Soal Penilaian Harian Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 5
Soal Penilaian Harian Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 5 - Penilaian merupakan bagian penting dari sistem pembelajaran di sekolah. Penilaian merupakan suatu alat ukur untuk mengumpulkan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil belajar mengajar yang telah dilaksanakan.
Soal Penilaian Harian Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 5 |
Penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan pendidik dapat dijadikan umpan balik proses pembelajaran baik bagi pendidik untuk memperbaiki cara dan strategi mengajar maupun bagi siswa untuk memperbaiki cara belajar.
Penilaian yang dilakukan oleh guru harus memperhatikan kompetensi yang diukur, metode pembelajaran yang digunakan, sarana prasarana yang tersedia serta kemampuan siswa. Selain itu teknik penilaian manapun yang digunakan guru perlu diinformasikan secara terbuka baik kepada siswa maupun orang tua siswa.
Hasil analisis penilaian bahkan dapat pula digunakan sebagai masukan bagi peningkatan mutu pendidikan secara umum oleh pengambil keputusan termasuk kepala sekolah, dinas pendidikan dan komite sekolah. Sehingga dapat dilakukan perencanaan program pembelajaran selanjutnya yang lebih baik.
Hasil dari setiap kegiatan penilaian hasil belajar dicantumkan dalam buku daftar nilai. Unsur penilaian hasil belajar yang dicantumkan dalam buku daftar nilai adalah sebagai berikut:
a.Ulangan Harian
b.Ulangan Tengah Semester
c.Tugas (seperti Penugasan, produk, pengamatan)
d.Ulangan Akhir Semester
e.Ulangan Kenaikan Kelas
Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik untuk menilai/mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih. Ulangan Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Bentuk Ulangan harian selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk. Frekuensi dan bentuk ulangan harian dalam satu semester ditentukan oleh pendidik sesuai dengan keluasan dan kedalaman materi.
Sebagai tindak lanjut ulangan harian, yang diperoleh dari hasil tes tertulis, pengamatan, atau tugas diolah dan dianalisis oleh pendidik. Hal ini dimaksudkan agar ketuntasan belajar siswa pada setiap kompetensi dasar lebih dini diketahui oleh pendidik. Dengan demikian ulangan ini dapat diikuti dengan program tindak lanjut baik remedial atau pengayaan, sehingga perkembangan belajar siswa dapat segera diketahui sebelum akhir semester.
Dalam rangka memperoleh nilai tiap mata pelajaran selain dengan ulangan harian dapat dilengkapi dengan tugas-tugas lain seperti PR, proyek, pengamatan dan produk. Tugas-tugas tersebut dapat didokumentasikan dalam bentuk portofolio. Ulangan harian ini juga berfungsi sebagai diagnosis terhadap kesulitan belajar siswa.
Download juga:
RPP Kelas 1 Tema 5-6-7-8 K-2013 Edisi Revisi Semester 2
RPP K13 SD/MI Kelas 2 Tema 5,6,7,8 Edisi Revisi Semester 2
RPP Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 Tema 5,6,7,8 Revisi
RPP K13 SD/MI Kelas 4 Tema 6-7-8-9 Edisi Revisi
RPP Tematik Kelas 5 Tema 9 SD/MI K13 Revisi
Untuk materi soal silahkan download link di bawah ini:
Soal_Ulangan_Harian_Kelas_1_Tema_5_Subtema_1.DOC
Soal Ulangan Harian Kelas 1 Tema 5 Subtema 1.pdf
Soal_Ulangan_Harian_Kelas_1_Tema_5_Subtema_2.DOC
Soal Ulangan Harian Kelas 1 Tema 5 Subtema 2.pdf
Soal_Ulangan_Harian_Kelas_1_Tema_5_Subtema_3.DOC
Soal Ulangan Harian Kelas 1 Tema 5 Subtema 3.pdf
Soal_Ulangan_Harian_Kelas_1_Tema_5_Subtema_4.DOC
Soal Ulangan Harian Kelas 1 Tema 5 Subtema 4.pdf
Demikian ulasan singkat materi Soal Penilaian Harian Kurikulum 2013 Kelas 1 Tema 5 dan kami berharap referensi dalam menyusun soal,