Home » » RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 4

RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 4

RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema 4

RPP Kurikulum 2013 Revisi Kelas 4 Tema4 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam meramunya. 
Perbaikan atau revisinya dalah :

  1. Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
  2. Mengintegrasikan literasi; 
  3. Mengintegrasikan keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 
  4. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill. 
Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang.
Pengintegrasian dapat berupa :

  1. pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
  2. pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
  3. pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
Perdalaman dan perluasan dapat berupa:

  1. Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa,
  2. Penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah;
  3. Penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).
Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

  1. 4.4.1.1. Jenis-Jenis Pekerjaan.doc 
  2. 4.4.1.2. Jenis-Jenis Pekerjaan.doc 
  3. 4.4.1.3. Jenis-Jenis Pekerjaan.doc 
  4. 4.4.1.4. Jenis-Jenis Pekerjaan.doc 
  5. 4.4.1.5. Jenis-Jenis Pekerjaan.doc 
  6. 4.4.1.6. Jenis-jenis Pekerjaan.doc 
  7. 4.4.2.1. Pekerjaan di Sekitarku.doc 
  8. 4.4.2.2. Pekerjaan di Sekitarku.doc 
  9. 4.4.2.3. Pekerjaan di Sekitarku.doc 
  10. 4.4.2.4. Pekerjaan di Sekitarku.doc 
  11. 4.4.2.5. Pekerjaan di Sekitarku.doc 
  12. 4.4.2.6. Pekerjaan di Sekitarku.doc 
  13. 4.4.3.1. Pekerjaan Orang Tuaku.doc 
  14. 4.4.3.2. Pekerjaan Orang Tuaku.doc 
  15. 4.4.3.3. Pekerjaan Orang Tuaku.doc 
  16. 4.4.3.4. Pekerjaan Orang Tuaku.doc 
  17. 4.4.3.5. Pekerjaan Orang Tuaku.doc 
  18. 4.4.3.6. Pekerjaan Orang Tuaku.doc 
  19. Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 1.doc 
  20. Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 2.doc 
  21. Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 3.doc 
  22. Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 4.doc 
  23. Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 5.doc 
  24. Kegiatan Literasi Kls 4 tema 4. 6.doc

Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning). Khusus untuk PPK merupakan program yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar atau 8 jam sehari sedangkan untuk 2 hari merupakan pendidikan keluarga.