Home » » Download Soal Penilaian Kelas 1 K2013 Tahun 2018

Download Soal Penilaian Kelas 1 K2013 Tahun 2018

Download Soal Penilaian Kelas 1 K2013 Tahun 2018

Download Soal Penilaian Kelas 1 K2013 Tahun 2018 - Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.  Berdasarkan pada PP. Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:
  • Penilaian hasil belajar oleh pendidik;
  • Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan;
  • Penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.

Setiap satuan pendidikan selain melakukan perencanaan dan proses pembelajaran, juga melakukan penilaian hasil pembelajaran sebagai upaya terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
Download Soal Penilaian Kelas 1 K2013 Tahun 2018
Download Soal Penilaian Kelas 1 K2013 Tahun 2018
Dalam rangka penilaian hasil belajar (rapor) pada semester satu penilaian dapat dilakukan melalui ulangan harian, ulangan tengah semester,  ulangan akhir semester, dan  dilengkapi dengan tugas-tugas lain seperti pekerjaan rumah (PR), proyek, pengamatan dan produk. Hasil pengolahan dan analisis nilai tersebut digunakan untuk mengisi nilai rapor semester satu.

Pada semester dua  penilaian dilakukan melalui ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan kenaikan kelas dan dilengkapi dengan tugas-tugas lain seperti PR, proyek, pengamatan dan  produk. Hasil pengolahan dan analisis nilai tersebut digunakan untuk mengisi nilai  rapor pada semester dua.

B.Tujuan dan Fungsi Penilaian Hasil Belajar

1.Tujuan Penilaian Hasil Belajar

a.Tujuan Umum :

1)Menilai pencapaian kompetensi peserta didik;
2)Memperbaiki proses pembelajaran;
3)Sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan belajar siswa.

b.Tujuan Khusus :

1)Mengetahui kemajuan dan hasil belajar siswa;
2)Mendiagnosis kesulitan belajar;
3)Memberikan umpan balik/perbaikan proses belajar mengajar;
4)Penentuan kenaikan kelas;
5)Memotivasi belajar siswa dengan cara mengenal dan memahami diri dan merangsang untuk melakukan usaha perbaikan.

2.Fungsi Penilaian Hasil Belajar

Fungsi penilaian hasil belajar sebagai berikut.
  • Bahan pertimbangan dalam menentukan kenaikan kelas.
  • Umpan balik dalam perbaikan proses belajar mengajar.
  • Meningkatkan motivasi belajar siswa.
  • Evaluasi diri terhadap kinerja siswa.

C.Prinsip-prinsip Penilaian Hasil Belajar

Dalam melaksanakan penilaian hasil belajar, pendidik perlu memperhatikan prinsip-prinsip penilaian sebagai berikut:

1.Valid/Sahih

Penilaian hasil belajar oleh pendidik harus mengukur pencapaian kompetensi yang ditetapkan dalam standar isi (standar kompetensi dan  kompetensi dasar) dan standar kompetensi lulusan. Penilaian valid berarti menilai apa yang seharusnya dinilai dengan menggunakan alat yang sesuai untuk mengukur kompetensi.

2.Objektif

Penilaian hasil belajar peserta didik hendaknya tidak dipengaruhi oleh subyektivitas penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional.

3.Transparan/terbuka

Penilaian hasil belajar oleh pendidik bersifat terbuka artinya prosedur penilaian, kriteria penilaian  dan dasar  pengambilan keputusan terhadap hasil belajar peserta didik dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan.

4.Adil

Penilaian hasil belajar tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik  karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.

5.Terpadu

Penilaian hasil belajar oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.

6.Menyeluruh dan berkesinambungan

Penilaian hasil belajar oleh pendidik mencakup semua aspek   kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.

7.Sistematis

Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.     

8.Akuntabel

Penilaian hasil belajar oleh pendidik dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

9.Beracuan kriteria

Penilaian hasil belajar oleh pendidik didasarkan pada ukuran pencapaian   kompetensi yang ditetapkan.

D.Jenis Penilaian Hasil belajar

Penilaian hasil belajar dapat diklasifikasi berdasarkan cakupan kompetensi yang diukur dan sasaran pelaksanaannya.
  1. Jenis Penilaian Berdasarkan Cakupan Kompetensi yang Diukur
  2. Sebagaimana dijelaskan dalam  PP. Nomor 19 tahun 2005 bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik terdiri atas ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.   

a.Ulangan Harian

Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik secara periodik untuk menilai/mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih. Ulangan Harian merujuk pada indikator dari setiap KD. Bentuk Ulangan harian selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk.

b.Ulangan Tengah Semester

Ulangan tengah semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran.Cakupan ulangan tengah semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut. Bentuk Ulangan Tengah Semester selain tertulis dapat juga secara lisan, praktik/perbuatan, tugas dan produk.

c. Ulangan Akhir Semester

Ulangan akhir semester  adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester satu. Cakupan ulangan  akhir semester meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester satu. Ulangan akhir semester dapat berbentuk tes tertulis,  lisan, praktik/perbuatan pengamatan,  tugas, produk.

d. Ulangan Kenaikan Kelas

Ulangan kenaikan kelas  adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan ulangan kenaikan kelas meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester tersebut. Ulangan kenaikan kelas dapat berbentuk tes tertulis,  lisan, praktik/perbuatan, pengamatan, tugas dan produk.

E. Teknik Penilaian

Penilaian hasil belajar dapat menggunakan berbagai teknik penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai. Ditinjau dari tekniknya, penilaian dibagi menjadi dua yaitu tes dan non tes.

1.Teknik Tes

Teknik tes merupakan teknik yang digunakan melaksanakan tes berupa pertanyaan yang harus dijawab, pertanyaan yang harus ditanggapi atau tugas yang harus dilaksanakan oleh orang yang di tes. Dalam hal tes hasil belajar yang hendak diukur adalah kemampuan peserta didik dalam menguasai pelajaran yang disampaikan meliputi aspek pengetahuan dan keterampilan.Berdasarkan alat pelaksanaannya secara garis besar alat penilaian dengan teknik tes dapat dikelompokkan sebagai berikut :

a.Tes Tertulis

Tes tertulis adalah suatu teknik penilaian yang menuntut jawaban secara tertulis, baik berupa pilihan maupun isian.   Tes tertulis dapat digunakan pada ulangan harian atau ulangan tengah dan akhir semester atau ulangan kenaikan kelas. Tes tertulis dapat berbentuk pilihan ganda, menjodohkan, benar-salah, isian singkat, atau uraian (essay).

b.Tes Lisan

Tes lisan adalah teknik penilaian  hasil belajar  yang pertanyaan dan jawabannya atau pernyataannya atau tanggapannya disampaikan dalam bentuk lisan dan spontan. Tes jenis ini memerlukan daftar pertanyaan dan pedoman pensekoran.

c.Tes Praktik/Perbuatan

Tes praktik/perbuatan adalah teknik  penilaian hasil belajar yang menuntut peserta didik mendemontrasikan kemahirannya atau menampilkan hasil belajarnya dalam bentuk unjuk kerja. Tes praktik/perbuatan dapat berupa tes identifikasi, tes simulasi dan tes petik kerja. Tes identifikasi dilakukan untuk mengukur kemahiran mengidentifikasi sesuatu hal berdasarkan fenomena yang ditangkap melalui alat indera. Tes simulasi digunakan .untuk mengukur kemahiran bersimulasi memperagakan suatu tindakan. Tes petik kerja digunakan untuk mengukur kemahiran mendemonstrasikan pekerjaan yang sesungguhnya.

2.Teknik Nontes

Teknik nontes merupakan teknik penilaian untuk memperoleh gambaran terutama mengenai karakteristik, sikap, atau kepribadian. Selama ini teknik nontes kurang digunakan  dibandingkan teknis tes. Dalam proses pembelajaran pada umumnya kegiatan  penilaian mengutamakan teknik tes. Hal ini dikarenakan lebih berperannya aspek pengetahuan dan keterampilan dalam pengambilan keputusan yang dilakukan guru pada saat menentukan siswa.  Seiring dengan berlakunya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar maka teknik penilaian harus disesuaikan dengan:
  • kompetensi yang diukur;
  • aspek yang akan diukur, pengetahuan, keterampilan atau sikap;
  • kemampuan siswa yang akan diukur;
  • sarana dan prasarana yang ada.

Teknik penilaian nontes bisa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok,salah satu contohnya adalah  Pengamatan/observasi
Pengamatan/observasi adalah teknik penilaian yang dilakukan oleh pendidik dengan menggunakan indera secara langsung. Observasi dilakukan dengan cara menggunakan instrumen yang sudah dirancang sebelumnya.

Contoh aspek yang diamati pada pelajaran Matematika:

  • ketelitian;
  • kecepatan kerja;
  • kerjasama;
  • kejujuran.

Alat/instrumen untuk penilaian melalui pengamatan dapat menggunakan skala sikap dan atau angket (kuesioner).

Skala sikap

Skala sikap adalah alat penilaian hasil belajar yang berupa sejumlah pernyataan sikap tentang sesuatu yang jawabannya dinyatakan secara berskala, misalnya skala tiga, empat atau  lima.

Pengembangan skala sikap dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Menentukan objek sikap yang akan dikembangkan skalanya misalnya sikap terhadap kebersihan.
  2. Memilih dan membuat daftar dari konsep dan kata sifat yang relevan dengan objek penilaian sikap.Misalnya : menarik, menyenangkan, mudah dipelajari dan sebagainya.
  3. Memilih kata sifat yang tepat dan akan digunakan dalam skala.
  4. Menentukan skala dan penskoran.

Download Soal Penilaian Kelas 1 K2013 Tahun 2018
Soal PAI Kelas 1 Semester 1.docx
Soal Tematik Kelas 1 Tema 1 Subtema 1 Kurikulum 2013.docx
Soal Tematik Kelas 1 Tema 2 Subtema 1 Edisi Revisi Semester 1.docx
Soal Tematik Kelas 1 Tema 2 Subtema 2 Edisi Revisi Semester 1.docx
Soal Tematik Kelas 1 Tema 2 Subtema 3 Edisi Revisi Semester 1.docx
Soal Tematik Kelas 1 Tema 2 Subtema 4 Edisi Revisi Semester 1.docx
Soal Tematik Kelas 1 Tema 4 Subtema 1 Edisi Revisi Semester 1.docx
Soal Tematik Kelas 1 Tema 4 Subtema 2 Edisi Revisi Semester 1.docx
Soal Tematik Kelas 1 Tema 4 Subtema 3 Edisi Revisi Semester 1.docx
Soal Tematik Kelas 1 Tema 4 Subtema 4 Edisi Revisi Semester 1.docx
Demikian dan sekian ulasan singkat materi dan semoga anda segera Download Soal Penilaian Kelas 1 K2013 Tahun 2018 yang telah kami persiapkan di atas tersebut, guna melengkapi, mempermudah serta dapat pula dipergunakan sebagai materi penilaian pada pelaksanaan pembelajaran di jenjang yang telah kami sesuaikan.

Link Terkait:
Download Bebas RPP K2013 Kelas 1 Edisi Terbaru
Download KI dan KD K2013 SD/MI Edisi Revisi Terbaru
Aplikasi KKM/KBM K2013 Kelas 1,2,3,4,5,6 SD/MI
RPP Kelas 2 Kurikulum 2013
RPP Kelas 3 Kurikulum 2013 Terbaru
Administrasi Mengajar Kelas 3 SD/MI K2013 Edisi 2018
RPP Bahasa Arab K 13 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 Semester 1 dan 2
RPP Bahasa Arab K-2013 Kelas 6 MI Semester 1 dan 2
RPP Bahasa Arab K-2013 Kelas 4 MI Semester 1 dan 2
RPP Bahasa Arab K-2013 Kelas 5 MI Semester 1 dan 2
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas 4 MI Revisi
Semoga materi yang telah kami bagikan bermanfaat bagi dunia pendidikan, dan apabila masih memerlukan file/dokumen pendidikan lainnya tunggu kami selalu ada di sini dengan materi-materi terbaru.