang terjadi pada hewan-hewan tersebut.
Salam dan do’a penutup.
G. SUMBER DAN MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
- Video/slide.
- Gambar hewan dan tumbuhan,
- Contoh-contoh puisi.
- Lingkungan sekitar.
H. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
2. Membuat Kesimpulan dari Pengamatan dan Diskusi
Bentuk penilaian : Penugasan
Instrumen Penilaian : rubrik
KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6
Tujuan Kegiatan Penilaian:
· Mengukur pengetahuan siswa dalam mengidentifikasi ciri-ciri puisi.
Ciri-ciri puisi adalah sebagai berikut:
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
.........................................................................................................
Aspek
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Pendampingan
|
4
|
3
|
2
|
1
| |
Pengetahuan tentang ciri-ciri puisi
|
Menyebutkan dengan benar semua ciri puisi
|
Menyebutkan 3 ciri puisi dengan benar
|
Menyebutkan 2 ciri puisi dengan benar
|
Hanya menyebutkan 1 ciri puisi
|
Ketrampilan menuliskan hasil kesimpulan pengamatan dan diskusi tentang ciri-ciri puisi dengan benar dan bahasa yang runtut
|
Menyebutkan semua ciri-ciri puisi dengan benar yang runtut
|
Menuliskan 3 ciri-ciri bahasa yang runtut
|
Menuliskan dengan benar 2 ciri-ciri puisi dan bahasa kurang runtut
|
Menuliskan dengan benar 1 ciri-ciri puisi dengan bahasa kurang runtut
|
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,
........................................
NIP. .......................................
|
..............., ............................. 2018
Guru Kelas IV,
.......................................
NIP. ...................................
|
Demikian semoga ateri yang kami bagikan saat ini dapat menjadikan kelengkapan administrasi rekan-rekan guru semuanya.